efisiensi-kerja-adalah

Efisiensi kerja sebenarnya bisa menjadi salah satu cara kita lebih produktif dan bekerja lebih efisien. Efisiensi kerja tidak melulu diartikan seperti menyederhanakan sebuah proses sehingga menjadikan hasilnya tidak maksimal. Sebenarnya jika Anda melakukan efisiensi kerja maka cara Anda bekerja bisa lebih produktif. Mungkin masih banyak orang yang tidak menerapkan efisiensi kerja karena belum paham cara untuk meningkatkan efisiensi kerja. 

Jika Anda tahu cara-caranya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja, maka Anda pun bisa bekerja lebih optimal dengan hasil yang maksimal. Tentunya ada banyak manfaat yang bisa didapat dari melakukan efisiensi kerja. Manfaat efisiensi akan dibahas pada artikel dibawah ini. Sebagai seorang pebisnis maupun karyawan, Anda juga pastinya membutuhkan cara mengukur apakah hal yang sudah dilakukan cukup efektif atau biasa disebut dengan pengukuran efektivitas dalam bekerja

Dalam artikel ini juga akan membahas tentang cara menerapkan kerja yang efisien serta menyeimbangkan efisiensi dan produktifitas. Dengan tips juga trik dalam meningkatkan efektivitas ini, maka Anda bisa lebih mudah dalam menerapkannya dalam dunia kerja. Penting sekali mempelajari efektivitas dan efisiensi kerja karena Anda bisa menjadikan ini kebiasaan baik untuk performa kerja yang lebih baik kedepannya. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara yang tepat dalam melakukan efisien, berikut pembahasannya.

Apa Itu Efisiensi Kerja?

Efisiensi kerja adalah sebuah upaya untuk menemukan cara kerja yang tepat sehingga membuat pekerjaan Anda terasa lebih cepat ringan, namun tetap  memberikan hasil yang baik. Bekerja dengan efisien tak hanya tentang bagaimana anda bekerja dengan tepat tetapi juga bagaimana cara kerja yang baik dengan upaya kecil namun hasilnya tetap maksimal. 

Jika anda adalah seorang karyawan yang melakukan efisiensi kerja artinya anda tidak hanya tahu bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan tetapi juga memiliki kemampuan untuk memastikan pekerjaan mendapatkan hasil yang baik.

Perbedaan Efektivitas Dan Efisiensi Kerja

Efisien dan efektivitas  terdengar cukup mirip nyatanya efisien dan efektif adalah dua hal yang berbeda. Efisien adalah saat dimana seseorang bekerja sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan atau dibuat. Sedangkan efisien adalah aktivitas dimana seseorang bekerja dengan sumber daya dan energi yang minim serta tidak boros.

Jika dilihat dari tujuannya efisien dan efektif memiliki dua pengertian yang juga berbeda. Efektivitas adalah dimana seseorang bisa mencapai tujuan yang maksimal sesuai dengan rencana yang telah Ia buat. Sedangkan efisiensi adalah seseorang melakukan aktivitas mendapatkan hasil yang maksimal dengan input yang minim seperti menghemat waktu biaya juga tenaga.

Manfaat Efisiensi Kerja

Jika menjalankan efisiensi kerja, maka akan ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan. Manfaat tersebut tentu akan berdampak pada performa kerja di tempat Anda. Tak hanya itu manfaat efisiensi kerja bagi pebisnis juga bisa dirasakan, seperti apa? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

  • Meningkatkan Pemasukan

Dengan lebih sedikit waktu juga biaya, maka anda bisa meningkatkan kinerja dan menyelesaikan hal-hal lain. Anda dapat memenuhi pesanan yang lebih besar dan melakukan lebih banyak tugas penjualan dalam bisnis sehingga perusahaan juga dapat meningkatkan keuntungan dari waktu ke waktu bahkan membantu meningkatkan margin keuntungan perusahaan.

  • Membantu Memenuhi Permintaan

Meningkatkan efisiensi juga bisa membantu memenuhi permintaan konsumen lebih cepat. Bagi Anda yang seorang karyawan bisa memenuhi permintaan untuk bekerja lebih efisien dalam menanggapi permintaan konsumen atau pesanan yang mendesak bahkan tidak terduga. 

Jika Anda memiliki sebuah bisnis maka mungkin Anda akan menemukan konsumen yang tak hanya membutuhkan layanan yang cepat tetapi juga kepedulian terhadap kualitas produk yang baik. Untuk itu dengan efisiensi kerja, maka anda bisa meningkatkan efisiensi produksi sehingga menghasilkan barang-barang berkualitas untuk memenuhi pesanan lebih cepat ke tangan konsumen.

  • Membantu Bisnis Tumbuh Lebih Baik

Dengan memiliki efisiensi kerja maka anda bisa memiliki peluang yang lebih besar untuk memperluas jaringan dan memasuki pasar baru. Dengan memiliki lebih sedikit biaya untuk memproduksi barang maka anda bisa memiliki cukup uang untuk melakukan investasi dan menyiapkan lokasi baru. 

  • Kaitan Produktivitas Kerja dan Efisiensi Kerja

Pada bidang profesional, produk memiliki keterkaitan untuk menentukan sebuah keberhasilan atau kinerja pekerja. Produktivitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu daya produksi dan keproduktifan, ini berbeda dengan efisiensi yang memiliki kemampuan untuk menjalankan tugas dengan baik dan tepat.

Bagaimana Cara Mengukur Produktivitas?

Produktivitas dengan mengukur output atau hasil yang diberikan seseorang selama dua periode dalam waktu bersamaan. Sebagai contoh, pada minggu lalu anda berhasil menyelesaikan 2 laporan dan minggu ini menyelesaikan 3 laporan dengan baik, hal ini berarti produktivitas Anda meningkat dibandingkan dengan minggu lalu. Begitu pula dengan bisnis di mana akan menghitung produktivitas dengan membandingkan karyawan lokasi juga departemen.

Lalu bagaimana dengan efisiensi? Jika pada produktivitas berfokus pada output atau hasil akhir, maka  memfokuskan pada kualitas kerja yang diberikan. Efisiensi fokus pada pengamatan waktu sumber daya dan biaya yang diberikan. Sebagai contoh, pada perusahaan X menghasilkan 500 juta tiap bulannya, sedangkan pada perusahaan Z menghasilkan 400 Juta Rupiah per bulan.

Contoh Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Kerja

Jika dilihat dari segi produktivitas maka kedua perusahaan tersebut memiliki output yang lebih besar pada perusahaan X ketimbang perusahaan Z.  Jika ditelusuri kembali, perusahaan X mengeluarkan uang lebih banyak untuk promosi. 

Berbeda dengan perusahaan Z yang melakukan promosi secara online sehingga biaya produksi lebih minim. Maka kesimpulannya adalah perusahaan Z jauh lebih efisien dan menghasilkan keuntungan lebih besar daripada perusahaan  X.

Cara Menyeimbangkan Produktivitas & Efisiensi Kerja

Produktivitas dan efisiensi kerja perlu ditingkatkan dan diseimbangkan untuk hasil kerja yang lebih optimal. Walaupun mungkin pada prakteknya, Anda akan kesulitan untuk menemukan titik seimbang, Anda perlu mempelajari dan membiasakan hal ini. Ada beberapa cara agar kerja lebih efisien dan juga produktif, seperti berikut ini.

  • Bersikap Intensif dengan Waktu dan Sumber Daya

Cara yang pertama adalah tetap mempertahankan tingkat produksi yang ada tanpa mengurangi sumber daya yang dipakai. Jika anda ingin meningkatkan efisiensi tanpa mempengaruhi produktivitas maka salah satu strateginya adalah dengan melakukan peninjauan terhadap semua promosi penjualan yang sudah diberikan dan ulasan yang didapat untuk bisa dipakai menentukan peringkat promosi penjualan lewat tingkat pengembalian atas investasi. 

  • Fokus Mengurangi Limbah

Cara kedua adalah dengan fokus mengurangi limbah hal ini untuk mendapatkan keseimbangan antara produktivitas dan efisiensi. Anda harus mencari cara untuk mengurangi pemborosan dengan menemukan alternatif yang lebih murah sehingga dapat menghasilkan kualitas produk yang sama baiknya.

  • Memprioritaskan Tujuan

Cara ketiga yang bisa anda lakukan adalah dengan memprioritaskan tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dengan cara ini maka anda dapat memutuskan apa yang penting dan tidak penting untuk bisnis anda serta merelakan tujuan yang kurang penting lainnya. Untuk memastikan bahwa anda telah mencapai tujuan yang diinginkan.

Cara Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Kerja

Dalam bekerja, juga perlu dilakukan efisiensi dan efektivitas bekerja, alasannya karena hal ini bisa memberikan kinerja terbaik bagi Anda. Kerja dengan efisien tentu bisa memberikan hasil yang baik. Dengan hasil yang baik, maka tujuan-tujuan dari apa yang ingin Anda capai bisa lebih mudah. Berikut tips cara untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi bekerja yang bisa Anda lakukan.

  • Menyusun Rencana Kerja

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyusun rencana kerja dengan membuat daftar pekerjaan juga target yang harus dicapai pada kurun waktu tertentu. Hal ini memungkinkan anda untuk mengatur waktu dan pekerjaan yang harus diselesaikan di hari berikutnya. Dengan menyusun rencana pekerjaan, Anda bisa terhindar dari pekerjaan yang menumpuk hingga tekanan dalam pekerjaan.

  • Memberikan Pelatihan Kepada Karyawan

Latihan bisa karena mereka bisa mengembangkan kemampuannya yang sesuai dengan keahliannya. Maka hal ini akan berpengaruh pada proses pencapaian tujuan dari perusahaan.

  • Melakukan Evaluasi Secara Berkala

Evaluasi secara berkala dapat meningkatkan nilai efisiensi dan produktivitas perusahaan. Selain itu bisa membantu Anda dalam menyusun strategi bisnis untuk waktu yang akan datang. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam proses evaluasi yaitu tenaga kerja, proses operasional, dan peralatan juga teknologi yang digunakan.

  • Manfaatkan Teknologi

Teknologi bisa membantu bisnis anda dalam meningkatkan efisiensi. Hal ini dikarenakan teknologi bisa mengerjakan berbagai hal yang cepat tepat dan mudah. Untuk itu, banyak sekali perusahaan yang sudah memanfaatkan teknologi agar bekerja lebih efisien juga tepat. Dengan memanfaatkan teknologi, Anda pasti membutuhkan biaya pengadaan teknologi tersebut. Salah satu jalannya adalah dengan modal bisnis yang cukup. 

Untuk bisa mendapatkan modal bisnis, Anda bisa mengajukan pinjaman beragunan properti di Danamas yang bisa Anda akses mudah lewat aplikasi smartphone Anda dengan mendownload aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis. Tak hanya itu, pinjaman online terpercaya hingga Rp 2 miliar pun bisa langsung ada ditangan Anda setelah melalui proses pengajuan dan verifikasi yang cepat. Kemudahan ini akan mendukung pebisnis atau pengusaha pemula yang ingin mengembangkan usaha kecilnya lebih besar. Simulasikan pinjaman Anda di kalkulator properti Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda