cara-mengelola-keuangan-usaha

Cara mengelola keuangan usaha adalah pengetahuan wajib bagi Anda pelaku usaha. Bisnis dan keuangan adalah dua hal yang erat kaitannya. Ketika memiliki bisnis maka idealnya juga dibarengi dengan manajemen keuangan yang baik. Maka agar bisnis Anda sukses, layaknya melakukan pengelolaan keuangan yang baik.

Pengelolaan keuangan usaha mampu membuat Anda lebih paham atas kondisi keuangan sehingga ke depannya tantangan yang mungkin hadir bisa diatasi dengan baik. Masalah pada bisnis mungkin saja terjadi pada aspek keuangan, sehingga jika Anda ingin memulai bisnis dengan baik, sebisa mungkin untuk mempelajari tentang manajemen keuangan bisnis dasar. Tentu saja hal ini juga tidak jauh dari kemampuan pengaturan pribadi terkait tata cara mengelola keuangan pribadi yang baik.

Untuk itu jangan abaikan pengaturan keuangan pribadi dengan baik, ya! Jika tidak yakin Anda sekarang bisa gunakan aplikasi untuk mengatur keuangan bisnismu. Namun, sebelum masuk cara mengelola keuangan bisnis, Anda perlu tahu beberapa hal penting yang tidak boleh diabaikan dalam mengelola bisnis.

5 Hal Penting yang Tidak Boleh Diabaikan dalam Mengelola Bisnis

Terdapat beberapa hal penting yang tidak boleh Anda abaikan dalam mengelola bisnis, jika bisnis Anda ingin sukses. Ini dia 5 Hal penting yang tidak boleh diabaikan dalam mengelola bisnis antara lain:

1. Modal usaha

Modal usaha merupakan faktor penting dalam membangun sebuah usaha. Anda harus dapat memperkirakan risiko ketika meminjam modal untuk usaha Anda. Hal ini akan menghindari agar Anda tidak terlilit hutang.

2. Izin Usaha

Terkadang kita mengabaikan izin dalam usaha Anda tapi hal ini sangat penting untuk mendukung usaha Anda. Usaha yang legal dapat memudahkan Anda ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu, konsumen akan lebih percaya dengan brand yang Anda miliki.

3. Kebutuhan Konsumen

Konsumen membeli sesuatu karena mereka membutuhkan produk tersebut. Jadi Anda harus dapat melihat kebutuhan dari konsumen. Jangan sampai produk yang Anda jual tidak diperlukan oleh konsumen.

4. Tempat yang Strategis

Pemilihan tempat yang strategis sangat penting Anda pikirkan ketika membuat sebuah usaha, khususnya bisnis offline. Misalkan Anda ingin membuka Rumah Makan Padang. Tentunya Anda harus bisa melihat daerah yang konsumennya menyukai Masakan Padang.

5. Mengelola Keuangan Usaha

Mengelola keuangan usaha merupakan syarat fundamental dalam sebuah usaha yang sukses. Tanpa pencatatan keuangan dan pengelolaan keuangan yang jelas maka bisnis tidak akan dapat berkembang. Dalam artikel ini, akan dibahas secara detail mengenai cara mengelola keuangan usaha.

Nah, gimana sudah menguasainya bukan? Pahami bahwa setiap bisnis tentu saja membutuhkan modal yang baik. Jika modal sudah terpenuhi maka visi dan misi dapat berjalan lebih mulus dan terhindar dari beberapa tantangan finansial. Yuk, lanjut pahami bagaimana cara mengelola keuangan usaha yang baik!

7 Cara Mengelola Keuangan Usaha yang Baik

Cara mengelola keuangan usaha banyak sekali contohnya. Tidak ada aturan mana cara yang tepat ataupun salah. Semua itu tergantung kepada jenis usaha yang Anda jalankan. Berikut kami rangkum beberapa tips cara mengelola keuangan usaha.

1. Catat Semua Pengeluaran

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencatat semua pengeluaran atau transaksi yang terjadi pada bisnis Anda. Dengan mencatat semua pengeluaran, maka Anda pun akan tahu kemana arah uang Anda. Untuk itu, coba biasakan untuk mencatat semua detail atau hal kecil dari transaksi usaha Anda. 

Jika dibutuhkan, simpan semua struk yang menunjukkan adanya transaksi pembelian yang Anda lakukan sehubungan dengan bisnis. Dengan cara ini, maka perlahan Anda akan terbiasa untuk mengelola keuangan bisnis lebih teratur. 

2. Buat Proyeksi Keuangan

Apa itu proyeksi keuangan? Proyeksi keuangan adalah sebuah rencana atau bayangan di waktu mendatang atas pengeluaran yang mungkin bisa saja terjadi pada usaha Anda. Anda bisa melihat rencana-rencana ke depan misalnya dalam 1 bulan kedepan apa saja yang Anda butuhkan. 

Coba cek stok barang yang dibutuhkan, apakah ada yang produk berkurang atau justru stuck. Proyeksi keuangan tidak hanya diterapkan untuk produksi tapi juga promosi. Misalnya, jika Anda membutuhkan biaya untuk promosi sehingga Anda bisa membuat proyeksi keuangan untuk beberapa bulan kedepan. 

3. Awasi Arus Kas Keuangan

Cara mengelola keuangan bisnis yang sering dilakukan oleh para pebisnis handal adalah dengan mengawasi arus kas. Cara mengawasi arus kas yang sederhana cukup dengan memisahkan uang untuk kepentingan usaha atau pribadi. 

Umumnya, pelaku usaha kecil dan menengah sering sekali menemukan situasi seperti ini dimana uang hasil bisnis tanpa tidak sadar diambil untuk kepentingan pribadi. Maka, hal ini bisa berpengaruh terhadap arus kas yang mungkin saja bisa terjadi di bisnis Anda.

Arus kas harus diawasi dengan seksama sehingga saat mendistribusikan keuntungan pun bisa tepat. Sebagai contoh, jika Anda mendapatkan keuntungan, maka uang dari keuntungan tersebut bisa dibagi-bagi menjadi kebutuhan biaya operasional, dana darurat bisnis, dan lainnya.. 

4. Kembangan Usaha dengan Laba

Laba bisnis yang cukup besar memang sangat menggiurkan untuk segera digunakan. Namun, tetap sadari bahwa keuntungan usaha ini bisa Anda putar kembali untuk mendatangkan keuntungan. Anda bisa pakai laba untuk modal usaha kembali sehingga bisnis UMKM Anda bisa semakin lancar. 

Sebaiknya laba tidak digunakan untuk kepentingan pribadi. Anda harus menyimpan laba terlebih dahulu untuk digunakan kembali jika membutuhkan dana untuk produksi dan promosi. 

5. Disiplin Bayar Tagihan

Tagihan harus Anda bayar tepat waktu agar meminimalisir tagihan denda yang mungkin saja bisa didapatkan. Selalu catat tanggal bayar tagihan, buat ceklis untuk tagihan-tagihan yang sudah dibayarkan. Jika Anda harus mengeluarkan uang bisnis untuk membayar denda, coba bayangkan seberapa besar pendapatan yang dipotong karena biaya denda ini?

6. Perhatikan Baik-baik saat Buka Toko Offline

Jika Anda berencana membuka toko offline sebagai bentuk ekspansi bisnis, maka sebaiknya pertimbangan dengan bijaksana. Umumnya, saat membuka cabang atau toko offline, Anda butuh dana yang cukup banyak sehingga kontrol keuangan bisnis harus dikendalikan dengan baik. Anda pastinya tidak ingin bukan toko offline tutup pada akhirnya karena ada banyak kendala yang terjadi dilapangan.

7. Mencari Pinjaman Bisa Jadi Pilihan

Jika Anda merasa perlu untuk melakukan pinjaman untuk usaha, mengapa tidak coba pertimbangkan beberapa hal, seperti Fintech untuk pinjaman modal haruslah yang berizin OJK, pinjaman modal memiliki suku bunga rendah, pinjaman juga harus terpercaya sehingga kedepannya Anda tidak akan merasa dirugikan. 

Beberapa bisnis UMKM juga melakukan pinjaman sebagai modal usaha, hal ini wajar adanya karena memang dalam menjalankan bisnis sudah pasti Anda membutuhkan modal yang besar untuk bisnis yang besar. Namun, tetap ingat Anda harus memilih tempat pinjam yang Aman.

Manfaat Mengelola Keuangan Usaha dengan Baik

Pada pengelolaan keuangan bisnis, terdapat berbagai kegiatan seperti pengelolaan, perencanaan, penyimpanan dana, dan lain sebagainya. Pengelolaan keuangan bisa menjadikan bisnis makin lancar dengan sistem yang terarah. Untuk itu, pengelolaan keuangan ini tidak bisa sembarangan, Anda mungkin butuh sistem kelola keuangan menggunakan financial planner atau aplikasi aplikasi akuntansi yang bisa membantu Anda.

Mengelola keuangan bisnis juga memiliki beragam jenis manfaat bagi masa depan bisnis Anda. Adapun manfaat-manfaat yang diberikan dalam pengelolaan keuangan usaha antara lain sebagai berikut. 

1.Keuangan Bisnis lebih Terkendali

Jika Anda memiliki kemampuan dalam manajemen keuangan bisnis, maka kondisi keuangan pun bisa terkendali dengan aman dan nyaman. Anda bisa menentukan sendiri batas pengeluaran yang tidak akan mempengaruhi kas perusahaan.

2. Memaksimalkan Penggunaan Dana

Aktivitas perusahaan dengan penggunaan dana juga bisa terpantau dengan baik. Anda pun bisa menggunakan dana perusahaan atau bisnis lebih optimal, sehingga dana yang dikeluarkan bisa lebih bertanggung jawab. 

3. Struktur Modal Lebih Sehat

Saat mendapatkan atau memiliki modal usaha, maka Anda juga bisa menciptakan struktur modal yang sehat. Struktur modal yang sehat artinya keuntungan lebih besar daripada hutang atau utang tidak mengganggu kas perusahaan. 

4. Investasi Lebih Aman

Jika bisnis Anda berjalan dengan lancar dan terlihat progress kearah yang lebih baik, maka dana yang Anda miliki bisa diinvestasikan untuk mendapatkan keuntungan lain. Hal ini tentu didukung dengan manajemen yang baik. 

Ini 5 Tujuan Manajemen Keuangan Bisnis, Jangan Lengah!

Manajemen keuangan bisnis atau biasa disebut mengelola keuangan usaha memberikan berbagai manfaat bagi Anda. Selanjutnya, ada beberapa tujuan dibuatnya manajemen keuangan bisnis yang baik, antara lain:

1. Menjaga Arus Kas

Keluar masuknya atau arus kas pada perusahaan ini wajib dicek secara berkala. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi pengeluaran tak terduga yang berakibat pada kerugian perusahaan. 

Maka dari itu, uang kas bisnis dikeluarkan untuk membeli bahan baku produksi, biaya gaji SDM, biaya operasional perusahaan, dan lainnya perlu Anda catat secara berkala agar dapat mengetahui keuntungan yang diperoleh. 

2. Efisiensi Modal

Di setiap perusahaan biasanya ada target yang ingin dicapai dengan modal yang telah dikelola secara efisien. Modal usaha yang efisien adalah modal yang cukup banyak namun dipergunakan dengan bijak sehingga aktivitas bisnis bisa berjalan dengan lancar. 

3. Optimalkan Kekayaan Perusahaan

Jika perusahaan sudah cukup besar, maka kekayaan perusahaan pun harus selalu dioptimalkan, bagaimana caranya? Caranya adalah dengan pengelolaan aset yang baik, pembagian laba maksimal kepada pemegang saham tentu akan meningkatkan performa perusahaan hingga kepercayaan pemegang saham terhadap bisnis Anda. 

4. Memastikan Kelangsungan Hidup Perusahaan

Keputusan perusahaan yang bersinggungan dengan persaingan bisnis bisa berpengaruh pada performa perusahaan. Untuk itu, manajemen keuangan bisnis harus tertata dengan rapi agar keberlangsungan hidup perusahaan pun bisa terus stabil. 

5. Mengatur Struktur Modal

Pengelolaan keuangan bisnis memanglah tidak mudah, karena pendapatan atau modal harus digunakan sesuai budget masing-masing kebutuhan. Pada struktur modal inilah dibutuhkan orang yang paham bagaimana mengatur keuangan bisnis. 

Setelah modal diatur dengan sistematis, maka evaluasi hasilnya apakah sudah sesuai atau belum. Maka, penting sekali untuk mempelajari manajemen keuangan bisnis. 

Lancar by Danamas Solusi Pinjaman Aman untuk Kembangkan Bisnis Anda!

Tentunya jika Anda memulai bisnis pastilah memerlukan suntikan modal untuk mengembangkan usaha Anda. Tapi Anda harus hati-hati, karena banyak pinjaman yang ilegal yang dapat merugikan Anda. Salah satu perusahan Fintech yang terpercaya untuk bisa Anda jadikan support untuk bisnis adalah Lancar by Danamas.

Apakah meminjam di Lancar by Danamas aman? Tentu saja, karena Lancar by Danamas sudah berizin dan diawasi oleh OJK, sehingga Anda kini tak perlu khawatir saat meminjam modal usaha, karena tidak akan merugikan bisnis yang kini sedang Anda jalani.

Butuh modal berapa untuk usaha Anda? 50 juta? atau bahkan 2 miliar? Lancar by Danamas, pinjaman online terpercaya untuk solusi bisnis Anda! Lancar memberikan pinjaman modal usaha pengembangan dengan kredit dan tenor hingga 10 tahun bisa jadi solusi untuk kebutuhan modal usaha Anda. Bunga efektifnya hanya mulai dari 15,25% per tahun dan biaya administrasi yang rendah, maka tak perlu khawatir akan mengurangi pendapatan bisnis Anda. Segera sukseskan bisnis Anda dengan modal yang cukup,  ajukan pengajuan cepat melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis. Masih ragu? Yuk, simulasikan terlebih dahulu dana pinjaman bisnis Anda dengan Kalulator Simulasi Kredit Pinjaman Online Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda