credit score

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman sekali untuk mengetahui apa itu credit score. Credit score tak hanya terbatas pada bagaimana penilaian profil anda sebagai peminjam tetapi juga aspek lain yang bisa menentukan apakah pinjaman Anda bisa diterima oleh lembaga keuangan atau tidak. Untuk itu pahami terlebih dahulu tentang credit score berikut ini.

Apa Itu Credit Score?

Credit score atau credit scoring adalah sebuah penilaian kredit melalui sistem yang digunakan oleh sebuah lembaga pembiayaan atau bank yang bisa menentukan layak atau tidaknya peminjam untuk menerima pinjaman dari bank tersebut. Kredit skor berisikan sebuah data nasabah yang kumpulkan lewat pengisian yang sudah mereka lakukan sebelumnya saat ingin mengajukan pinjaman. Maka bisa dikatakan kan bahwa credit scoring bagian dari riwayat transaksi anda seperti kredit yang anda pernah lakukan.

Pentingnya Mengetahui Credit Score

Melalui credit score, pada pembiayaan keuangan bisa menganalisa permohonan kredit lewat faktor kualitatif. Seperti saat ini yang ada di Indonesia, data kredit itu hanya bisa dilihat Langsung melalui bank Indonesia. Dalam penilaian kredit ini ada beberapa aspek yang akan menjadi pertimbangkan seperti status perkawinan, Jumlah tanggungan, pekerjaan istri atau suami, jabatan atau pekerjaan, status tempat tinggal, Status pendidikan, tempat kerja, lama bekerja, dll.

Perhatikan Kredit Skor Sebelum Mengajukan Pinjaman

  • Pergunakan Kartu Kredit Secara Aktif

Penggunaan kartu kredit sangat berpengaruh terhadap tingkat kredit skor. Jika selama ini anda memiliki kartu kredit tapi jarang digunakan maka mungkin ini saatnya untuk mengaktifkannya. Namun bukan berarti bisa menggunakan kartu kredit sesuka hati hingga lupa untuk membayar tagihan. Sebaiknya gunakan kartu kredit secara bijak untuk kebutuhan yang memang Anda butuhkan sesuai dengan manfaat yang bisa anda dapatkan seperti adanya promo atau diskon.

  • Bayar Tagihan Tepat Waktu

Salah satu hal yang menjadi permasalahan pada pengguna Kartu Kredit adalah saat membayar tagihan. Anda bisa meningkatkan skor kredit dengan membayar tagihan tepat waktu setiap bulannya. Dengan disiplin membayar tagihan tepat waktu dan penuh maka anda juga akan terhindar dari bunga yang ditagihkan serta denda-denda yang mungkin saja ada. 

  • Benahi Hutang Yang Menunggak

Ingin mengajukan pinjaman lalu ditolak sebaiknya ingat kembali apakah alasannya karena Anda memiliki cicilan lain atau memiliki hutang yang lebih besar dari 30% dari pendapatan. Jika anda memiliki cicilan lain maka sebaiknya urungkan niat untuk mengajukan pinjaman terlebih dahulu, sebaiknya Anda perlu melunasi hutang tersebut sebelum anda mengajukan pinjaman lainnya. Jika semua hutang sudah lunas maka anda pun bisa dengan mudah mengajukan pinjaman lembaga pemberi pinjaman atau bank.

Perbedaan Kredit Skor Dan BI Checking

Kredit skor adalah nilai yang dihimpun oleh pemberi pinjaman dari masyarakat yang sudah mengisi data pengajuan pinjaman. Berbeda Dengan BI checking yang merupakan pencatatan informasi dalam sistem informasi debitur atau SID yang berisi riwayat kredit debitur dan bisa diakses secara  online. Kini BI checking sudah berganti nama menjadi SLIK OJK. 

1 Januari 2018 like mengganti nama layanan sistem informasi debitur dari BI yang kini digunakan oleh perbankan hingga lembaga keuangan non bank dan lembaga penjamin simpanan. 

Berikut pembagian kategori dalam sistem kredit skor berikut ini:

  • Skor 1: Kredit Lancar. Peminjam melaksanakan kewajiban cicilan dengan sempurna.
  • Skor 2: Kredit dalam Perhatian Khusus (DPK). Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 1-90 hari.
  • Skor 3: Kredit Tidak Lancar. Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 91-120 hari
  • Skor 4: Kredit Diragukan. Cicilan peminjam tercatat mengalami tunggakan antara 121-180 hari.
  • Skor 5: Kredit Macet. Cicilan peminjam tercatat macet dan menunggak lebih dari 180 hari.

Kelebihan Credit Scoring Daripada Metode Analisa Kredit Konvensional

  • Meningkatkan Kualitas Penilaian Kelayakan Kredit

Anda yang memiliki skor kredit rendah  akan sulit untuk mendapatkan kredit. Dengan inovasi kredit skor terbaru maka memungkinkan kreditur bisa menentukan kemampuan calon debitur dengan menganalisa data seperti perilaku saat mendaftar dan pola pembelanjaan mereka.

  • Memperluas Akses Kredit 

Jika anda adalah karyawan pemula dengan riwayat kredit terbatas atau pengusaha pemula maka mungkin akan sulit untuk mendapatkan akses kredit secara konvensional. Namun dengan adanya inovasi skor kredit Anda bisa memiliki kesempatan untuk mengakses kredit secara mudah dan cepat. Selain itu inovasi skor kredit juga memungkinkan penyerapan kredit secara cepat terutama bagi pelaku UKM.

  • Penyajian Data Yang Akurat

Pada proses kredit konservatif riwayat kredit calon debitur yang kurang baik tentu akan mempengaruhi hasil analisa. Calon debitur akan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga riwayat kredit atau skor kredit nya membaik bisa selama 1 sampai 2 tahun.

Baca juga:

Apa Itu P2P Lending? Keuntungan & Cara Kerjanya

Piutang: Pengertian, Jenis & Cara Mengelola Piutang

  • Mengurangi Bias Informasi

Inovasi yang didisain oleh finansial teknologi atau fintech telah memberikan dampak yang cukup besar pada tingkat inklusi keuangan di berbagai negara. Memanfaatkan teknologi yang di otomasi untuk mengurangi bias karena faktor-faktor human error. Selain itu teh juga mampu memberikan hasil analisa yang akurat sesuai dengan profil risiko pengguna.

Setelah Anda memahami credit score, maka kini Anda pun bisa sudah mulai membiasakan hidup disiplin terutama saat membayar tagihan cicilan. Tak hanya itu, mulailah ciptakan riwayat kredit yang baik agar kedepannya saat ingin mengajukan pinjaman pun bisa lebih lancar. 

Salah satu fintech lending berizin OJK yang menawarkan pinjaman beragunan properti yang mudah adalah Lancar by Danamas. Lancar by Danamas hadir dengan solusi pembiayaan bisnis ukm Anda mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar. Kemudahan mengajukan pinjaman di Lancar by Danamas ini bisa Anda rasakan lewat aplikasinya yang bisa diundur di smartphone Anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b