apa-itu-rekening-giro

Apa itu rekening giro? Menyimpan uang di bank dikenal sebagai salah satu cara cara untuk mengumpulkan dana dan mendapatkan keuntungan lewat bunga bank. Namun selain menabung, ada cara lain yang bisa anda dapatkan yaitu dengan membuka rekening giro. 

Cara mengelola keuangan yang baik untuk bisnis tentunya dengan memiliki record yang baik terhadap penggunaan keuangan. Menyimpan uang di rekening giro dapat memberikan berbagai manfaat juga keuntungan yang dirasakan oleh nasabah. Namun, banyak orang masih belum mengetahuinya. Bahkan masih bingung perbedaan antara rekening giro dan rekening tabungan. 

Dalam artikel ini akan dibahas secara detail dan lengkap mengenai rekening giro, mulai dari pengertiannya, manfaat, kelebihan dan kekurangan, hingga perbedaanya dengan rekening tabungan. Ayo kita simak apa itu rekening giro!

Apa Itu Rekening Giro?

Rekening giro adalah salah satu produk perbankan yang berupa simpanan dari nasabah perorangan atau badan usaha dalam rupiah dan mata uang asing. Rekening giro memiliki sistem penarikan yang bisa dilakukan kapan saja selama jam kerja dan menggunakan warkat cek atau bilyet giro. Siapapun bisa membuka rekening giro seperti warga negara Indonesia maupun warga negara asing.

Giro adalah surat perintah yang dikeluarkan oleh nasabah bank suatu bank tempat ia menabung. Surat perintah ini dikeluarkan untuk melakukan proses pemindahbukuan sejumlah dana dari rekening nasabah ke rekening lain yang disebutkan di dalam bilyet giro tersebut. Bilyet adalah sebuah media yang dipakai untuk memindahkan dana antar rekening. 

Proses pada giro berbeda dengan transfer melalui ATM walaupun bisa sama-sama rekening ke rekening lainnya. Umumnya rekening giro yang dananya bisa ditambah dan diambil sesuai dengan perintah dari nasabah. Rekening giro memiliki tanggal terbit tanggal efektif dan tanggal jatuh tempo.

Untuk setoran awal giro di jenis perorangan biasanya berkisar Rp250.000 dan Rp500.000 untuk perusahaan. Biaya administrasinya sekitar 1 sampai 2% dari saldo terendah yang ditetapkan oleh lembaga keuangan yang bersangkutan.

Komponen Dalam Rekening Giro

Saat ingin melakukan transaksi maka anda perlu melakukan pembayaran melalui cek atau bilyet giro yang diberikan kepada pihak yang akan menerima uang tersebut. Berikut pengertian cek dan bilyet giro:

1. Bilyet giro 

Surat berharga yang dipakai sebagai alat transaksi dan diterbitkan oleh pihak bank langsung. Surat ini dipakai sebagai pengganti uang tunai yang bisa dicairkan cara tidak tunai lewat pemindahbukuan ke rekening yang bersangkutan sesuai dengan waktu dan tanggal yang tertera pada bilyet giro.

2. Cek

Surat berharga yang dipakai sebagai alat transaksi pembayaran dan diterbitkan oleh pihak bank sebagai pengganti uang tunai dan bisa dicairkan secara tunai juga.

Apa Itu Tabungan?

Tabungan adalah produk perbankan berupa simpanan yang bisa dimiliki oleh mereka perseorangan ataupun perusahaan dan dananya bisa ditarik sesuai dengan ketentuan tertentu. Lalu apakah ada perbedaan antara giro dan rekening berikut penjelasannya.

Rekening Giro vs Tabungan

Rekening giro memiliki perbedaan dengan tabungan, untuk itu Anda harus mengetahui hal ini sebelum bertransaksi. Berikut perbedaan antara rekening giro vs tabungan.

1. Sasaran Produk

Giro diperuntukkan kepada orang atau perusahaan dengan aktivitas transaksi keuangan yang cukup tinggi serta nominal yang besar. Pada peruntukan produk, rekening tabungan bukan untuk perorangan atau perusahaan yang tidak memiliki aktivitas keuangan yang cukup besar setiap harinya.

Nilai transaksi giro wajib ada minimum transaksi yang kebijakan yang nominalnya disesuaikan oleh kebijakan tiap lembaga keuangan. Sedangkan pada transaksi tabungan pemilik rekening bisa melakukan transfer sebesar Rp15.000 saja walaupun ada minimal transaksi untuk menabung untuk ada ketentuan saldo minimal yang perlu dipenuhi agar rekening bisa terus dipakai untuk melakukan transaksi.

2. Cara Penarikan Dana

Cara penarikan dana pada tabungan dan giro cukup berbeda di mana jika menabung di bank penarikan dananya dilakukan lewat ATM atau teller. Penarikan dana pada rekening tabungan hanya bisa dilakukan oleh pemilik rekening saja. Dana untuk rekening biru tak hanya bisa dilakukan lewat ATM tapi juga melalui cek dan bilyet Giro.

3. Nominal Transaksi

Pada rekening tabungan ada batasan nominal transaksi per harinya. Hal ini berlaku pada transaksi berupa pemindahan dana atau penarikan dana. Jika nasabah pada rekening tabungan ingin melakukan transaksi untuk nominal yang besar maka bisa langsung datang ke bank atau lewat bantuan teller.

Pada rekening giro nasabah bisa melakukan transaksi dengan nominal yang sangat besar menggunakan surat perintah dari pemilik rekening tersebut. Selain itu tidak ada batasan jumlah nominal transaksi umumnya pihak lembaga keuangan akan membantu melakukan pemindahan dana dan penarikan dana juga untuk batasan transaksi setiap harinya bisa mencapai Rp 500 juta.

4. Penarikan Dana

Penarikan dana oleh rekening giro bisa dilakukan di kantor lembaga keuangan secara langsung. Penarikan dana menggunakan bilyet giro memiliki batasan waktu dan jatuh tempo. Bagi nasabah yang memiliki rekening giro diwajibkan melakukan penarikan dana menggunakan bilyet hingga 70 hari. Jika dana tersebut dilakukan penari sebelum dilakukan penarikan maka bilyet tidak akan berlaku lagi.

5. Laporan Pada Nasabah

Laporan dari pihak lembaga keuangan akan dikirimkan kepada para pemilik rekening giro di tiap bulan ke alamat tertera pada data rekening. Laporan bulanan ini biasanya berupa rekening koran yang berisikan informasi semua transaksi dari pemilik rekening per bulan hingga uang yang masuk dan keluar.

Laporan keuangan pada pemilik rekening tabungan bisa diminta ketika nasabah ingin melakukan pemeriksaan. Hal ini tentu berbeda dengan laporan rekening koran giro yang sudah pasti rutin dikirim ke alamat nasabah. 

Manfaat Rekening Giro untuk Bisnis

Dalam hal akuntansi, fungsi dan manfaat giro adalah mempermudah penarikan keuangan yang bisa dilakukan kapan saja sehingga bisa mengoptimalkan aktivitas transaksi keuangan. Selain itu rekening giro bisa dipakai untuk melakukan penyederhanaan dalam transaksi karena perlu memakai uang tunai dengan jumlah yang cukup besar.

Fungsi rekening giro lainnya antara lain:

  1. Uang dalam rekening akan lebih aman dari tindak kejahatan
  2. Pembayaran transaksi jual beli lebih mudah karena bisa menggunakan cek dan bilyet Giro
  3. Cukup membawa cek dan bilyet jika ingin melakukan transaksi
  4. Giro yang berbentuk simpanan uang bisa dilakukan penarikan kapan saja saat jam kerja berlangsung
  5. Rekening giro tidak ada batasan limit transaksi
  6. Nasabah memiliki rekening giro akan mendapatkan rekening koran untuk mempermudah proses administrasi.

Kelebihan dan Kekurangan Rekening Giro

Setiap jenis rekening pasti memiliki kekurangan maupun kelebihan, begitu juga dengan rekening giro. Berikut kelebihan dan kekurangan rekening giro.

KelebihanKekurangan
Dapat bertransaksi dalam jumlah yang cukup besarRekening giro punya tenggat waktu pencairannya sehingga jika lewat akan kadaluarsa
Simpanan giro dapat diambil kapan pun jika dibutuhkan nasabahRentan terjadinya penipuan surat giro yang isinya dapat kosong
Tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar karena dapat digantikan oleh rekening giroRekening giro tidak bisa dibatalkan begitu saja
Tabel 1. Kelebihan dan kekurangan rekening giro

7 Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Buka Rekening Giro

Sebelum Anda membuka rekening giro ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar proses pembukaan maupun penggunaan rekening giro dapat berjalan dengan lancar.

  1. Kembalikan lembaran pertama bukti penerimaan cek atau bilyet sesegera mungkin agar rekening bisa diaktifkan oleh bank
  2. Catat pengeluaran dari tanggal nomor hingga jumlah uang di lembar sebelah kiri buku cek atau bilyet yang berfungsi sebagai alat kontrol supaya pengeluaran bisa disesuaikan dengan dana yang tersimpan
  3. Hati-hati saat ingin mengeluarkan Cek Atas Unjuk dan jangan sampai Anda menghilangkannya karena cek ini telah dibubuhi tanda tangan juga materai yang bisa segera dibayarkan oleh bank tanpa perlu melakukan verifikasi kepada pembawa cek.
  4. Tidak melakukan pembayaran lewat cek atau bilyet jika saldo dana tidak cukup karena pihak bank tentu akan menolak pembayaran tersebut.
  5. Hindari penggunaan cek tanpa cukup saldo karena hal ini akan membuat Anda bisa dicantumkan pada daftar hitam nasional yang disebarkan oleh Bank Indonesia kepada seluruh bank di Indonesia.
  6. Segera lapor ke lembaga keuangan atau bank jika anda kehilangan satu lembar cek atau bilyet bahkan seluruh bukunya sehingga bank bisa segera memblokir rekening anda.
  7. Cek atau bilyet giro hanya berlaku 70 hari tanggal diterbitkan, jika melampaui tenggat waktu tersebut maka warkat tidak bisa lagi digunakan atau kadaluarsa. 

4 Syarat Membuat Tabungan Giro

Syarat membuat tabungan giro berbeda-beda sesuai dengan bank yang akan Anda tuju. Namun beberapa persyaratan yang umum saat membuat rekening giro yaitu.

NoPeroranganBadan Usaha
1.21 tahun keatasMengisi formulir permohonan
2.Mengisi formulirMenyerahkan identitas diri (KTP/Paspor), NPWP
3.Menyerahkan Identitas diri KTP dan NPWP, serta foto 4×6Menyerahkan identitas perusahaan TDP, SIUP, dan akte pendirian perusahaan
4.Menanggung administrasi bulananDikenakan biaya administrasi 
Tabel 2. Syarat membuat tabungan giro

Kembangkan Bisnis Lebih Besar, Ajukan Pinjaman Terpercaya! 

Pinjaman online terpercaya dan aman dapat membantu Anda untuk mengekspansi pasar lebih besar untuk hasil yang lebih baik. Disamping pinjaman modal, hal yang penting juga adalah platform tempat Anda meminjam modal. Meminjam pada platform yang tepat jelas memberikan ketenangan terkait aset yang Anda miliki. 

Danamas adalah solusi untuk berbagai pinjaman kebutuhan Anda, karena berizin dan diawasi oleh OJK. Pinjaman berlimit hingga Rp 2 miliar dengan tenor waktu hingga 10 tahun. Ajukan pinjaman modal usaha dan bisnis Anda di Danamas dengan angsuran bunga rendah mulai dari 12-15%. Lakukan proses pengajuan dana online secara praktis lewat aplikasi Danamas pinjaman bisnis. Mulai lakukan persiapan besaran pengajuan pinjaman dana lewat agunan properti hingga kalkulasi dana pinjaman dari agunan properti Anda melalui Kalkulator Pinjaman


Artikel ini ditulis sebagai bentuk dukungan dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan yang berlangsung selama Bulan Oktober, yang diusung oleh OJK bersama Kementerian / Lembaga, Industri Jasa Keuangan. Bersama kita wujudkan akses keuangan untuk semua melalui peningkatan inklusi keuangan!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b