Apa-itu-WFH

Apa itu WFH? Di masa pandemi seperti sekarang ini memang cukup riskan untuk terlalu sering keluar rumah, termasuk pergi bekerja ke kantor. Untuk itu, beberapa perusahaan masih memberikan kebijakan untuk WFH atau Work from Home. Seiring berjalannya waktu, WFH kini menjadi hal yang lumrah untuk diterapkan di banyak perusahaan di Indonesia. 

Terdapat beberapa daftar pekerjaan dari beberapa aplikasi yang penghasilannya bisa langsung diterima, contohnya adalah TikTok, Snack Video, Cash Gift. Beberapa aplikasi – aplikasi tersebut dapat menghasilkan penghasilan yang dimana dapat langsung diterima penghasilannya, dan beberapa aplikasi tersebut cocok untuk dijadikan pekerjaan sampingan yang dimana dapat menambah beberapa jumlah penghasilan dari pekerjaan utama yang di tekuni.

Dalam artikel ini akan dibahas secara jelas dan lengkap mengenai definisi WFH, kelemahan, kelebihannya, dan tips WFH produktif, serta jenis pekerjaan WFH. Ayo kita lihat!

Apa Itu WFH?

WFH adalah Work from Home yang berarti bekerja dari rumah. Pekerja kantoran membawa semua pekerjaannya ke rumah dan melakukan rutinitas pekerjaan di rumah, seperti mengerjakan tugas harian, laporan hingga rapat-rapat perusahaan yang dilakukan secara online. 

Namun, sayangnya untuk beberapa orang WFH atau bekerja dari rumah justru membuat mereka merasa terisolasi dari lingkungan sosial. Tak jarang, terlalu lama WFH membuat orang merasa kurang bersosialisasi secara nyata hingga menimbulkan rasa sepi. 

Hal ini tentu akan berdampak pada produktivitas pekerja. Jika Anda adalah salah satunya, maka coba tips WFH tetap produktif dan bahagia dengan cara berikut ini.

5 Kelebihan WFH

WFH adalah

Dibalik dampak negatif karena terlalu sering WFH, ternyata WFH juga memiliki kelebihan daripada WFO, apa saja ya?

1. Hemat Biaya Transportasi

Jika Anda membandingkan WFO yang mengharuskan setiap hari ke kantor, maka WFH membuat Anda bisa menghemat biaya transportasi. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi umum atau bensin untuk motor atau mobil.

2. Jam Kerja Fleksibel

Karena absensi mungkin akan berbeda dengan absensi jika Anda langsung datang ke kantor, maka jam kerja pun terasa lebih fleksibel. Anda bisa memberikan batas waktu sendiri namun tetap bertanggung jawab.

Selain itu, WFH membuat Anda memungkinkan mengerjakan tugas kantor di jam-jam tertentu seperti sore atau malam hari, namun tetap di hari yang sama. 

3. Lebih Bisa Jaga Kesehatan Diri

Pandemi yang belum berakhir ini membuat Anda harus ekstra menjaga diri, salah satu cara mencegah penularan virus covid-19 adalah dengan WFH. WFH tentu keuntungan bagi Anda untuk lebih bisa menjaga diri sendiri juga orang lain dari paparan virus corona. 

4. Lebih Dekat dengan Keluarga

WFH memungkinkan kita memiliki waktu yang lebih banyak dengan keluarga. Bagi Anda yang memiliki pasangan atau anak, maka saat WFH inilah bisa menjadi kesempatan untuk bisa bekerja sambil tetap ada kedekatan fisik maupun emosional dengan mereka. 

Kesempatan ini bisa Anda jadikan saat yang tepat untuk membangun hubungan yang lebih lekat dengan orang tersayang. 

5. Lebih Efisien Waktu

WFH memungkinkan kita untuk mengefisienkan waktu yang kita miliki. Terkadang ketika kita bekerja di kantor, Anda perlu menghabiskan waktu dalam perjalanan. 

Waktu dalam perjalanan ini dapat berlangsung 1 hingga 2 jam. Jika Anda WFH, maka Anda dapat memanfaatkan waktu ini untuk aktivitas lainnya.

4 Kekurangan WFH 

1. Terlalu Banyak Distraksi

WFH juga memiliki beberapa kekurangan, hal yang paling sering orang rasakan adalah distraksi. Banyaknya gangguan eksternal membuat bekerja dari rumah adalah sebuah tantangan tersendiri. 

Distraksi ini bisa muncul dari suara-suara dari luar rumah, anggota keluarga yang memiliki aktivitas lain, hingga anak yang ingin selalu bermain bersama orang tuanya yang sedang WFH. Hal ini pun akan berdampak pada konsentrasi saat bekerja yang mengakibatkan lambatnya pekerjaan untuk selesai. 

2. Bekerja dengan Biaya Pribadi

Beberapa perusahaan mungkin ada yang memberikan biaya khusus selama WFH, namun sayangnya masih banyak sekali perusahaan yang tidak memberikan kompensasi ini. Hal ini membuat Anda harus mengeluarkan biaya sendiri untuk bisa tetap bekerja selayaknya bekerja di kantor. 

Beberapa biaya yang Anda tanggung saat WFH seperti biaya listrik dan kuota internet. Pada awalnya mungkin tidak terasa ini adalah hal yang berat, tapi bisa dibayangkan biaya yang keluar untuk internet hingga listrik dalam bulan-bulan selanjutnya cukup banyak. 

3. Produktivitas Menurun

Bukan tidak mungkin, terlalu sering bekerja dari rumah berdampak pada produktivitas Anda. Hal ini bisa disebabkan karena manajemen waktu yang berubah, lingkungan yang berbeda hingga distraksi yang sering terjadi. Maka, tugas kantor pun akan semakin lambat untuk dikerjakan. 

4. Jam Kerja Tak Teratur

Beberapa orang mengeluhkan jam kerja WFH menjadi kurang teratur. Hal ini terjadi karena saat WFH, tidak ada jam kerja yang jelas seperti saat WFO. 

Saat WFH, kemungkinan Anda bisa mengerjakan pekerjaan di luar jam kerja sehingga Anda merasa 24 jam adalah waktu yang singkat hingga tidak memiliki waktu untuk me time. 

7 Tips WFH Produktif dan Efektif

Untuk menyiasati kekurangan dari WFH, maka ada beberapa tips yang bisa Anda coba mulai besok, antara lain:

1. Buat Ruangan Senyaman yang Anda Suka

Untuk dapatkan rasa nyaman saat WFH, maka Anda bisa mendesain ruangan kerja senyaman mungkin sesuai dengan suasana yang Anda sukai. Pilih ruangan yang agak jauh dari suara lingkungan, misalnya di kamar. 

Setelah itu, coba atur dan tata sudut ruangan itu seperti ruangan kerja sungguhan. Anda bisa menyediakan meja dan kursi yang nyaman sehingga saat duduk dalam jangka waktu yang cukup lama, Anda tidak merasa pegal. 

2. Buatlah Daftar Prioritas

Daftar prioritas ini bisa jadi acuan Anda saat bekerja, sehingga lebih teratur dan terarah. Daftar prioritas saat WFH ini bisa memberikan Anda informasi yang jelas dengan jangka waktu yang sudah Anda tentukan. 

3. Buat Jadwal Kerja Sendiri

Saat Anda WFH, maka bukan tidak mungkin jam kerja akan lebih panjang. Untuk menyiasati hal ini, maka Anda bisa membuat jadwal jam kerja Anda sendiri. 

Buatlah jam kerja seperti layaknya Anda bekerja di kantor, hal ini bisa membantu dalam manajemen waktu yang lebih baik. Jika Anda adalah seorang orang tua dengan anak, maka sebaiknya serahkan pengasuhan anak pada orang yang Anda percaya sehingga WFH bisa lebih fokus tanpa distraksi. 

4. Tentukan Jam Istirahat

Saat Anda WFH, maka perlakukan aktivitas WFH seperti WFO. Dalam hal ini juga termasuk saat jam istirahat. Sebaiknya tentukan jam makan siang yang membuat Anda nyaman. 

Jangan sampai terlalu fokus bekerja justru membuat Anda menunda waktunya istirahat. Hal ini bisa menjadi penyebab Anda stress saat WFH dan merasa terlalu sibuk hingga berdampak pada psikologis. 

5. Buat Suasana Lebih Semangat

Selain membuat ruangan yang nyaman, Anda juga sebaiknya membuat suasana senyaman mungkin. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi seperti speaker, spotify, dan lainnyal untuk mendengarkan music saat bekerja. 

Namun, jika Anda suka dengan suasana tenang, coba lengkapi meja kerja dengan aromatherapy yang bisa meredakan stress atau aroma yang bisa menaikkan mood Anda. 

6. Berpakaian Rapi & Tetap Dandan

Hal kecil bisa menaikkan mood saat WFH, salah satunya adalah dengan berpakaian yang rapi dan juga tetap berdandan. Coba tetap memilih pakaian yang membuat Anda semangat saat bekerja, lalu bercermin dan memberikan tampilan terbaik pada diri, maka mood pun bisa lebih baik lagi dan semangat untuk bekerja seharian. 

Jika Anda suka dengan wewangian, sediakan lotion dan parfum di meja kerja mungkin bisa meningkatkan mood Anda seharian.

7. Stretching agar Tidak Pegal

Saat WFH, terkadang Anda suka lupa untuk meregangkan tubuh. Terlalu lama duduk di kursi bisa menyebabkan punggung pegal dan tidak nyaman. Hal ini bisa berpengaruh pada produktivitas Anda.

Untuk itu, atur waktu dimana Anda harus meregangkan tubuh (stretching) atau berjalan beberapa menit sambil melihat suasana sekitar. Hal ini juga membantu mata Anda agar tidak pegal melihat monitor komputer terlalu lama. 

5 Pekerjaan yang Bisa WFH

Pekerjaan yang bisa WFH menjadi incaran bagi banyak orang. Ini dia 5 pekerjaan yang bisa WFH

1. Freelance Writer

Jika Anda menyukai menulis maka pekerjaan ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Penulis dapat dibayar per jam dan Anda tidak perlu gelar atau pendidikan khusus. Namun, Anda perlu portofolio yang kuat untuk menunjukan kemampuan Anda

2. SEO (Search Engine optimization)

Pekerjaan selanjutnya yang Anda dapat lakukan secara WFH. SEO merupakan pekerjaan pemasaran online dan branding yang memanfaatkan pencarian di google. Anda perlu kemampuan praktikal yang kuat jika ingin terjun ke pekerjaan ini.

3. Programmer

Jika Anda punya kemampuan di bidang komputer dan bisa program, pekerjaan sebagai programmer dapat Anda lakukan secara WFH. Programmer biasanya dapat mendapatkan gaji yang tinggi sehingga menjadi incaran banyak orang.

4. Graphic Designer

Pekerjaan menjadi graphic designer cocok untuk orang yang menyukai desain. Pekerjaan ini juga dapat dilakukan secara WFH, sehingga Anda akan jarang untuk pergi ke kantor. Kuncinya Anda perlu membuat portofolio yang menarik agar dapat direkrut oleh perusahaan yang membutuhkan.

5. Membuka Bisnis Sendiri

Menjadi pebisnis memiliki banyak kelebihan salah satunya dapat mengerjakan bisnis Anda di rumah. Bahkan banyak bisnis teknologi raksasa yang sukses, dimulai dari garasi rumah contohnya Microsoft dan Apple. Tidak hanya mereka, Anda juga dapat sukses dengan memulai sendiri bisnis Anda yang dapat dilakukan secara WFH.

Perlu Modal untuk Bangun Bisnis Anda secara WFH? Lancar by Danamas Pilihan yang Tepat

Apapun pekerjaan Anda, karyawan swasta maupun pebisnis UMKM, kesempatan bekerja dari rumah bisa Anda jadikan momen terbaik untuk lebih mampu mengatur waktu yang bijak. Seperti halnya, jika Anda ingin membangun bisnis menjadi lebih besar. Pilihlah Fintech terpercaya dengan bijak seperti Lancar by Danamas sebagai solusi kebutuhan modal usaha Anda. Apapun properti Anda, bisa menjadi modal usaha dengan Lancar by Danamas. Selain itu, pinjaman modal usaha dengan bunga rendah ini tentu tidak merugikan Anda selaku pebisnis UMKM. Pinjaman yang bisa Anda dapatkan juga sangat bervariasi, mulai dari 50 juta hingga 2 miliar rupiah bisa jadi dana yang cukup untuk memajukan bisnis. Untuk mendapatkan nominal yang sesuai dengan kebutuhan, simulasikan nilai properti dengan pinjaman yang nanti bisa Anda dapatkan di website Lancar by Danamas. Coba dulu yuk!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-tes-dna

Biaya Tes DNA, Manfaat, Lokasi & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Biaya tes DNA biasanya dimulai dari harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta di beberapa lokasi rumah sakit di Indonesia. Melakukan tes ini memang terbilang mahal dengan hasil yang b

review-buku-the-life-changing-of-tidying-up

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Review buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up adalah buku terlaris yang ditulis oleh penulis Jepang, Marie Kondo, yang awalnya diterbitkan pada tahun 201

kalender-2023-dan-tanggalnya

Kalender 2023 Lengkap Dengan Tanggal Merah

Saat menyambut tahun baru, maka salah satu yang paling dicari adalah kalender 2023 lengkap dengan tanggal merah. Tanggal merah atau hari libur pasti ditunggu oleh banyak orang