apa-itu-unit-link

Unit link asuransi jenis apa? Unit link adalah jenis dalam asuransi yang menyediakan produk asuransi dan juga produk investasi dalam satu produk. Pada umumnya, unit link ini merupakan asuransi kombinasi yang diperuntukkan untuk beberapa konsumen yang tertarik dalam dunia saham. Biasanya pihak asuransi memasukkan uang konsumen ke dalam reksadana saham. 

Mengapa asuransi itu penting? Sebenarnya memiliki asuransi kesehatan saja sudah baik adanya untuk menunjang dana darurat terkait kesehatan Anda. Namun, jika bicara investasi sebenarnya ini wajib Anda telusuri kembali. Karena asuransi sendiri berarti perlindungan dan bukan dijadikan wadah untuk berinvestasi. Ini beberapa referensi daftar asuransi kesehatan terbaik

Untuk memahami lebih lanjut mengenai asuransi unit link, mengapa menggunakannya dan apa yang perlu disiapkan. Cek selengkapnya pengertian asuransi unit link dibawah ini!

Pengertian Asuransi Unit Link & Cara Kerjanya

Mungkin ada beberapa dari anda tidak familiar dengan sebutan asuransi unit link. Secara mudah, asuransi unit link adalah asuransi yang memiliki investasi di dalamnya. Jika anda merasa bahwa hal tersebut merupakan sebuah hal yang tidak biasa, asuransi unit link memang bekerja seperti yang ditunjukan. Kita harus membayar premi, dan premi tersebut akan digunakan untuk investasi ke dalam instrumen investasi yang sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Hal ini memiliki dua manfaat dalam satu barang. Asuransi unit link memiliki manfaat untuk perlindungan anda dalam menjalankan hidup, serta manfaat investasi. Manfaat investasi inilah yang jadi sebuah resiko ketika memiliki asuransi unit link. 

Pasalnya, asuransi unit link menggunakan investasi sehingga resiko yang didapatkan akan sesuai dengan dana investasi yang dipilih. Asuransi unit link digunakan untuk meraup keuntungan yang banyak agar memperoleh imbal hasil yang maksimal.

Jika diberikan sebuah contoh, anda memilih asuransi unit link dengan periode yang panjang, yakni 30 tahun. Manfaat tunai yang akan anda terima nanti mungkin akan menjadi lebih besar daripada jumlah awal yang anda miliki ketika pertama kali mendaftar dengan asuransi unit link. 

Namun, asuransi unit link juga akan merugikan anda jika melakukan investasi yang  salah. Pada akhirnya, asuransi unit link akan untung atau rugi tergantung dengan portofolio investasi yang anda telah pilih. 

Bagaimana ini bisa terjadi? Hal ini bisa saja terjadi karena pemegang premi asuransi unit link memiliki aksesibilitas untuk memilih instrumen investasi yang akan digunakan. Dalam kata lain, pemilik premi asuransi unit link sudah siap bertanggung jawab atas keuntungan atau risiko yang akan terjadi pada saat melakukan investasi di asuransi unit link. 

Sehingga demikian, asuransi unit link bisa dibilang hampir serupa dengan bermain investasi dan stock. Anda tidak tahu mana yang akan membawa untung dan banyak hal bisa saja berubah-ubah di suatu periode waktu. Nah, berikut adalah daftar dari bagaimanan cara kerja asuransi unit link jika anda ingin mencobanya: 

  1. Seorang pembeli asuransi unit link baru harus membayar premi awal, dan kemudian akan dialokasikan.
  2. Uang ini akan digunakan untuk proteksi hingga untuk membayar biaya akuisisi
  3. Premi yang dimasukan ke dalam instrumen investasi akan menghasilkan hasil investasi, dimana uang tersebut akan digunakan untuk  membayarkan biaya asuransi, tambahan, dan administrasi. Dalam kata lain, anda sudah membayar proteksi asuransi dengan menggunakan hasil investasi tadi.
  4. Nilai investasi dari pemegang polis tersebut akan dipotong untuk membayar biaya asuransi secara rutin. Hal ini akan ada nilai yang bisa diambil setelah seluruh pembayaran diselesaikan. Jumlah ini yang bisa diambil untuk keperluan dana lain
  5. Nilai polis masih cukup untuk membayar biaya asuransi? Proteksi asuransi akan tetap berjalan. Jika tidak, pihak penyedia asuransi akan memberikan anda sebuah peringatan untuk melakukan pengisian ulang dana

Pentingkah Asuransi Unit Link? Apa Saja Biaya dalam Asuransi Unit Link? 

Asuransi unit link sangatlah penting jika Anda memang tertarik dalam berinvestasi dan tidak begitu memiliki banyak waktu untuk menganalisa pergerakan saham. Namun, disisi lain ini jelas tidak menguntungkan karena Anda bisa saja mengalami kerugian karena adanya pergerakan pasar yang tidak stabil. Resiko ini wajib dipahami sejak awal. Adapun berikut adalah beberapa biaya dalam asuransi unit link yang akan dikeluarkan: 

1. Biaya Asuransi

Biaya asuransi merupakan komponen biaya yang terkait dengan pertanggungan dari perusahaan administrasi

2. Biaya Polis

Biaya polis meliputi biaya pemeriksaan kesehatan, biaya pencetakan dokumen, dan biaya komisi bagi agen

3. Biaya Administrasi

Biaya administrasi merupakan biaya yang dibebankan sehubungan dengan administrasi polis. Biaya pengelolaan ini dibebankan terhadap aset investasi unit link.

4. Biaya Switching

Biaya switching merupakan biaya yang dibebankan untuk pengalihan alokasi dana investasi pemegang polis

5. Biaya Penarikan

Biaya penarikan merupakan biaya yang dibebankan konsumen untuk melakukan penarikan akhir tahun.

Jenis Asuransi Unit Link

Jika sudah memahami kurang lebih fungsi dan biaya apa saja yang Anda harus pastikan saat memilih asuransi unit link bisa memilih kategori dan jenis asuransi unit link yang tepat. Nah, dibawah ini adalah beberapa jenis asuransi unit link yang kemungkinan besar tepat bagi Anda! 

1. Cash Fund Unit Link

Cash fund unit link menempatkan 100% portofolio investasi nasabah pada pasar uang seperti deposito berjangka, SBI dan surat utang. Model jenis asuransi ini cocok bagi Anda yang tidak berani mengambil risiko besar karena risikonya paling rendah.

2. Fixed Income Unit Link

Fixed income unit link merupakan jenis asuransi yang 80% dana investasi nasabah difokuskan 80% pada instrumen obligasi. Jika Anda ingin mendapatkan bunga yang optimal tapi juga stabil dan konsisten dapat memilih unit link ini.

3. Managed Unit Link

Managed unit link merupakan jenis unit link yang menempatkan portofolio pada saham dengan komposisi tertentu. Unit link jenis ini sesuai jika nasabah ingin memperoleh pendapatan yang relatif besar dan investasi jangka panjang.

4. Equity Unit Link

Equity unit link merupakan jenis unit link yang menempatkan dana nasabah minimal 80%. Unit link ini cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan investasi secara maksimal.

Kelebihan dan Kekurangan Unit Link

Asuransi unit link memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui. Berikut ini kelebihan dan kekurangan unit link yang perlu Anda ketahui.

1. Memiliki manfaat ganda

Asuransi unit link merupakan asuransi yang menawarkan dua manfaat yaitu sebagai perlindungan dan investasi.

2. Investasi Lebih Mudah

Asuransi unit link dapat Anda gunakan sebagai investasi jangka panjang. Dengan demikian Anda dapat membantu memenuhi tujuan keuangan Anda.

3. Memiliki Cuti Premi

Asuransi unit link memiliki fasilitas cuti premi dimana cuti premi merupakan periode ketika pemegang polis dapat memutuskan untuk membayar premi dalam jangka waktu tertentu. Namun, walaupun berhenti Anda masih dapat mendapatkan manfaat dari asuransi. Tidak hanya memiliki kelebihan tapi asuransi unit link juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan dari asuransi unit link yaitu:

1. Premi Tinggi

Asuransi unit link memiliki premi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis asuransi lainnya. Hal ini dikarenakan, asuransi ini memiliki manfaat untuk investasi. Nasabah juga banyak tidak mengetahui manfaat asuransi unit link untuk investasi.

2. Ada Risiko Kerugian

Setiap investasi pastinya tidak selalu memberikan keuntungan, begitu juga dengan asuransi unit link. Jika investasi mengalami kerugian maka nasabah akan kehilangan premi yang dibayarkan. Oleh karena itu, nasabah harus lebih bijak dalam memilih investasi asuransi unit link atau investasi biasa.

3. Proteksi Berkurang

Asuransi unit link memberikan proteksi yang lebih kecil karena biaya premi dipotong biaya investasi. Jika investasi merugikan maka nasabah akan mengalami dua kerugian yaitu nilai proteksi dan investasi tidak maksimal.

Resiko Asuransi Unit Link vs Tradisional

Investasi merupakan sebuah hal yang sangat berisiko. Karena asuransi unit link memiliki sebuah porsi investasi, disinilah risiko unit link mulai bermain.  Jika anda memilih sebuah instrumen investasi yang salah dan pada saat instrumen investasi yang anda pilih sedang tidak untung, itu resiko yang anda harus ambil.

Untuk menghindari ini agar tidak terjadi lagi, ada baiknya jika anda melakukan beberapa pertimbangan yang matang untuk memilih produk asuransi dan atau investasi. Jika anda sudah melakukan pembayaran premi, anda bisa pikirkan matang-matang instrumen investasi apa yang anda akan gunakan pada kedepannya. Jika anda tidak ingin mengambil banyak resiko, gunakan asuransi tradisional, karena asuransi tersebut adalah asuransi yang tidak dikaitkan dengan investasi. Sehingga dengan menggunakan asuransi tradisional, anda terhindar dari resiko yang tidak diinginkan. Ada tiga perbedaan asuransi unit link dan tradisional yang dijelaskan pada tabel di bawah ini

PerbedaanAsuransi Unit LinkAsuransi Tradisional
ManfaatManfaatnya tidak hanya proteksi dan perlindungan tapi juga investasiPerlindungan dan proteksi nama yang tercatat dalam asuransi
RisikoRisiko lebih besar karena ada unsur investasiRisiko lebih kecil daripada asuransi unit link
PremiPremi terbagi menjadi biaya akuisisi, biaya administrasi, biaya pemeliharaan dan lainnyaPremi asuransi tradisional mencakup seluruh komponen biaya

Pengertian, Jenis & Manfaat Asuransi Dwiguna

Asuransi dwiguna adalah asuransi yang memberikan santunan meninggal dunia dan dana tabungan. Jika nasabah masih hidup sampai akhir periode kontrak maka asuransi akan dikembalikan seluruhnya. Cara kerjanya yaitu premi disetor nasabah dibagi dalam dua tempat yaitu untuk membeli asuransi jiwa dan tabungan. Tentunya preminya akan lebih besar karena memiliki manfaat ganda.

Beda Unit Link & Dwiguna

Berikut adalah perbedaan antara asuransi unit link dan juga asuransi Dwiguna jika dilihat dari beberapa segi:

  1. Dari tujuan asuransi, asuransi jiwa dwiguna adalah sebuah tabungan yang memiliki bonus asuransi jiwa. Sedangkan asuransi unit link adalah asuransi dengan investasi. Hasil dari dana yang didapatkan Dwiguna sudah pasti, namun untuk unit link masih tergantung pasar
  2. Dari uang pertanggungan, Dwiguna akan memiliki uang pertanggungan yang lebih sedikit karena difokuskan untuk menabung, sedangkan unit link digunakan untuk investasi, sehingga uang pertanggungan akan lebih besar
  3. Dari segi premi yang dibayarkan, asuransi dwiguna memerlukan pembayaran premi yang lebih besar dibandingkan dengan unit link, karena untuk mendapatkan nilai tabungan yang besar, premi harus tinggi
  4. Dari segi nilai tunai, asuransi Dwiguna pasti akan menghasilkan uang tunai yang sudah pasti. Sedangkan untuk unit link, seperti yang disampaikan di poin sebelumnya, nilai tunai akan berbeda-beda karena unit link melibatkan investasi. 

Manfaat & 3 Jenis Polis Dwiguna

Asuransi dwiguna cocok untuk orang yang ingin memiliki dua proteksi yaitu untuk tabungan dan asuransi meninggal dunia. Sehingga manfaat secara keseluruhan dari polis dwiguna ini adalah memberikan perlindungan, uang tanggungan dan beberapa jaminan untuk penggunanya. Contoh tanggungan yang dapat diwariskan saat pemegang asuransi ternyata meninggal dunia.  Nah, berikut adalah beberapa jenisnya yaitu: 

1. Asuransi Pendidikan

Asuransi yang memberikan perlindungan pendidikan kepada anak anak di masa depan. Asuransi ini dibeli oleh orang tua untuk perencanaan masa depan anak. Dengan adanya asuransi ini memberikan 3 kepastian yaitu premi terjangkau, 110% premi kembali dan perlindungan asuransi kecelakaan.

2. Asuransi Pensiun

Asuransi pensiun merupakan asuransi yang ditujukan kepada usia produktif untuk menyiapkan masa pensiun. Asuransi ini akan memberikan perlindungan di masa tua. Selain itu, asuransi pensiun dapat dicairkan jika nasabah pensiun mendadak atau meninggal dunia.

3. Asuransi PNS

Asuransi PNS merupakan asuransi yang diberikan kepada aparatur negara sebagai PNS. Polis asuransi ini memberikan jaminan jika nasabah pensiun atau meninggal dunia.

Investasi Jangka Panjang dengan Bangun Usaha Kreatif Bersama Danamas

Asuransi memiliki banyak jenisnya sehingga Anda harus memilih jenis yang Anda butuhkan dengan tepat. Ada yang hanya murni untuk perlindungan seperti asuransi tradisional yang menyediakan premi hanya untuk keperluan kesehatan.  

Namun, ada juga asuransi unit link yang tidak hanya memberikan perlindungan tapi juga investasi. Berbicara tentang investasi, tidak hanya asuransi unit link yang memberikan investasi, tapi juga dengan membangun usaha Anda. Jika Anda memerlukan dana pinjaman untuk memulai usaha maka pinjamlah di layanan fintech terpercaya seperti di Danamas. Platform pinjaman online terpercaya dan berlisensi OJK nyatanya sangat membantu dalam memberikan modal tinggi dengan bunga bersaing mulai dari 14% untuk tenor waktu hingga 10 tahun. Untuk dapat memperkirakan anggaran pinjaman, Anda dapat melakukan simulasi dengan Kalkulator Simulasi Kredit Pinjaman.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun