Bisnis fashion

Memulai bisnis fashion dengan brand sendiri adalah sebuah perjalanan bisnis yang menantang. Fashion menjadi bidang bisnis yang perkembangannya sangat pesat dan menjanjikan. Contohnya saja jika Anda membuka e commerce, maka Anda dapat melihat bahwa fashion menjadi produk yang paling laris di pasaran.

Jadi langkah Anda untuk memulai bisnis fashion sudah tepat. Lalu bagaimana cara memulai bisnis fashion? Caranya, Anda dapat memulai bisnis fashion dengan brand sendiri. Dengan begitu, jika brand Anda sudah naik, maka harganya bisa jauh lebih tinggi di pasaran. Selain itu, Anda juga bisa bebas berkreasi memilih fashion yang akan Anda jual.

Berkecimpung di dunia bisnis fashion saat ini juga sangat menguntungkan. Lihat saja pebisnis fashion yang sukses seperti Amancio Ortega pemilik Zara, Ia mampu menjadi orang ke 6 terkaya versi Forbes di dunia, dengan total kekayaannya mencapai Rp 842 triliun. Namun, menjalankan bisnis fashion dengan brand sendiri tidak bisa sembarangan, ada beberapa strategi yang perlu Anda lakukan. Contohnya, dengan mengikuti beberapa tips dan trik yang kami jelaskan berikut ini!

15 Cara Memulai Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri

1. Amati Tren Pasar

Penting sekali untuk mengetahui trend fashion yang sedang populer saat ini. hal tersebut bisa anda lakukan lewat berbagai cara seperti berikut ini:

2. Cek Trend di Google Trend

Google trend adalah fitur dari Google yang bisa menganalisis secara cepat untuk jumlah pencarian pada kata kunci tertentu. Anda juga bisa membandingkan kan beberapa jenis produk untuk melihat trend yang banyak dicari orang.

  • Cek Tren Di Media Sosial

Cara mengecek tren pasar antara lain juga lewat penggunaan media sosia. Di sana anda bisa menemukan berbagai foto atau video dari produk fashion yang direvisi oleh beberapa orang atau influencer. Anda cukup mengetik di keyboard produk fashion yang ingin anda cari dengan menggunakan kolom pencarian. Lalu lihat pada tab top untuk melihat produk keyboard yang banyak disukai oleh.

  • Survei Ke Konsumen 

Lewat internet maka anda bisa melakukan survei, untuk mengetahui produk yang dibutuhkan atau disukai oleh konsumen. Buatlah survei online sederhana sehingga bisa memudahkan pekerjaan Anda lalu memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan survei ini sehingga mendapatkan lebih banyak responden.

3. Kenali Target Pasar

Anda bisa mengenali target pasar sebelum memulai bisnis fashion. Dengan mengetahui target pasar maka anda bisa ciptakan produk yang disukai dan dibutuhkan oleh konsumen. Selain itu hal ini juga bisa membantu Anda dalam menentukan strategi pemasaran nantinya. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan dalam mengetahui target pasar.

4. Ciptakan Asumsi Sendiri

Sebelumnya Anda perlu berasumsi seperti siapa target besar yang cocok untuk bisnis fashion anda? Apakah apa produk fashion yang ingin anda jual, Apakah baju formal atau baju casual? Siapa yang akan membeli produk Anda? Apa profesi mereka? dan sebagainya.

5. Amati Kompetitor Anda

Anda juga bisa melihat lewat produk-produk kompetitor Anda lalu coba analisis kira-kira siapa target pembelinya dan ini bisa jadi celah untuk mempromosikan serta menciptakan produk yang lebih unggul.

6. Komunikasi Dengan Konsumen

Dengan mengenal target pasar Anda juga bisa melakukan komunikasi langsung lewat ke calon pelanggan. Anda bisa meminta saran seputar bisnis fashion dari teman-teman terdekat atau kolega.

7. Membuat Bayar Persona

Persona adalah gambaran target pasar yang anda sasar, Anda bisa membuat gambaran lewat riset dan informasi yang anda kumpulkan sebanyak-banyaknya. Dengan personal maka anda bisa mengembangkan produk secara tepat.

8. Lihat Kompetitor Bisnis Anda

Dengan melihat kompetitor maka anda bisa mengetahui berbagai informasi untuk menjadikan bisnis fashion anda lebih unggul daripada kompetitor. Analisis kelebihan dan kekurangan produknya hingga cara pemasaran dan pendistribusiannya. Dari sinilah Anda bisa bersaing dengan kompetitor anda:

  • Pelajari Produk Kompetitor

Lihat apa keunggulan dan kelemahan kompetitor Anda lalu memanfaatkan kelemahan produk tersebut untuk menciptakan produk yang lebih unggul. Sebab dengan menawarkan apa yang tidak dimiliki oleh pesaing maka ini adalah peluang yang cukup baik untuk memenangkan pasar.

  • Kunjungi Website Kompetitor atau Media Sosial

Lewat media sosial dan websitenya maka anda bisa lihat tampilan hingga deskripsi masing-masing produk. Seberapa cepat loading website tersebut, apakah cukup responsif di perangkat smartphone, apakah mereka memiliki blog atau halaman khusus promosi dan analisis lainnya.

Selain itu kunjungi juga media sosialnya dan cari tahu postingan kompetitor, bagaimana cara mereka merespon komentar pelanggan hingga cara mereka berpromosi di media sosial.

  • Bandingkan Harga Kompetitor

Faktor harga juga menjadi pertimbangan konsumen saat membeli sebuah produk. Maka penting sekali anda membandingkan harga produk dengan semua kompetitor anda.

9. Buat Bisnis Plan

Apakah anda mengenali target maka kini saatnya anda untuk membuat perencanaan bisnis. bisnis plan atau perencanaan bisnis adalah konsep bisnis Anda yang nantinya bisa menjadi pedoman dalam menjalankan bisnis. 

Perencanaan bisnis meliputi:

  • Ringkasan dari seluruh bagian bisnis 
  • Analisis pasar 
  • Target bisnis kompetitor 
  • Keunikan bisnis dan produk (USP) 
  • Deskripsi brand atau produk 
  • Brand value 
  • Visi dan misi brand
  • Deskripsi produk 
  • Strategi pemasaran
  • Financial analysis (deskripsi manajemen keuangan bisnis)
  • Harga produk 
  • Keuntungan biaya operasional 

10. Persiapkan Anggaran Atau Modal

Cara memulai bisnis fashion maka peran modal sangatlah penting untuk itu modal sedikit atau banyak bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan bisnis. Hal terpenting adalah anda perlu pandai mengatur dalam mengelola modal saat memulai bisnis fashion dengan brand sendiri. Berikut kategori pengeluaran sebagai cara memulai bisnis fashion dengan brand sendiri.

  • Bahan baku produk yang termasuk bahan baku 123 dan seterusnya
  • Biaya proses pembuatan meliputi biaya penjahit atau produsen
  • Biaya pembuatan website toko online 
  • Biaya pemotretan produk meliputi sewa model sewa jasa pemotretan
  • Biaya promosi dan iklan meliputi biaya iklan dan biaya desain grafis

11. Desain Produk

Ciptakan produk yang berkualitas dimulai dari sebuah rancangan. Berbekal riset dan pengetahuan tentang produk yang telah anda miliki maka anda bisa melakukan beberapa cara memulai bisnis fashion dengan brand sendiri seperti berikut:

  • Buat Gaya Yang Khas

Salah satu pembeda produk Anda dengan kompetitor lain adalah dengan memiliki ciri khas atau style pada produk fashion anda. Dengan ciri khas ini maka konsumen bisa mengingat dan mengenal produk anda dengan baik.

  • Pemilihan Warna Yang Tepat

Pemilihan warna juga penting dalam penciptaan produk fashion. Anda juga bisa menentukan warna produk berdasarkan trend yang sedang populer.

  • Pilih Bahan Terbaik

Rancang produk fashion perlu dilakukan dengan memilih bahan terbaik agar konsumen bisa puas terhadap produk yang Anda jual. Anda perlu memperhatikan beberapa point seperti jenis kain yang dipakai warna kain dan motifnya.

  •  Cari Produsen

Setelah anda merancang produk maka kini saatnya untuk menciptakan produk sendiri yang berkualitas. Jika anda menjual produk fashion seperti baju maka Anda tak perlu menjadi tersendiri Anda bisa mencari penjahit yang handal untuk menciptakan produk fashion yang anda inginkan.

12. Buat Desain Logo Brand

Logo brand adalah sebuah cermin atau citra konsep bisnis anda. Untuk itu dalam membuatnya pun perlu berbagai riset hingga proses yang yang tidak cepat. Agar mudah diingat maka cukup membuat logo brand yang simple sehingga pelanggan bisa ingat dengan produk atau merek anda.

13. Lakukan Pemotretan Produk 

Dalam memasarkan produk maka perlu diiringi foto produk yang menarik konsumen. Maka itu maka dari itu anda perlu mempersiapkan pembuatan produk yang sebaik mungkin pemotretan tersebut nantinya akan dipajang di website toko online media sosial atau iklan. Agar terlihat lebih profesional maka gunakanlah jasa fotografer khusus fashion dan foto produk sehingga hasil foto produk terlihat lebih menarik dan serius.

  • Foto Detail Produk

Tak hanya keseluruhan produk Anda juga perlu memperhatikan detail produk yang Anda foto seperti desain bahan dan tekstur yang menjadi keunggulan produk Anda.

  • Buatlah Website

Buatlah Website toko online dengan membuat Website toko online secara tidak langsung ada juga berpromosi secara online bisnis fashion ini pun akan lebih terlihat terpercaya dibandingkan mereka yang tidak memiliki toko online. Dalam Website toko online ada beberapa hal yang perlu Anda tampilkan seperti katalog produk, launching produk, informasi profil bisnis hingga informasi kontak bisnis.

14. Launching Produk

Tahap selanjutnya adalah dengan launching produk dimana produk dan hasil toko Anda sudah siap dan anda pun sudah sampai pada tahap launching. Pre-launch yang ditujukan untuk menarik atensi pembeli terhadap produk Anda sehingga ketika langsing banyak pembeli yang menunjukkan reaksi toko online dan berpotensi meningkatkan penjualan. 

Di launching Anda bisa memberikan informasi promo spesial pembelian saat launching produk. Tidak lupa untuk berikan diskon atau harga spesial di hari pertama peluncuran produk Anda.

15. Promosikan Iklan Secara Online

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mempromosikan produk secara online lewat beberapa marketing tools berikut ini:

  •  Google Ads
  •  Instagram ads
  •  Facebook ads 

Dengan tips memulai usaha bisnis diatas, maka Anda pun sudah bisa memulai usaha fashion dengan brand sendiri. Siapkan modal usaha yang cukup dan ikuti langkah diatas.

Ayo Mulai Bisnis Fashion Anda Bersama Danamas Pinjaman Bisnis

Sebelumnya pasti Anda sudah memahami cara dan strategi dalam memulai bisnis fashion dengan brand sendiri. Tinggal langkah selanjutnya adalah eksekusi! Tidak perlu takut dan ragu untuk memulai sebuah bisnis, karena dengan keyakinan dan ketekunan yang kuat, hal yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin. Begitu juga dengan kesuksesan bisnis Anda. 

Tentunya membangun bisnis fashion membutuhkan modal. Namun, jangan ragu untuk meminjam modal usaha asalkan dua hal ini dapat Anda penuhi. Pertama, kematangan niat, strategi dan komitmen untuk menjalankan usaha. Dan kedua, pandai memilih fintech lending yang aman dan terpercaya. Jangan sampai salah meminjam ke pinjaman ilegal, karena bukan pundi-pundi uang yang Anda dapatkan, tapi malah menutupi utang.

Pilihlah Pinjaman Online terpercaya seperti Danamas Pinjaman Bisnis. Danamas Pinjaman Bisnis telah berizin OJK yang masih dalam grup Sinar Mas ini bisa jadi pilihan bagi penguasa seperti Anda yang ingin memulai bisnis fashion. Siapkan properti Anda sebagai agunan pinjaman dan dapatkan modal usaha hingga Rp 2 miliar.

Ayo simulasikan kredit Anda melalui kalkulator simulasi kredit sekarang juga!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda