apa-itu-crypto

Apa itu crypto? Sering menjadi pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh anak muda. Apalagi, Crypto semakin populer belakangan ini dikalangan anak muda yang sudah mulai bekerja dan memiliki penghasilan sehingga mereka mulai memutuskan untuk berinvestasi. 

Banyaknya anak muda yang mulai melek untuk berinvestasi membuat berbagai jenis instrumen investasi mulai disebut oleh banyak orang, termasuk crypto. Crypto dinilai dapat memberikan uang dalam jangka waktu yang cepat dan mudah investasinya. Sebelum berinvestasi kenali juga beberapa

Tapi apa benar crypto bisa dijadikan investasi? Bagaimana cara kerja crypto dan keuntungan apa saja yang Anda dapatkan jika memiliki kripto? Lalu bagaimana cara mining crypto?

Apa itu Crypto?

Crypto adalah mata uang digital yang didesain sebagai media transaksi yang menggunakan kriptografi. Transaksi virtual bisa menggunakan crypto dengan akses seluruh dunia. Pada mata uang crypto terdapat kode-kode rahasia yang cukup rumit sehingga data bisa lebih aman. 

Sistem inilah yang sering disebut sebagai cryptocurrency. Cryptocurrency terdiri dari gabungan dua kata yaitu cryptography dan currency. Cryptography artinya kode rahasia sedangkan currency yang berarti mata uang. 

Walaupun sudah sejak Perang Dunia ke 2 konsep cryptocurrency ada, namun baru populer di Indonesia pada Februari 2020. Di masa pandemi seperti sekarang, justru banyak orang yang mencoba peruntungannya dengan berinvestasi.

Di negara lain, mata uang kripto sudah cukup populer dan sering digunakan sebagai mata uang untuk transaksi digital. Nigeria adalah negara yang memiliki uang kripto terbanyak dan setelahnya diikuti oleh Vietnam dan Filipina. Bahkan, di negara Nigeria, mata uang crypto kini sudah bisa digunakan untuk bertransaksi di toko online. 

5 Perbedaan Crypto dan Saham

Jika kita ingin berinvestasi tidak hanya bisa dengan crypto tapi juga dengan investasi saham.Lalu apa perbedaan antara crypto dan saham? Yuk, simak beberapa perbedaan mendasarnya dibawah ini!

1. Perbedaan pasarnya

Saham memiliki pasar yang ditransaksikan pada pasar modal di masing-masing negara. Sedangkan crypto ditransaksikan pada pasar yang berlaku secara global.

2. Jam Buka

Pasar modal dibuka pada jam kerja dari jam 9 pagi hingga jam 3 sore. Sedangkan pasar crypto tidak memiliki jam buka sehingga dapat bertransaksi kapan saja.

3. Perbedaan Aset

Saham berbentuk surat berharga perusahaan yang ditawarkan ke publik. Sedangkan crypto merupakan mata uang atau aset yang bisa diakses melalui internet.

4. Brokernya

Jika ingin bermain saham maka Anda perlu mendaftarkan pada perusahaan sekuritas. Sedangkan pada kripo Anda perlu mendaftar ke perusahaan khusus kripto.

5. Tingkat Risiko

Saham dan kripto sama-sama memiliki risiko yang tinggi. Namun diantara keduannya, kripto memiliki risiko yang paling tinggi.

Kelebihan & Kekurangan Crypto

Setiap instrumen investasi sudah pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untuk mulai berinvestasi, kita wajib sadar bahwa tidaka ada investasi yang dapat mutlak memberikankeuntungan besar dalam waktu yang singkat. Maka dari itu, ketika memulai berinvestasi ada baiknya Anda memang mengeluarkan “uang dingin”. Istilah ini dipakai untuk uang Anda yang sebetulnya tidak digunakan untuk hal-hal yang perlu dan mendesak. Namun, Anda menggunakannya untuk berbagai keperluan-keperluan tersier. Yuk, cek kelebihan kekurangan dan kelebihannya dibawah ini, berikut adalah kelebihan dari investasi Crypto!

1. Crypto bersifat Universal

Crypto memiliki karakter yang universal, artinya seluruh dunia mengenal mata uang digital ini dan menggunakannya. Berbeda dengan mata uang konvensional yang kini kita pakai, tiap negara memiliki mata uang masing-masing. Sifat crypto yang universal ini juga membuatnya bisa digunakan di berbagai sistem perbankan dengan syarat yang mudah. 

2. Sistem Transaksi yang Cepat

Transaksi dengan mata uang crypto dinilai lebih cepat, Anda mungkin hanya butuh beberapa menit untuk bisa selesai bertransaksi. Kecepatan ini tentu lebih cepat jika dibandingkan dengan transaksi dengan mata uang konvensional. 

3. Transparansi Lebih Jelas

Seperti mutasi di bank, pemilik crypto bisa melihat transaksi yang sudah dilakukan sebelumnya. Hampir semua transaksi disajikan dalam bentuk angka. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kode pada crypto 4. membuatnya tidak mudah terlihat oleh siapapun. 

4. Bisa dikendalikan Sendiri

Anda sebagai pemilik bertanggung jawab atas uang kripto Anda sendiri. Maka, Anda juga bisa mengatur dan memiliki kuasa atas uang kripto tersebut. 

Dibalik kelebihan, tentu ada kekurangan dari crypto. Disinilah beberapa orang merasa masih ragu untuk berinvestasi crypto. Berikut beberapa kekurangan yang

1. Rawan Kejahatan Digital

Crypto sering dimanfaatkan beberapa orang untuk bertransaksi illegal. Hal ini tentu sangat meresahkan karena transaksi dengan mata uang digital ini tidak bisa dilacak bahkan anonim pada orang yang melakukannya. 

2. Uang bisa Hilang Jika Lupa Password

Jika Anda lupa password, maka berhati-hatilah karena hal ini beresiko hilangnya uang kripto yang Anda miliki. Untuk menghindari hal ini, maka catat semua ID dan password Anda agar tidak beresiko hilangnya uang. 

Apakah Crypto itu Illegal?

Banyak sekali orang yang mengira bahwa crypto itu illegal karena tidak bisa dipakai untuk transaksi jual beli. Crypto masih dianggap ilegal di beberapa negara, tapi tidak untuk di Indonesia yang masih diperbolehkan dan diawasi oleh lembaga tertentu.

Sejak tahun 2019, Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Bappetbti dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka telah melegalkan dan tetap mengawasi perdagangan Crypto di Indonesia. Ada beberapa dokumen yang juga dijadikan sebagai landasan hukum. Jadi, secara hukum crypto adalah instrumen investasi yang sudah legal dan bahkan diatur pajaknya dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 68 tahun 2022. Dengan tarif PPN 1% atau 0,1% dengan nilai transaksi. Jika transaksi fisik tidak melalui perdagangan fisik maka dikenakan PPN 2% atu 0.,2%.

Adapun untuk membuat crypto itu legal, ada beberapa proses yang harus dipastikan oleh pihak Bappebti agar dapat diperdagangkan. Salah satunya perusahaan Bitcoin harus sudah memiliki infrastruktur teknologi yang sifatnya dapat real time dan berbasis distributed ledger technology. Crypto wajib memiliki fungsi dan nilai bisnis serta ekonomi yang jelas untuk menumbuhkan industri bisnis digital. Selain itu sistem teruji aman dan tidak mengundang kejahatan terorisme ataupun pencurian uang. 

1 Crypto Berapa Rupiah? 

Harga Crypto cenderung bervariasi setiap waktunya. Terkadang harga Crypto dapat naik maupun turun. Per Juli 2022, harga  bitcoin jika dirupiahkan mencapai Rp 346.784.497. Jumlah ini juga dapat berubah sesuai dengan pergerakan dari harga pasar.

Bagaimana Cara Mining Crypto?

Cara mining crypto memerlukan alat khusus yang bernama ASIC, alat ini merupakan sirkuit elektronika yang dibuat secara khusus untuk melakukan perhitungan matematis mengenai bitcoin.

ASIC memiliki kemampuan perhitungan yang spesifik dengan menggunakan daya listrik yang lebih rendah dibandingkan komputer biasa. Oleh karena itu, para penambang dapat mengefisiensi biaya pemakain listrik.

Saat menambang bitcoin Anda harus memperkirakan biaya peralatan, menyiapkan ruang pendingin dan biaya listrik. Ketika menemukan blok baru maka Anda akan mendapatkan sebesar 25 BTC.

Hal mandatori yang wajib diingat adalah Anda memiliiki uang dingin untuk memainkannya. Harap dimengerti bahwa Anda tidak bisa menggunakan uang kebutuhan Anda untuk memainkan Bitcoin. Selanjutnya, Anda perlu mendaftarkan diri atau akun Anda pada crypto mining

Panduan Memulai Investasi Uang Crypto

Jika Anda berencana untuk mulai investasi crypto, maka coba cek beberapa panduan singkat berikut ini:

1. Pahami Profil Risiko Investasi

Sebelum memulai investasi, maka sebaiknya cek dulu profil risiko Anda terlebih dahulu. Crypto adalah salah satu instrumen investasi yang memiliki profil risiko cukup tinggi atau high risk. Hal ini karena nilainya bisa sangat tinggi namun, jika turun bisa sangat jatuh. 

2. Pahami Jenis Crypto

Ada banyak jenis mata uang digital di cryptocurrency yang bisa Anda pilih untuk berinvestasi, seperti Bitcoin, Ethereum, Cardano, Polkadot, Binance, Curve, Ripple, dsb. Berbagai jenis mata uang ini memiliki karakternya masing-masing. 

3. Pahami Keamanannya

Sebaiknya Anda memahami keamanan dari investasi cryptocurrency ini. Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa kripto cukup rentan dengan kejahatan digital, untuk itu, Anda harus menyiapkan strategi sebelum memulai investasi crypto. 

4. Pahami Legalitas Pedagang Kripto

Di Indonesia, aktivitas cryptocurrency sudah diijinkan. Kini, sudah ada 13 perusahaan yang terdaftar di Bappebti sebagai pedagang aset kripto. Untuk itu, Anda sebaiknya hanya membeli mata uang kripto di perusahaan yang sudah mendapatkan izin Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. 

8 Market Crypto di Indonesia

Ada beberapa market crypto di Indonesia yang Anda dapat pilih. Berikut beberapa contoh market crypto di Indonesia.

  1. PT Gudang Kripto Indonesia 
  2. PT Indodax Nasional Indonesia
  3. PT Indonesia Digital Exchange
  4. PT Kripto Maksima Koin 
  5. PT Luno Indonesia Ltd 
  6. PT Mitra Kripto Sukses 
  7. PT Pantheras Teknologi Internasional 
  8. PT Pedagang Aset Kripto

11 Istilah Populer di Dunia Crypto

Jika Anda berencana ingin berinvestasi Crypto, maka sebaiknya ketahui istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia cryptocurrency berikut ini:

1. Market bear: Market bear atau sering juga disebut dengan bear market adalah istilah yang digunakan ketika pasar tengah menurun. 

2. Bull market: Istilah dalam dunia cryptocurrency ini digunakan saat kondisi pasar sedang naik. 

3. FOMO (Fear of Missing out): Istilah ini mungkin sering Anda temui di keseharian, namun pada dunia cryptocurrency, istilah FOMO digunakan untuk menyebut investor yang umumnya pemula yang masih belajar dan mudah untuk mengikuti orang lain.

4. Pump and Dump: Istilah pada crypto ini dipakai untuk menggambarkan strategi yang sedang dilakukan investor crypto. Pump dipakai ketika harga mata uang tersebut sedang meningkat, sedangkan dump kebalikannya yakni saat harga mata uang sedang turun. 

5. Whale: Istilah ini dipakai untuk menyebut mereka yang memiliki jumlah uang kripto yang sangat besar yakni minimal 5% dari seluruh aset digital di pasar Crypto. 

6. Fear, Uncertainty and Doubt (FUD): Istilah untuk strategi yang dipakai investor jika ingin menurunkan harga uang crypto agar mereka bisa membelinya. 

7. HODL (Hold On for Dear Life ): Istilah di dunia crypto yang dipakai untuk mempertahankan aset kripto dalam jangka waktu panjang.

8. Rekt: Istilah ini dipakai untuk menyebut pemaian yang kalah. Kalah dalam investasi maksudnya adalah mereka yang mengambil keputusan yang kurang tepat. 

9. To The Moon: Istilah dalam dunia cryptocurrency yang menggambarkan yang kripto sedang naik atau mencapai nilai tertingginya. 

10. No Coiner: Istilah ini digunakan untuk menyebut orang yang tidak memiliki aset crypto atau mereka yang menjual semua uang kripto nya. 

11. Cryptoses: Istilah ini digunakan untuk perasaan antusias yang tinggi terhadap mata uang kripto. 

Melek Finansial Untuk Jadi Cerdas & Sukses

Demikian penjelasan tentang apa itu crypto yang bisa jadi pertimbangan Anda untuk memulai investasi di cryptocurrency. Apapun jenis investasi yang Anda lakukan, di masa muda juga harus mulai mencari banyak cara untuk menambah penghasilan seperti dengan berbisnis. 

Kini, banyak anak muda yang menjalankan bisnis untuk menambah penghasilan, namun sayangnya bisnis yang tidak berkembang menjadi tantangan tersendiri. Agar bisnis makin maju, tentu Anda butuh modal yang banyak sehingga berbagai rencana bisnis bisa terealisasikan. Salah satu cara untuk bisa mendapatkan modal usaha adalah dengan mengajukan pinjaman modal bisnis. 

Jika Anda memiliki kendala dalam hal modal usaha, maka cobalah untuk mendapatkan pinjaman modal usaha yang tepat. Pilih fintech lending berizin dan diawasi oleh OJK seperti Danamas. Pinjaman umkm online terpercaya beragunan properti dari Danamas bisa dijadikan pilihan untuk mulai mengembangkan bisnis di usia muda. 

Pinjaman berlimit besar hingga Rp 2 miliar dengan tenor mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun kini bukan lagi angan-angan, karena Danamas siap menjadi fintech lending pilihan Anda untuk pengembangan bisnis umkm lebih maju lagi. Coba simulasikan pinjaman Anda dan nilai properti di website Danamas dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman, hitung pinjaman dan angsuran dari properti Anda . Untuk akses lebih mudah, Anda bisa download aplikasi Danamas pinjaman bisnis di smartphone Anda untuk pengajuan lebih praktis. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun