User Research

User Research merupakan sebuah hal yang berguna untuk bisnis, apalagi bisnis online, karena dapat memberikan gambaran tentang dampak desain terhadap target pasar mereka. Di artikel ini, kami akan menjelaskan tentang user research, keuntungan dan kerugian, serta cara melakukan user research. Simak artikel ini, yuk!

Apa itu User Research?

User Research

User research atau riset pengguna merupakan sebuah kumpulan data yang terkait dengan segala hal tentang pelaku. Hal ini dapat berupa data tentang perilaku pelanggan, permintaan analisis pasar, dan juga motivasi pelanggan untuk membeli sebuah produk. Pada umumnya, hal ini dilakukan oleh User Experience (UX) untuk menemukan sebuah desain yang bagus untuk situs website atau aplikasi ponsel cerdas.

Beberapa cara yang sering dilakukan untuk melakukan penelitian ini adalah dengan melakukan sebuah survei, focus group dan juga wawancara untuk mencatat laba atas investasi (ROI).

Keuntungan User Research

Berikut adalah beberapa keuntungan yang anda bisa ambil dari User Research, dimana hasilnya dapat membantu untuk membaca beberapa pandangan yang dapat dipelajari dari hasil riset tersebut:

  • Membantu Membandingkan Data Kualitatif Dan Kuantitatif
    Dengan melakukan user research, penelitian ini memberi sebuah rencana untuk membantu anda untuk memutuskan bagaimana anda berencana untuk mengevaluasi data untuk memastikan peningkatan kinerja. 
  • Mengkonsolidasikan Waktu Untuk Membuat Desain
    Dengan melakukan user research, anda dapat menemukan desain yang sesuai dengan target pasar anda dan juga dapat langsung mengetahui apa yang harus diperbaiki dari desain website anda, dengan mengetahui umpan balik yang diberikan oleh pelanggan anda.
  • Membuat Proses Evaluasi Desain Menjadi Lebih Singkat
    Saat anda sedang melakukan evaluasi desain sebelumnya, anda dapat melakukan beberapa pertimbangan dengan menggunakan data kuantitas agar dapat melihat ROI yang tepat. Dengan data ini, user research dapat menjadi sebuah Key Performance Indicator yang menjelaskan apabila anda telah mencapai kesuksesan dalam desain atau harus mengulang desain anda kembali untuk disesuaikan dengan desain dan fungsionalitas.

Kekurangan User Research

User Research

Selain kelebihan, user research memiliki beberapa kekurangan mereka tersendiri. Berikut adalah beberapa kekurangan dari user research:

  • Memakan Waktu Yang Lama
    Melakukan analisis memerlukan waktu yang cukup lama, apalagi ketika mengumpulkan data yang bersifat kualitatif.  Karena jumlah data yang banyak, anda memerlukan waktu yang banyak untuk merangkum semua data dan menjadi sebuah kesatuan untuk melihat hasil penelitian. 
  • Bisa Salah Jika Tidak Diolah Dengan Benar
    User research bisa saja memberikan sebuah informasi yang salah ketika anda melakukan pengolahan data yang salah.
  • Bisa Tidak Sesuai Kenyataan
    Apa yang dikatakan oleh orang-orang yang mengisi riset bisa saja berbeda dengan aslinya Jadi, mungkin saja hasil User research bisa berbeda beda.

Cara Melakukan User Research

User Research
  • Research

Hal-hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan desain adalah tentang kebutuhan user. Hal-hal yang anda harus fokuskan saat riset adalah point-point dari kompetitor, kemudian pakai studi kasus supaya dapat membentuk solusi yang cocok. 

  • Analisa

Rangkumlah data riset yang sudah terkumpulkan, kemudian lakukan sebuah analisa untuk mengeksplorasi perilaku user, sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. 

  • Mulai Membangun UX Design

Mulailah membuat prototipe serta wireframe, yaitu model sederhana dan juga kerangka untuk halaman website atau aplikasi yang dibuat.

Baca juga: Mengenal Budaya Kerja Start Up, Seperti Apa?

  • UI Design

Buatlah sebuah desain aplikasi yang menarik dan mudah dipakai oleh pengguna, sehingga dapat membuat penggunanya ingin menggunakannya dengan sering.

  • Tahap Pengembangan

Serahkan semua informasi kepada tim developer ketika desain UX dan UI sudah selesai dibuat, untuk masuk ke dalam tahap pengembangan. 

  • Evaluasi

Pastinya saat sekiranya sudah selesai, melihat kembali hasil desain anda dan menerima umpan balik merupakan sebuah hal yang harus dilakukan. Dari umpan balik itu, lakukanlah sebuah evaluasi untuk perkembangan lebih lanjut. User research merupakan sebuah hal yang penting untuk dilakukan untuk desain situs laman anda atau sebuah aplikasi. Dengan UI/UX yang mudah digunakan, Lancar by Danamas merupakan sebuah solusi untuk modal usaha anda dengan proses yang mudah, semudah dengan cara menggunakan aplikasi kami! Download aplikasi Lancar by Danamas, kini tersedia di Google Play dan App Store!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda