contoh-rencana-operasional-bisnis-plan

Siapapun yang memiliki bisnis pasti ingin mendapatkan keuntungan, kini hingga masa yang akan datang. Salah satu caranya agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar adalah dengan membuat rencana operasional. Contoh rencana operasional bisnis plan yang baik bisa anda tiru, untuk membantu dan menguraikan tujuan serta langkah-langkah kedepannya. 

Rencana operasional juga bisa digunakan untuk mendapatkan peluang bisnis. Cara ini bisa dipakai guna menentukan dan menyelesaikan tugas serta tanggung jawab karyawan untuk membantu memenuhi kebutuhan tujuan tersebut. Pada artikel ini akan ada contoh rencana operasional bisnis plan yang bisa mendukung kemajuan usaha anda. Rencana operasional dengan membuat bisnis plan ini bisa membantu pengusaha pemula untuk lebih baik dalam menyusun perencanaan bisnisnya melalui business plan.

Untuk lebih memudahkan anda, di bawah ini akan disajikan contoh rencana operasional bisnis plan yang bisa diikuti oleh pemula sekalipun. Tentunya anda bisa menyesuaikan dengan bisnis yang sedang anda kelola atau miliki. Yuk simak ulasannya lebih rinci!

Apa Itu Rencana Operasional?

Rencana operasional adalah rencana yang berorientasi pada detail serta spesifik dan mampu mendefinisikan Bagaimana sebuah tim berkontribusi untuk mencapai tujuan perusahaan. Melalui rencana operasional Anda bisa menguraikan tugas dan tanggung jawab setiap harinya oleh karyawan dan manajer. Selain itu hal ini juga membantu tim Anda untuk memahami dengan cermat dan tepat apa saja yang perlu dilakukan setiap harinya dan berapa lama, Sehingga anda Bisa mencapai tujuan dengan lebih terarah.

Sebuah rencana operasional perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti berikut ini:

  • Apa strategi atau tugas yang perlu diselesaikan?
  • Siapakah individu yang bertanggung jawab atas tugas dan strategi tersebut? 
  • Kapan setiap tugas dan strategi perlu diselesaikan.
  • Mengapa rencana operasional itu penting?

Rencana operasional sangat penting untuk melihat pengaruh operasional Anda pada pekerjaan bisnis secara real-time anda perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk menjalankan strategi utama anda.

Dengan adanya rencana operasional juga bisa membantu anda untuk mengidentifikasikan area yang tidak menghasilkan pendapatan yang cukup sehingga bisa saja menyebabkan kerugian. Untuk itu dengan adanya rencana operasional maka anda nantinya bisa merumuskan sebuah perubahan yang mungkin saja diperlukan. Rencana operasional bisnis bisa memainkan peranan penting dalam sebuah pemangku kepentingan utama seperti manajemen atau anggota dewan. 

Maka, dengan rencana operasional maka setiap orang perlu diselaraskan dengan misi dan visi perusahaan risiko tujuan hingga kebutuhan perekrutan. Tak hanya itu, produksi keuangan dan Key Performance Indicator juga sangat dibutuhkan. Dengan adanya rencana operasional, Anda dan apartemen bisa lebih fokus pada kontribusi setiap staf dalam menyatukan semua anggotanya.

Ada dua kegiatan dalam sebuah perencanaan dalam menjalankan bisnis yaitu strategi planning dan operational plan. Strategic plan umumnya dikerjakan oleh pihak manajemen level atas dan membahas berbagai hal yang berkaitan Dengan perusahaan dalam jangka waktu yang panjang seperti misi untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Sedangkan operasional plan biasanya dikerjakan oleh pihak manajemen level rendah yang bertujuan untuk mendukung strategi plan berhasil dalam jangka waktu yang lebih singkat.

Perbedaan Strategi Planning Dan Operational Plan

Masih ada orang yang bingung membedakan strategi planning dan operational plan. Apalagi bagi anda yang masih baru terjun ke dunia bisnis, sebaiknya membaca penjelasan tentang perbedaan keduanya. Berikut adalah ulasannya:

Strategic PlanOperational Plan
Strategi plan membahas berbagai proses manajemen dalam perusahaan secara umumOperational plan membahas secara detail rancangan dari strategic plan
Perencanaan yang dibuat berlangsung untuk jangka yang panjangPerencanaan yang dibuat berlangsung untuk jangka pendek
Strategic planning statis Operational plan bersifat dinamis dan bisa berubah tiap tahunnya
Strategi plan dijalankan oleh berbagai pemegang kepentingan pada sebuah organisasiOperational plan hanya orang yang berbeda dalam sebuah divisi Pada sebuah perusahaan yang bertanggung jawab atas keberlangsungan operational plan
Strategic plan dibuat oleh pihak manajemen tingkat atas dan didukung oleh operasional dari pihak manajemen tingkat bawahDibuat dan dijalankan oleh pihak manajemen tingkat bawah dan umumnya satu divisi untuk mendukung strategic plan dari manajemen tingkat atas

Isi dari Rencana operasional bisnis plan sebagai berikut ini:

  • Kegiatan yang ingin disampaikan
  • Tujuan yang jelas
  • Standar kualitas
  • Hasil yang diinginkan
  • Persyaratan kepegawaian dan sumber daya
  • Proses untuk memantau kemajuan
  • Jadwal pelaksanaan

Tujuan Rencana Operasional

Tujuan rencana operasional berlaku untuk suatu departemen, bukan untuk keseluruhan perusahaan. Walaupun mungkin ada tumpang tindih antar departemen. Departemen yang besar, bisa memerlukan beberapa rencana operasional.

Rencana operasional bisa digunakan untuk mencapai tujuan dalam jangka pendek (umumnya tahun fiskal berikutnya). Anda bisa menguraikannya di rencana operasional perusahaan. Karena memang di sisi lain rencana operasional bisa menggambarkan dengan jelas dan menugaskan kegiatan tiap harinya pada karyawan dan manajer agar bisa memenuhi tujuan strategis jangka panjang. 

5 Manfaat Rencana Operasional Bisnis Plan

Apa manfaat membuat rencana operasional bisnis plan? kenapa pengusaha perlu membuatnya? Bagi anda yang masih bertanya-tanya tentang manfaat rencana operasional, bisa simak poin-poinnya di bawah ini. Yuk baca rinciannya!

  1. Menjelaskan dari mana sumber daya tersebut dibutuhkan
  2. Bagaimana cara menggunakan sumber daya secara efisien
  3. Mendefinisi secara jelas  tentang persyaratan sumber daya yang paling penting
  4. Mengurangi risiko jika memungkinkan dan menyiapkan rencana selanjutnya
  5. Memikirkan masa depan proyek atau bisnis

Langkah-Langkah Membuat Rencana Operasional Bisnis Plan

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan membuat rencana operasional bisnis plan. Walaupun terlihat ribet, tapi ternyata tidak terlalu sulit jika anda mengikuti langkah di bawah. Rencana operasional perlu membahas beberapa hal yang mencakup pertanyaan berikut ini:

  • Who

Untuk bisa membuat contoh rencana operasional bisnis plan maka anda perlu mengetahui kepada siapa rencana tersebut ditujukan. Pihak yang ditunjuk dalam hal ini bertanggung jawab atas selesainya sebuah proses dalam pengoperasian rencana bisnis.

  • How much

Berapa banyak sumber daya yang ingin dikeluarkan. Hal ini dikarenakan setiap prosesnya memerlukan sumber daya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Poin ini dipakai untuk menghindari sebuah proses dalam penggunaan sumber daya yang terlalu banyak yang bisa mengakibatkan kerugian sebuah perusahaan. 

  • When

Komponen ini menentukan batasan waktu seputar pelaksanaan dari proses pada operational Plan. Tujuan dari batas waktu ini adalah untuk menentukan target bagi pelaku proses sehingga bisa selesai tepat waktu dan bermanfaat bagi proses lainnya.

  • What

Unsur dari rencana operasional bisnis plan ini bisa menentukan indikator apa sehingga sebuah proses dalam operasional plan dikatakan berhasil dan mencapai tujuan yang diharapkan. 

Contoh Rencana Operasional Bisnis Plan

Dalam pembuatan rencana operasional bisa saja berbeda-beda tergantung dari ukuran dan skala tujuan perusahaan yang anda miliki atau kelola. Bisa saja perusahaan lain fokus di satu kinerja departemen tertentu saja, sedangkan rencana anda membahas beberapa komponen yang berbeda. Berikut adalah contoh rencana operasional bisnis plan:

Arina Gardening memiliki tujuan ingin meningkatkan produktivitas dalam toko sebesar 40% dalam kurun waktu 12 bulan ke depan. Agar bisa memenuhi target tersebut, Arina membuat rencana operasi seperti ini:

  • Tujuan : meningkatkan produktivitas dalam toko sebesar 40%
  • Tenggat waktu : 12 bulan
  • Sumber daya yang dibutuhkan : pelatihan dan pengembangan layanan pelanggan dan sistem operasi komputer yang diperbaharui.
  • Tugas : mempelajari dan memperbaiki cara menyapa pelanggan dengan senyum dan ramah, mempelajari penggunaan operasi komputer yang sudah diperbaharui, memahami harapan sehari-hari dan mengidentifikasi strategi untuk meningkatkan fokus.

a. Contoh Rencana Strategis dan Rencana Operasional Bisnis Plan

Rencana strategis perusahaan dibedakan sesuai kegunaan produk atau jasa yang dijual/ditawarkan. Persamaannya ada pada tingkat kelugasan perusahaan dalam menerapkan rencana strategis agar diterima oleh masyarakat. Berikut contoh rencana strategis dan contoh rencana operasional bisnis plan:

  1. Rencana Strategis Perusahaan Mie Instan – Arina Noodle

Hampir semua orang sangat menyukai mie instan. Mie instan masih menjadi andalan masyarakat yang ingin menyantap makanan cepat saji. Saat ini makin banyak bermunculan merk dan rasa dari mie instan, maka rencana strategis harus dibuat: 

  • Visi

Saat dalam keadaan terdesak, mie instan masih sering menjadi pilihan masyarakat, apalagi perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1992, sehingga penikmatnya sudah tersebar di seluruh dunia. Rasanya juga lezat dan mengenyangkan.

  • Misi

Berperan sebagai makanan cepat saji yang digandrungi berbagai usia, Arina Noodle mengutamakan kualitas dan rasanya. Seiring berkembangnya selera masyarakat, perusahaan menciptakan berbagai macam rasa jadi konsumen bisa memilih sesuai selera. Apalagi harganya juga terjangkau dan sudah dilengkapi sayuran kering agar lebih menunjang takaran gizi.

  1. Rencana Operasional Bisnis Plan Perusahaan Mie Instan – Arina Noodle

Arina Noodle memiliki tujuan untuk meningkatkan produksi > 50% dalam waktu 1 tahun. Agar bisa memenuhi target tersebut, Arina Noodle akan mulai melakukan pengembangan rencana strategis dengan bahasan komponen pemasaran, penjualan dan operasional.

Dengan memakai rencana strategis tersebut untuk menginfokan keputusannya Arina Noodle akan membuat rencana operasi yang meliputi strategi manufaktur, logistik dan keuangan untuk mencapai tujuan di atas tadi.

4 Komponen Utama Dari Rencana Operasional

Ada beberapa komponen utama dari rencana operasional yang wajib anda ketahui. Komponen utama dari rencana operasional yang lengkap meliputi beberapa hal seperti berikut ini. Pastikan anda sudah memenuhi dan memiliki semua poinnya.

  • Modal usaha dan keterampilan: Kedua aspek ini dibutuhkan untuk bisa melaksanakan proyek dan sumber daya yang potensial.
  • Persyaratan keuangan: Pendanaan yang dibutuhkan untuk melaksanakan proyek dan sumber dana saat ini juga potensi dari dana tersebut.
  • Risiko: Risiko apa yang akan datang dan bagaimana cara mereka mengatasi hal tersebut.
  • Perkiraan umur proyek dan strategi berkelanjutan: Jangka waktu proyek, kapan dan bagaimana akan keluar di proyek serta bagaimana akan menjamin keberlanjutan pencapaian proyek.

Dengan memiliki rencana operasional yang matang maka Anda pun bisa memiliki bisnis yang mampu berkembang pesat. Untuk itu, penting sekali Anda mengetahui cara dan contoh rencana operasional bisnis yang bisa diaplikasikan pada bisnis plan Anda. 

Baca juga: Pentingnya Strategi Content Marketing untuk Bisnis

Bangun Bisnis dengan Pendanaan Bisnis Berizin OJK!

Untuk mendukung rencana bisnis yang membutuhkan budget, maka salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendapatkan pendanaan usaha dari Danamas. Fintech lending berizin dan diawasi oleh OJK ini hadir dengan solusi pendanaan bisnis UMKM dengan nominal besar yaitu hingga Rp 2 miliar. Kemudahan mendapatkan pendanaan bisnis ini bisa Anda rasakan lewat pengajuan pinjaman beragunan properti di aplikasi Danamas.

Pinjaman online OJK bunga rendah 2021 ini bahkan menyediakan tenor mulai dari 1 sampai 10 tahun. Kini punya bisnis besar dengan keuntungan tinggi bukanlah angan semata. Bisnis anda akan cepat berekspansi dengan adanya suntikan angin segar dari Danamas. 

Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda