Kondisi keuangan

Berbicara mengenai keuangan, tentu saja adalah hal yang cukup penting baik untuk kelangsungan hidup, maupun bagi manajemen keuangan perusahaan atau bisnis Anda. Faktanya sebuah perusahaan atau bisnis akan tetap terjaga apabila keuangan mereka dijaga arus nya. Berikut ini adalah tanda  kondisi keuangan membaik atau memburuk. 

Tanda Kondisi Manajemen Keuangan Buruk 

Kondisi keuangan

Banyak faktor yang mengindikasikan kondisi manajemen keuangan dikatakan buruk, seperti misalnya: 

  1. Overtrading

Overtrading atau penjualan yang melonjak tentunya menjadi hal yang harus disyukuri oleh sebuah perusahaan. Namun, overtrading juga dapat berpengaruh buruk bagi manajemen keuangan perusahaan. Yakni penambahan modal untuk hutang supplier, biaya operasional yang membengkak hingga penagihan piutang ke customer yang tidak tepat waktu sehingga mengganggu profit yang seharusnya didapat oleh perusahaan. 

  1. Low Profit 

Perusahaan dengan manajemen keuangan yang baik tentunya memiliki pertumbuhan pendapatan seiring dengan berjalannya waktu. Margin keuntungan yang menipis merupakan indikasi adanya keuangan bisnis atau perusahaan yang sedang memburuk. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan riset market sebelum menjual barang atau jasa ke klien. 

  1. Banyak Hutang 

Salah satu indikasi yang dapat ditemukan apabila kondisi keuangan bisnis dalam kondisi buruk adalah dengan banyaknya rasio hutang. Rasio hutang dengan asset yang ideal adalah 1:2. Hutang memang bisa digunakan sebagai rencana untuk ekspansi bisnis ke arah yang lebih baik lagi. Namun jangan melebihi aset yang Anda miliki. 

  1. Penjualan  Menurun

penjualan merupakan pemasukan utama yang didapatkan dari bisnis atau perusahaan.  Jika terjadi penurunan atau bahkan tidak ada penjualan (kemacetan) maka lambat laun akan merugi dan bisa saja mengalami kebangkrutan.

  1. Kurang Pengawasan 

Perusahaan dengan manajemen keuangan yang buruk tentunya terjadi karena kurangnya pengawasan sehingga aspek keuangan terganggu. Untuk itu Anda bisa melakukan audit keuangan setiap tahunnya. 

Tanda Kondisi Manajemen Keuangan Bisnis Baik

Kondisi keuangan

Apabila tadi membahas mengenai  faktor yang mengindikasikan kondisi manajemen keuangan dikatakan buruk, maka kali ini akan membahas mengenai bagaimana tanda kondisi keuangan bisnis bisa dikatakan baik, seperti halnya: 

  1. Biaya Pengeluaran Tidak Melebihi Biaya Pemasukan

Manajemen keuangan bisnis atau perusahaan bisa dikatakan baik apabila jumlah pemasukan melebihi pengeluaran. Anda harus mengatur strategi agar peningkatan pengeluaran sejalan dengan adanya peningkatan keuntungan.

  1. Tingkat Utang Cenderung Rendah 

Ada 2 jenis rasio utang yang perlu Anda ketahui yakni rasio utang dengan aset dan rasio utang dengan ekuitas. Rasio utang dengan aset digunakan untuk mengukur seberapa besar nilai aktiva perusahaan yang dibiayai dengan total utang. 

Sedangkan,  rasio utang dengan ekuitas adalah rasio yang digunakan untuk melihat seberapa besar utang perusahaan jika dibandingkan dengan ekuitas perusahan atau para pemegang saham. 

  1. Mempunyai Dana Cadangan 

Manajemen keuangan bisnis atau usaha dapat dikatakan sehat, salah satunya apabila memiliki dana cadangan. Dana cadangan akan membantu bisnis atau usaha tetap beroperasional jika terjadi hal- hal diluar rencana. 

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil Menengah untuk Pemula

Rasio Dasar Kesehatan Kondisi Keuangan Bisnis

Selain menjadi alat ukur sehat atau tidaknya sebuah kondisi keuangan perusahaan atau bisnis, analisis rasio keuangan memiliki manfaat yakni: 

  • Melihat kinerja perusahaan dalam suatu periode tertentu.
  • Bahan evaluasi sumber daya perusahaan (karyawan, proses produksi, operasional, dan sebagainya).
  • Menentukan nilai keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan.
  • Sebagai bahan pertimbangan kreditur.
  • Acuan investor untuk memilih perusahaan. 

Lancar by Danamas, merupakan salah satu platform pinjaman online yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Anda bisa melakukan ekspansi bisnis dengan mendapatkan pinjaman beragunan properti dari Lancar by Danamas dengan limit pinjaman hingga Rp 2miliar. Segera daftarkan diri Anda dan mulai kembangkan bisnis Anda. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b