Film bisnis terbaik seringkali diidentikkan dengan motivasi dan semangat seorang pengusaha untuk mencapai mimpi, harapan dan target bisnis. Seorang pebisnis harus bisa mengubah dunia lewat kemampuannya yang mampu memecahkan dan menyelesaikan permasalahan. 

Untuk menjadi wirausaha yang sukses, Anda dapat melatih diri dengan mengembangkan banyak kemampuan soft skill khususnya dalam berkomunikasi dan menjadi seorang pemimpin. Pebisnis yang sukses biasanya memiliki inisiatif yang tinggi dan dapat menjadi seorang yang terbiasa dalam melakukan negosiasi. Proses pitching adalah tahapan terb

Menyaksikan sebuah film untuk sebagai orang memang bisa memberikan banyak inspirasi, termasuk film-film yang bertemakan perjuangan seseorang hingga sukses. Dalam film bisnis Anda akan belajar bahwa kejujuran dan pantang menyerah adalah hal yang penting dalam bisnis.

Beberapa rekomendasi film tentang bisnis ini bisa jadi pilihan untuk semakin semangat membangun kerajaan bisnis. Kira-kira apa saja ya rekomendasi film tentang bisnis, apa ada film dari sinema lokal yang bertemakan bisnis? Yuk kita simak 20 rekomendasi film bisnis terbaik.

20 Film Bisnis Terbaik untuk Memotivasi Anda Berbisnis

Ada banyak film bisnis yang dapat Anda tonton untuk menghibur sekaligus menambah pengetahuan Anda tentang bisnis. Disini kami rangkum 20 film bisnis terbaik untuk Anda.

1. Start Up

Start up menjadi salah satu film bisnis terbaik yang berasal dari korea. Film ini menceritakan seorang gadis yang memiliki mimpi membangun usaha rintisan atau startup. Karakter utamanya yaitu Seo Dal Mi yaitu gadis yang punya mimpi untuk menjadi seperti Steve Jobs. 

Awalnya Dal Mi bekerja paruh waktu dan membantu neneknya berjualan, tapi kehidupannya berubah setelah masuk ke Sandbox sebuat inkubator bisnis yang dibuat seperti Silicon Valley. Tidak hanya tentang bisnis tapi drama ini juga dibalut cerita romance yang membuat para penonton menjadi terpukau.

2. The Social Network

Siapa yang tidak kenal dengan Mark Zuckerberg, pendiri Facebook ini. Kisah Mark menjadi inspirasi banyak sekali anak muda yang ingin sukses di usianya. Kisah sukses Mark membangun Facebook pun dituangkan dalam sebuah film yang berjudul The Social Network. Lewat film ini, Anda bisa melihat bagaimana sebuah perusahaan raksasa dibangun dan tumbuh berkembang hingga sekarang. 

3. The Founder

Rekomendasi film bertemakan bisnis ini mengisahkan tentang kesuksesan waralaba McDonald’s. Anda pasti tahu sekali bukan Mcd ini? Bisnis waralaba ini hampir ada di seluruh dunia. Kesuksesan McDonald ini dituangkan dalam sebuah film berjudul The Founder. The Founder diperankan oleh Michael Keaton dan Nick Offerman. Tak hanya itu, ada juga actor lainnya yakni John Carroll Lynch yang aktingnya sangat apik. The Founder bercerita tentang kisah Michael Keaton yang berperan sebagai Ray Kroc yakni seorang salesman mixer keliling yang pada prosesnya ia mampu memiliki Mcdonald yang kini menjadi waralaba restoran cepat saji tersukses di dunia. Untuk Anda penggemar Mcd, maka tidak ada salahnya juga untuk lihat kisah suksesnya ini. 

4. The Pursuit of Happiness

Film bertemakan bisnis ini diangkat dari kisah seorang pengusaha di Amerika Serikat yang Bernama Chris Gardner. Will Smith sebagai Chris Gardner mengawali kisah sebagai seorang salesman yang membeli franchise alat scanner tulang yang rencananya akan dijual kembali. Walaupun semangat dan keyakinannya sangat tinggi, namun pada prosesnya tak semulus rencananya, karena mesin scanner tulang tersebut tidak laku. 

Ia pun harus rela kehilangan harta bendanya bahkan hingga ditinggal istrinya. Chris dan anaknya pun menjadi gelandangan yang tidak memiliki rumah tinggal lagi. Walaupun diawali dengan kisah yang cukup menyedihkan, dari sinilah kita bisa lihat perjuangan Chris untuk sampai pada puncak kesuksesan. 

5. JOY

Salah satu rekomendasi film tentang bisnis yang wajib sekali Anda tonton adalah JOY. Film ini mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Joy Mangano yang diperankan oleh Jennifer Lawrence. Siapa yang tak kenal Jennifer Lawrence dengan aktingnya yang selalu memukau, begitu pula di film JOY ini. Kisah Joy diawali dengan penemuan alat pel yang dinamakan Miracle Mop, lalu ia pun berusaha untuk menjual, mempromosikannya lewat stasiun televisi hingga mematenkan merek tersebut. Tak selalu mulus, justru penjualan JOY dengan alat pel nya inilah yang membuat penonton terkagum dengan kegigihannya. 

6. The Intern

Film yang cukup populer ini dibintangi oleh aktris papan atas Anne Hathaway dan aktor legendaris Robert de Niro. Rekomendasi film tentang bisnis, The Intern ini termasuk kedalam genre drama komedi yang menceritakan tentang Ben White yang diperankan oleh Robert de Niro sebagai seorang pensiunan lalu memutuskan untuk magang di sebuah perusahaan Jules Ostin yang diperankan oleh Anne Hathaway. Walaupun sudah tidak muda lagi, Ben Whitter masih memiliki semangat dan kemampuan selayaknya anak muda bahkan sifat bijaksananya mampu menarik perhatian Jules. Kisah drama komedi ini mampu menghibur Anda dengan alur cerita yang menyenangkan. 

7. Chef

Pilihan rekomendasi film tentang bisnis lainnya adalah Chef. Chef yang dibintangi oleh Jon Favreau sebagai Carl Casper ini cocok sekali untuk Anda yang juga ingin mengembangkan bisnis kuliner. Carl ada seorang koki dan memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya untuk memulai bisnisnya menjadi seorang entrepreneur dengan berjualan diatas food truck. Banyak momen cerita lucu sekaligus hari yang dikisahkan di film ini. Jatuh bangun bisnis yang tentu tidak mudah mampu diinterpretasikan dengan baik lewat film Chef ini. 

8. The Billionaire

The Billionaire merupakan salah satu film rekomendasi tentang bisnis anak muda yang berasal dari Thailand. Jika Anda suka dengan film-film dari Thailand, maka pilihan film ini juga wajib Anda tonton. The Billionaire mengisahkan tentang seorang anak muda yang ingin sekali memiliki usaha. Berawal dari ketidaksengajaan menemukan cemilan dari rumput laut, ternyata membawanya pada proses perjalanan bisnis yang tak disangka. Jika Anda pernah membeli cemilan rumput laut bermerek Tao Kae Noi, nah cemilan inilah yang dikisahkan pada film The Billionaire. 

9. Crocodile in The Yangtze

Kalau sebelumnya banyak pilihan rekomendasi film bisnis bergenre drama, maka lain halnya dengan ini. Crocodile in The Yangtze adalah film dokumenter yang mengisahkan seorang pengusaha sukses, Jack Ma. Sebelum menjadi pebisnis handal seperti sekarang, ia adalah seorang guru matematika yang menjelma menjadi seorang miliarder di Tiongkok. Jika Anda suka dengan genre film dokumenter, maka Crocodile in the Yangtze cocok untuk Anda tonton. 

10. Filosofi Kopi

Tak hanya dari luar negeri, ada juga rekomendasi film dari Indonesia yang bertemakan bisnis, salah satunya Filosofi Kopi. Film karya Dewi Lestari ini mengisahkan dua orang sahabat yang sama-sama penyuka kopi. Merekapun membangun kedai kopi kecil yang dinamakan Filosofi Kopi. Namun dalam prosesnya tentu tak semulus yang tampak, difilm ini dikisahkan jatuh bangunnya hingga terlilit hutang yang cukup besar. Anda pun akan dibuat penasaran dengan akhir cerita mereka.

11. Cek Toko Sebelah

Cek Toko Sebelah adalah salah satu film Indonesia yang cukup populer. Film dari Ernest Prakasa ini bergenre drama komedi. Tak hanya menghibur tapi juga rekomendasi sekali untuk Anda makin termotivasi membangun sebuah usaha. Di film ini, konflik keluarga dari mulai pribadi hingga urusan toko sebagai bisnisnya pun bermunculan. Lewat film ini, Anda bisa melihat bagaimana mereka menangani konflik tersebut. 

12. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Film lain yang menceritakan tentang bisnis dan kesuksesan adalah Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar. Film ini mengangkat kisah nyata dari seorang Merry Riana yaitu seorang perempuan berdarah etnis Tionghoa yang kini menjadi seorang wanita sukses sejak usianya 26 tahun. Di film ini menceritakan tentang penjualan Merry Riana menghadapi krisis di Indonesia dan kelamnya etnis Tionghoa di masa itu. Keluarganya pun mampu menyelamatkan Merry Riana yang diperankan oleh Chelsea Islan dan menerbangkannya ke Singapura. Kini, perjuangannya pun bisa Anda tonton di film Mimpi Sejuta Dolar. 

13. Business Proposal

Film korea business proposal merupakan salah satu film bertema bisnis yang cukup terkenal. Film ini mengangkat cerita mengenai Shin Ha-ri seorang peneliti pengembangan makanan dan menu baru dalam perusahaan. Suatu ketika, temannya Shin Ha-ri bernama Young seo memintanya untuk menggantikannya dalam kencan buta dengan memberikan imbalan. 

Ternyata pasangan dalam kencan buta tersebut adalah CEO dari perusahaan Shin Ha ri bernama Kang Tae Mo, CEO yang terkenal pekerja keras dan dingin. Akhirnya kisah drama kencan buta antara bos dan karyawan pun dimulai.

14. Steve Jobs

Seperti namanya maka film satu ini merupakan film yang menceritakan tentang pendiri Apple inc yaitu Steve Jobs. Film ini menceritakan perjalanan Steve berjuang menggapai karirnya untuk membangun perusahaan impiannya. Kesulitan Steve ketika dikeluarkan dari kampus karena masalah biaya, masa rentannya, hingga kesuksesannya diceritakan secara apik dalam film ini. Film ini rekomendasi bagi Anda dan cocok untuk menambah motivasi membangun bisnis.

15. The Big Short

Film bisnis ini menceritakan ketika krisis ekonomi di AS di tahun 2000 yang menyebabkan economic bubble atau biasa yang disebut gelembung kredit macet. Cerita ini berfokus pada empat sekawan yang mempunyai sebuah terobosan untuk menganalisis pasar dan mengambil alih beberapa investasi bang besar. Jika Anda menonton film ini akan membuat Anda mengenali beberapa istilah dalam investasi dan memotivasi Anda.

16. The Wolf of Wall Street

Film bisnis ini merupakan salah satu film yang wajib untuk Anda tonton. Film ini bercerita tentang seorang pialang bernama Jordan Belfort. Ia melakukan segala cara untuk sukses seperti menipu dan menyuap. Namun, Anda akan belajar dalam film ini kesuksesan tanpa kejujuran tidak akan bertahan lama dan membuat sebuah penderitaan.

17. Moneyball

Film bisnis ini wajib Anda tonton karena mengajarkan bahwa ketekunan dan disiplin bisa mengalahkan uang. Film ini bercerita tentang tim baseball dan manajernya yang kehilangan pemain hebat karena dibeli oleh klub kaya. Namun Billy pemeran utamanya tidak menyerah dan mencari pemain lain yang tidak terlalu dianggap hebat tapi punya mental juara. 

18. Margin Call

Margin Call  merupakan film bisnis yang bercerita tentang krisis ekonomi AS di tahun 2008. Namun, film ini diceritakan kisah 24 jam sebelum krisis ekonomi tersebut terjadi. Film ini memperlihatkan orang di balik runtuhnya bisnis perumahan di AS. Anda akan banyak belajar mengenai kejujuran yang penting ditanamkan bagi para pengusaha. 

19. Pirates of Silicon Valley

Film bisnis ini berfokus pada dua orang yaitu Steve Jobs dan Bill Gates. Film ini akan memperlihatkan kedua orang ini menciptakan dua perusahaan teknologi besar yaitu Microsoft dan Apple. Disini Anda akan diperlihatkan konflik, drama dan keseruan kedua orang ini dalam membangun bisnis.

20. Start Up Kids

Film bisnis ini merupakan film dokumenter tentang anak muda di AS dan Eropa yang terjun ke dunia bisnis digital. Disini akan ada tayangan wawancara dengan pendiri perusahaan besar seperti Vimeo, Dropbox dan Soundcloud. Para pendiri ini menceritakan kisahnya dalam mendirikan perusahaan mereka.

Bangun Bisnis Bersama Danamas Pinjaman Bisnis

Demikian rekomendasi film tentang bisnis dan kisah sukses wirausahawan dengan berbagai tantangan yang mereka hadapi. Menonton film seperti diatas tak hanya menghibur tapi juga bisa jadi semangat dan motivasi Anda untuk memiliki usaha yang sukses kedepannya. 

Selain semangat dan motivasi, bisnis juga harus didukung dengan modal usaha. Beberapa bisnis tentu mengharuskan Anda memiliki modal agar makin maju. Seperti beberapa rekomendasi film diatas ada yang berjuang untuk mendapatkan modal agar bisa diputar kembali menjadi keuntungan. 

Nah, bagi Anda yang berencana memajukan bisnis, salah satu rekomendasi mendapatkan modal usaha adalah dari Danamas Pinjaman Bisnis. Ajukan pinjaman cepat dan cukup akses lewat app store yang bisa Anda download di handphone. Selain itu, biaya administrasi juga relatif kecil hanya 1%-2%. Coba simulasikan pinjaman Anda dengan tenor yang sesuai dengan kemampuan juga kebutuhan Kalkulator Simulasi Kredit.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-tes-dna

Biaya Tes DNA, Manfaat, Lokasi & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Biaya tes DNA biasanya dimulai dari harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta di beberapa lokasi rumah sakit di Indonesia. Melakukan tes ini memang terbilang mahal dengan hasil yang b

review-buku-the-life-changing-of-tidying-up

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Review buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up adalah buku terlaris yang ditulis oleh penulis Jepang, Marie Kondo, yang awalnya diterbitkan pada tahun 201

kalender-2023-dan-tanggalnya

Kalender 2023 Lengkap Dengan Tanggal Merah

Saat menyambut tahun baru, maka salah satu yang paling dicari adalah kalender 2023 lengkap dengan tanggal merah. Tanggal merah atau hari libur pasti ditunggu oleh banyak orang