bisnis-kesehatan

Usaha di bidang kesehatan semakin marak saat ini, apalagi semenjak pandemi covid 19. Karena hal itulah sektor kesehatan bisa memiliki peluang besar untuk Anda. Memang sebagai pengusaha, anda wajib “melek” terhadap peluang di sekitar apakah ada yang bisa menambah pundi-pundi keuangan. Bahkan sampai saat ini bayang-bayang covid-19 belum usai, tentunya bisnis kesehatan dan farmasi masih akan naik daun sampai beberapa tahun ke depan.

Jika pandemi usai pun bisnis kesehatan tetap tidak akan surut. Karena faktor kesehatan sangat penting bagi semua orang. Tenaga medis, pusat kesehatan, obat-obatan dan hal lain yang berkaitan tetap akan laris. Bila anda berminat untuk berkecimpung di bisnis ini, maka pastikan pengetahuan tentang kesehatan dan isu-isu yang berkaitan cukup mumpuni, karena bidang kesehatan ini sangat rentan, jika salah akan berakibat fatal dan merugikan konsumen juga bisnis Anda sendiri. Maka dari itu, penting sekali untuk mempelajari strategi bisnis dan seluk beluk sebuah bisnis sebelum memulai usaha umkm.

Apa anda berminat untuk bergabung di bisnis kesehatan ini? Jika ya, pahamilah kalau bisnis ini memang lahan basah tapi tanggung jawabnya juga besar. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang bisa Anda lakukan di bidang kesehatan untuk mendapatkan keuntungan. Mari simak ulasannya!

Apa Itu Bisnis Kesehatan 

Saat pandemi, banyak sekali usaha yang gulung tikar. Hal ini berkebalikan dengan bisnis di bidang kesehatan yang makin jaya ketika pandemi bahkan sampai saat ini. Bisnis kesehatan adalah bisnis yang berkaitan dengan kesehatan, mulai dari obat-obatan, jasa kesehatan, peralatan medis, entitas yang menyediakan layanan medis seperti klinik/rumah sakit/jasa swab & PCR, layanan yang menyediakan produk atau layanan kepada penyedia di sektor ini. Hal ini bisa mencakup apa pun, mulai dari kantor dokter sampai perusahaan yang menjual peralatan medis.

20 Ide Bisnis Kesehatan

Bisnis kesehatan adalah bisnis yang sangat penting untuk kehidupan manusia, karena berkaitan dengan nyawa. Apa anda sedang mencari ide bisnis kesehatan? Anda berkunjung ke artikel yang tepat. Karena di bawah ini ada 20 bisnis yang bisa anda pilih.

1.Konten Kesehatan

Menjadi seorang konten kreator merupakan trend yang banyak dilakukan orang belakangan ini. Apalagi dengan kemudahan sosial media yang bisa diakses kapanpun. Membuat konten yang menarik mengenai kesehatan bisa sangat bermanfaat dan menyajikan informasi yang berguna bagi masyarakat. 

2.Menjual Alat Kesehatan 

Alat kesehatan mulai banyak dicari sejak munculnya pandemi, mulai dari pengukur suhu, pengukur kadar oksigen, dan masih banyak lainnya. Membuka usaha penjualan alat kesehatan bisa menjadi peluang yang menguntungkan. Anda juga bisa membukanya melalui online di E-commerce.

3.Jasa Konsultasi Kesehatan

Menyediakan jasa konsultasi kesehatan akan sangat bermanfaat, anda bisa memberikan pembinaan dan juga membentuk dukungan (support) kepada orang yang membutuhkan bantuan, misalnya saja mengalami depresi. Namun harus dilakukan oleh orang yang paham atau ahlinya. 

4.Katering Makanan Sehat 

Makanan sehat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda memulai usaha. Sediakan jasa katering makanan yang fokus untuk menjaga kesehatan. Biasanya katering makanan sehat memperhatikan jumlah kalori,protein,dan karbohidrat yang terkandung dari makanan tersebut. 

5. Klinik Praktik

Bagi anda yang memiliki izin praktik dokter, usaha ini adalah yang paling lazim dilakukan. Jika anda sudah bekerja di rumah sakit, anda tetap bisa membuka klinik, tentunya jam operasional disesuaikan dengan pekerjaan utama anda. Tenaga lain yang diperlukan ketika ingin memulai usaha ini adalah tenaga administrasi, apoteker dan perawat. 

6. Buka Apotek

Untuk anda yang berprofesi sebagai apoteker, bisa mencoba usaha ini. Anda bisa menyediakan beraneka macam obat mulai dari generik sampai obat-obat khusus yang memerlukan resep dokter. Selain obat, biasanya apotek juga menyediakan perlengkapan kesehatan seperti vitamin, masker, susu kesehatan, perlengkapan bayi dan lainnya.

7. Jasa Keperawatan

Nah selanjutnya untuk profesi perawat. Banyak orang yang memerlukan jasa perawat. Seperti misalnya diminta untuk merawat orang lanjut usia. Karena tidak sedikit keluarga yang sibuk di luar dan kesulitan untuk merawat orang lanjut usia. Tugas perawat di sini biasanya adalah memandikan, menyuapi sampai memberikan obat.

Sebenarnya jasa perawat tidak hanya diperlukan untuk merawat lansia tapi bisa juga untuk orang yang baru saja operasi bedah. Karena walaupun sudah stabil dan boleh pulang tapi luka pasien harus tetap dibersihkan secara rutin.

8. Penyedia Makanan Rumah Sakit

Untuk anda yang berlatar belakang pendidikan bidang kesehatan terutama Ilmu Gizi, bisa membuat bisnis penyedia makanan rumah sakit. Menu yang diberikan tidak boleh sembarangan karena ada penghitungan nutrisi dan cara pengolahan dilakukan dengan profesional. Anda bisa menyediakan makanan untuk pasien dan pegawai.

9. Konsultan Gizi

Jika waktu anda terbatas karena ada kesibukan atau pekerjaan lain, anda bisa menjadi konsultan gizi. Seorang konsultan gizi akan memberikan informasi terkait jenis makanan yang harus dihindari sampai menu makanan yang bisa dimasak sehari-hari. Bila anda berminat, sebenarnya anda bisa juga bisa bekerja sama dengan penyedia makanan sehat.

10. Penyedia Bahan Makanan Organik

Gaya hidup sehat tentu berkaitan dengan menjaga pola makan. Sekarang ini sudah banyak orang yang mengkonsumsi makanan organik sebagai upaya hidup lebih sehat. Produk yang bisa dijual cukup beraneka ragam, seperti sayuran organik, beras organik, buah organik, serta daging organik. Jika tanah yang dimiliki luas maka anda bisa menjadi penyedianya tapi jika tidak maka anda bisa menjadi reseller.

11. Penulis Kesehatan

Sebagai penulis tentu anda bisa mengerjakannya dimanapun dengan waktu yang lebih fleksibel. Tema yang dituliskan adalah topik seputar kesehatan yang sedang gencar diperbincangkan. Anda bisa menggunakan platform media untuk menerbitkan tulisan anda.

12. Penyedia Jasa Cek Kesehatan

Jasa ini sangat sering dicari orang-orang. Karena menerima cek kesehatan seperti gula darah, kolesterol, tekanan darah, asam urat dan lainnya. Ketika menjalankan bisnis ini, anda bisa menerapkan sistem jemput bola atau door to door menawarkan kepada masyarakat. Dengan begitu anda tidak perlu sewa tempat dan konsumen akan senang karena merasa terbantu.

13. Pembuat Alat Kesehatan

Bagi anda yang bermodal besar, bisa coba bisnis kesehatan satu ini. Membuat alat kesehatan harus memenuhi standar yang ditetapkan, jadi anda harus punya pengetahuan cukup tentang peralatan kesehatan yang boleh diperjual belikan ke masyarakat.

14. Penyedia Kacamata

Membangun optik juga bisa menjadi peluang usaha. Di tempat tersebut anda bisa menyediakan jasa cek kesehatan mata sekaligus penyedia kacamata. Jenis kacamatanya juga bisa disesuaikan seperti kacamata sehari-hari, kacamata baca ataupun kacamata gaya.

15. Penyedia Makanan Vegetarian

Saat ini makin banyak orang yang menjadi vegetarian. Tapi masih sedikit sekali restoran yang menyediakan makanan vegetarian dengan rasa yang enak. Jika anda berminat di bidang kuliner, anda bisa menjajal bisnis ini. Anda juga bisa menggaet ahli gizi untuk membuat menu-menu enak dan menggugah selera agar kandungan nutrisi di makanan tersebut tetap seimbang.

16. Pengolahan Limbah Medis

Pengolahan limbah medis memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Perlu ada perlakuan khusus. Dan tidak sembarang orang yang bisa mengerjakannya. Perlu ada penerapan prosedur yang sesuai. Selain bisa mendatangkan keuntungan, bisnis ini juga akan berdampak positif bagi lingkungan.

17. Membuka Lab Medis

Bisnis ini cukup menjanjikan dan menguntungkan karena banyaknya permintaan. Di lab medis biasanya digunakan untuk cek darah, cek urin, cek kolesterol, rontgen sampai medical check up secara lengkap.

18.  Buka Klinik Dokter Hewan

Selain kesehatan manusia, kesehatan hewan juga termasuk dalam bisnis kesehatan. Jika anda memiliki izin praktik dokter hewan, membuka klinik hewan bisa menjadi salah satu alternatif bisnis selain praktek di rumah sakit hewan. Untuk jam operasionalnya juga bisa disesuaikan dengan waktu anda.

19. Buka Pet Shop

Memelihara hewan peliharaan menjadi hal yang lazim, tak terkecuali di perkotaan. Walaupun hewan yang dipelihara di kota biasanya kucing, anjing, kelinci, marmut, hamster dan lainnya. Nah membuka pet shop bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Anda bisa menyediakan makanan, kandang, alat perawatan sampai jasa memandikan hewan. Agar makin ramai dan laris, anda juga bisa menggaet dokter hewan agar membuka praktik di pet shop anda.

20. Bisnis Terapi

Untuk anda yang memiliki sertifikat terapis bisa membuka bisnis terapi. Banyak orang terutama yang memiliki kelainan khusus memerlukan jasa ini tapi jumlah terapis yang tersedia tidak terlalu banyak. Hal itu membuat bisnis terapi bisa menjadi bisnis yang diperhitungkan.

Baca juga:

9 Ide Bisnis Modal Kecil Untuk Mahasiswa

8 Peluang Bisnis Hits Di Tahun 2022, Berani Coba?

Peluang Bisnis Alat Kesehatan Terlaris

Saat membicarakan untung, maka bisnis alat kesehatan menjadi salah satu yang masuk list. Ada beberapa keuntungan yang dirasakan saat anda berkecimpung di dalamnya.

  1. Laba bersih cukup signifikan, dimana pembelian alat kesehatan dan harga jualnya mempunyai selisih yang signifikan. Hal itu karena tidak banyak orang yang bisa memasok alat kesehatan berkelanjutan.
  2. Pasarnya tidak pernah sepi. Perusahaan alat kesehatan tidak bangkrut karena banyaknya konsumen yang membutuhkan alat kesehatan. Semakin tinggi kesadaran orang terhadap kesehatan, maka tinggi pula intensi pembelian alat kesehatan.
  3. Peluangnya menjanjikan dan bisa dijalankan oleh siapapun. Bagi anda yang tidak ada background kesehatan, tetap bisa menjalankan bisnis ini.

Ada beberapa tips yang bisa anda pertimbangkan ketika ingin membuka usaha ini. Tips di bawah bisa dilakukan sebagai langkah awal pembukaan bisnis. Berikut rinciannya:

  • Buka toko di tempat yang strategis
  • Mulai dengan menjual barang yang paling potensial untuk dibeli
  • Jualan alat yang berkualitas
  • Kembangkan bisnis dengan melihat pasar di berbagai tempat
  • Gunakan platform online untuk penjualan dan promosi

Keuntungan Bisnis Kesehatan

Permintaan konsumen semenjak pandemi akhir-akhir ini menjadi meningkat tajam. Tidak hanya itu kesehatan juga menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan setiap orang. Dengan bisnis kesehatan, seseorang perlu memahami bahwa kesehatan dapat didefinisikan dari beberapa perspektif yakni, kebugaran, pola tidur yang baik, pola makan yang sehat, dan lain sebagainya. Maka dari itu bisnis kesehatan bisa jadi salah satu prospek yang menjanjikan karena terdiri dari berbagai macam pandangan. 

Tips Persiapan untuk Bisnis Kesehatan yang Menguntungkan (Alat Kesehatan) 

Prospek bisnis alat kesehatan sangat baik bahkan untuk jangka panjang. Pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, menjadikan bisnis alat kesehatan sebagai opsi bisnis yang menjanjikan. Jika anda menggeluti bisnis ini, pastikan pelayanan, pemasaran dan komunikasinya baik agar konsumen tidak ragu untuk membeli dan rela merogoh kocek dalam. Seperti yang diketahui, harga alat kesehatan memang cenderung sangat mahal. Jadi pintar-pintarlah menggaet pelanggan.

  • Pahami Target Pasar

Karena bidang kesehatan banyak macamnya, maka perlu adanya identifikasi target pasar, misal membuka apotik di daerah yang belum ada apotiknya. Siapa target pembeli, dan lain sebagainya. 

  • Bentuk Kemitraan yang Tepat

Untuk memulai bisnis kesehatan, Anda juga bisa bermitra dengan orang yang tepat misalnya siapa distributor obat tersebut.

  • Memahami Solusi 

Pastikan untuk mengetahui mengapa orang menggunakan obat atau alat kesehatan tersebut. Hal ini penting bagi Anda untuk mempelajari bagaimana alat itu bekerja atau fungsi dari obat tersebut. 

  • Perizinan

Ketika ingin membuka bisnis alat kesehatan, anda harus mematuhi prosedur hukum yang berlaku. Proses perizinan diajukan ke Dinas Kesehatan setempat dan ada prosedur yang harus diikuti, yaitu:

  1. Penyerahan surat permohonan izin ke Kepala Dinas Kesehatan setempat
  2. Kurun waktu 12 hari kerja, petugas Dinas Kesehatan akan datang dan memeriksa kelengkapan administrasi seperti NPWP, surat izin usaha, keterangan domisili, kelengkapan administrasi toko, serta sarana dan prasarana yang akan dipakai.
  3. Setelah pemeriksaan, petugas Dinas Kesehatan akan membuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan laporan keputusan tentang memberikan izin usaha atau tidak
  4. Surat keputusan yang sudah dibuat akan dilaporkan ke Kepala Dinas Kesehatan. Nantinya Kepala Dinas Kesehatan akan mengeluarkan atau menolak perizinan izin dengan tembusan dari Dinas Kesehatan Provinsi.
  • Promosi

Untuk mengoptimalkan pemasaran dan promosi, cara online dan offline bisa dilakukan bersamaan. Lakukanlah keduanya agar usaha bisa cepat diketahui orang. Dengan 2 cara tadi, potensi pembeli menjadi lebih besar dan luas.

  • Pelayanan Terbaik

Pilihlah supplier yang kredibel agar anda bisa mematok harga yang masuk akal karena kualitas yang ditawarkan juga terbaik. Dengan begitu, konsumen akan puas dan bukan tidak mungkin mereka akan repeat order. Bahkan tidak mungkin kedepannya mereka menjadi media promosi gratis dengan promosi dari mulut ke mulut.

  • Modal

Tak bisa dielakkan kalau bisnis ini memerlukan modal yang sangat besar karena harga alat kesehatan yang cukup mahal. Sebenarnya anda bisa mencari supplier yang harganya kompetitif sesuai dengan kualitasnya. Jadi anda bisa memperoleh harga beli terbaik di pasar. Untuk menemukan supplier yang kompeten, anda bisa mencarinya di internet atau bertanya kepada rekanan yang bergelut di bidang yang sama.

Buka Bisnis Baru tanpa Khawatir dengan Modal Tepat

Anda ingin membuka bisnis di bidang kesehatan?atau ingin mencoba untuk mengembangkan usaha? Danamas bisa jadi solusi untuk Anda yang masih bingung mencari modal usaha, Danamas merupakan platform pinjaman yang telah mendapatkan izin operasional dan diawasi oleh OJK. Dengan agunan properti dan prosedur yang mudah, Anda siap untuk mengembangkan usaha dan mendapatkan pinjaman hingga Rp 2 Miliar.  

Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda