Lokasi Strategis Untuk Jualan

Saat Anda memulai bisnis penting juga untuk melihat lokasi strategis untuk berjualan terutama bagi Anda yang ingin memulai bisnis offline. Memilih lokasi strategis untuk jualan tidak boleh sembarangan karena ini akan mempengaruhi tingkat penjualan bisnis anda. 

Memilih tempat usaha yang strategis adalah hal wajib yang perlu anda perhatikan prinsipnya adalah semakin bagus atau strategis tempat usaha anda maka semakin besar peluang anda untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis.

Tips Untuk Memilih Lokasi Strategis Berjualan

Lihat Tingkat Kepadatan Penduduk

Tips pertama memilih lokasi strategis untuk jualan adalah dengan melihat tingkat kepadatan penduduk di lokasi sekitar. Anda perlu memilih lokasi yang memiliki tingkat penduduk yang tinggi. Semakin tinggi kepadatan penduduk maka potensi atau peluang terhadap lokasi berjualan anda pun akan semakin tinggi.

Sebagai contoh ketika anda menjalankan bisnis di desa dan di kota memiliki kesuksesan yang berbeda. Hal ini disebabkan karena kota memiliki tingkat kepadatan penduduk yang lebih tinggi daripada di desa. Maka berjualan di kota akan jauh lebih menguntungkan karena kepadatan penduduk yang tinggi.

Cek Pendapatan Masyarakat Sekitar

Tips kedua adalah dengan memperhatikan pendapatan masyarakat yang ada di sekitar lokasi yang ingin anda jadikan tempat berjualan. Ternyata pendapatan masyarakat di di sekitar lokasi berjualan juga mempengaruhi pendapatan usaha anda. Jika anda memiliki bisnis dengan produk yang cukup mahal maka pastikan pendapatan masyarakat sekitar memadai untuk membelinya. Jika anda ingin menjual produk yang harganya murah maka perhatikan juga pendapatan masyarakat yang sekiranya bisa jadi target market anda.

Tingkat Keramaian Lokasi Sekitar

Tips selanjutnya dalam memilih lokasi strategis untuk jualan adalah dengan melihat kondisi keramaian di area sekitar. Anda bisa memperhatikan apakah kondisi lalu lintas kendaraan atau pejalan kaki cukup ramai atau sepi. Hal ini akan berpengaruh terhadap usaha yang ingin anda buka di lokasi tersebut. Pilihlah lokasi yang memiliki tingkat keramaian tinggi sehingga Anda bisa menjual berbagai produk makanan atau minuman yang akan menarik banyak orang.

Pertimbangkan Banyak Tempat Usaha Lain

Strategi lainnya adalah dengan mempertimbangkan apakah lokasi yang ingin anda jadikan tempat usaha memiliki banyak usaha juga di lokasi tersebut. Semakin banyak usaha yang ada di suatu tempat maka semakin banyak pula konsumen yang akan datang ke toko anda. Ini bisa jadi potensi atau peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, namun Anda harus memastikan bahwa produk yang ingin anda jual adalah berbeda dengan produk lainnya yang ada disekitar toko anda.

Menyesuaikan Dana

Tips selanjutnya dalam memilih lokasi yang strategis untuk jualan adalah dengan menyelesaikan dana atau budget yang anda miliki. Hal ini akan berpengaruh terhadap biaya yang akan dikeluarkan. Harga sewa atau harga beli di suatu tempat usaha yang lokasinya ada di pinggir jalan dan dekat dengan keramaian tentu akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan tempat usaha yang memiliki lokasi jauh dari keramaian penduduk. 

Untuk itu anda perlu memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan untuk menyewa tempat di lokasi tersebut. Anda bisa memilih lokasi yang strategis namun biasanya dana yang dikeluarkan pun akan cukup besar namun dampaknya pun membagi keuntungan bisnis Anda juga cukup tinggi. 

Bagi Anda yang masih membutuhkan modal usaha, maka fintech lending berizin dan diawasi oleh OJK adalah Lancar by Danamas. Dengan kemudahan pendanaan bisnis dari Lancar by Danamas, maka semua strategi bisnis Anda bisa dijalankan dengan lebih mudah. Download aplikasi Lancar by Danamas sekarang dan nikmati kemudahan untuk dapatkan modal usaha hingga Rp 2 miliar.

Pilih Lokasi Dengan Persaingan yang Rendah

Jika anda ingin menjalankan bisnis maka pilihlah lokasi yang areanya memiliki persaingan yang rendah, artinya jika anda menjual produk yang belum dijual oleh toko lain di sekitarnya ini adalah lokasi strategis yang baik. Namun jika Anda yakin bahwa produk yang ingin anda jual akan laku di area yang memiliki persaingan tinggi maka anda pun bisa tetap memilih lokasi itu.

Lihat Akses Menuju Tempat Usaha

Akses menuju lokasi tempat usaha sangat berpengaruh terhadap kesuksesan yang bisa anda dapatkan. Untuk itu, pilihlah tempat usaha yang memiliki akses jalan mudah bagi konsumen anda. Dengan kemudahan akses jalan maka bukan tidak mungkin orang-orang pun akan ramai dan lewat di depan toko anda.

Cek Kebersihan Area Tempat Usaha

Pastikan area di lokasi tempat usaha anda cukup bersih hal ini bisa jadi faktor penentu apakah konsumen akan datang atau tidak. Jika tempat atau area di sekitar lokasi kotor tidak terawat dan memiliki bau menyengat maka konsumen pun akan enggan untuk lewat di depan toko Anda Bahkan masuk.

Lokasi Strategis Untuk Jualan Bidang Kuliner

Depan Minimarket

Ini adalah salah satu pilihan area yang paling sering digunakan untuk mereka yang memiliki bisnis kuliner. Anda bisa memilih lokasi strategis untuk jualan makanan di depan minimarket jika sudah mengantongi izin resmi oleh minimarket tersebut. Untuk harga sewa tempat di depan minimarket umumnya berkisar Rp200.000 sampai Rp500.000 tergantung lokasi Anda berjualan. 

Umumnya setiap minimarket memiliki ketentuan masing-masing seperti usaha tidak menjual produk yang sama yang dijual oleh minimarket, jam operasional mengikuti minimarket, luas area dagang sekitar 2×3 meter persegi, tidak diperkenankan mendirikan usaha kuliner berkonsep dine in.

Buka Booth Di Mall

Jika dibandingkan di depan area minimarket maka membuka booth di mall memang cenderung lebih mahal. Selain itu Persaingan di mal pun cukup tinggi sehingga Anda perlu menyusun strategi agar produk Anda lebih laku dibandingkan produk lain di mal tersebut. Namun jika anda berjualan di mall, maka peluang penjualan bisa lebih tinggi karena akan ada banyak orang yang berlalu lalang di depan booth anda.

Selain itu keamanan di mall pun juga lebih terjamin begitupun dengan energi listrik dan air yang tersedia. Jika anda tertarik untuk membuka booth di mall maka anda bisa mengajukan proposal terlebih dahulu ke pihak mal dan menunggu perizinan terlebih dahulu.

Di Dekat Sekolah atau Kampus

Cara lain memilih lokasi strategis untuk jualan makanan atau minuman adalah dengan membuka toko di dekat sekolah atau kampus. Jenis usaha yang bisa Anda coba antara lain warung makan franchise es kopi atau jajanan kekinian. Beberapa lokasi sekolah atau kampus memiliki perizinan sehingga Anda perlu mengajukan izin terlebih dahulu ke pihak terkait.

Area perkantoran

Selain area sekolah dan kampus Anda juga bisa memilih lokasi strategis untuk jualan makanan di dekat area perkantoran.  Anda bisa mendapatkan target market anda pada karyawan kantor di area tersebut ini adalah peluang yang bagus bagi Anda yang ingin membuka usaha kuliner namun pastikan produk Anda sesuai dengan target market karyawan kantor di area tersebut.

Stasiun MRT

Kini di dekat Stasiun MRT juga bisa dijadikan lokasi strategis untuk jualan makanan atau minuman. Anda bisa memiliki peluang untuk menghasilkan penjualan yang lebih besar karena penggunaan MRT sudah mencapai lebih dari 14 juta. 

Selain itu, beberapa gerai UMKM juga sudah buka di dekat area MRT Jakarta. Anda bisa menjual berbagai produk makanan atau minuman yang praktis atau sifatnya on-the-go seperti es kopi dimsum gorengan nasi bungkus dan lain-lain karena mengingat penggunaan MRT adalah orang-orang yang memiliki waktu singkat di perjalanan dan cenderung terburu-buru sehingga mereka tidak memiliki waktu lama untuk makan ditempat. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda