bisnis-online-tanpa-modal

Bisnis online tanpa modal memang sepertinya tidak mudah untuk dijalankan, namun bukan berarti tidak mungkin ya teman-teman! Membangun bisnis memang bukan hal yang sederhana, akan ada banyak tantangan yang nantinya akan Anda hadapi. Namun, jangan sampai ini membuat Anda jadi kurang semangat. Sebagai seorang pebisnis, tentunya Anda harus selalu siap untuk beinovasi.

Biaya operasional dalam mengelola bisnis juga patut diperhitungkan. Jadi, bukan berarti memulai bisnis tanpa modal Anda tidak benar-benar mengeluarkan uang sama sekali, ya! Bisnis online memang banyak dilirik oleh mereka yang ingin jadi pengusaha muda karena memiliki penghasilan tambahan yang cukup cuan bisa memberikan keuntungan yang luar biasa. Terlebih lagi jika Anda serius untuk menekuni bisnis online ini. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti instagram untuk menambah followers.

Bisnis online bisa jadi pilihan yang menyenangkan jika dijalankan saat usia muda. Namun, ada salah satu tantangan dalam menjalankan bisnis, yaitu modal. Bisnis online tanpa modal tetap bisa cuan asal Anda tahu bisnis apa saja yang mendatangkan keuntungan. Ide bisnis online tersebut bisa Anda ikuti di artikel ini yang akan banyak membahas tentang inspirasi bisnis online tanpa modal. Yuk simak pengertian dan apa saja rekomendasi daftar dari bisnis online tanpa modal

Apa itu Bisnis Online?

Menjual dan memasarkan barang secara online atau yang biasanya disebut dengan bisnis online adalah cara menawarkan barang atau promosi yang dilakukan lewat e-commerce. Definisi ini juga bisa yang berarti adalah menjual sekaligus berpromosi secara online sehingga dengan internetlah adanya transaksi jual beli. Di era serba digital inilah membuat siapapun bisa jadi pebisnis online yang bisa menawarkan produk atau jasanya lewat internet dengan jangkauan yang lebih besar. Dari online juga, umumnya orang baru berekspansi ke bisnis offline, dimana mulai membangun stand, restoran atau toko offline (fisik). 

Bisnis online tanpa modal memang sepertinya pilihan yang menggiurkan apalagi untuk Anda dengan modal minim. Bisnis online yang memiliki jangkauan luas, bisa dilakukan di beberapa tempat secara online seperti marketplace, website, akun media sosial, dll. Lewat sinilah, Anda bisa mulai memperkenalkan produk atau jasa dengan jangkauan yang luas. 

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bisnis Online?

Memulai bisnis tentu saja bukanlah hal yang mudah, Anda perlu berbagai planning yang tepat untuk membangun bisnis yang baik. Mulai dari memikirkan bagaimana cara membangun branding bisnis, memasarkan, beriklan, memilih media yang tepat hingga memastikan kapan bisnis akan mencapai break even point. Yuk, cek lebih lengkap apa saja yang perlu Anda perhatikan!

1. Produk/Jasa yang Tepat

Tak hanya produk yang bisa dijadikan pilihan bisnis online tanpa modal, tetapi juga jasa Anda. Jika Anda memutuskan untuk menjual produk, maka coba dengan pasang produk yang ingin dijual di media yang Anda pilih, misalnya marketplace atau akun media sosial. Disanalah, Anda akan mulai coba mencari cara promosi yang tepat sesuai dengan media yang Anda gunakan. Jika strategi promosi Anda tepat, maka Anda pun akan bisa meningkatkan traffic pengunjung dan selanjutnya memiliki banyak kesempatan untuk mereka akan membeli produk atau menggunakan jasa Anda atau tidak. 

2. Supplier Produk yang Tepat

Supplier terdiri dari banyak jenis, untuk itu Anda perlu memahami jenis dan bagaimana memilih supplier yang betul berkualitas untuk bisnis Anda. Tentu salah memilih supplier sudah pasti akan merugikan online shop Anda dana akan sulit untuk membangun kredibilitas kembali. Jadi, pastikan memahami kelebihan kekurangan supplier dan memiliki cara tepat mengantisipasinya.

3. Sistem Penjualan, Ready Stock atau Dropshipper

Dengan dropshipper sudah pasti Anda jadi tidak mengeluarkan modal sama sekali. Namun, ada beberapa kelemahan yang patut Anda pahami jika menggunakan jasa dropshipper. Sudah jelas jika sebagai dropshipper, Anda wajib memastikan ketersediaan barang. Jadi, sangat bergantung ketimbang Anda memang memiliki stocknya.

31 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Mudah Dilakukan!

Bisnis online tanpa modal bisa dilakukan oleh siapapun asalkan memiliki tekad, ketekunan dan keterampilan dalam bidangnya. Selanjutnya, Anda perlu memikirkan model bisnis dan bagaimana memutar modal untuk berinovasi lebih. Yuk, cek selengkapnya dibawah ini!

1. Jual Hasil Karya (Design)

Jika Anda suka menggambar atau membuat hasil karya seperti design hingga foto, maka ini juga bisa jadi pilihan bisnis online tanpa modal lho! Hal Anda butuhkan hanya kemampuan atau skill dalam membuat hasil karya komersil. Artwork atau hasil karya berupa wallpaper, design / template kebutuhan desain, logo, dll bisa meraup keuntungan yang lumayan bagi mahasiswa atau tambahan pendapatan karyawan swasta. CreativeMarket adalah salah satu contoh platform yang memberikan ruang bagi Anda ingin menjual hasil karya. Tak hanya menjual lewat platform khusus, jangan lupa untuk mempromosikan jualan Anda di media sosial. Makin banyak orang tahu apa yang Anda tawarkan, makin besar peluang mendapatkan keuntungan. 

2. Buat Podcast Sendiri!

Podcast juga kini makin populer seiring berkembangnya aplikasi pemutar podcast atau musik. Jika Anda adalah orang yang suka mengemukakan pendapat, membuat talkshow sederhana, atau senang berbagai lewat ucapan, maka podcast adalah cara tepat untuk membuat bisnis online tanpa modal dengan cuan yang lumayan lho! Podcast menjadi konten yang cukup ramai diperbincangkan di media sosial. Selain populer, podcast juga sangat simple, karena Anda hanya butuh perekam suara seperti di handphone lalu potong rekaman suara lewat aplikasi gratis yang bisa Anda download ke handphone Anda. Agar makin professional, maka Anda bisa membuat content plan untuk podcast dan rutin membuatnya setiap hari atau setiap minggu. Pendapatan lewat podcast ini bisa dicoba di platform seperti Spotify. 

3. Jasa Voice Over

Suka menirukan suara yang beraneka macam? Nah, kini coba saatnya untuk menjadikan voice over bisnis online tanpa modal. Anda hanya butuh modal suara yang menarik sesuai klien inginkan. Umumnya, lowongan voice over freelance ini ada di platform freelance. Lewat sinilah, Anda bisa mulai mengembangkan portofolio Anda untuk nantinya bisa saja ada tawaran voice over yang berdatangan. Voice over tidak melulu untuk iklan, kini ada banyak jasa yang membutuhkan voice over untuk mengisi suara di youtube channel, isi suara di pembelajaran kelas online seperti video ruangguru, dll.

4. Jual Hasil Foto

Hasil foto Anda bisa dijadikan keuntungan untuk mendapatkan penghasilan lho! Jika Anda merasa hasil foto tersebut sangat layak untuk dijual, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menjualnya di mirrorstock seperti Shutterstock. Dari situs ini, Anda bisa mendapatkan uang jika Anda orang yang tertarik dengan hasil foto Anda. Tak hanya 1 orang untuk 1 hasil foto, Anda bisa dapatkan keuntungan dengan 1 hasil foto jika dibeli oleh banyak orang. Hasil foto tersebut seringnya digunakan untuk desain grafis dan kebutuhan pribadi lainnya. 

5. Penerjemah

Bisnis online tanpa modal yang bisa Anda lakukan adalah menjadi penerjemah. Jika memiliki kemampuan dalam berbahasa asing, coba jadi penerjemah di beberapa project seperti penerjemah artikel ilmiah, penerjemah novel, dll. Umumnya, pekerjaan lepas ini dilakukan oleh mahasiswa atau mereka yang memiliki waktu singkat namun ingin punya tambahan uang. Pekerjaan penerjemah ini bisa Anda jadikan bisnis dan promosikan lewat akun media sosial. Berkembangnya dunia digital juga berpengaruh pada pekerjaan ini, karena kini banyak penerjemah yang menerjemahkan subtitle film asing, drama korea, drama jepang, dll. 

6. Buka Kursus Online

Punya kemampuan terbaik di suatu bidang tertentu, kenapa tidak membuka kelas online? Kelas online kini banyak sekali di promosikan lewat akun media sosial. Kelas online yang bisa Anda buat seperti kelas online memasak, kelas online public speaking, kelas online desain grafis, dll. Pastikan Anda memiliki kemampuan yang bisa dibagi ke banyak orang sehingga orang pun bisa merasa puas setelah hadir di kelas online yang dibuat. Promosikan kelas online lewat media sosial agar makin banyak orang yang tahu. 

7. Buat Youtube Channel

Hampir semua orang kini berlomba-lomba untuk memiliki channel youtube sendiri, darimulai pelajar, mahasiswa hingga ibu rumah tangga. Seperti google, beberapa orang lebih suka mencari tahu sesuatu dari youtube karena lebih visual. Ini bisa menjadi celah untuk Anda yang ingin membangun youtube channel sendiri. Anda bisa mulai cari niche yang banyak orang butuhkan atau hal yang memang Anda sukai. Contohnya, jika Anda suka memasak, coba membuat channel youtube masak-masak yang contentnya memberikan info resep, tips trik membuat kue, alat masak 101, dll. Youtube adalah salah satu media yang bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan bisnis online tanpa modal. 

8. Buat Blog

Bisnis online tanpa modal yang bisa jadi pilihan di tahun ini adalah blog. Anda bisa membuat blog sendiri untuk dapatkan AdSense, artinya Anda bisa mendapatkan uang lewat menulis blog. Pilihan bisnis online tanpa modal ini cocok sekali untuk Anda yang suka menulis sehingga hobi bisa jadi cuan. Mau coba? Jika Anda tertarik, maka coba konsisten menulis di blog dan buatkan konten semenarik mungkin agar mendatangkan banyak traffic atau kunjungan ke blog Anda. Semakin tinggi trafficnya dan juga konsisten, maka ini bisa jadi pertimbangan google untuk berhasil di monetize.

9. Bisnis Kue

Bisnis kue kini menjadi pilihan banyak sekali orang yang ingin menambah penghasilan. Terlebih lagi selama pandemi, banyak sekali orang yang mencoba menjual makanan termasuk kue. Jenis kue yang bisa Anda pilih untuk dijual pun bervariasi, seperti kue kering, kue pastry hingga kue jajanan seperti risol. 

Umumnya, pebisnis kue ini akan menerima order yang cukup banyak di hari-hari tertentu seperti hari raya, atau hari libur yang membuat orang memilih memesan kue untuk hari spesial. Jika Anda memiliki keahlian untuk membuat kue, maka ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda juga bisa belajar tentang cara membuat kue di youtube yang tentu lebih mudah mengakses cara pembelajaran ini.

10. Laundry Kiloan

Laundry kiloan bisa jadi trend bisnis 2022 yang kini banyak sekali disekitar kita. Beberapa orang yang tidak memiliki waktu luang untuk mencuci dan menyetrika pakaiannya, mereka akan memilih jasa laundry untuk bisa membantunya. Peluang ini bisa Anda mulai jadikan bisnis ditahun ini. Coba lihat lingkungan sekitar apakah sudah ada jasa laundry kiloan? Jika belum, tentu ini bisa jadi peluang yang menjanjikan. 

11. Digital Printing

Belakangan ini, digital printing juga sering digadang-gadang menjadi trend bisnis 2022. Hal ini dikarenakan banyaknya pelaku usaha kecil dan menengah yang membutuhkan jasa printing untuk berbagai kebutuhan, seperti cetak stiker untuk kemasan. Dengan adanya digital printing tentu membantu umkm untuk lebih berkembang lagi. 

Selain itu, bisnis digital printing juga bisa jadi pilihan Anda yang suka dengan design. Selain menawarkan jasa printing, jasa desain lewat digital printing juga bisa jadi pilihan. Konsumen pun akan lebih memilih one-stop shop dimana bisa jasa design sekaligus printing. 

12.Jual Barang Handmade

Menjual barang handmade atau buatan tangan sendiri juga menjadi trend bisnis 2022. Ada banyak sekali pilihan barang yang bisa dibuat dengan teknik kerajinan tangan, seperti tas, hiasan rumah, kantong belanja, keranjang, tempat handphone, gantungan kunci, gantungan handphone, dll. Anda bisa mencari inspirasi art & craft di pinterest, lalu mulai coba berkreasi dan jual di ecommerce. 

13. Jual Bibit Tanaman

Selama pandemi, banyak sekali pilihan hobi yang bisa jadi bisnis, salah satunya adalah menjual tanaman hias. Tanaman hias adalah pilihan yang menyenangkan sekaligus mendatangkan cuan. 

Budidaya tanaman hias pasti butuh skill, namun ini bisa Anda pelajari learning by doing, dan seiring berjalannya waktu, Anda pun akan lebih pandai dalam membudidayakan tanamanan hias. Jual tanaman hias bisa lewat media sosial atau ecommerce dengan pengantaran instan. 

14. Bisnis Makanan Sehat

Trend hidup sehat ternyata juga membawa pada trend bisnis 2022 dengan jajan makanan sehat. Pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat ini menjadi pilihan beberapa orang yang masih kebingungan bagaimana membuat makanan sehat. Nah, ini bisa jadi peluang untuk Anda yang ingin menambah penghasilan lewat berjualan makanan. Makanan sehat adalah celah yang menarik untuk dirintis sebagai bisnis terbaru Anda. 

15. Jasa Kursus Online

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kelas-kelas online banyak sekali ditawarkan lewat media sosial. Mereka yang memiliki keahlian di suatu bidang khusus, bisa mulai membuka kelas online. Jika Anda memiliki keahlian tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka kelas online, seperti kelas memasak, kelas menulis, kelas financial planning, kelas public speaking, dll. Apapun keahlian Anda bisa coba jadikan peluang bisnis di tahun 2022 ini. 

16. Freelance Writer

Menjadi writer adalah pekerjaan yang tepat bagi Anda yang hobi untuk menulis. Banyak industri yang membutuhkan jasa writer untuk membuat artikel mengenai produk mereka dan mempromosikan website mereka. Oleh karena itu, Anda dapat mengambil peluang besar ini.

17. Usaha Hidroponik

Hidroponik merupakan usaha budidaya sayuran tanpa menggunakan tanah. Hidroponik membudidayakan sayuran hijau yang disukai seperti selada, sawi dan kale. Selain itu, sayuran hidroponik memiliki pasar tersendiri yang berbeda dengan sayuran biasa. Sehingga sayuran hidroponik memiliki harga yang cukup mahal.

18. Usaha Desain Grafis

Membuka usaha desain menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan belakangan ini. Apalagi saat ini banyak industri yang menjual produknya secara online. Jadi mereka akan banyak membutuhkan banyak desain untuk mempromosikan produk mereka.

19. Katering Makanan Sehat

Semenjak adanya pandemi covid-19 masyarakat mulai menyadari gaya hidup sehat. Oleh karena itu, usaha katering makanan sehat menjadi populer baru-baru ini. Anda dapat memilih sayuran dan bahan-bahan berkualitas agar katering Anda ramai diminati oleh konsumen.

20. Olahan Jamur Tiram

Jamur tiram menjadi menu yang populer di kala pandemi, hal ini dikarenakan jamur tiram merupakan salah satu sumber vitamin D yang tinggi sehingga dapat meningkatkan imun tubuh. Banyak masyarakat yang mencari menu jamur tiram di rumah makan. Namun, masih belum banyak rumah makan yang memiliki menu jamur tiram.

21. Buka Kelas Menulis

Jika Anda memiliki hobi dan kemampuan untuk menulis, selain dapat menjadi penulis untuk website startup dan perusahaan. Anda dapat membuka kelas menulis secara online. Anda dapat mengajarkan murid Anda cara mendapatkan klien hingga cara menulis dengan baik.

22. Bisnis Frozen Food

Bisnis frozen food menjadi terkenal di saat terjadi pandemi. Karena kepercayaan masyarakat untuk mengkonsumsi makanan diluar berkurang. Namun saat ini bisnis frozen food tetap diminati di paska pandemi karena masyarakat dapat menyimpan makanan olahan dalam waktu yang lama. Anda dapat mengolah beberapa makanan yang favorit misalnya frozen food ayam, sate dan lainnya.

23. Influencer

Diera transformasi digital maka mempengaruhi penjualan dan promosi menggunakan media sosial. Saat ini banyak perusahaan memasarkan produknya secara online dibantu dengan influencer. Jika Anda memiliki follower yang cukup banyak dan kemampuan entertaiment yang baik, maka menjadi influencer dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat meng endorse produk dari perusahaan yang bekerja sama dengan Anda untuk memperoleh keuntungan.

24. Bisnis Tanaman Hias

Tanaman hias merupakan tanaman penyegar mata di kala suntuk. Maka, tanaman ini banyak diincar untuk menghiasi pekarangan rumah masyarakat. JIka Anda suka bercocok tanam, maka menjual tanaman hias dapat menjadi bisnis baru Anda. Apalagi Anda dapat sekaligus menghiasi rumah Anda dengan banyak tanaman hias.

25. Jasa Fotografi

Jasa fotografi mulai banyak diperlukan semenjak terjadinya transformasi digital beberapa bisnis. Tentunya pemilik UMKM ingin produk mereka cantik dan indah di tampilkan di sosial media mereka. Anda dapat membuka jasa untuk memfoto produk-produk dari UMKM atau perusahaan sehingga menarik di mata konsumen.

26. Oleh-oleh Wisuda

Setiap tahunnya pasti banyak mahasiswa yang lulus dari perguruan tinggi. Dan pastinya banyak teman-temannya yang memberikan hadiah kelulusan. Nah, ini dapat menjadi potensi bagi Anda untuk memulai bisnis oleh-oleh wisuda. Anda dapat membuat beberapa kerajinan tangan unik dan hadiah ucapan selamat wisuda.

27. Membuat Website

Semakin banyak usaha yang memanfaatkan internet untuk menjual produknya, maka ini bisa jadi peluang besar bagi Anda. Membuat website menjadi keunggulan tersendiri karena ilmu ini tidak dikuasai oleh banyak orang. Anda dapat menawarkan jasa pembuatan website ke UMKM yang ini mulai memasarkan produknya melalui website.

28. Admin Media Sosial

Media sosial tentunya tidak lagi asing ditelinga kita. Media sosial menjadi tempat untuk banyak orang meluangkan waktunya melihat video unik dan seru seperti di tiktok dan instagram. Namun disisi lain media sosial dijadikan tempat untuk promosi produk. Lalu siapa yang memanajemen media sosial? Tentunya orang-orang yang sudah berpengalaman, jika Anda punya pengalaman di media sosial maka menawarkan jasa menjadi admin adalah hal yang tepat.

29. Buka Kelas Publik Speaking

Publik speaking menjadi skill yang dicari oleh banyak orang. Jika Anda mempunyai kemampuan publik speaking yang baik Anda dapat membuka kelas publik speaking. Apalagi semua industri membutuhkan orang yang bisa publik speaking. Sehingga pastinya murid yang daftar di kelas Anda cukup banyak.

30. Jasa Edit Video

Memiliki kemampuan edit video yang baik dapat menjadi sebuah sumber penghasilan Anda. Disini Anda dapat menawarkan jasa Anda untuk membuat video promosi produk seperti di tiktok dan instagram. Anda harus memiliki kemampuan untuk mengedit video agar dapat menarik bagi konsumen. 

31. Membuka Kelas Bahasa Asing

Punya kemampuan bahasa inggris yang baik tentunya dimiliki banyak orang. Lalu bagaimana jika Anda punya kemampuan bahasa prancis, jepang dan korea? Ini dapat menjadi peluang Anda untuk membuka les bahasa, karena orang yang menguasainya tidak terlalu banyak.

Resiko Memiliki Bisnis Online

Bisnis online tanpa modal memang sangat menjanjikan, terlebih lagi bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal tambahan, maka pilihan bisnis online diatas bisa jadi pekerjaan yang mendatangkan passive income. 

Namun, dibalik itu semua, tentu selalu ada resiko atau tantangan yang mungkin saja datang dalam menjalankan bisnis online, seperti berikut ini:

  • Kompetitor: Setiap usaha yang kita jalankan, pasti akan ada kompetitor. Di dunia bisnis online, sudah sangat biasa banyaknya kompetitor, namun hal ini jangan sampai membuat Anda berkecil hati. Persaingan didunia bisnis ini harus menjadi acuan bagi Anda, susun rencana kedepan dan tonjokkan unique selling point jualan produk atau jasa Anda. 
  • Penipuan: Penipuan di bisnis online juga marak terjadi. Hal yang paling sering terjadi adalah menggunakan nama Anda atau brand Anda untuk menipu. Penipuan ini tentu akan merugikan brand image dari produk atau jasa yang Anda jual. Umumnya ini terjadi pada bisnis yang sudah mulai berkembang dan disinilah banyak celah untuk tindak penipuan. 
  • Ancaman Hacker: Seperti Namanya berbisnis di dunia maya, tentu orang-orang yang “bermain” di dunia internet bisa jadi ancaman untuk bisnis. Para hacker bisa mencoba untuk membajak online shop Anda dan berusaha mengambil alih hingga mendapatkan keuntungan. 

Strategi Promosi di Media Sosial

Dalam berbisnis, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana cara berpromosi di media sosial. Media sosial kini menjadi channel yang tepat untuk mendekatkan target market Anda. Jika usaha Anda ingin lebih dikenal banyak orang, coba gunakan media sosial dengan strategi seperti berikut ini:

1. Tentukan Target Market yang Tepat

Sebelum Anda berpromosi di media sosial, sebaiknya tentukan target market yang sesuai dengan niche Anda. Hal ini penting agar saat berpromosi, Anda bisa langsung tepat sasaran ke konsumen potensial, sehingga produk yang dipromosikan bisa tersampaikan dengan baik. 

Target market bisa dibuat sederhana berdasarkan demografi, rentang usia, tempat tinggal, profesi, jenis kelamin, dll. Nantinya, Anda bisa menyampaikan pesan promosi sesuai dengan target market Anda. 

2. Gunakan Hashtag di Setiap Postingan

Penggunaan hashtag bisa membantu postingan Anda dilihat oleh audiens yang memang sedang mencari produk Anda. Hashtag bisa dipakai di berbagai media sosial seperti Instagram, facebook atau yang sedang hits sekarang seperti TikTok. 

3. Bangun Komunikasi dengan Pelanggan

Tak hanya sibuk berpromosi, tapi coba bangun komunikasi dengan audiens Anda lewat berbagai fitur yang ada di media sosial, seperti sticker q&a di Instagram stories, membalas komentar dengan cepat dan ramah, dll. Dengan membangun komunikasi ke audiens Anda, maka Anda pun bisa menjaga konsumen tetap setia dengan akun media sosiall Anda juga produk yang Anda jual. 

4. Pasang Foto Profil yang Menarik

Foto profil yang menarik juga bisa jadi cara untuk menarik audiens baru. Salah satu yang bisa Anda jadikan foto profil adalah logo bisnis Anda atau foto terbaik produk Anda. Jika Anda kesulitan membuat logo, maka coba buat di berbagai aplikasi pembuatan logo atau logo generator. Pastikan gambar foto profil menarik audiens sehingga mau melihat akun media sosial Anda. 

5. Gunakan Jasa Influencer

Jika Anda memiliki lebih banyak budget untuk promosi bisnis, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan influencer. Namun, tentukan influencer yang memang sesuai dengan image bisnis atau brand Anda, sehingga Anda nantinya akan mendapatkan konsumen yang memang cocok dengan produk yang Anda tawarkan. 

Selain itu, perlu disadari bahwa menggunakan influencer bukan untuk sales atau penjualan melainkan brand awareness yang nantinya produk atau bisnis Anda lebih dikenal oleh khalayak ramai.

Dukung Bisnis dengan Modal Usaha Aman Terpercaya 

Pilihan trend bisnis 2022 ini bisa jadi pilihan Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Berbagai cara bisa Anda lakukan dengan strategi yang tepat agar bisnis semakin lancar. Namun, untuk membangun bisnis yang stabil, juga dibutuhkan modal usaha yang sesuai kebutuhan. 

Salah satu fintech lending yang bisa jadi pendukung pinjaman modal usaha Anda adalah Danamas Pinjaman Online Terpercaya. Melalui modal usaha dari Danamas, Anda bisa mulai merencanakan model bisnis yang sesuai dengan passion. Makin lancar karena modal usaha yang ditawarkan pun cukup besar dengan cicilan ringan. Danamas Pinjaman Bisnis menawarkan solusi berbagai pinjaman dengan beragunan properti mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar. Kemudahan proses pengajuan pinjaman juga sangat memudahkan bagiAnda yang hendak memulai bisnis.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda