cara-nabung-untuk-beli-rumah

Memiliki hunian di usia muda adalah harapan semua orang. Namun tingginya harga hunian yang semakin meningkat dari tahun ke tahun membuat banyak generasi milenial kesulitan untuk membeli rumah, apalagi di kota besar. Bahkan ada ungkapan yang mengatakan kalau hanya orang yang mendapat warisan yang bisa punya rumah di pusat kota. Hal itulah yang membuat anak muda mulai mencari cara nabung untuk beli rumah.

Sekarang ini banyak sekali tren dan gaya hidup, membuat anak muda kesulitan untuk mengelola keuangan atau menerapkan gaya hidup hemat. Membeli rumah bukanlah hal yang mustahil bisa dilakukan oleh kaum milenial apabila mereka mengetahui cara nabung untuk beli rumah yang tepat. Karena menabung bertahun-tahun pun bisa ludes bila tidak di manage dengan baik. Ada saja keinginan untuk memakai uang tersebut.

Namun walaupun harga hunian yang fantastis, tidak menghilangkan keinginan kaum muda untuk beli rumah. Karena hunian bisa menjadi salah satu bentuk investasi jangka panjang dan harganya akan terus mengalami kenaikan tiap tahunnya. Apakah anda ingin tau tentang cara nabung untuk beli rumah? Yuk simak artikelnya!

5 Cara Menabung Untuk Beli Rumah

Walaupun memiliki pendapatan besar tiap bulan, tapi kalau anda tidak niat bersungguh-sungguh dan fokus pada tujuan ingin beli rumah. Maka uang tersebut akan cepat habis untuk keperluan yang lain. Lantas, bagaimana cara nabung untuk beli rumah bagi para milenial? Simak dalam artikel ini.

1. Membulatkan Tekad atau Niat

  • Untuk membeli rumah, Anda harus memiliki tekad atau niat dalam menabung.
  • Siapkan target yang ingin dituju, jangka waktu, dan besaran angka yang ingin Anda tabung. 
  • Dengan membuat perencanaan, Anda bisa menghindari diri dari segala pengeluaran yang tidak efisien, karena sudah direncanakan untuk tabungan rumah. Pastikan Anda juga konsisten dalam menabung.

2. Memiliki Rekening yang Berbeda

Cara nabung untuk beli rumah selanjutnya adalah buat rekening yang berbeda ditujukan agar membantu Anda mengontrol pengeluaran secara spesifik. Dengan memiliki rekening yang berbeda, Anda bisa memisahkan antara tabungan untuk membeli rumah dan pengeluaran untuk keperluan lainnya.

3. Menabung di Awal Bulan

Anda bisa menabung sekitar 20% untuk alokasi tabungan rumah. Pastikan untuk menabung di awal bulan. Anda bisa menggunakan fitur autodebet yang tersedia pada bank pilihan Anda. Menabung di awal bulan mencegah agar tidak membelanjakannya sekaligus. 

4. Terapkan Gaya Hidup Hemat

Untuk membantu mempermudah keinginan milenial memiliki rumah, maka sebaiknya menghindari gaya hidup hedonisme. Anda bisa mulai menerapkan gaya hidup hemat dan mulai menyisihkan dana untuk menabung.

5. Berinvestasi di Produk Keuangan yang Tepat

Berinvestasi bisa menjadi salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menambah “dana” pemasukan untuk membeli rumah. Anda bisa memilih dan mencari informasi mengenai investasi di produk keuangan yang tepat misalnya seperti deposito, reksadana, emas. 

Baca Juga: Kenali Investasi Online Kaum Milenial sebelum Memulai

4 Alasan Harus Beli Rumah Di Usia Muda

Segala sesuatu yang positif bila dimulai lebih cepat, tentu manfaatnya juga bisa segera dinikmati, termasuk membeli rumah di usia muda. Mengapa membeli rumah di usia muda adalah pilihan yang tepat? Berikut adalah beberapa alasannya:

1. Harga yang Terus Meningkat

Seperti yang diketahui, harga rumah selalu meningkat. Dalam kurun dua hingga tiga tahun, harga rumah bisa melonjak. Hal ini juga tergantung dengan lokasi dan pembangunan yang ada.  Dari segi material bangunan juga terus meningkat, apalagi jika Anda ingin membangun rumah dari awal.

2. Usia Terus Bertambah

Perlu disadari bahwa apabila ingin membeli rumah dengan cicilan, maka perlu memperhatikan kemampuan untuk mencicil, masa cicilan, dan juga faktor usia. Apabila Anda berada di usia produktif, maka akan semakin terbuka potensi untuk mendapatkan tenor maksimal. Perlu diketahui juga bahwa pihak bank biasanya memberikan tenor paling lama 25 tahun. 

3. Lahan Huni semakin Terbatas

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa harga properti kian naik karena semakin hari kebutuhan akan tempat tinggal semakin meningkat. Sedangkan lahan yang ada semakin terbatas. Hunian di tempat dengan lokasi strategis semakin mahal dan yang tersisa hanya rumah di pinggiran atau pelosok daerah yang mungkin secara lokasi tidak strategis. 

4. Dapat dijadikan Investasi yang Menjanjikan

Rumah adalah kebutuhan bagi setiap keluarga atau orang. Peningkatan harga setiap tahunnya bisa menjadikan rumah salah satu aset yang menjanjikan. Apalagi jika lingkungan Anda memiliki akses yang memadai dan berada di tengah kota. Anda bisa menjadikan rumah sebagai investasi yang menjanjikan.

5 Keuntungan Membeli Rumah Di Usia Muda

Jika anda masih ragu untuk membeli rumah di usia muda, di bawah ini ada 5 keuntungan yang bisa didapatkan jika melakukan hal itu, seperti bisa mencicil lebih panjang, mengantisipasi harga yang terus melonjak, bahkan bisa dipakai untuk investasi di masa depan.

1. Investasi Masa Depan

Properti adalah pilihan bijak ketika ingin berinvestasi di masa depan. Karena harganya yang terus melonjak. Apalagi jika lokasinya strategis dan dekat fasilitas umum, maka harganya akan naik 2-3x lipat dalam beberapa tahun ke depan. Daerah yang ramai akan lebih cepat berkembang sehingga permintaan properti akan semakin tinggi juga, sehingga membuat harganya semakin mahal.

Untuk investasi, selain menjual rumah di masa mendatang. Anda juga bisa menyewakannya atau berjualan di sekitar rumah tersebut. Bila rumah dekat dengan kampus atau perkantoran, maka cocok disewakan. Dan pundi-pundi keuangan pun bertambah terus.

2. Belajar Menunda Kesenangan

Karena belum menikah, tidak sedikit orang yang bergaya hidup bebas untuk berfoya-foya. Salah satu cara agar bisa mengendalikan hal itu adalah membeli rumah. Saat anda mengumpulkan uang untuk uang muka atau membayar cicilan, maka anda sedang belajar menunda kesenangan dengan mengatur uang agar cukup untuk ditabung dan memenuhi keperluan hidup lainnya. Jadi bila nanti sebagian uang langsung dipotong untuk cicilan rumah, anda tidak kaget karena sudah terbiasa menyisihkan uang dan hidup menggunakan uang terbatas.

3. Antisipasi Kenaikan Harga Rumah

Seperti yang diketahui kalau harga rumah terus naik setiap tahunnya. Menunda beli rumah, maka anda sedang membiarkan harga terus naik dan kita semakin sulit untuk membelinya. Mengumpulkan uang untuk membeli rumah secara cash bukanlah pilihan yang tepat, apalagi jumlah uang yang ditabung tidak sebanding dengan kenaikan harga rumah. Disarankan anda mengumpulkan uang untuk membayar uang muka kemudian ajukanlah kredit kepemilikan rumah (KPR) ke bank. Dengan langkah itulah, anda bisa punya rumah lebih cepat.

4. Cicilan Lebih Panjang

Ketika masih muda maka waktu produktif masih panjang. Masa produktif itu erat kaitannya dengan masa cicilan KPR. Umumnya masa cicilan KPR sampai 20 tahun. Tapi ketika anda baru mengambil KPR di usia 30 atau 40 tahun, maka masa cicilan bisa jadi lebih pendek karena telah mendekati waktu pensiun. 

Jadi sebaiknya anda mengambil KPR di usia muda karena waktu cicilannya akan lebih panjang, sehingga akan lebih meringankan karena biaya cicilannya jauh lebih murah dibanding mengambil KPR ketika usia 30 atau 40.

Tak hanya itu saja, biaya hidup juga masih kecil karena belum ada tanggungan keluarga. Hal itu membuat anda lebih leluasa untuk mengatur uang yang akan dipakai untuk bayar cicilan.

5. Motivasi Untuk Semakin Produktif

Anda akan termotivasi untuk semakin produktif ketika mengingat kalau ada cicilan rumah yang harus dibayarkan tiap bulannya. Dan ketika bekerja, anda akan teringat kalau anda sudah menikmati kerja keras dengan memiliki rumah. 

Mencicil rumah dirasa lebih mudah karena energi yang dimiliki juga masih banyak. Jadi manfaatkanlah masa muda untuk bekerja keras dan terus produktif, agar anda bisa mencari penghasilan dan membayar cicilan rumah

11 Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung

Agar bisa segera beli rumah, anda harus hidup hemat. Jangan tergiur dengan keinginan yang tidak akan ada habisnya. Bagi anda yang masih sering hidup boros. Nah di bawah ini ada 11 cara hidup hemat agar anda bisa menabung. Yuk kita lihat ulasannya!

1. Tahu Prioritas

Jangan pernah memasukkan barang yang hanya bersifat keinginan ke daftar prioritas. Poin pertama ini cukup ampuh untuk menekan pengeluaran yang tidak penting. Anda masih bisa tidak nonton ke bioskop dalam waktu satu bulan atau tidak liburan selama satu bulan, tapi anda tidak bisa makan satu bulan sekali, minum satu bulan sekali dan kebutuhan pokok lainnya. Jadi perhatikan dan pahami perbedaan kebutuhan dan keinginan yang hanya kepuasan sementara.

2. Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan merupakan salah satu cara agar hidup lebih hemat. Apa hubungannya? Karena dengan pola hidup sehat, maka akan meminimalisir risiko penyakit yang memerlukan bantuan dokter. Tentu saja jasa dokter dan obat butuh uang untuk membayarnya dan biasanya jumlahnya tidak sedikit. Hal tersebut akan mengganggu arus pengeluaran karena bisa jadi lebih tinggi dibandingkan pendapatan tiap bulannya.

3. Bijak Dalam Berbelanja

Harga barang di supermarket biasanya lebih mahal dibandingkan di pasar. Nah untuk menghemat uang, mulailah membiasakan diri untuk berbelanja di pasar. Atau jika ingin berbelanja online, pilihlah event tertentu untuk berbelanja bulanan atau jumlah banyak karena biasanya akan ada potongan harga.

4. Pengeluaran < Pendapatan

Jangan menghambur-hamburkan uang untuk memenuhi keinginan, bukan kebutuhan. Usahakan jangan sampai berhutang hanya untuk memenuhi kebutuhan karena akan mempengaruhi kelangsungan hidup. Dilihat secara psikologi, kebiasaan memiliki hutang membuat cemas, gelisah dan tidak tenang.

5. Bawa Bekal

Anda bisa menerapkan hidup hemat dengan membawa bekal. Jadi uang makan yang disediakan kantor bisa ditabung. Walaupun mungkin jumlahnya tidak terlalu besar, tapi jika dikumpulkan bisa dipakai untuk hal lain. Selain itu dengan membawa bekal, makanan yang dikonsumsi lebih terjamin dan higienis.

6. Fasilitas Liburan Murah

Yang perlu diingat adalah anda liburan untuk melepas penat dan lelah bekerja, bukan menambah beban atau masalah finansial karena uang habis dipakai liburan. Belilah tiket transportasi di saat promo karena harganya lebih murah, hotel juga tidak perlu bintang lima karena waktu di tujuan lebih banyak dipakai untuk eksplor tempat/ makanan khas, atau tidak harus liburan ke luar negeri. Jangan pernah memaksakan jika anda merasa tidak perlu/tidak mampu.

7. Tidak Remehkan Uang Receh

Uang receh sering diremehkan karena nominalnya yang sedikit. Padahal jika dikumpulkan, nominalnya besar dan bisa menyelamatkan anda ketika dalam keadaan terdesak. Sediakan wadah atau toples untuk menyimpan uang receh. Setelah banyak, tukarkan dengan uang kertas bernominal sama.

8. Go Green

Ubahlah kebiasaan seperti lebih hemat penggunaan listrik (matikan saklar lampu saat tidak dipakai), hemat air sampai menggunakan sepeda untuk menjangkau tujuan yang jaraknya < 5 km dari rumah. Sikap-sikap ini akan turut menjaga bumi, sekaligus merealisasikan hidup hemat.

9. Disiplin Menabung

Sikap rajin dan disiplin menabung adalah hal yang wajib dimiliki ketika ingin mewujudkan pola hidup hemat. Tabungan bisa dijadikan cadangan uang dalam keadaan terdesak atau dipakai untuk persiapan hari tua. Banyak sekali manfaat menabung jika anda menerapkannya. Setidaknya sisihkan 10% dari pendapatan tiap bulannya.

10. Terapkan Pola Hidup Sederhana

Walaupun penghasilan anda di atas 10 juta tapi tidak menjamin anda dapat hidup menjadi orang kaya. Orang yang dianggap kaya adalah orang yang tekun dalam mengumpulkan uang dengan bekerja keras dan selektif memakai uang. Pola hidup sederhana adalah langkah yang paling ampuh untuk mempertahankan kekayaan dan cocok dengan sikap hidup hemat.

11. Investasi

Sisihkan uang anda untuk investasi. Ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih seperti reksadana, deposito, emas, saham sampai properti. Pilihan jenis instrumen yang sesuai dengan tujuan investasi.

Bisnis Bisa Cuan dengan Modal Besar! Ini Caranya

Setelah anda tau cara nabung untuk beli rumah dan berhasil mendapatkan keinginan tersebut. Anda bisa menjadikan hunian tersebut sebagai agunan untuk mengembangkan usaha anda. Dengan suntikan dana sampai Rp 2 miliar dari Danamas, semua permasalahan keuangan anda akan terselesaikan.Danamas merupakan pinjaman online OJK bunga rendah 2021 yang dapat memberikan tambahan modal usaha dengan agunan properti. Anda bisa menggunakan sertifikat tanah, apartemen, ataupun rumah. Anda bisa menggunakan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman untuk menghitung pinjaman dan angsuran dari properti yang dimiliki. Agar akses lebih praktis dan mudah dilakukan dimana saja, segera download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di smartphone. Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b