Saham IPO

Dari singkatannya, IPO merupakan singkatan dari Initial Public Offering. Dari namanya yang memiliki kata ā€˜initialā€™ yang berarti pertama, IPO merupakan penawaran saham pertama kali kepada publik. 

Dengan penawaran ini, saham IPO dapat membantu untuk merubah perusahaan yang tertutup menjadi sebuah perusahaan yang terbuka, artinya perusahaan yang awalnya hanya milik pribadi, kini bisa menjadi milik publik karena harga saham sudah diumumkan ke publik.Ā 

Contohnya, anda memiliki IPO adalah penawaran saham pertama kali oleh perusahaan tertutup kepada publik. Dengan melakukan IPO, anda membuka perusahaan anda kepada publik dan membuat perusahaan anda dapat dimiliki untuk publik yang memiliki saham perusahaan anda. Anda melaksanakan sebuah ā€˜grand openingā€™ bagi publik untuk membeli saham di perusahaan yang tengah dirintis itu.

Tips Pemula Beli Saham IPO

Saham IPO

Membeli saham (baik saham IPO atau bukan) memang perlu dipelajari, apalagi jika anda merupakan pemula dalam hal-hal yang berbau saham. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kami berikan bagi anda yang ingin mencoba beli saham IPO di sebuah perusahaan:

  • Lihat laporan keuangan perusahaan

Agar mendapatkan saham yang menguntungkan, lihatlah laporan keuangan dari perusahaan tersebut. Biasanya, laporan keuangan yang baik bisa membantu anda untuk membuat sebuah keputusan untuk membeli saham IPO di sebuah perusahaan karena memiliki gambaran tentang keuntungan, penghasilan, dan lain-lain. 

  • Bandingkan dengan perusahaan yang sejenis

Pastinya, perusahaan dengan jenis A (contohnya) tidak hanya satu. Perusahaan di Indonesia pasti terdapat banyak dan pasti ada yang sejenis. Jika anda tidak yakin dengan satu laporan keuangan dari satu perusahaan namun anda ingin membeli saham dari toko yang serupa, anda bisa membandingkan laporan keuangan dengan perusahaan yang lain. Dengan ini, anda bisa memiliki sebuah gambaran yang bagus untuk membuat sebuah desisi tentang saham mana yang anda ingin beli. Kemudian, anda bisa lihat harga dan bandingkan dengan perusahaan jenis yang sudah ada sebelum perusahaan tujuan anda.

  • Perhatikan prospek perusahaan

Selain mempelajari tentang laporan keuangan, pelajari juga tentang prospek perusahaan. Prospek ini melibatkan informasi tentang sejarah, sektor usaha, prospek bisnis, dan juga laporan keuangan yang rinci (seperti yang sudah disampaikan disebuah poin sebelumnya). Semua ini bisa dipelajari dan diterbitkan oleh perusahaan sebelum perusahaan memutuskan untuk melakukan go public. 

  • Ketahui tujuan dari perusahaan membuka IPO

Memutuskan untuk membuka perusahaan kepada publik merupakan sebuah desisi yang penting dan juga merupakan sebuah hal yang patut diingat juga. Namun, ketika anda memutuskan untuk membeli saham IPO, pastikan anda tahu tujuan dari perusahaan tersebut membuka IPO agar tahu persis apa yang akan dibeli dan bukan merupakan sebuah penipuan. 

Mekanisme Saham IPO

Saham IPO

Saham IPO memiliki protokol tersendiri di pasar modal. Sebuah perusahaan yang ingin membuka saham IPO harus daftar ke OJK dan ke IDX (Bursa efek Indonesia). Ketika sudah disetujui oleh OJK dan IDX, saham akan dijual kepada publik dan bagi publik yang minat membeli bisa membelinya setelah memesan pembelian saham IPO secara daring.

Cara Beli Saham IPO

Membeli saham IPO pasti memerlukan beberapa langkah. Berikut adalah cara beli saham IPO jika anda ingin membeli saham dari perusahaan :

  • Anda melakukan proses membeli saham IPO dengan mengunjungi situs website IPO https://www.e-ipo.co.id/id/register untuk memulai. Di halaman tersebut, anda akan diminta untuk mengisi informasi, dimulai dari alamat email, tipe investor dan juga mengisi captcha untuk verifikasi bahwa pendaftar adalah seorang manusia.Ā 

Baca juga:

Pasar Saham: Pengertian, Jenis, Dan Fungsinya!

Trading Saham, Halal atau Haram?

Cara Investasi Saham Pemula yang Ingin Cuan

Setelah itu, lakukan verifikasi dengan membuka email dari IPO, kemudian masukan kode OTP yang terdapat di dalam email dan password untuk keamanan akun

  • Setelah proses verifikasi selesai, pilihlah broker yang diinginkan. Pastikan anda memilih broker yang anda ingin jadikan sebagai tempat membeli saham supaya tidak menyesal pada hari nanti. 
  • Jika sudah memilih broker yang anda inginkan, sekali lagi periksa data tentang perusahaan tersebut dan yakinkan diri anda untuk membeli dari broker tersebut. Jika sudah, ketuk pilihan ā€œPlace orderā€. Setelah itu, anda akan diarahkan menuju formulir pemesanan. Ketika sudah, klik ā€œsendā€ dan masukan kode OTP 
  • Isilah dana di Rekening Dana Nasabah (RDN) jika belum ada. Dengan ini, pihak perusahaan bisa memproses pembelian saham anda. Ketika verifikasi selesai, periksalah prospektus perusahaan, serta setujui prospektus tersebut saat masa bookbuilding.
  • Saham IPO anda diterima jika status penjatahan IPO tersebut tertulis ā€˜Allottedā€™. Jika status anda adalah ā€˜Allotted with Scale,ā€™ penjatahan akan disesuaikan. Status ā€˜Not Allottedā€™ artinya investor tidak mendapatkan jatah saham. Status ā€˜Not Carried Overā€™ artinya adalah pesanan tidak diteruskan. 

Alasan Perusahaan Lepas Sahamnya

Saham IPO

Ada banyak alasan perusahan melepaskan sahamnya. Salah satunya adalah meningkatkan kredibilitas perusahaan. Jika perusahaan memberikan sebuah pekerjaan yang bagus dan juga dapat memberikan sebuah prestasi, pelepasan saham dari perusahaan tersebut dapat mengundang beberapa mata untuk perusahaan tersebut. 

Secara tidak langsung, hal ini juga bisa menjadi sebuah promosi untuk perusahaan. Dengan menunjukan laporan keuangan yang bagus, perusahaan bisa saja memberikan sebuah pesan bahwa perusahaan mereka masih dibilang cukup bagus sebagai lahan investasi. 

Selain itu, alasan sebuah perusahaan melepas sebuah saham adalah agar perusahaan memiliki modal untuk perusahaan mereka. Dengan orang-orang yang membeli saham milik perusahaan anda, anda bisa saja memiliki sebuah masukan uang yang cukup. Jika anda membuat sebuah perusahaan baru, pasti modal akan diperlukan agar perusahaan agar tetap berjalan.

Namun, ada cara lain untuk mendapatkan modal usaha. Salah satu cara tersebut adalah dengan cara mengajukan pinjaman di Lancar by Danamas. Dengan jaminan properti, nikmati pinjaman yang besar hingga 2 miliar dengan tenor yang panjang untuk perusahaan anda!

Keunggulan Saham IPO

Salah satu keunggulan saham IPO adalah saham jenis ini bisa saja menjadi lebih murah dibanding biasanya. Ketika sebuah perusahaan pertama kali mengumumkan saham IPO untuk pertama kali, harga saham tersebut pasti belum tinggi, sehingga anda bisa membeli saham IPO dengan harga yang murah. Ketika harga saham tersebut sudah menjadi tinggi dan naik, anda jadi bisa menjualnya. Dengan ini, anda secara tidak langsung meraup keuntungan yang besar. 

Tambah lagi, saham IPO merupakan sebuah saham yang memiliki nilai yang tetap karena sudah ditetapkan sebelumnya. Sehingga ketika anda membeli saham IPO, anda tidak perlu membelinya dengan harga yang tinggi jika harga mengalami kenaikan.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun