cara nabung buat bayar uang muka

Anda tentunya memiliki keinginan untuk membeli rumah, ruko, tanah, Atau bahkan ingin membeli kendaran atau upgrade kendaraan. Dalam membeli rumah, atau kendaraan pastinya akan ada biaya uang muka atau lebih dikenal dengan down payment atau DP. 

Bagaimana kamu mengumpulkan dana tersebut? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menabung pembayaran uang muka. Yuk disimak! 

Tips Menabung untuk Bayar DP

cara nabung buat bayar uang muka
  1. Mengatur Sejumlah Pengeluaran 

Anda dapat melakukan analisis pengeluaran agar dapat mengetahui pengeluaran apa saja yang selama ini telah berlangsung.  Misalnya dari pengeluaran non prioritas, seperti membeli pakaian, membeli gadget terbaru, hiburan, dan sebagainya.  Anda bisa menahan diri dan diharapkan dapat mengurangi jumlah pengeluaran agar dana untuk membayar uang muka lebih cepat terkumpul. 

  1. Memanfaatkan fitur Otomatisasi pada Bank

Saat Anda mendapatkan gaji bulanan, jangan langsung dihabiskan. Ada baiknya manfaatkan fitur otomatisasi pada bank pilihan Anda untuk menabung dana tersebut, pisahkan antara pos menabung dana pembayaran uang muka, dengan pos pengeluaran lainnya. Supaya Anda tidak ribet dan tidak lupa, maka Anda dapat memanfaatkan fitur tersebut sehingga tidak perlu repot untuk memasukan dana ke tabungan pembayaran uang muka. 

Baca juga:

Apa itu Tabungan Pensiun & Perhitungnya

Trik Kumpulkan Tabungan Pendidikan Anak sampai Kuliah

  1. Menyisihkan Dana dari Uang Ekstra

Anda dapat menyisihkan sebagian uang ekstra untuk ditabung, atau bahkan semuanya agar lebih cepat tercapai pengumpulan dana untuk membayar uang muka. Uang ekstra yang dimaksud dapat berasal dari berbagai sumber, misalnya seperti Bonus Tahunan, Uang Tunjangan Hari Raya, dan lain sebagainya. 

  1. Mencari Pekerjaan Tambahan 

Anda bisa mencari pekerjaan tambahan untuk mempercepat pengumpulan dana pembayaran uang muka. Misalnya dengan mencari pekerjaan tambahan sesuai dengan hobi yang Anda miliki seperti fotography, menulis, mengajar, atau bahkan membuka bisnis sampingan dan mengambil freelance. Selain melakukan hal yang Anda suka, Anda juga mendapatkan tambahan uang dan mengumpulkan uang muka lebih cepat. 

Anda membutuhkan dana tambahan untuk ekspansi bisnis, atau untuk keperluan biaya lainnya? Lancar by Danamas merupakan platform pinjaman beragunan properti yang bisa Anda ajukan dengan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Lancar by Danamas telah mendapatkan izin operasional dan telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keamanan, sehingga aman dan pengajuannya pun cepat. Anda dapat memanfaatkan simulasi pinjaman atau hitung properti melalui fitur yang telah kami sediakan. Yuk ajukan sekarang! 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b