Dave Ramsey’s 7 baby steps

Dave Ramsey’s 7 baby steps mungkin merupakan sebuah hal yang cukup asing bagi beberapa, atau bahkan sudah diketahui oleh banyak hal. 7 cara menuju kebebasan finansial ini dikemukakan oleh seorang sosok pakar ekonomi di Amerika yang bernama Dave Ramsey. Yuk, simak artikel ini dan ketahui lebih lanjut 7 langkah ini!

Apa Itu Dave Ramsey’s 7 Baby Steps

Dave Ramsey’s 7 baby steps

Dave Ramsey’s 7 baby steps merupakan sekumpulan cara yang dikemukakan oleh Dave Ramsey. 7 langkah ini dilakukan untuk dapat mengatur keuangan anda. Seperti namanya, Dave Ramsey’s 7 baby steps memiliki 7 cara untuk mengatur keuangan anda. Peraturan ini mungkin memang terlihat untuk orang-orang di Amerika, namun cara-caranya mungkin bisa saja diterapkan terhadap keperluan finansial anda. Berikut adalah Dave Ramsey’s 7 baby steps:

  • Mulai membuat dana darurat dengan melakukan penyimpanan sebanyak $1.000
    Jika ditukar menjadi mata uang rupiah, anda bisa mulai membuat dana darurat sejumlah 14 juta rupiah. Dengan ini, anda bisa siap untuk menghadapi apapun bilamana ada hal yang membutuhkan uang karena dana darurat sudah terbuat.
  • Bayar semua hutang yang dimiliki dengan metode snowball
    Metode snowball merupakan sebuah metode dimana anda membayar seluruh hutang anda, dimulai dari yang kecil, kemudian menjadi lebih besar. Dengan ini, anda memiliki waktu untuk menyimpan uang untuk membayar hutang, dan cukup untuk disimpan lagi.
  • Simpanlah tabungan sejumlah selama 3 hingga 6 bulan

Simpanlah uang di tabungan anda selama 3 hingga 6 bulan, sehingga dengan ini anda dapat memiliki uang simpanan yang banyak.

Baca juga: Financial Planning: Pengertian, Contoh Perencanaannya

  • Lakukan investasi sebanyak 15% dari penghasilan, untuk investasi dana pensiun 

Karena dana pensiun terkadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ada baiknya bilamana anda melakukan investasi agar dapat memiliki simpanan yang cukup untuk dana pensiun.

  • Simpanlah dana kuliah untuk anak atau sosok lain yang ingin berkuliah
    Melihat kerabat atau bahkan buah hati Anda kuliah merupakan sebuah hal yang ingin dialami oleh orang tua. Dengan ini, simpanlah dana kuliah untuk anak anda nantinya.
  • Bayar hipotek rumah sebanyaknya 
  • Kumpulkan seluruh kekayaan anda dan jangan lupa untuk saling memberi juga. 

Apakah Dave Ramsey 7 Baby Steps Berhasil?

Dave Ramsey’s 7 baby steps

Keberhasilan 7 langkah ini merupakan sebuah hal yang bisa bergantung kepada sosok yang melakukan ini. Beberapa langkah ini merupakan sebuah hal yang bagus karena langkah ini bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan. Namun, ada beberapa faktor yang mungkin membuat 7 langkah ini yang bisa mempengaruhi keberhasilannya.

Salah satu contohnya adalah langkah nomor 1. Langkah ini mungkin saja akan susah bagi seseorang yang tak dapat menyimpan sekitar 14 juta karena penghasilannya kurang dari jumlah itu, sehingga hal ini tidak dapat berlangsung dengan baik. Faktor lain yang bisa mempengaruhi 7 baby steps ini ada terletak di poin nomor 2. Mungkin saja, hutang yang harus dibayar merupakan utang yang memang berjumlah besar. Dengan ini, akan sedikit susah untuk menyisihkan uang yang cukup untuk melakukan 7 baby steps

Pada akhirnya, Dave Ramsey’s 7 baby steps merupakan sebuah hal yang memang dapat menguntungkan untuk siapapun. Beberapa orang bisa sukses dan berhasil dalam melakukan Dave Ramsey’s 7 baby steps. Namun, beberapa hal tertentu bisa mempengaruhi juga keberhasilan seseorang. Bisa saja 7 langkah Dave Ramsey juga tidak berhasil kepada orang-orang tertentu. 

Alasan Menggunakan Dave Ramsey 7 Baby Steps

Dave Ramsey’s 7 baby steps

Meskipun ada beberapa cara yang membuat 7 langkah Dave Ramsey ini menjadi sebuah hal yang kurang. Namun, cara ini tidak selamanya membawa hal yang buruk, dan berikut adalah beberapa alasan untuk menggunakan 7 langkah Dave Ramsey:

  • Langkah-langkah yang dikemukakan oleh Dave Ramsey merupakan beberapa langkah yang dengan mudah dilakukan oleh siapapun.
  • 7 langkah Dave Ramsey bisa saja dilakukan untuk menata keperluan finansial pribadi anda.
  • Mungkin saja, 7 langkah ini bisa digunakan untuk perusahaan anda! Meskipun bukan keseluruhan, ada beberapa langkah yang bisa anda gunakan untuk membantu perusahaan anda untuk tetap maju kedepan dengan finansialnya. 
  • Langkah-langkah ini bisa membantu dalam modifikasi perilaku anda dalam menyimpan uang. Bisa saja dengan cara-cara ini, anda bisa mulai mempelajari cara untuk menyimpan uang di kedepan harinya.

Keuangan yang dapat ditata merupakan sebuah hal yang pasti diinginkan oleh banyak orang. Dengan ini, banyak cara dilakukan agar dapat memiliki pemasukan yang teratur. Jika anda memerlukan modal usaha yang teratur dan benar, lancar by danamas merupakan sebuah fintech pinjaman beragunan yang dapat memberikan anda solusi untuk pinjaman usaha anda. Ingin tahu lebih lanjut? Langsung saja kunjungi situs kami di www.lancar.id!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b