Content Marketing

Content Marketing apakah penting dan seberapa pentingnya untuk bisnis? Dalam melaksanakan kampanye pemasaran, tentunya Anda membutuhkan konten–konten yang tepat untuk membangun pemasaran yang efektif. Salah satu metode yang efektif dan dapat menarik konsumen adalah dengan menggunakan pemasaran konten (content marketing).

Membangun usaha dari nol sudah pasti membutuhkan strategi content marketing yang tepat agar dapat memberikan kepercayaan kepada target pasar. Strategi content marketing yang tepat akan membantu penjualan produk Anda, baik dalam pengenalan produk ke konsumen, meningkatkan loyalitas, hingga penjualan produk. Contohnya dari perusahaan Coca Cola, dengan strategi content marketing “Share a coke”, mereka mampu meningkatkan penjualannya sebesar 2,5%.

Lalu bagaimana content marketing yang tepat? Dalam artikel ini akan kami kupas pentingnya content marketing dalam sebuah bisnis, hingga strategi dan contoh yang dapat Anda terapkan dalam bisnis Anda! 

Apa Itu Content Marketing? 

Content marketing adalah bagian dari strategi marketing dalam membuat dan menyebarkan konten kepada khalayak atau audience yang dituju dengan relevan dan juga konsisten. Tujuannya yaitu untuk membangun relasi yang kuat dengan audiens dalam jangka waktu yang lama. 

Menurut Philip Kotler memiliki brand equity yang tinggi akan membuat produk kita dicintai. Ini membantu setiap orang yang memiliki bisnis untuk membangun loyalitas pasar terhadap bisnis Anda. Teknik content marketing yang dilakukan dengan benar bisa membantu Anda menghemat biaya pengeluaran beriklan di hari depan. 

Secara lebih lengkap, content marketing juga merupakan proses pemasaran dari kegiatan bisnis untuk membuat, mendistribusikan, dan kemudian menarik, memperoleh,serta melibatkan audience sehingga mewujudkan visi dan misi bisnis atau usaha Anda. 

6 Tujuan Content Marketing

Sebagaimana fungsi dan pengertian content marketing sendiri yaitu mencetak konten-konten yang kualitasnya otentik dan konteks yang jelas. Terdapat beberapa tujuan dari content marketing yang dapat berpengaruh kepada bisnis Anda, yakni:

  1. Sebagai upaya untuk membangun dan memperkenalkan brand terkait dengan target konsumen yang dituju.
  2. Membangun hubungan (engagement) jangka panjang dan terpercaya dengan audience dan mitra bisnis.
  3. Mendapatkan keunggulan dibandingkan dengan kompetitor yang tidak menggunakan konten marketing sebagai salah satu strategi marketingnya. 
  4. Menghasilkan lebih banyak traffic ke media sosial dan web secara konsisten
  5. Meningkatkan penjualan dengan banyaknya pengunjung situs web dan media sosial sehingga berpotensi untuk menarik pelanggan.
  6. Mendapatkan visibilitas media yang lebih tinggi.

5 Jenis Content Marketing & Fungsi Terhadap Bisnis

Fungsi dan kegunaan content marketing dibagi menjadi beberapa bagian dalam bisnis, ada beberapa yang difungsikan untuk membangun persona bisnis yang profesional. Dimana ini bisa menjadi format konten terukur secara jangka panjang. Beberapa jenis content marketing yang bisa Anda aplikasikan untuk bisnis, misalnya:

1. Konten Infografik

Konten infografik sangat cocok untuk audience yang membutuhkan informasi. Konten infografik bisa disajikan secara menarik dan membuat konsumen membaca dengan jelas dan mudah dimengerti karena memadukan visual gambar yang menarik dan juga informasi yang jelas dan terperinci. Ini bisa digunakan untuk memancing target audiens Anda menjadi pembaca loyal dan menantikan beberapa konten-konten infografik Anda ke depannya. 

2. Video 

Video menjadi salah satu bentuk konten yang sangat diminati. Karena memadukan visual dan juga audio. Konten video menjadi konten yang juga sangat efektif untuk menarik minat konsumen karena mudah dipahami dan dinikmati. Selain itu dengan adanya kemudahan akses internet, Anda bisa menayangkan atau menguploadnya melalui channel Youtube.bahkan juga TikTok maupun Instagram.  

3. Content Blog 

Konten penulisan blog, menjadi salah satu cara yang tepat apabila Anda ingin menaikkan tingkat traffic website. Anda bisa mengangkat topik yang sesuai dengan target audience yang dituju. Anda juga perlu untuk memperhatikan SEO. SEO yang baik tentunya akan mengundang banyak user untuk masuk ke situs website ataupun blog Anda. Pastikan juga bahwa tampilan blog Anda cocok untuk diakses dengan smartphone

4. Podcast 

Podcast bisa dibilang menjadi pengganti radio dan menjadi salah satu strategi konten yang digemari dan populer di Indonesia. Beberapa brand memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadikan sebagai awareness. Topiknya pun beragam dan disesuaikan dengan audience yang dituju.  Mendengarkan podcast juga terbilang fleksibel bisa dilakukan kapan saja dan juga dapat dilakukan sambil melakukan kegiatan lainnya. 

5. Buku

Buku menjadi salah satu cara untuk Anda manfaatkan sebagai strategi content marketing. Dengan meluncurkan buku, maka Anda dapat mencurahkan gagasan serta informasi yang lebih detail serta mendalam. Anda juga dapat meningkatkan awareness serta membangun kepercayaan konsumen atau target audience

4 Pentingnya Strategi Content Marketing untuk Bisnis? 

Strategi content marketing baik akan memperlancar pertumbuhan bisnis. Berikut beberapa alasan pentingnya menggunakan strategi content marketing untuk bisnis Anda.

1. Meningkatkan Penjualan

Menurut Profitwell.com, sebanyak 47% konsumen akan melihat konten sebanyak 4 hingga 5 kali sebelum memutuskan akan membeli barang. Artinya jika Anda membuat sebuah konten yang menarik dan konsisten akan meningkatkan penjualan produk Anda.

2. Mengedukasi Konsumen

Strategi content marketing dapat digunakan untuk mengedukasi konsumen mengenai produk Anda. Teknik edukasi produk ini sangat penting apalagi jika produk Anda adalah produk baru dan belum dikenal. Dengan adanya edukasi produk maka konsumen jadi mengetahui keunggulan dan manfaat dari produk Anda.

3. Menjaga Relasi dengan Konsumen

Strategi content marketing dapat menjaga relasi Anda dengan para konsumen.  Cara ini dapat membuat konsumen yang lama tetap menggunakan produk Anda. Disini Anda dapat memberikan doorprize atau kupon kepada para konsumen setia Anda.

4. Meningkatkan Kepercayaan

Membuat konten akan meningkatkan kepercayaan konsumen dengan produk Anda. Disini Anda dapat membuat sebuah pertanyaan dan berinteraksi dengan konsumen. Selain itu, Anda juga dapat menunjukan testimoni dari para pengguna produk Anda.

Langkah Membangun Content Marketing

Saat membangun content marketing yang baiik Anda membutuhkan proses analisa bisnis dengan tepat. Tentukan target market yang tepat sehingga Anda tidak salah dalam menyusun strategi. Selalu mulai dari mengetahui apa yang menjadi masalah dalam masyarakat dan bagaimana cara produk Anda menyelesaikannya. Nah, ini dia beberapa langkah awal untuk memulainya agar efektif!

1. Menentukan Tujuan Pemasaran Konten

Membuat konten yang jelas serta menarik merupakan bagian yang amat penting. Anda harus memperdalam dan mempertajam pembuatan content marketing yang sesuai dengan audiens yang dituju. Pikirkanlah konsep yang sesuai seperti konten apa yang ingin dibuat, apa medianya, dan bagaimana proses pembuatan content marketing tersebut. 

2. Menyasar Target Audience yang Tepat 

Kenali dengan jelas siapa target konsumen yang ingin Anda tuju. Ini adalah langkah yang paling penting sebagai dasar atau pondasi Anda dalam mebangun content marketing.  Ketahuilah apa yang benar – benar diinginkan oleh pelanggan misalnya dengan mengadakan customer experience test yakni dapat berupa pertanyaan- pertanyaan mengenai produk ataupun konten yang sesuai. 

3. Buat Konten yang Sesuai

Konten yang Anda buat tentunya harus memberikan cerminan produk Anda. tunjukkan product knowledge dari bisnis Anda pada konten yang dibuat. Misalnya terkait informasi, keunggulan produk, promosi yang ditawarkan, dan lain sebagainya. 

Anda juga dapat menambahkan konten hiburan misalnya seperti kuis, konten yang menaikkan engagement, content tebak- tebak, dan masih banyak jenis lainnya yang bisa Anda pelajari dan lakukan. 

6 Kesalahan dalam Membuat Content Marketing 

Dalam membuat content marketing, tentunya harus dipikirkan secara matang sehingga tidak menimbulkan adanya kesalahan. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang terjadi saat membuat content marketing:

1. Konten yang Tidak Spesifik 

Buatlah konten yang spesifik sehingga menjadikan ciri khas dari brand Anda. banyaknya konten yang beredar di media sosial  menjadikan Anda dapat kehilangan target konsumen apabila penulisan konten yang Anda lakukan tidak spesifik sesuai dengan ciri khas dari brand atau produk Anda.

2. Lebih Mementingkan Kuantitas dibandingkan Kualitas 

Daripada Anda membuat konten yang banyak namun tidak menarik pembaca, akan lebih baik jika Anda lebih memperhatikan kualitas konten yang dihasilkan. Tidak perlu banyak asalkan Anda konsisten dalam membuat dan menayangkan konten. Buatlah jadwal postingan beserta dengan editorial planning atau tema yang ingin dibahas. 

3. Tidak Menerapkan SEO

Pada konten website atau konten penulisan di blog, Search Engine Optimization  menjadi hal yang penting agar konten yang anda terbitkan bisa berada pada halaman awal Google dengan kata kunci atau keyword yang telah ditentukan. Pada pemula umumnya tidak menerapkan teknik ini sehingga tidak terbaca oleh pengunjung. 

4. Gambar tidak Relevan

Pastikan untuk menyesuaikan gambar (visual) dengan tulisan (copy) yang tepat untuk produk atau bisnis Anda. seperti yang diketahui tampilan yang sesuai dengan tulisan yang tepat akan mendatangkan ketertarikan bagi pembacanya. Jadi pastikan untuk membuat konten dengan visual dan copy yang sesuai. 

5. Terlalu Banyak Konten Promosi

Promosi memang menjadi daya tarik untuk konsumen melakukan pembelian. Namun terlalu banyaknya konten promosi yang berlebihan akan membuat audience menjadi terganggu. Biasanya para audiens akan mencari sesuatu yang bermanfaat, menghibur dan menarik. Anda dapat menyiasati kendala ini dengan merencanakan kapan waktu yang tepat untuk membuat konten promosi. 

6. Tidak Memikirkan Audience

Tujuan utama dari content marketing adalah menarik perhatian konsumen atau target audience yang dituju. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memikirkan konten yang tepat. Bayangkan diri Anda sebagai audience yang ingin membeli produk. Apakah konten Anda ini menarik? Maka dari itu susunlah strategi content marketing dengan riset dan data yang mendukung. 

Contoh Content Marketing Produk

Perusahaan besar banyak menggunakan content marketing untuk menjalankan beberapa strategi bisnisnya. Berikut beberapa content marketing produk dari perusahaan terbaik.

1. Coca Cola

Di tahun 2020 Coca Cola berencana untuk meningkatkan penjualannya. Mereka melakukan content marketing yang bernama “Share Coke With”. Strategi tersebut sukses besar meningkatkan penjualan coca cola hingga sebesar 2,5% dengan ide marketingnya yang brilian. Lalu apa ide marketing mereka?

Konsepnya perusahaan menuliskan nama-nama populer pada botol coca cola. Coca cola ingin setiap orang yang membeli akan membagi coca colanya jika melihat nama teman dan kerabat mereka. Jadi hal ini mendesak para konsumen untuk membelikan coca cola kepada teman dan kerabatnya.

2. Rolex

Rolex merupakan salah satu brand jam tangan mewah yang terkenal reputasinya. Dalam setiap konten marketing yang mereka buat disana mereka menggunakan kualitas visual gambar yang baik. Sekitar 80% marketer lain juga melakukan cara ini dengan penggunaan visual pada konten mereka. Cara tersebut efektif untuk menarik para konsumen untuk membeli jam tersebut.

3. Microsoft

Strategi content marketing yang populer yaitu dengan menggunakan story telling. Banyak perusahaan yang menggunakan teknik ini dan kebanyakan dari mereka berhasil, contohnya seperti Microsoft. Orang-orang diberikan cerita menarik yang meningkatkan koneksi Anda dengan perusahaan microsoft.

Bangun Bisnis dengan Ide Content Marketing yang Brilian!

Membangun sebuah bisnis yang besar tentunya adalah sebuah perjalanan yang panjang. Anda perlu memikirkan cara menyempurnakan produk sehingga disukai oleh para konsumen. Namun, meskipun produk Anda hebat dan bisa bersaing dengan kompetitor, apabila strategi marketing diabaikan tentunya para konsumen akan lebih memilih produk kompetitor. 

Untuk itu, perlu dibekali dengan strategi content marketing yang kuat sehingga bisa menciptakan awareness, dan loyalitas dari konsumen. Namun, membuat sebuah content marketing tidaklah murah terkadang Anda memerlukan biaya yang besar. Contohnya saja seperti coca cola, budget content marketing “share a coke” nya mencapai 4,3 juta USD. Untuk itu, Anda harus memiliki modal yang cukup untuk menjalankannya. Jika ingin pinjaman modal usaha, maka pilihlah fintech lending yang tepat seperti Danamas Pinjaman Online Terpercaya. 

Danamas merupakan platform pinjaman online terpercaya yang tepat bagi Anda yang menginginkan tambahan biaya untuk modal usaha. Berada dibawah naungan Sinarmas Group, Danamas telah mendapatkan izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta telah bergabung dalam Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia. 

Dapatkan pinjaman beragunan properti mulai dari Rp 50 Juta hingga Rp 2 Miliar. Dengan tenor hingga 10 tahun dengan bunga rendah mulai dari 14%. Mantapkan perencanaan pengelolaan keuangan Anda dengan tenang bersama pinjaman terpercaya Danamas, bunga bersaing, simulasikan pinjaman Anda dengan kalkulator simulasi properti

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda