Media sosial

Mungkin anda sudah sangat familiar dengan media sosial. Diperkirakan jumlah pemakai media sosial akan menambah sebanyak 3.98 miliar. Di artikel ini, kami akan membahas tentang media sosial. Yuk, simak artikel ini!

Pengertian Media Sosial

Media sosial (Social Media) merupakan sebuah media online yang bisa digunakan untuk bersosialisasi satu sama lain, yang memungkinkan manusia untuk saling berkomunikasi dimanapun dan kapanpun tanpa harus bertatap muka secara langsung. Berikut adalah jenis media sosial yang ada:

  1. Social Networks : Untuk bersosialisasi dan berinteraksi
  2. Discuss : Untuk melakukan obrolan dan diskusi
  3. Share : Untuk saling berbagai file, music, video, dan lain-lain
  4. Publish : Untuk mempublikasikan tulisan atau informasi
  5. Social game : Untuk bermain game secara bersama
  6. MMO : Bermain bersama secara online
  7. Virtual world : Dunia virtual
  8. Livecast
  9. Livestream : Untuk mengadakan siaran langsung
  10.  Microblog

Manfaat Media Sosial

Media sosial

Media sosial memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk membantu anda kembali berhubungan kembali dengan teman-teman anda yang lama. Salah satu contohnya adalah mungkin anda memiliki teman yang sempat lost contact. 

Dengan adanya media sosial, anda bisa mencari akunnya dan mungkin bisa berbicara kembali kepada teman tersebut.

Selain itu, anda juga dapat bertemu orang-orang baru yang anda bisa temukan ketika anda online. Orang-orang tersebut mungkin saja bisa membantu dalam perkembangan karir anda lebih lanjut atau sekedar menjadi seorang teman anda. 

Media sosial memang memiliki banyak jenis platform, sehingga anda bisa menemukan banyak orang-orang baru secara online. Mungkin saja dari pertemuan melalui media sosial dapat bermanfaat di waktu kedepannya.

Manfaat lain adalah anda bisa memulai karir anda di media sosial. Contohnya, ada seorang streamer memulai bisnis mereka dengan cara bermain sebuah game di satu platform dan ketika sudah melakukan banyak review dan lain-lain, anda bisa memulai sebuah perbandingan dengan memulai karir streaming anda. Atau mungkin jika anda sudah memiliki sebuah bisnis, anda bisa meluaskan jangkauan pelanggan anda melalui platform online.

Baca juga:

Affiliate Marketing: Definisi & Tips Jitu Yang Terbukti

Digital Marketing: Definisi & 7 Strategi Sukses

Manfaat Promosi Bisnis di Media Sosial

Promosi bisnis di media sosial memang membawa banyak keuntungan bagi perusahaan anda baik dari segi menaikan penjualan atau penambahan marketing. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  • Dengan melakukan promosi lewat media sosial, anda bisa membuka sebuah platform yang dapat diraih oleh siapapun, tanpa harus pelanggan pergi ke toko anda untuk berbelanja karena sudah tersedia sebuah platform online.
  • Di masa sekarang, sudah ada banyak yang menggunakan media sosial untuk banyak tujuan. Dengan melakukan promosi secara online, anda bisa memperkenalkan produk ke kalangan masyarakat lebih jauh. Bahkan, ada kemungkinan bisnis anda bisa mencapai telinga luar, sehingga dapat memperluas pasar anda!
  • Dengan melakukan promosi secara online, anda bisa membuat sebuah pernyataan. Pernyataan ini adalah untuk memberikan pernyataan bahwa produk yang anda jualkan merupakan produk milik anda sendiri.
  • Terakhir, berjualan dan mempromosikan produk secara online merupakan sebuah cara untuk menaikan brand awareness tentang barang anda. Sehingga jika anda ingin memberitahu tentang produk anda ke publik dan mencapai target luas, media sosial adalah jawabannya. 

Contoh Promosi di Media Sosial 

Media sosial

Promosi secara online lewat media sosial merupakan sebuah hal biasa dan sering digunakan. Contohnya, banyak produk yang melakukan promosi di media sosial melalui platform Instagram. Hal ini dilakukan dengan cara membuat sebuah unggahan dengan caption yang catchy dan foto yang dapat menangkap atensi banyak penggunanya. 

Biasanya di caption, terdapat sebuah keterangan harga serta deskripsi tentang barang tersebut. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian pelanggan yang membacanya karena sudah memiliki penjelasan yang tepat dan juga mudah untuk diingat. Tidak lupa, sebuah unggahan instagram bisa menggunakan hashtag untuk mendapatkan atensi dari berbagai kalangan yang mengikuti beberapa jenis topik yang ada. 

Media Sosial Terbaik untuk Promosi Bisnis

Ada banyak media sosial yang dapat digunakan untuk promosi bisnis, namun pastinya ada beberapa yang memang cocok untuk melakukan promosi bisnis. Berikut adalah nama nama media sosial tersebut :

  • Instagram
  • Tiktok
  • Twitter
  • Facebook

Mempromosikan bisnis di media sosial memang merupakan sebuah hal yang penting karena hal tersebut dapat membantu untuk membuat sebuah platform baru untuk mencapai target pasar dengan mudah. Bersama dengan Lancar by Danamas, wujudkan mimpi anda dalam menjalankan bisnis. Kami siap membantu anda dalam menyediakan modal usaha untuk membantu anda dalam bisnis yang akan dikelola!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda