Cara-Memulai-Bisnis

Bagi pemula, mencari tahu info memulai bisnis sangatlah penting, karena tanpa adanya pengetahuan dasar sebelum memulai usaha, Anda nantinya akan semakin kesulitan dalam menjalankan usaha. Bisnis kini banyak dilirik oleh mereka yang sudah berpenghasilan pun sebagai karyawan. Hal ini karena keuntungan dari bisnis bisa lebih besar jika saat menjalankannya Anda sangat berkomitmen untuk membangun usaha. 

Suksesnya sebuah usaha tentu tidak akan luput dari kerja keras yang mungkin tidak banyak orang ketahui. Mental kerja keras dalam membangun sebuah bisnis sangat dibutuhkan karena bisnis tanpa kerja keras tidak akan membuahkan hasil maksimal. Bagi pengusaha pemula, maka harus juga mengetahui cara jitu memulai bisnis dari nol yang bisa Anda rintis tanpa khawatir akan rugi. Ada banyak trik yang bisa Anda lakukan untuk bisa memulai bisnis dari nol, semua akan dibahas di artikel ini. 

Dalam artikel ini, Anda bisa mengetahui berbagai cara untuk bisa memulai bisnis dari nol. Dengan tips ini, maka Anda bisa mempersiapkan strategi berbisnis untuk pemula. Pebisnis pemula kerap bingung harus darimana mereka memulainya, selain itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan pada langkah selanjutnya setelah semua cara memulai bisnis dari nol sudah dilakukan. 

Cara Memulai Bisnis bagi Pemula

Agar usaha makin untuk juga lancar, ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan sebelum masuk ke dunia bisnis yang sesungguhnya. Dengan panduan cara memulai bisnis bagi pemula ini, maka Anda bisa lebih mudah dalam mengatur atau menyusun rencana strategi dalam bisnis. Berikut cara memulai bisnis bagi pemula yang perlu Anda ketahui:

  1. Tentukan Produk / Jasa

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis adalah dengan menentukan produk atau jasa. Tahap awal ini tidak bisa disepelekan, walaupun terkesan sederhana karena Anda cukup memilih, tapi dari sinilah nantinya Anda akan banyak mengerjakan project dalam pengembangan bisnis. Jadi, pilihlah produk atau jasa yang memang benar-benar Anda sukai. Jika Anda saja sudah suka dengan produk yang dijual, maka saat menawarkannya kepada konsumen pun bisa makin semangat. 

  1. Susun Rencana Bisnis

Setelah memilih produk atau jasa yang ingin dibangun, maka langkah selanjutnya adalah menyusun rencana bisnis kedepan. Rencana bisnis yang bisa Anda siapkan seperti tentukan supplier, tentukan modal awal, tentukan apa saja yang Ada dibutuhkan, tentukan sistem delivery, hingga semua hal yang Anda butuhkan agar bisnis berjalan lancar. Merencanakan bisnis bisa membantu Anda untuk lebih terarah sehingga saat mendapatkan tantangan, Anda tahu apa yang selanjutnya harus dilakukan. 

  1. Siapkan Catatan

Jika Anda ingin mengetahui semua transaksi yang terjadi pada bisnis Anda, maka sebaiknya biasakan untuk mencatat segala pengeluaran juga pemasukan. Anda bisa mencatat detail stok barang, biaya-biaya yang dikeluarkan seperti biaya operasional, membeli bahan, dll. Dari catatan sederhana ini, barulah bisa Anda mulai kembangkan ke catatan pengeluaran yang lebih kompleks lagi seperti laporan keuangan. 

  1. Fokus pada Satu Bisnis

Untuk pemula, cara memulai bisnis bisa dengan fokus pada satu bisnis terlebih dahulu. Memang, semakin banyak bisnisnya, semakin banyak yang bisa kita dapatkan. Namun, ternyata hal ini kurang pas untuk pemula, karena dikhawatirkan Anda tidak fokus pada satu lini bisnis ini. Dampaknya yang bisa terjadi adalah Anda akan kehilangan ide saat menjalankan bisnis, karena pikiran Anda terbagi ke beberapa lini bisnis lain. Untuk itu, sebagai pemula, coba fokus satu terlebih dahulu, sebelum Anda siap ke bisnis lainnya. 

  1. Buat Strategi Branding

Menjual barang tidak hanya soal apa yang Anda jual, tetapi juga bagaimana Anda promosikan produk atau jasa dan konsumen tertarik bahkan disaat mereka hanya melihat tampilan akun media sosial Anda. Beberapa orang membeli barang bukan karena manfaatnya saja, tapi juga brand nya, jadi penting juga cara memulai bisnis dengan membuat strategi brand. Bagaimana cara membangun brand bagi pemula di bisnis?

  • Buat brand identity: Buatlah logo brand Anda yang mampu konsumen ingat, warna khas dari brand Anda, hingga typography dan tampilan visual lainnya. 
  • Buat Website: Website bisa membangun kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda jual. Selain itu, Anda juga bisa menjual produk lewat website yang tentunya di desain sesuai brand identity Anda.
  • Manfaatkan Media Sosial: Media sosial adalah media yang sangat bagus untuk Anda memberikan pesan brand. Lewat media sosial juga, Anda bisa berbagai informasi seputar produk tersebut. Media sosial yang bisa Anda manfaatkan seperti Instagram, tiktok, facebook hingga twitter. 
  • Integrasikan ke Akun Ecommerce: Konsumen banyak yang berbelanja lewat ecommerce, maka dari itu, cobalah untuk integrasikan akun Anda ke ecommerce yang Anda buat. Dengan cara ini juga, konsumen bisa lebih memiliki kepercayaan kepada produk dan toko online Anda. 

6.  Lakukan Survey Dulu

Lakukan survery sebelum Anda jual produk dipasaran. Survey ini bisa termasuk harga produk, variasi, apa yang konsumen suka, dll. Hal ini penting sebagai acuan kita kedepannya bisnis ini akan seperti apa, berapa harga produk, seperti apa bentuknya hingga pengirimannya. Maka, coba cek di berbagai marketplace dan internet tentang kompetitor Anda. 

Langkah Selanjutnya: Cara Memulai Bisnis Dari Nol

Jika semuanya sudah Anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah produksi dan promosi. Sebagai contoh, jika Anda memutuskan untuk berjualan makanan, maka buatlah produksi sesuai kebutuhan pasar. 

Buatlah standar kualitas barang yang Anda jual. Standar ini bisa meliputi bahan yang dipakai, komposisi, keunggulan produk, material produk, dll. Dengan mengetahui kelebihan produk Anda, nantinya ini bisa jadi unique selling point (USP) untuk tahap promosi. 

Tentukan siapa supplier, vendor dan stakeholder untuk bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa mulai berkomunikasi dengan supplier perihal material yang Anda pakai nanti. 

Produksi untuk peluncuran produk atau stok untuk sebulan sudah bisa Anda mulai. Produksi di awal tidak perlu langsung banyak, jika sudah berjalan lebih stabil, maka mulai perlahan naikkan stok. 

Mulailah untuk aktif di media sosial. Cara memulai bisnis selanjutnya adalah membuat akun media sosial. Sebaiknya pisahkan akun pribadi dengan akun bisnis, dengan cara ini, maka Anda bisa lebih leluasa dalam mempromosikan produk tanpa mencampuradukkan kehidupan pribadi dan bisnis. 

  • Terus Semangat!

Saat menjalankan bisnis tentu Anda menemukan banyak tantangan didepan. Tak jarang ini bisa membuat seseorang menyerah dan takut gagal. Percayalah, tidak ada pengusaha sukses yang melalui proses dengan mudah, semua pasti pernah merasakan jatuh namun tetap bangkit dan melanjutkan bisnisnya. Jika terjadi kegagalan, coba cari akar masalahnya, apa yang membuat Anda gagal dan bagaimana solusinya. 

  • Terus Belajar!

Untuk memulai bisnis dari nol memang sangat panjang perjalanannya. Dalam perjalanan inilah, Anda harus tetap belajar untuk bisa sukses dalam bisnis. Selalu ikuti perkembangan tren untuk produk atau jasa yang Anda jalankan. Selain itu, terbukalah untuk saran dan kritik yang mungkin saja bisa Anda dapatkan setelah beberapa pekan atau bulan Anda melakukan penjualan. 

  • Kelola Uang dengan Bijak

Saat menjalankan bisnis, bukan tidak mungkin Anda menjadi kalap melihat keuntungan yang ada didepan mata. Untuk itu, coba belajar untuk mengelola keuangan bisnis dengan bijak. Pastikan modal yang Anda keluarkan bisa berbalik modal untuk perputaran bisnis kembali. Ada banyak cara mengelola uang bisnis dengan baik yang bisa Anda coba menggunakan aplikasi atau manual. 

Baca juga: Faktor Faktor Yang Tidak Mendukung Kesuksesan Bisnis Adalah

Butuh Modal Bisnis di Awal

Pengelolaan uang yang bijak bisa membantu Anda merencanakan langkah-langka selanjutnya dalam membuat laporan keuangan. Semua transaksi harus tercatat dengan rapi dan jelas juga terperinci. Jika ada transaksi masuk ataupun keluar harus Anda catat. Begitu Pula jika ada tambahan modal, maka Anda harus mencatatnya dalam laporan keuangan ini. Modal usaha yang cukup memiliki peranan yang cukup penting dalam membangun usaha Anda semakin berkembang. Namun, dalam mencari modal usaha, sebaiknya jangan sembarangan. Anda bisa cari pemberi modal usaha yang berizinkan dan diawasi oleh OJK seperti Danamas. Sebagai Fintech Lending yang berizin OJK, Danamas adalah pilihan paling ideal untuk mendukung usaha kecil menengah Anda. Tak hanya menawarkan nominal Pinjaman umkm online terpercaya modal usaha yang sangat membantu usaha UMKM, juga pengajuan yang praktis! Semua bisa Anda akses dengan mudah lewat aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda