Krypto turun

Bagi Anda yang mendalami dunia kripto, tentu saja menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan apabila salah satu aset kripto tersebut mengalami penurunan ataupun kenaikan. Sebut saja bitcoin, salah satu aset kripto ini dijadikan trading karena harganya yang fluktuatif. 

Apabila Anda ingin berinvestasi dalam aset ini, maka harus memahaminya dengan baik tentang faktor penyebab harganya menjadi turun. Lantas, apa saja hal yang menyebabkan kripto turun? Simak dalam artikel berikut ini! 

Apa itu Aset Kripto dan Apa Saja Jenisnya? 

Aset kripto adalah mata uang digital yang digunakan sebagai transaksi virtual pada jaringan internet. Nama kripto sendiri berasal dari gabungan dari dua kata yaitu “cryptography” yang berarti kode rahasia dan “currency” yang artinya adalah mata uang. Mesti cryptocurrency sudah dikembangkan sejak 1990an, baru sekitar 10 tahun terakhir dikenal oleh masyarakat global. Saat ini ada lebih dari 1000 aset kripto yang beredar di seluruh dunia dan akan semakin menambah kedepannya. 

Berikut ini adalah beberapa jenis aset kripto yang bisa Anda beli melalui aplikasi yang menjual aset kripto yakni:  

  1. Bitcoin 
  2. Ethereum
  3. Binance
  4. Polkadot
  5. Cardano
  6. Litecoin
  7. Chainlink
  8. Ripple
  9. Uniswap
  10. Tron
  11. Kusama
  12. AAVE
  13. Yearn.Finance
  14. Stellar
  15. Compound
  16. Dogecoin
  17. Enjin Coin
  18. Maker
  19. Sushiswap
  20. The sandbox
  21. Swipe
  22. The graph
  23. Filecoin
  24. Synthetix
  25. Balancer
  26. Curve
  27. Polygon
  28. Cosmos
  29. Basic Attention Token
  30. Nano
  31. Theta
  32. Solana
  33. Fantom
  34. Algorand
  35. Avalance
  36. Terra
  37. veChain
  38. Tezos
  39. Pancakeswap
  40. EOS.ISO
  41. Neo
  42. Harmony
  43. Decentraland
  44. Coti
  45. Ox
  46. 1INCH
  47. Ankr
  48. Aragon
  49. Arweave
  50. Band Protocol
  51. Bitcoin Cash
  52. Cartesi
  53. Celo
  54. Chiliz
  55. Dash
  56. Dent
  57. dYdX
  58. Erlond
  59. Ethereum Classic
  60. Flow
  61. FTX Token
  62. Gala
  63. Hedera hashgraph
  64. Helium
  65. Holo
  66. Horizen
  67. Icon
  68. Internet computer
  69. Kava.io
  70. Kyber Network Crystal v2
  71. Loopring
  72. Mina
  73. Monero
  74. Near Protocol
  75. OMG Network
  76. Ontology
  77. Origin Protocol
  78. Powerledger
  79. Qtutn
  80. Ravencoin
  81. Ren
  82. Stacks
  83. Storj
  84. Syscoin
  85. THORChain
  86. UMA
  87. Waves
  88. Zcash
  89. Zilliqa
  90. ShibaInu
  91. eCash
  92. BitTorrent

Penyebab Kripto Turun 

Krypto turun

Aset kripto memang memiliki harga yang fluktuatif, fluktuasi harga yang cukup tinggi ini menjadikan daya tarik bagi banyak orang dan menjadikan nya sebagai aset investasi walaupun harganya tidak stabil.  Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kenaikan dan juga penurunan harga Aset Kripto seperti berbagai berikut: 

  1. Tergantung pada keseimbangan penawaran dan permintaan

Ketika Aset Kripto populer dan banyak permintaan, maka harganya akan mengalami kenaikan, jika penawaran tinggi sedangkan permintaan rendah maka harga akan turun.

  1. Berita atau liputan media yang mempengaruhi harga

Jika ada berita mengenai mengenai meningkatnya adopsi dan infrastruktur di belakang teknologi kripto, atau berita lain yang berkaitan dengan kripto, maka harga bisa cenderung naik atau turun, tergantung dari aspek beritanya positif atau negatif. Berdasarkan pada kemarakan (hype) tersebut, penurunan ataupun peningkatan harga tajam dapat dipengaruhi oleh postingan di media sosial, atau ujaran dari orang terkenal. Di bidang aset kripto, berita atau postingan yang sedang hype atau marak dapat memiliki pengaruh signifikan pada situasi di pasar.

  1. Jumlah atau kuantitas dari aset kripto tersebut

Volume dari aset kripto misalkan seperti Bitcoin atau Ethereum masih sangat sedikit persebarannya dan tidak merata sehingga harganya akan sangat dipengaruhi oleh tindakan para pemegang aset tersebut dalam melakukan pembelian dan juga penjualan. 

  1. Faktor psikologis (fear and greed)

Harga kripto juga dapat dipengaruhi oleh faktor psikologis. Misalnya harga bitcoin mulai bergerak naik jauh setelah sekian lama dan tidak ada pergerakan yang berarti, hal ini dapat mempengaruhi publik menjadi serakah dan membeli lebih banyak lagi dengan harapan akan naik. Semakin banyak yang membeli, maka harga akan menjadi naik dan ini menyebabkan lebih banyak orang ingin membeli bitcoin. Apabila telah menyentuh titik puncak, maka orang akan menjualnya dan harga bitcoin akan menjadi turun. Harga yang turun ini menyebabkan fear pada publik sehingga akan banyak pemenang yang menjual kriptonya  lagi. 

  1. Market kapitalisasi pasar

Kapitalisasi pasar adalah ukuran yang menggambarkan nilai pasar dari aset kripto. Market capital menjadi acuan untuk melihat seberapa besar cakupan dalam suatu aset berdasarkan pada harga dan peredarannya di masyarakat. 

Saat Kripto Turun, Harus Apa?

Krypto turun

Saat berinvestasi kripto, Anda harus paham bahwa instrumen ini memiliki risiko nya masing-masing sehingga Anda perlu menyusun strategi untuk menghadapi risiko yang akan terjadi selama berinvestasi. Hal berikut ini dapat dilakukan saat kripto turun

  • Menyadari bahwa harga fluktuatif

Apabila Anda memilih aset kripto seperti misalnya bitcoin sebagai instrumen investasi Anda, maka Anda harus menyadari bahwa pergerakan harganya fluktuatif, Anda harus menyusun tujuan investasi apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek. Selain itu penting bagi Anda untuk mengendalikan diri saat terjadi fluktuasi pasar.  

  • Menggunakan Uang dingin

Disarankan saat melakukan investasi, baik itu kripto ataupun yang lain ada baiknya menggunakan uang dingin. Uang dingin yang dimaksud adalah dana yang memang digunakan untuk berinvestasi atau dana yang tidak terpakai, jangan menggunakan dana untuk kebutuhan hidup, ataupun dana yang digunakan untuk membayar hutang. 

  • Diversifikasi Aset

Diversifikasi aset yakni membagi investasi Anda ke dalam instrumen yang berbeda, sehingga tidak hanya bergantung pada satu sumber saja. Hal ini digunakan sebagai cara untuk mengurangi risiko dan memaksimalkan keuntungan dari investasi Anda.

Anda ingin mencoba untuk melakukan ekspansi bisnis? Bersama Lancar by Danamas, wujudkan ekspansi bisnis Anda. Dapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar. Pinjaman beragunan properti ini telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga Anda tidak perlu khawatir akan legalitasnya. Anda juga bisa melakukan perhitungan pinjaman yang didapatkan melalui kalkulator perhitungan yang telah disediakan

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun