Membuat-Bisnis

Leadership adalah sebuah kemampuan untuk menerjemahkan visi menjadi sebuah realita. Itulah definisi leadership menurut Warren Bennis seorang professor bisnis paling berpengaruh di dunia, tapi itu adalah satu definisi dari ratusan definisi lainnya. Tidak ada rumus pasti definisi leadership sebenarnya, karena setiap orang punya definisi yang berbeda. Bahkan leadership itu sendiri, tak ada hubungan dengan posisi, tak ada hubungan dengan senioritas, maupun dari hierarki.

Leadership merupakan skill penting yang dimiliki oleh setiap orang baik pemimpin perusahaan, pemimpin negara, bahkan pebisnis pun harus punya jiwa leadership. Bahkan menurut journal business accounting review (2016), kemampuan leadership berpengaruh terhadap kemampuan mengelola keuangan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut cara mengelola keuangan bisnis biar makin untung.

Lalu pertanyaan penting, apakah kita bisa menumbuhkan jiwa leadership? Leadership are made, not born! Setiap orang pada dasarnya adalah seorang pemimpin. Science Daily melaporkan penelitian terbaru, bahwa 70% jiwa leadership dibentuk oleh lingkungan. Jadi semua orang bisa punya jiwa leadership termasuk juga Anda. Yuk simak selengkapnya!

Apa Itu Leadership?

Leadership (kepemimpinan) secara umum adalah suatu keterampilan atau suatu fungsi manajemen untuk mempengaruhi, memotivasi, mengarahkan orang lain untuk melakukan suatu hal agar mencapai tujuan tertentu. leadership juga didefinisikan sebagai  gaya memimpin seseorang. 

Namun pengertian leadership tidak hanya berhenti pada hal itu saja. Banyak definisi lain mengenai leadership. Berikut beberapa pengertian mengenai leadership.

TokohDefinisi
Peter DruckerDefinisi dari leadership adalah seseorang yang memiliki follower
Warren BennisKemampuan untuk menerjemahkan visi menjadi realita
Bill GateJika kita melihat beberapa century kedepan, seorang leader adalah orang yang bisa empower orang lain
John MaxwelLeader adalah seseorang yang mampu mempengaruhi orang lain, tidak kurang dan tidak lebih

Itulah beberapa definisi dari leadership dari para ahli di dunia. Anda juga dapat membangun jiwa leadership ini melalui pengalaman. Salah satu caranya melalui fixing dan coaching untuk menyelesaikan masalah.

5 Jenis- Jenis Leadership 

Leadership tidak hanya memiliki satu jenis, ada beberapa jenis jenis leadership yang perlu Anda ketahui. Yuk simak!

1. Essential Leadership

Jenis leadership menunjukkan sikap seorang pemimpin yang memiliki mental dan pola kepemimpinan yang tepat. Selain itu, mampu memperlihatkan sikap dan perilaku yang dapat memotivasi anggota tim lainnya untuk memberikan kinerja terbaik. 

2. Exponential Leadership

Exponential leadership merupakan suatu sikap yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang mampu memberdayakan anggota timnya untuk membantu perkembangan bisnis yang lebih sukses di masa yang akan datang.  

3. Business Leadership 

Sikap kepemimpinan yang satu ini memperlihatkan kemampuan seorang  dalam berpikir secara strategis, dan juga mampu melakukan kontrol atas jalannya proses eksekusi dalam bisnis. Tujuannya agar dapat meningkatkan keuntungan bisnis baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

4. Organizational Leadership

Leadership jenis ini menunjukkan sikap seorang pemimpin yang mampu mengelola dan merancang kembali timnya untuk meningkatkan akselerasi dalam pencapaian tujuan bisnis atau dalam sebuah organisasi. 

5. Team Leadership

Leadership yang ditunjukkan oleh seorang pemimpin dalam mengatasi berbagai tantangan dan halangan.Tantangan ini bukan hanya yang datang dari luar, melainkan juga yang datang dari sisi intern anggota tim, seperti permasalahan pribadi, emosi, strategi pribadi, dan sejenisnya. 

Leadership adalah

4 Gaya Leadership yang Perlu Anda Ketahui

Terdapat berbagai gaya leadership yang sering ditemui dalam operasional suatu bisnis atau perusahaan, yaitu:

1. Demokratis

Pemimpin akan memutuskan segala sesuatu berdasarkan dengan mempertimbangkan seluruh pendapat dari semua anggota tim.

2. Autokratis

Dilakukan dengan memutuskan segala sesuatu tanpa meminta atau mempertimbangkan pendapat dari anggota tim lainnya.

3, Transformational

Gaya ini biasanya seorang pemimpin ingin melakukan perubahan dengan cara membalikkan keadaan untuk meraih keuntungan yang lebih banyak. 

4, Transaksional

Pemimpin lebih mengutamakan kinerja tim melakukan tugas sesuai dengan job desk masing-masing dan tidak ingin melakukan adanya perubahan atas kondisi yang sudah stabil.

11 Contoh Leadership

Berikut adalah beberapa contoh leadership yang dapat Anda terapkan agar dapat menjadi seorang pemimpin yang baik. 

  1. Mampu menanamkan rasa percaya diri kepada anggota tim
  2. Pandai memberikan arahan 
  3. Menjadi pribadi yang optimis dalam sikap maupun perkataan
  4. Mampu dan mau bertanggung jawab saat ada permasalahan 
  5. Selalu ada saat dibutuhkan oleh anggota tim
  6. Mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi
  7. Bersedia untuk turun ke lapangan kerja dan bukan hanya duduk di belakang meja
  8. Membantu anggota tim  untuk mengembangkan minat dan potensi
  9. Memperlakukan orang lain dengan penuh rasa hormat 
  10. Bersedia meluangkan waktu untuk meninjau dan mengontrol kinerja anggota tim
  11. Membuka adanya peluang komunikasi serta interaksi antar anggota tim lainnya

4 Karakteristik Leadership

Adapun karakteristik seorang leadership yakni: 

1. Bijaksana

Pemimpin yang bijaksana dapat membedakan keputusan yang baik untuk pekerja serta perusahaan.

2. Berjiwa sosial

Seorang  pemimpin yang peduli terhadap rekan-rekan kerjanya, terhadap tumbuh kembang perusahaan serta terhadap karyawan di bawahnya. 

3. Berani

Berani mengambil keputusan, menolak keputusan atau bernegosiasi dengan keputusan yang ada merupakan karakter selanjutnya yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin.

4. Tegas

Ketegasan merupakan karakteristik penting  yang harus dimiliki seorang pemimpin. Menentukan keputusan serta menjalankannya dengan tegas sehingga perusahaan dapat berfungsi secara optimal dan pekerjaan dapat didelegasikan dengan baik.

Manfaat dari Leadership

Leadership sangat penting baik dalam suatu organisasi maupun lingkup bisnis. Dengan karakter leadership yang kuat, seorang dapat menyelesaikan semua tugasnya secara tepat waktu karena dapat memimpin dirinya sendiri maupun anggota lainnya. 

apabila jumlah karyawan semakin banyak maka kualitas leadership yang dibutuhkan sangat tinggi. Para manajer, supervisor, senior dan posisi jabatan yang memiliki pekerja di bawahnya diharuskan bukan hanya dapat bekerja secara optimal namun bisa memimpin dan mengarahkan semua pekerja di bawahnya agar tujuan utama perusahaan atau organisasi dapat tercapai.

Pebisnis Sukses Perlu Punya Jiwa Leadership yang Kuat

Jiwa leadership perlu dimiliki oleh setiap orang karena kita adalah seorang pemimpin di dalam hidup kita. Tak terkecuali juga jika Anda adalah seorang pebisnis. Seorang pebisnis harus mampu menggerakkan tim nya untuk membangun bisnis dengan cepat dan produktif. Namun dalam suatu bisnis, selain karakter leadership, tentunya membutuhkan aspek lain yang tidak kalah penting yaitu adanya modal usaha. 

Jika Anda seorang pemimpin tentunya Anda harus punya kemampuan pengambilan keputusan yang tepat, termasuk memilih layanan peminjaman usaha.Danamas Pinjaman Bisnis merupakan platform pinjaman online yang terpecaya untuk mengembangkan usaha Anda dengan pinjaman beragunan properti. Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha hingga Rp 2 miliar dengan tenor hingga 10 tahun.

Ayo simulasikan pinjaman Anda melalui Kalkulator Simulasi kredit sekarang juga!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda