wirausahawan-muda-yang-sukses

Tokoh wirausahawan yang sukses di usia muda menjadi pengusaha di Indonesia tidaklah sedikit teman-teman. Tentu ada banyak yang bisa menjadi sumber kita untuk belajar. Apa yang membuat mereka sukses? Bukan hanya karena daya kreativitas, inovasi saja namun karena tekad dan resistensi mereka terhadap berbagai kekalahan lah yang membuat mereka berbeda. 

Wirausaha selalu memiliki sifat, karakter dan etos dalam bekerja secara profesional. Pepatah jepang mengatakan bahwa ā€œMuri da to ittemo yatte minai to kekka ga zettai shiran.ā€ yang berarti sekalipun itu mustahil tapi jika kita belum mencobanya, maka kita pun tidak akan tahu hasilnya. Jadi, selalu ingat bahwa seribu langkah pun selalu dimulai dengan satu langkah awal. 

Untuk menyemangati teman-teman dan kita semua yang masih dalam perjalanan mencapai sukses itu. Yuk, kita sama-sama belajar dari beberapa orang-orang sukses dibawah ini. Mari kita pelajari apa yang membuat mereka menjadi begitu sukses di usia muda. Yuk, simak toko wirausahawan yang sukses di usia muda di bawah ini! 

1. Achmad Zaky

Achmad Zaky adalah founder sekaligus mantan CEO dari marketplace Bukalapak. Ahmad Zaky memulai perjalanan menjadi seorang pengusaha muda dari nol berawal dari kecintaannya terhadap teknologi sejak usia SD. Walau sempat tinggal di daerah pelosok tanpa listrik, semangat Zaki mempelajari pemrograman tidaklah surut. Ia pun berhasil masuk menjadi mahasiswa ITB jurusan Teknik Informatika pada tahun 2004. 

Pada prosesnya dalam menjadi seorang pengusaha tidak melulu mudah namun ia berhasil untuk membangun Bukalapak menjadi salah satu pelopor marketplace di Indonesia setelah ia lulus melanjutkan studinya di Oregon state University Amerika Serikat. Menurutnya, bisnis adalah sesuatu yang harus memberikan nilai dan bisa menyelesaikan masalah orang. Mengapa? Ini bisa menjadi alasan yang membuat Anda tetap semangat walau ada rintangan, karena Anda memahami alasan sebenarnya Anda membuat bisnis tersebut. 

2. William Tanuwijaya

William Tanuwijaya adalah pebisnis muda sukses di Indonesia yang merupakan pendiri Tokopedia. Sebagai salah satu marketplace terbaik di tahun 2009 hingga 2020, Tokopedia didirikan oleh pemuda asal Sumatera Utara yang awalnya adalah seorang penjaga warnet. 

William berhasil mengangkat derajat orang tuanya setelah lulus dari Binus dan bekerja di perusahaan software terkemuka. Sembari bekerja Ia dan salah seorang temannya membangun Tokopedia sehingga menjadi marketplace yang mendapatkan pendanaan pertama dari Venture capitalist di tahun 2009. Jika, William Tanuwijaya tidak berani memulai, mungkin sampai hari ini kita tidak kunjung juga menemukan Tokopedia sebagai solusi untuk berbagai kebutuhan kita sehari-harinya. 

3. Nadiem Makarim

Siapa yang tidak kenal dengan nadiem Makarim yang kini menjabat menjadi menteri pendidikan. Sebelum menjadi menteri pendidikan ia mendirikan go-jek yang kini jasanya bisa di rasakan oleh banyak orang. Walaupun berasal dari keluarga yang berkecukupan, Nadiem tetap memulai usahanya dari nol dengan modal sendiri. Setelah lulus dari Brown University Amerika, Ia memutuskan untuk pulang ke Indonesia dan bekerja di salah satu konsultan bisnis terkemuka. 

Setiap harinya Ia membutuhkan transportasi umum untuk bepergian namun pelayanan transportasi umum di Jakarta masih jauh dari apa yang diharapkan. Lewat permasalahan ini, lalu muncullah ide untuk mendirikan Go-Jek sebagai aplikasi pesan ojek online yang pendanaannya venture capitalist pertama di tahun 2015. Hingga kini Go-Jek berkembang menjadi super yang bisa melayani berbagai transaksi. Bukan persoalan keuangan namun siapa yang berani menerjang pasar dan terus berkembang, inilah semangat yang dimiliki Nadiem Makarim. 

Baca juga: 50+ Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

4. Yasa Singgih

Yasa Singgih adalah pendiri dari Menā€™s Republic yaitu produk sepatu yang cukup populer belakangan ini. Di tahun 2019 ia masuk ke dalam daftar 30 under 30 Asia saat menginjak usia 24 tahun. Ia adalah salah satu pengusaha muda sukses yang memulai perjuangannya dari kecil. Sejak usia 15 tahun biasa sudah membuka usahanya sendiri, usaha pertamanya yaitu kaos sablon yang ia jual melalui jaringan pertemanan dan Kaskus. 

Walaupun proses dalam mengembangkan usahanya tidak selalu mulus, Ia pun tidak pantang menyerah hingga di usia 19 tahun bisa berhasil mendirikan Menā€™s Republic dan membiayai kuliahnya sendiri dengan keuntungan berjualan produk-produk di Menā€™s Republic. 

Menurut Yasa Singgih bahwa menjadi pebisnis sejak muda tidak ada yang salah dan bukan hal yang tidak mungkin terjadi. Diapun menyatakan bahwa mendirikan bisnis bukan untuk 3 tahun saja melainkan mendirikan bisnis yang bisa bertahan hingga bahkan 30 tahun. Sehingga, kita tidak terlalu cepat tergesah-gesah dalam membangun strategi. 

5. James Prananto

James prananto adalah pengusaha muda Indonesia yang kini sukses dengan usaha kopi kekiniannya yaitu kopi Kenangan. James prananto memulai usahanya dibantu oleh kedua rekannya yang bernama Chintya Khairunnisa dan Edward tirtanata. Usahanya pertama kali dibuka pada tahun 2017 yang berlokasi di Menara Standard Chartered Jakarta Selatan. 

Ia memulai usahanya lewat kopi susu yang biasa ia minum namun dengan cita rasa yang berbeda. Kopi kenangan kini digemari oleh banyak orang dan menjadi salah satu bisnis yang paling populer di tahun 2020. Belajar dari James Prananto, sebelum membuat bisnis Kopi Kenangan, ia sempat gagal beberapa kali dalam membangun bisnis. Namun, ia tidak pernah ragu untuk memulai kembali bisnis meskipun akan ada kegagalan yang akan ditemuinya. Kejadian itu tidak pernah membuat semangatnya patah untuk mencoba mengulik bisnis yang cocok dengannya sampai menemukan Kopi Kenangan.

6. Dea Valencia Budiarto

Dea Valencia adalah pengusaha pemuda Indonesia yang sukses di bidang fashion. namanya semakin melambung saat dia meluncurkan produk fashion batik kultur di usianya yang masih muda. Ia pertama kali memulai usahanya di Kota Semarang pada usia 19 tahun membuat desain batik yang unik dan kekinian sehingga diminati oleh banyak orang. Dengan ide-ide yang unik maka pembuatan batik kekinian ini membawanya menjadi wirausahawan yang sukses dan memiliki omset ratusan juta perbulan. 

Pelajaran penting yang bisa kita ambil dari Dea Valencia Budiarto adalah mencari nama untuk sebuah bisnis adalah hal yang paling penting dan wajib dilakukan dengan baik. Dengan adanya kesadaran memilih nama yang baik, menurut Dea nama adalah sesuatu hal yang berarti untuk menjalankan bisnis. Selanjutnya menurut Dea dalam menciptakan produk, kita sendiri harus mau bangga menggunakan produk yang kita hasilkan. Ini menjadi pertanyaan yang penting ā€œApakah saya mau menggunakan produk yang saya hasilkanā€. Jika diri kita saja enggan menggunakannya, maka kemungkinan besar pasarpun akan juga menolak. Kuncinya adalah rasa bangga dari produk yang kita hasilkan. 

Baca juga: Strategi Bisnis Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru 

7. Ali Muharam

Ali Muharam adalah salah satu pengusaha muda Indonesia sukses yang memulai usahanya di bidang kuliner. Makaroni ngehe adalah bisnis Ali Muharram yang kini banyak diminati oleh warga Jakarta karena rasanya. Sebelum menjadi seorang pebisnis, Ali Muharam adalah seorang office boy sehingga ia memulai perjalanan bisnisnya dari nol dengan modal 20 juta. Karena kegigihannya ini makaroni ngehe yang berkembang dengan pesat hingga meraih omzet 3 miliar rupiah. 

Tokoh wirausahawan yang sukses di usia muda ini ternyata sudah melalui berbagai proses yang melelahkan sepanjang hidupnya. Namun ia, tidak kunjung menyerah terhadap berbagai cobaan. Ia tetap mencoba peruntungan dengan berani membuka gerai untuk berjualan makaroni ngehenya. Hingga setiap bulannya penjualan makaroni mencapai 40 miliar. 

Kebanyakan para pebisnis memiliki respons tanggapan terhadap apa yang terjadi positif meskipun apa yang mereka alami tampaknya seperti suatu kecelakaan. Namun, mengeluh jelas tidak memberikan dampak apapun terhadap Anda. Jadi, jalan terbaiknya adalah tetap menjalaninya dan maksimalkan potensi juga kemampuan. 

8. Rafi Putra Arriyan

Rafi Putra harian masuk ke dalam daftar forbes 30 under 30 tahun 2021 bersama temannya Ginanjar Ibnu Solihin dan Lukman Sungkar. Ia dan kedua temannya mendirikan sebuah layanan transfer antar bank tanpa biaya yaitu Flip. Rafi adalah seorang lulusan ilmu komputer dari Universitas Indonesia yang memiliki ambisi untuk membangun startup teknologi dan ini impiannya pun tercapai untuk bisa membantu banyak orang orang di bidang keuangan atau perbankan. 

Flip ini menjadi bisnis anak muda yang makin berkembang dengan fitur yang memudahkan banyak orang. Kesuksesan usaha layanan keuangan ini hingga membuat flip mendapat lisensi operasional resmi dari Bank Indonesia pada tahun 2016. Saat proses pengurusannya, Rafi menyampaikan bahwa mereka benar-benar mengupayakan aplikasi ini sampai tidak peduli walau perlu mengurus dokumen yang sangat banyak dan bahkan hampir sempat ditolak oleh OJK. Namun, terlihat sampai saat ini aplikasi Flip sudah mencapai hingga 3 juta pengguna layanan.

9. Charina Prinandita 

Jika anda Warga Jakarta pasti sudah tidak asing dengan EATLAH. Sejak tahun 2016 menu salted egg chicken dari EATLAH cukup viral sehingga menjadikan Karina Prinandita menjadi salah satu sosok pengusaha muda yang cukup sukses. Ia juga masuk ke dalam daftar Forbes 30 under 30 tahun 2021. 

Perempuan lulusan fashion marketing dan manajemen di Raffles design Institute ini dulunya adalah seorang fashion stylist professional sebelum ia membangun bisnis kuliner. Modal awal untuk membangun usaha kuliner ini ia hanya membutuhkan 15 juta dan membuka outlet di Pantai Indah Kapuk. 

Menurut dia dan teman-temannya memasak yang ia hadirkan melalui menu memang tidak disajikan dengan cara yang profesional. Namun, lewat masakan yang ia hadirkan itu dijadikan sebagai ruang baginya untuk berbagi kebahagiaan melalui cita rasa makanan yang dikombinasikan seperti makanan yang ia pernah rasakan di luar negeri. Dari sini kita belajar bahwa kombinasi dan inovasi adalah kunci untuk melahirkan produk yang inovatif dalam mengelola bisnis. 

10. Felicia Angelista

Felicia adalah seorang artis dan biasa memainkan peran di sinetron layar kaca. Ia terbilang sukses mengelola bisnis Scarlettnya di usianya yang hampir 27 tahun. Sebenarnya ia tidak hanya memiliki usaha kecantikan Scarlett. Awalnya ia membuat Feli Skin, dimana ini adalah bisnis masker yang ia kelola. Namun, setelah melihat pasar meskipun pengguna nya banyak, namun Felicia tetap merasa ini terlalu mahal. Maka dari itu muncullah Scarlet. 

Belajar dari toko wirausahawan yang sukses di usia mudanya contohnya Felicia. Ini menjadi bukti kepada kita bahwa memulai bisnis tidak selalu pada usia atau pengalaman yang matang. Juga ini menjadi pelajaran bagi kita untuk bagaimanapun situasinya, agar tetap optimis. Felicia dahulunya adalah anak korban bully. Jadi, kita sadar bukan bahwa setiap pebisnis belum tentu lahir dari keadaan ekonomi yang tinggi, namun mereka adalah orang yang berani menantang arus dan mendapatkan beragam hasil & pengetahuan setelahnya.

11. Nurhayati Subakat

Perempuan tokoh wirausahawan yang sukses lainnya adalah Nurhayati subakat. Ia mendirikan Wardah yang kini menjadi salah satu brand kosmetik ternama di Indonesia. Ia mulai memasarkan kosmetiknya dari rumah ke rumah dan salon ke salon hingga kini Wardah menjadi di salah satu brand kosmetik terkenal yang tak hanya dikenal oleh orang Indonesia tapi juga luar negeri seperti Malaysia. 

Nurhayati tidak pernah ragu untuk memulai bisnisnya dari nol sekalipun telah 5 tahun berdiri dan terbakar dilalap api. Ini tidak melunturkan semangatnya untuk tetap berjuang meraih apa yang dia cita-citakan. 

12. Arief Muhammad

Influencer sekaligus pebisnis ini sering dijuluki sebagai ahli S3 Marketing karena kepandaiannya dalam melakukan pemasaran yang nampak sangat natural. Kelahiran tahun 1990 ini memiliki semangat yang tinggi dalam berwirausaha. Bakat kreatifnya sangat menginspirasi anak-anak muda, ia memulai karir melalui akun Twitternya sebagai ā€˜Pocongā€™ yang bergenre horor dan komedi. 

Akun ini digunakan untuk mengusili teman-teman kuliahnya dengan membuat akun anonim. Ternyata akun tersebut terbongkar sehingga Arief menjadi panik dan takut. Namun, tidak berhenti sampai disana saja Arief Muhammad melanjutkan cerita itu menjadi buku sekaligus film. Lalu dilanjutkan dengan menciptakan berbagai bisnis seperti Billionaires Project hingga proyek makanan seperti Payakumbuah. Hal yang bisa kita pelajari dari seorang Arief adalah kemampuannya untuk melawan kesulitan dengan kreativitas dan ketajamannya dalam melakukan strategi. 

13. Hamzah Izzulhaq

Bintang Solusi Mandiri adalah lembaga bimbingan belajar yang ā€œditelurkanā€ oleh Hamzah Izzulhaq. Seorang pengusaha yang lahir di Jakarta 26 April 1993 ini merupakan tokoh wirausahawan yang sukses. Berkat usahanya yang gigih, saat ini sudah memiliki tiga cabang dari perusahaannya. Dan tiap cabang setidaknya kurang lebih ada 200 siswa. 

Omzet yang dikantongi bisa mencapai Rp 360 juta tiap bulan dan keuntungan bersihnya Rp 180 juta. Sekarang Hamzah melebarkan sayapnya dengan membuka usaha baru bernama Sofabed. Keuntungannya Rp 100 juta per bulannya. Pelajaran penting yang kita bisa pelajari dari Hamzah adalah semangatnya dalam mencoba hal baru dan mencari peluang serta berinovasi. Hamzah orang yang sangat berani dan cepat mempelajari sesuatu. 

Pengusaha tidak harus pintar, namun ketangkasan itu bisa diolah jika kita dapat dengan sadar setiap waktu atas keberadaan kita. Melalui Hamzah kita belajar untuk menjadi seseorang yang mampu melihat kesempatan meski hanya diawali dari sebuah sofa saja. 

14. Bong Chandra

Bong Chandra merintis karirnya sebagai motivator bisnis. Dia memberikan motivasi di banyak acara. Seiring berjalannya waktu, Bong mendirikan event organizer yang fokus pada pelatihan motivasi. Perlahan tapi pasti, keahlian Bong kian berkembang dan kemampuan motivasinya sukses menghipnotis orang-orang.

15. Elang Gumilang

Lulusan jurusan pertanian ini ternyata sukses di bidang lain. Ya, Elang Gumilang saat ini menggeluti bisnis developer perumahan. Bisnisnya dimulai ketika Elang berhasil membangun rumah dengan modal Rp 300 juta. Ternyata keuntungan yang didapatkan mencapai lebih dari Rp 17 miliar. Semenjak itulah Elang terjun ke bisnis ini. 

Tahukah teman-teman Elang Gumilang ini sebelumnya adalah penjual minyak curah, penjual donat hingga akhirnya ia fokus untuk berkuliah. Namun, tidak itu di dalam kuliahnya, ia masih tetap berfokus untuk mencari kompetisi bisnis. Kemudia ia mulai berkarir dengan menjadi agen properti, sampai akhirnya ia membangun sendiri perumahan hingga real estate. 

Tentu kelihatannya saja mudah namun jalan yang ia tempuh bersama tim tentu saja sangatlah berat karena harus bisa mendapatkan pendanaan dan bisa menjual bangunan tersebut. Namun, usahanya berbuah manis, saat ini ia sudah menaungi dua perusahaan inti yaitu PT. Elang Semestaguna (Gemilang Property) & PT.Dwikarta Semstaguna. 

16. Adamas Belva Syah Devara

Pria kelahiran 30 Mei 1990 ini merupakan Co-Founder dan CEO Ruangguru. Perusahaan pendidikan terbesar di Indonesia ini merupakan kontribusi Belva Devara untuk membangun pendidikan di Indonesia. Berkat usahanya tersebut, Belva masuk dalam majalah Forbes 30 under 30 Asia. Sukses dalam bidang akademisi hingga berbisnis melalui aplikasi Ruang Guru adalah suatu hal yang mengagumkan bagi bangsa Indonesia. 

Belva prihatin dengan sistem pendidikan saat ini sehingga ia berusaha untuk membangun aplikasi dan akhirnya mendapatkan pendanaan yang sangat banyak sekali Rp 700miliar dari PT Multipolar Tbk dan Rp 800 miliar dari Tiger Global. Dari Belva kita belajar untuk memberi makna dan selalu fokus mengembangkan yang terbaik terhadapa bisnis kita agar bisa bermanfaat bagi banyak orang. 

17. M. Alfatih Timur

Aplikasi Kitabisa.com yang merupakan platform penggalangan dana online, salah satu pendirinya adalah M. Alfatih Timur. Selain itu ia juga menjabat sebagai Chief Executive Officer. Pria yang lahir di Bukittinggi 27 Desember 1991 ini dikenal sebagai social entrepreneur. Dia juga dikenal sebagai penggerak perubahan sosial ekonomi masyarakat karena kiprahnya di Kitabisa.com

18. Valentina Meiliyana

Para pecinta dunia fashion khususnya sepatu pasti sudah tidak asing dengan Valentina Meiliyana. Pemilik label Selkius Maxwell ini memiliki produk sepatu andalan yaitu Valentina Meiliyana Shoes. Entrepreneur kelahiran 13 Maret 1995 ini merupakan pendiri PT Valentina Permata Global Group. 

Ternyata tak hanya bergerak di bidang fashion, tapi juga merambah ke manajemen artis. Valentina merintis usahanya dengan valuasi sebesar Rp 10 miliar saat berusia 24 tahun. Walaupun sempat jatuh bangun karena merugi, tapi Valentina terus maju dan pantang menyerah.

19. Benedicto Haryono

Mulanya Benedicto Haryono merintis perusahaan startup platform peer to peer lending bersama Willy Arifin. Misi dari usahanya ini adalah untuk memudahkan dalam menghubungan pendana dan peminjam di satu platform peer to peer lending.

Niat baiknya adalah membantu agar pengusaha yang memerlukan modal usaha dan pendana yang ingin mengembangkan dana bisa bertemu. Misi tersebut yang membuat lahirnya KoinWorks. Perusahaan yang terus meroket menjadi Super Financial App.

20. Nicholas Kurniawan

Pengusaha sukses ini berasal dari keluarga sederhana. Dengan tekadnya yang pantang menyerah membuatnya mampu melihat peluang. Bermula dari memanfaatkan Kaskus dia berhasil sukses di bidang eksportir ikan hias. Walaupun bukan penikmat ikan hias, tapi ketangguhannya mampu membuatnya masuk ke daftar wirausahawan yang sukses.

21. Amanda Cole

Lulusan The University of Manchester ini memulai Sayurbox karena memiliki hobi berkebun. Amanda melihat bahwa para petani mengalami kesulitan untuk memasarkan produknya, terutama di logistik dan distribusi. Dari sanalah Amanda memutuskan untuk mendirikan Sayurbox, sehingga petani menemukan pasarnya sendiri.

Sayurbox berhasil menang dalam kompetisi startup Seedstars Jakarta dan didanai lebih dari US$ 2 juta atau kurang lebih sebesar Rp 28 miliar. Berkat kiprahnya itu, Amanda masuk ke daftar 30 Under 30 Forbes di tahun 2019, kategori Industry, manufacturing and energy.

22. Benz Budiman

Salah satu pendiri dan CEO Pomona adalah Benz Budiman. Perusahaan startup adtech yang fokusnya di bidang industri FMCG Indonesia. Mulanya Pomona adalah aplikasi seluler yang memberikan penawaran promosi cashback ke pemakai ketika membeli bahan makanan offline.

Benz juga merupakan Presiden Direktur PT Tennova Cipta di tahun 2016 dan menjadi investor sekaligus salah satu pendiri startup minuman Indonesia Goola pada 2018. Tak sampai disitu, ia juga berhasil masuk ke daftar pengusaha berprestasi di Asia Pasifik yang terbit di Forbes 30 Under 30.

23. Haryanto Tanjo

Seorang yang masuk daftar pemuda sukses versi Forbes 30 Under 30 Asia ini merupakan CEO dan Co-Founder Moka. Moka adalah startup point of sales mobile (mPOS). Perusahaan tersebut memberikan solusi kepada UMKM yang tidak bermodal atau investasi untuk sistem finansial digital.

Ide dibangunnya Moka adalah berawal dari kurang lebih ada 60 juta UMKM di Indonesia yang belum masuk ke dunia perbankan dan layanan usaha finansial digital. Sistem mPOS ini didesain agar mudah digunakan.

24. Archie Carlson

Archie Carlson merupakan salah satu pendiri StickEarn. Perusahaan startup advertising technology ini dibangun tahun 2017. Tercetusnya didirikan perusahaan ini adalah karena sudah banyaknya advertising di mobil atau public transportation advertising di luar negeri seperti Singapura, New York, London, Hongkong dan lainnya, tapi belum terlihat di Indonesia.

Untuk lebih memperluas pasar, StickEarn juga memberikan layanan branding untuk angkot, bus, taksi bahkan pesawat. Tidak berhenti di sana, pendiri StickEarn juga meluncurkan StickMart dan StickTab tahun 2018. 

25. Aruna Harsa

Banyak yang mengira bahwa Dekoruma merupakan perusahaan asal Jepang. Tapi ternyata bukan. Ada Aruna Harsa dibalik Dekoruma. Platform ini dibangun dengan berfokus pada bidang home and living. Perusahaan ini dibangun tahun 2015 dan tahun 2019 mengeluarkan unit bisnis penjualan properti dan memperoleh antusiasme positif dari masyarakat.

Dekoruma telah mengantongi lebih dari 1 juta pelanggan setia dan 100 ribu furniture serta dekorasi. Aruna Harsa juga telah tercantum di daftar Forbes 30 Under 30 Asia di kategori Consumer Technology. 

26. Felicya Angelista

Banyak orang yang mengenal Felicya Angelista sebagai seorang artis. Tapi tidak sedikit yang mengenalnya sebagai pebisnis muda yang sukses. Dia berhasil melihat peluang di bidang kecantikan dan mulai terjun di tahun 2017. 

Awalnya ia menjual masker yang diberi nama Feli Skin. Kemudian dia mengeluarkan produk bernama Scarlett Whitening. Pemasarannya yang menggaet konten kreator dan artis membuat produknya kian banyak dikenal masyarakat.

Cara Menjadi Pengusaha Muda Sukses

Perkara sukses setiap orang pasti memiliki waktunya masing-masing. Tidak ada yang tahu tepatnya kapan kesempatan datang. Namun, apa yang kita bisa pelajari dari berbagai toko wirausahawan yang sukses di usia muda diatas adalah semangat juang dan keinginannya untuk selalu memberikan makna kepada masyarakat. Itulah yang membuat mereka bisa senantiasa berusaha keras karena mereka yakin dan percaya dengan mimpi yang ingin mereka capai. 

Bisa menjadi pengusaha sukses di usia muda merupakan impian semua orang. Hal itu tentu tidak mudah untuk diraih. Perlu adanya kegigihan dan tekad bulat untuk mewujudkannya. Apalagi dalam berbisnis, tentu ada kenyataan pahit yang harus siap diterima. Berikut ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk menjadi pengusaha muda yang sukses:

1. Berani Memulai

Berani memulai adalah modal utama untuk mencapai kesuksesan. Apalagi jika anda memiliki ide kreatif dan inovasi-inovasi baru, wujudkan dengan segera bergerak. Jika masih muda, anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk belajar, baik dari pengalaman sendiri ataupun dari orang lain.

2. Komitmen

Jangan mengerjakan suatu pekerjaan dengan setengah hati. Anda harus memiliki komitmen penuh dalam niat atau tindakan. Jika bisnis yang dilakukan belum menunjukkan hasil, jangan menyerah dan terus berjuang merupakan salah satu bentuk komitmen ketika berbisnis

3. Pantang Menyerah

Dalam setiap usaha pasti ada rintangannya. Apalagi ketika baru memulainya. Jangan mudah menyerah. Persiapkan dengan matang segala kemungkinan kegagalan dalam bisnis anda. Pelajari dan carilah solusinya.

4. Punya Target

Buatlah target yang jelas dan rinci ketika berbisnis. Ketika memiliki target anda jadi lebih termotivasi untuk mewujudkan target tersebut. Anda juga bisa membuat target jangka pendek dan panjang. Dengan demikian bisnis bisa terus berkembang.

Dapatkan Modal Pengembanga Usaha Untuk Perluas Pasar

Demikian beberapa tokoh wirausahawan yang sukses mengembangkan bisnis mereka dari nol dengan segala proses jatuh bangunnya. Dari mereka kita bisa belajar bahwa tidak ada kesuksesan tanpa adanya perjuangan. Untuk bisa memiliki bisnis yang stabil seperti para pengusaha diatas, maka tentu perlu usaha yang serius, seperti keseriusan Anda dalam memilih pinjaman online terpercaya untuk menjadi modal pengembangan lanjutan untuk perkuat bisnis dan raih jangkauan pasar lebih besar.

Anda kesulitan untuk mendapatkan modal usaha saat ini? Dapatkan penawaran terbaik melalui ragam produk pinjaman online terpercaya di Danamas. Anda bisa mendapatkan pendanaan hingga Rp 2 miliar dengan tenor hingga 10 tahun tentu bunga pinjaman bersaing. Hindari menggunakan layanan pinjaman online yang tidak kredibel & terpercaya. Danamas adalah P2P lending terpercaya yang sudah ada sejak tahun 2000 dan menjadi P2P Lending pertama yang diterima dan berizin OJK serta terdaftar di AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) & Kominfo.

Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-tes-dna

Biaya Tes DNA, Manfaat, Lokasi & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Biaya tes DNA biasanya dimulai dari harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta di beberapa lokasi rumah sakit di Indonesia. Melakukan tes ini memang terbilang mahal dengan hasil yang b

review-buku-the-life-changing-of-tidying-up

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Review buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up adalah buku terlaris yang ditulis oleh penulis Jepang, Marie Kondo, yang awalnya diterbitkan pada tahun 201

kalender-2023-dan-tanggalnya

Kalender 2023 Lengkap Dengan Tanggal Merah

Saat menyambut tahun baru, maka salah satu yang paling dicari adalah kalender 2023 lengkap dengan tanggal merah. Tanggal merah atau hari libur pasti ditunggu oleh banyak orang