manfaat-laporan-keuangan-bagi-investor-adalah

Manfaat laporan keuangan bagi investor seberapa penting? Seluruh perusahaan pasti memiliki sebuah laporan keuangan. Biasanya, laporan keuangan tersebut dibuat untuk dijadikan sebagai sebuah pedoman kinerja perusahaan anda. 

Cara membuat bisnis dari nol untuk pemula tentu saja membutuhkan pengelolaan uang yang baik dan benar. Ini adalah kunci utama dalam akuntabilitas keuangan bisnis. Laporan keuangan tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan Anda tapi juga bagi para investor.

Laporan keuangan yang baik akan menunjukan kredibilitas dari perusahaan Anda. Selain itu, hal ini akan meningkatkan akuntabilitas dari perusahaan Anda. Yuk simak artikel ini dan pelajari seberapa pentingnya manfaat laporan keuangan bagi investor!

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah sebuah laporan yang dibuat oleh sebuah perusahaan untuk mengetahui kondisi finansial perusahaan itu secara keseluruhan. Hal ini juga dapat digunakan sebagai stakeholder dan juga informasi akuntansi sebagai sebuah cara untuk melakukan sebuah evaluasi tentang kondisi keuangan sebuah perusahaan, seperti melihat jika kondisi keuangan mengalami masalah atau memerlukan sebuah perubahan. Karena kepentingannya ini, laporan keuangan ini harus dibuat dengan tepat dan cermat.

Karena tingginya kepentingannya ini, laporan keuangan memerlukan sebuah pertanggungjawaban yang diserahkan kepada orang yang kompeten dalam bidangnya. Contohnya adalah seorang akuntan. Selain itu, seorang akuntan juga harus mempresentasikan laporan yang telah dibuat kepada para stakeholder pada saat evaluasi kinerja keuangan. 

Jika dilihat penjelasan tersebut kembali, laporan keuangan merupakan sebuah berkas yang penting sehingga harus dikerjakan dan juga diperiksa dengan saksama, agar masa depan perusahaan bisa dipilih secara benar dan dapat membawa keuntungan juga.Ā 

Komponen, Jenis & Karakteristik Laporan Keuangan

Laporan keuangan yang dibutuhkan adalah laporan keuangan yang memampukan Anda dan tim untuk mengambil keputusan dalam bisnis. Maka, akuntabilitas adalah kunci utama untukĀ  menghasilkan laporan keuangan yang terpercaya. Jenis laporan keuangan yang banyak digunakan dalam bisnis yaitu sebagai berikut yang dirangkum berdasarkan jenis, komponen dan karakteristik macam-macam laporan keuangan.

1. Laporan Posisi Keuangan (Neraca)

Laporan neraca keuangan memuat tentang informasi aset, kewajiban dan modal dari perusahaan dalam satu periode. Artinya informasi tersebut dibuat dalam periode waktu tertentu, misalnya neraca keuangan dari bulan Januari 2022 hingga Maret 2022. Laporan neraca berfungsi sebagai acuan kondisi keuangan dari perusahaan.

2. Laporan Laba Rugi Komprehensif

Laporan laba rugi memuat tentang keadaan laba/rugi dari suatu bisnis. Laporan ini akan memperjelas kondisi finansial dari sebuah bisnis sehingga dapat dijadikan sebuah evaluasi.Ā Laporan laba rugi terdiri dari dua jenis yaitu single step model dan multiple step model. Laporan keuangan single step model berisi mengenai pendapatan dan pengeluaran dalam satu laporan. Sedangkan multi step model memuat informasi keuangan yang dikelompokan dengan berbagai kategori. Contohnya seperti pendapatan operasional dan biaya operasional.

3. Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan perubahan modal menunjukan perubahan modal yang dialami oleh suatu perusahaan. Saat perusahaan sudah berjalan maka modal awal dapat mengalami perubahan. Melalui catatan laporan perubahan modal, dapat dilihat seberapa besar perubahan modal dan penyebabnya.

4. Laporan Perubahan Posisi Keuangan

Laporan arus kas menjadi salah satu laporan keuangan yang sangat penting. Melalui laporan arus kas dapat dilihat arus masuk dan arus keluar dari perusahaan. Arus masuk dapat berupa pendapatan, pendanaan dan pinjaman. Sedangkan arus keluar berupa biaya operasional dan biaya tetap yang dikeluarkan oleh perusahaan.Ā Adapan beberapa tambahan catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang dijadikan satu dengan laporan keuangan yang ada.

Ada beberapa karakteristik laporan keuangan yang wajib diperhatikan untuk menyusun sebuah laporan keuangan yang baik, pastikan laporan tersebut memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:Ā 

1. Relevan

Laporan keuangan anda harus relevan, dan laporan tersebut bisa dikatakan sebagai relevan jika informasi tersebut dapat mempengaruhi keputusan ekonomi. Dalam kata lain, laporan anda adalah relevan bilamana dapat membantu mereka dalam mengevaluasi kejadian masa lalu serta masa kini, dan juga dapat mengoreksi hasil evaluasi yang lalu. 

2. Dapat Dipahami

Apa fungsinya laporan keuangan jika tidak ada yang mengerti artinya? Dengan ini, karakteristik laporan keuangan selanjutnya adalah laporan keuangan harus dapat dipahami. Maksud dapat dipahami disini adalah jika seseorang tengah membaca laporan keuangan dan seluruh informasi yang disajikan, maka dengan itu, laporan keuangan dapat dibilang sebagai sebuah laporang yang dapat dipahami. 

3. Dapat Dibandingkan

Jika laporan keuangan anda dapat dibandingkan dengan jelas dengan laporan keuangan antar periode dan dapat melakukan perbandingan dalam hal mengevaluasi posisi keuangan, kinerja, dan informasi penting lainnya, laporan keuangan anda merupakan laporan keuangan yang cukup dan bisa tergolong dapat diandalkan. 

4. Andal

Laporan keuangan dapat terbilang andal ketika seluruh bagian laporan memiliki informasi yang dapat dipercaya, dan tak terikat dari laporan yang menyesatkan dan hanya menyajikan hal-hal yang benar. Fakta-fakta yang dimasukan kedalam laporan juga tidak setengah-setengah dan semuanya adalah informasi yang jujur. Ditambah lagi, laporan anda bisa dibilang andal ketika anda juga netral.

13 Manfaat Laporan Keuangan Bagi Investor & Perusahaan

Selain menjadi satuan mengambil keputusan bagi bisnis, laporan keuangan juga berfungsi untuk menjadi saran evaluasi perusahaan terhadap kinerja. Laporan keuangan memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan. Berikut 3 manfaat laporan keuangan untuk perusahaan.

1. Mengetahui Keuangan Usaha

Manfaat laporan keuangan yang pertama yaitu untuk menilai kondisi keuangan bisnis. Anda dapat menilai kondisi keuangan perusahaan secara keseluruhan. Dalam laporan keuangan juga akan terlihat jelas jika perusahaan Anda mengalami kerugian maupun keuntungan.

2. Perbaikan dan Evaluasi

Laporan keuangan dapat menjadi bahan perbaikan dan evaluasi dari perusahaan Anda. Dari laporan keuangan, Anda dapat menjadikannya parameter evaluasi untuk mengidentifikasikan permasalahan dan solusinya. Dengan demikian, jika perusahaan mengalami kemunduran maka Anda dapat mencari jalan keluar nya.

3. Pertanggung Jawaban

Laporan keuangan juga menjadi pertanggungjawaban kepada investor dan pemerintah. Tentunya para investor akan meminta pertanggung jawaban Anda dalam bentuk laporan keuangan. Begitu juga dengan pemerintah, yang memiliki keperluan untuk pembayaran pajak dan lainnya.

Manfaat laporan keuangan bagi investor sangat besar sehingga Anda perlu menyajikan laporan keuangan dengan tepat dan detail. Berikut 10 manfaat laporan keuangan bagi investor

4. Mengetahui laba bersih perusahaan

Investor ingin mengetahui bilamana perusahaan tersebut bisa ā€œmenghasilkanā€ atau tidak. Jika laba bersih yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan adalah besar, ada kemungkinan besar investor akan ingin melakukan investasi di perusahaan anda.

5. Mendapat informasi pertumbuhan penjualan

Untuk melihat perusahaan yang tidak mengalami pertumbuhan sama sekali bukanlah sebuah hal yang investor inginkan. Dengan laporan keuangan, para investor dapat melihat pertumbuhan penjualan yang ada di sebuah perusahaan sehingga dapat membuat sebuah keputusan.

6. Menjadi sebuah pertimbangan untuk investasiĀ 

Pada akhirnya, seorang investor pasti tidak mau melakukan investasi kepada perusahaan yang tidak menguntungkan sama sekali. Dengan ini, sebuah laporan keuangan dapat bermanfaat untuk menjadi sebuah pertimbangan untuk melakukan investasi kedepannya. Jika seluruh laporan keuangan memiliki hasil yang bagus, ada kemungkinan besar sang investor akan melakukan investasi di perusahaan anda. 

7. Mengidentifikasi margin keuntungan

Laporan keuangan dapat dijadikan sebuah laporan untuk mengidentifikasi margin keuntungan yang ada di sebuah usaha. Bisnis yang baik tentu merupakan sebuah bisnis yang menguntungkan. Jika investor melihat dua buah laporan keuangan yang memiliki margin keuntungan yang berbeda, biasanya investor akan lebih memilih kepada laporan keuangan yang memiliki margin lebih tinggi. Hal tersebut terjadi adalah karena investor lebih percaya bahwa perusahaan tersebut bisa memberikan hasil yang lebih maksimal jika keuntungan juga besar. 

8. Mengidentifikasi BEP (Break Even Point)

Break Even Point atau titik impas adalah sebuah perkiraan berapa dan kapan penjualan yang bisa dilakukan agar dapat modal yang diinvestasikan bisa kembali dan juga merupakan sebuah titik dimana sebuah perusahaan tahu kapan mereka akan memperoleh keuntungan atau profit. 

9. Evaluasi Kinerja Perusahaan

Laporan keuangan dapat menjadi bahan bagi investor untuk mengevaluasi kinerja dari perusahaan. Investor akan melihat kondisi keuangan dari perusahaan sehingga dapat menjadi acuan untuk pengembangannya di masa depan.

10. Mengetahui Cash Flow Perusahaan

Cash flow merupakan aliran uang kas masuk dan keluar dalam perusahaan. Tentunya catatan mengenai arus kas ini sangat penting bagi para investor. Mereka akan dapat melihat kemana aliran masuk dan pergi keuangan perusahaan.

11. Mengetahui Tarif Churm

Tarif Churm merupakan biaya untuk mempertahankan pelanggan lama. Dengan adanya, laporan keuangan maka investor dapat melihat berapa tarif churm dalam bisnis Anda.

12. Analisis Biaya Akuisisi

Investor dapat memanfaatkan laporan keuangan untuk menganalisis biaya akuisisi. Biaya akuisisi merupakan biaya yang diperlukan sebuah bisnis untuk mendapatkan pelanggan barunya. Oleh karena itu, investor akan menilai seberapa efektif perusahaan dalam memanfaatkan biaya akuisisinya.

13. Mengetahui Nilai Hutang

Manfaat laporan keuangan bagi investor yang terakhir yaitu untuk mengetahui nilai hutang. Dalam sebuah bisnis tentunya ada modal usaha yang berasal dari hutang atau pinjaman dengan pihak lain. Disini investor akan melihat apakah hutang dari perusahaan dimaksimalkan dengan baik untuk pengembangan bisnis.

Akuntabilitas Merupakan Kunci Perusahaan yang Berkualitas

Sebelumnya Anda pasti telah mengetahui mengenai laporan keuangan dan berbagai manfaatnya baik bagi perusahaan Anda maupun bagi investor. Laporan keuangan yang dibuat dengan detail akan menunjukan kredibilitas dari perusahaan Anda. Pasalnya, akuntabilitas yang baik dapat menjadi kunci kesuksesan dari perusahaan.

Jika Anda ingin mengembangkan usaha Anda dan perlu modal usaha maka Danamas Pinjaman Bisnis adalah pilihan yang tepat. Danamas adalah platform pinjaman online terpercaya yang berizinkan OJK sejak tahun 2000. Anda bisa memastikan proses pinjaman agunan properti di Danamas berjalan dengan aman dan terpercaya.Ā 


Plafon pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan tenor waktu hingga 10 tahun. Mulai lakukan kalkukasi besaran pinjaman Anda dengan Kalkulator Simulasi Kredit Pinjaman.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun