Nasdaq 100

Di dalam dunia pasar saham ada istilah nasdaq. Apakah anda pernah mendengar istilah tersebut? Jika anda sudah pernah mendengar nasdaq atau Anda yang belum pernah mendengar nasdaq, maka ulasan berikut tentang nasdaq bisa anda simak.

Apa itu Nasdaq?

Nasdaq merupakan singkatan dari Nasional Society on of Securities Dealers Automated Quotation Stock Market. Nasdaq merupakan bursa efek yang berpusat di kota New York, Amerika Serikat. Nasdaq berada pada posisi kedua dalam daftar bursa efek menurut kapitalisasi pasar saham yang berada dibawah Bursa Efek New York.  Bursa ini sepenuhnya milik nasdaq inc, yang juga adalah jaringan Bursa Efek Nasdaq Nordic dan sejumlah bursa saham lainnya di Amerika. Lalu apa itu nasdaq itu 100?

Apa itu Nasdaq 100?

Nasdaq 100

Nasdaq 100 terdiri dari 100 perusahaan non keuangan terbesar utama yang ada dan terdaftar pada bursa nasdaq. Perusahaan tersebut seperti Amazon, Cisco, Google eBay , Yahoo dan Comcast. Nasdaq Memasukkan perusahaan-perusahaan yang berbasis di luar Amerika yang tidak termasuk perusahaan keuangan lalu dianggap sebagai indeks kapitalisasi tertimbang yang dimodifikasi. Modifikasi ini mempengaruhi pengaruh dari perusahaan besar dan meningkatkan diversifikasi.

Index Nasdaq ini menjadi indeks yang sangat diinginkan oleh investor analisis hingga fund Manager. Jika anda tertarik untuk membeli saham Amerika maka ada 3 indeks yang perlu diketahui seperti indeks Dow Jones industrial average DJIA, Nasdaq index dan S&P 500 Indeks. Index Nasdaq umumnya berfokus pada perusahaan teknologi yang merupakan pasar elektronik Global pertama yang didirikan oleh nasional Association of securities dealer pada tahun 1971.

Baca juga: Berbagai Tipe Saham dan Daftar Saham Blue Chip

Nasdaq Composite menjadi indeks pertama yang berisi kurang lebih 3000 saham yang tercatat di Bursa Nasdaq, seperti Google, Amazon, Tesla dan Microsoft. Lalu untuk emiten yang terdaftar pada indeks Nasdaq umumnya terdiri dari bermacam perusahaan di berbagai sektor kecuali perusahaan pada sektor keuangan.

Dalam perusahaan kapitalisasi sebuah perusahaan menjadi hal yang cukup penting karena menyusun emiten dalam Indeks Nasdaq ini lewat kapitalisasinya. Di mana setiap kuartal akan ada evaluasi dan penyesuaian saham dalam indeks tersebut. Lalu kapitalisasi pasar nantinya akan dihitung dengan mengalikan jumlah total saham yang dimiliki dengan harga jual terbaru pada pasar saham.

Perbedaan Indeks Nasdaq, Dow Jones dan S&P 500.

NasdaqDow JonesS&P 500
Indeks yang berfokus pada teknologiIndeks yang berasal dari berbagai macam saham dari berbagai sektorIndeks yang berasal dari berbagai macam saham dari berbagai sektor 
Terdiri dari 3000 perusahaan yang berfokus pada teknologiIndeks yang beranggotakan 30 orang dan terdiri dari perusahaan publik besar dan dipilih untuk mewakili berbagai ekonomiTerdiri dari 500 perusahaan publik besar yang berada di Amerika
diukur perhitungannya diukur oleh kapitalisasi pasar sebagai cerminan yang efektif dari apa yang diukur oleh pasar. Maka nilai perusahaan akan dilihat lewat kapitalisasi pasar dan memperhitungkan harga saham juga jumlah saham yang beredar di pasar.Perhitungan Dow Jones membutuhkan formula yang berbeda ada yang berisi perusahaan Blue chip yang dibebani oleh harga saham dimana pada indexnya perusahaan dengan harga saham dolar tertinggi dan memiliki bobot besar akan sangat mempengaruhi angka dow Jones di perdagangan.diukur perhitungannya diukur oleh kapitalisasi pasar sebagai cerminan yang efektif dari apa yang diukur oleh pasar. maka nilai perusahaan akan dilihat lewat kapitalisasi pasar dan memperhitungkan harga saham juga jumlah saham yang beredar di pasar.

Cara Trading Atau Investasi di Nasdaq 100

Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan peluang berinvestasi Nasdaq 100,  yaitu trading atau berinvestasi. Anda bisa melakukan trading ini lewat spread betting yang merupakan produk derivatif di pasar keuangan dan memungkinkan anda untuk trading menggunakan leverage.

Saat Anda ingin melakukan investasi maka anda bisa mendapatkan exposure ini dengan cara membeli titik yang berbasis indeks. Selain itu Anda juga bisa membeli saham perusahaan yang masuk ke dalam daftar indeks Nasdaq 100.

Trading Nasdaq 100

Trading ini berarti anda bermain atas pergerakan harga naik dan turunnya indeks Nasdaq 100 melalui spread betting. Anda akan membuka posisi long saat berspekulasi bahwa harga tersebut akan naik dan membuka posisi start ketika berspekulasi bahwa harga tersebut akan turun. Spread betting merupakan produk yang menggunakan leverage sehingga memungkinkan anda untuk melakukan transfer dengan nilai yang lebih besar. Anda hanya perlu menyetorkan sejumlah dana dari nilai transaksi anda dan hal ini dikenal sebagai  margin dalam trading.

Walaupun leverage bisa meningkatkan keuntungan namun ini juga bisa meningkatkan kerugian anda. Hal ini dikarenakan total keuntungan atau kerugian ketika trading menggunakan leverage akan ditentukan oleh ukuran transaksi yang sebenarnya, maka bukan jumlah Margin yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi tersebut.

Investasi Nasdaq 100

Nasdaq 100

Tujuan dari investasi Nasdaq 100 untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga tersebut. Walaupun anda tidak bisa berinvestasi langsung di Index Nasdaq 100, namun anda bisa berinvestasi melalui ETF dan saham perusahaan yang masuk ke dalam indeks tersebut.

Jika Anda memilih untuk berinvestasi maka anda perlu menyediakan modal dengan jumlah yang sama dengan nilai investasi. Hal ini karena tidak tersedia referensi untuk posisi investasi. Namun jika anda berinvestasi di saham Amerika lewat salah satu broker, seperti Admiral market maka anda bisa melakukan transaksi tanpa dikenakan komisi apapun. 

Investasi ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin mencoba menanam modal dengan perusahaan-perusahaan asing Amerika. Investasi memang masih menjadi pilihan beberapa orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk itu, coba berbagai cara lain mendapatkan penghasilan tambahan seperti menjalankan bisnis. Bisnis ukm yang sedang berkembang saat ini bisa jadi peluang yang menjanjikan. 

Salah satu hal yang mendukung aspek pengembangan bisnis adalah modal. Anda bisa mendapatkan modal lewat pinjaman beragunan properti dari Lancar by Danamas. Lancar by Danamas bisa jadi solusi modal usaha dengan pinjaman mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar yang bisa Anda cicil mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun