Financial Freedom

Financial freedom adalah kata yang populer belakangan ini di kalangan anak muda. Banyak sekali anak muda yang mulai sadar pentingnya mengatur atau mengelola keuangan mereka saat ini. Financial freedom ini erat kaitannya dengan pengelolaan keuangan dan membangun keran-keran yang menghasilkan uang semasa hidup Anda.

Bahkan untuk memiliki tujuan financial freedom bukan hanya untuk mereka yang memiliki gaji diatas UMR, tapi juga bagi mereka yang memiliki gaji UMR ternyata bisa juga menuju financial Freedom di usia matang. Hal ini karena financial freedom juga berkaitan dengan cara kelola uang. Karena percuma jika Anda punya gaji yang besar jika pengeluarannya juga besar.

Jika Anda ingin mencapai financial freedom maka Anda harus menyiapkan strategi dari awal. Karena untuk mencapainya tidak bisa dilakukan dalam beberapa hari. Financial freedom adalah hasil ketekunan dan kerja keras dengan strategi yang tepat. Berikut ini cara agar Anda bisa mencapai financial freedom!

Apa Itu Financial Freedom (kebebasan finansial)?

Financial freedom atau kebebasan finansial adalah keadaan dimana memperoleh kebebasan dalam urusan keuangan. Keadaan financial freedom membuat Anda bisa mengambil sebuah keputusan tanpa mengkhawatirkan kondisi keuangan. Maka Anda bisa bebas menggunakan uang untuk beli apa saja yang anda inginkan tanpa perlu khawatir di masa depan akan kekurangan uang. 

Namun untuk mencapainya, bukanlah hal yang bisa terjadi di dalam proses yang cepat, tentu harus perlu melakukan berbagai cara dan langkah dari muda agar dapat lebih cepat untuk mencapainya. Untuk itu jangan menunggu pendapatan besar untuk mulai mengelola keuangan. Hal yang sebaiknya anda lakukan adalah mengelola keuangan mulai dari penghasilan yang kecil sehingga siapapun bisa mulai untuk mencapai financial Freedom walaupun bergaji UMR.

5 Tips Untuk Financial Freedom Gaji UMR

1. Cek Kondisi Keuangan

Rahasia utama menuju Financial Freedom bagi mereka yang bergaji UMR adalah dengan memiliki kemampuan untuk melihat kondisi keuangan secara bijak dan pintar dalam mengatur finansial. Tidak peduli seberapa besar jumlah gaji Anda hal yang paling penting adalah bagaimana cara anda mengalokasikan keuangan untuk berbagai kebutuhan juga keinginan. 

Untuk itu penting sekali memahami kondisi keuangan mulai dari sekarang dengan cara mengetahui pemasukan dan pengeluaran. Hal yang paling mendasar adalah jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. 

Sebaiknya biasakan hidup sesuai kemampuan dan kebutuhan sehingga tercipta cash flow yang lebih baik. Jika anda bisa impian yang segera anda realisasikan. 

2. Buatlah Anggaran Setiap Bulan

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk gaji UMR agar dapat mencapai kebebasan finansial adalah dengan membuat rencana belanja bulanan setiap bulan. Hal ini dilakukan untuk menghindari sikap boros yang mungkin saja bisa terjadi sewaktu-waktu. 

Sebaiknya pisahkan biaya untuk transportasi ke kantor kebutuhan makan kebutuhan jalan-jalan dan kebutuhan anak. Dengan membuat anggaran maka anda akan lebih mudah untuk mengontrol gaya hidup sehingga tidak mudah masuk ke dalam dunia konsumtif yang berlebihan.

3. Sisihkan bukan Sisakan

Hal yang paling sering menjadi kekeliruan dalam mengelola keuangan adalah Anda menyisihkan uang untuk diinvestasikan atau ditabung. Padahal yang sebaiknya Anda lakukan adalah menyisihkan uang terlebih dahulu sesaat Anda mendapatkan gaji, sehingga uang yang ingin diinvestasikan atau ditabung bisa sesuai dengan apa yang sudah anda rencanakan. 

Setiap Anda menerima gaji langsung sisihkan uang tersebut untuk ditabung atau diinvestasikan dan biasakan hal ini ini untuk dilakukan setiap bulan. 

4. Financial Deficit

Defisit finansial perlu Anda lakukan terutama bagi Anda yang ingin menuju financial freedom bagi karyawan bergaji UMR. Itu artinya dengan cara ini, jika anda memiliki penghasilan sekitar Rp 4.000.000 sebulan maka sebaiknya pengeluaran tidak lebih dari pendapatan Anda. 

Untuk bisa mengukur financial defisit yang sudah anda lakukan catat semua pengeluaran dan pemasukan sehingga Anda bisa membandingkan kan sudah sebanyak apa pengeluaran yang dilakukan pada tiap bulannya. Pengeluaran untuk kebutuhan primer lalu kebutuhan sekunder hingga keinginan anda. Pastikan mulai belajar untuk hidup hemat sedari muda.

5. Financial Saving

Financial saving adalah di mana anda menyisihkan penghasilan untuk ditabung atau diinvestasikan. dalam ilmu pengelola  keuangan dalam menyisihkan pendapatan untuk ditabung atau di investasi-investasi kan sebagai berikut:

  •  40% untuk biaya hidup
  •  30% untuk bayar tagihan jika ada
  •  30% untuk ditabung atau diinvestasikan

Beberapa orang juga menggunakan investasi autodebet mereka tidak perlu pusing lagi untuk menyisihkan uang saat mendapatkan pendapatan karena semuanya sudah dilakukan secara otomatis. Cara ini juga jitu bagi mereka yang kurang disiplin dalam menyisihkan uang pendapatannya.

4 Hal-Hal Yang Menggagalkan Financial Freedom

Ada banyak sekali orang yang sulit mencapai kebebasan finansial karena ada beberapa hal yang mereka lakukan kurang tepat. Untuk itu hindari hal-hal berikut agar tidak gagal.

1. Tidak Tahu Alasan Harus Financial Freedom

Beberapa orang belum mengerti mengapa mereka harus mencapai financial freedom. Hal ini ditimbulkan  karena literasi keuangan yang yang. tidak banyak orang yang menyadari permainan uang sudah berubah dari yang awalnya financial security atau keamanan keuangan menjadi financial freedom atau kebebasan keuangan.

Financial security seperti saat beberapa orang yang berpikir untuk mencari sebuah perusahaan yang menjamin masa pensiun mereka sehingga mereka akan merasa aman saat bekerja di tempat tersebut karena masa tua sudah terjamin. Lain halnya pola pikir saat mereka ingin menuju financial freedom di mana hal yang paling mereka butuhkan adalah kebebasan keuangan di masa tua. 

Hidup mereka pun tidak akan lagi diatur oleh uang karena mereka sudah berkuasa penuh atas uang yang telah mereka kumpulkan di masa muda, mereka bisa melakukan berbagai aktivitas dengan uang mereka tanpa perlu memikirkan kondisi keuangan.

2. Pola Pikir Yang Kurang Tepat

Beberapa orang tidak bisa mencapai karena memiliki pola pikir yang kurang tepat, seperti:

  • Financial freedom hanya untuk orang yang sudah kaya
  • Hidup mengalir tanpa perlu perencanaan yang matang
  • Sudah nyaman dengan kondisi yang sekarang Sehingga ada perasaan takut gagal untuk mencapai panjang sial freedom
  • Usaha untuk menuju financial freedom cukup rumit sehingga tidak memiliki waktu dan usaha yang lebih keras lagi.

3. Tidak Tahu Caranya

Beberapa orang kurang menyadari mengenai kegunaan serta pentingnya, karena beberapa di antara banyak orang tidak tahu bagaimana caranya untuk mencapai kebebasan finansial tersebut. bisa dicapai jika pendapatan pasif anda sudah memenuhi kebutuhan hidup. 

Untuk bisa mendapatkan pendapatan pasif ada berbagai cara yang bisa dilakukan salah satunya membangun aset produktif seperti rumah untuk disewakan kendaraan untuk disewakan hingga membangun aset digital.

4. Tidak Memiliki Komitmen & Bukan Prioritas Utama

Kegagalan yang terjadi dalam mencapai financial freedom dikarenakan tidak adanya komitmen dan tidak mengatakan kebebasan finansial sebagai prioritas utama keuangan adalah. Beberapa orang mungkin akan sulit untuk menunda kesenangan sementara sehingga ketika mereka memiliki mereka akan cenderung untuk melakukan aktivitas konsumtif melainkan untuk berinvestasi lewat reksadana atau properti. 

Nikmati Hari Tua, Mulai Bangun Bisnis 

Pola pikir yang salah dengan menggunakan uang untuk bersenang-senang sementara ketimbang membangun aset justru akan semakin menjauhkan anda pada tujuan financial freedom. Membangun aset juga bisa lewat berbisnis. Anda bisa memutar pendapatan dengan membangun usaha kecil. 

Namun, hal ini tentu membutuhkan modal usaha. Saran terbaik untuk bisa dapatkan modal usaha adalah melalui fintech lending berizin OJK seperti Danamas Pinjaman Bisnis. Danamas hadir dengan pinjaman beragunan properti dengan limit besar hingga Rp 2 miliar dan suku bunga rendah bahkan tenor dari 1 tahun hingga 10 tahun.  

Dengan memahami trik ini, maka Anda bisa mulai dari sekarang. Semakin cepat Anda memulai hal baik dalam penataan finansial, maka akan semakin cepat juga menuju kebebasan finansial. Ayo mulai langkah financial freedom Anda dengan bangun bisnis bersama Danamas Pinjaman Bisnis!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b