phishing

Kejahatan online semakin marak, maka Anda diharapkan untuk selalu berhati-hati. Salah satu kejahatan online yang perlu diwaspadai adalah aktivitas phising. Phishing dapat membuat korban mengalami banyak kerugian seperti penipuan, dan juga pencurian data. Lantas apa yang dimaksud dengan phishing? Mari disimak! 

Apa Itu Phishing? 

Phishing merupakan upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan atau menipu calon korban. Biasanya data yang menjadi sasaran adalah data pribadi seperti nama, alamat, data finansial seperti informasi rekening, kartu kredit, dan lain sebagainya. Phising ini bertujuan untuk memancing agar target yang dituju memberikan informasi pribadi tanpa disadari, padahal informasi tersebut akan digunakan untuk tindakan kejahatan.

Biasanya pelaku phising akan menunjukkan diri seolah- olah sebagai pihak atau institusi yang berwenang. Mereka dapat menggunakan teknologi seperti website atau email palsu yang nampak meyakinkan untuk menyasar orang sehingga berhasil untuk dikelabui.  

Ciri – Ciri Phishing

phishing

Agar tidak sampai mengalami phising, berikut ini adalah ciri- cirinya yang perlu Anda waspadai: 

  1. Alamat Email tidak dikenal 

Pelaku phising biasanya jarang menggunakan link-link yang terpercaya. Oleh karena itu 

Jangan mengklik link ataupun email yang tidak biasa. Jika Anda menemukan alamat atau link yang mencurigakan segera blokir email tersebut. 

  1. Menggunakan Bahasa Asing

Bila sebelumnya Anda belum atau tidak pernah menerima email dengan berbahasa asing, maka sebaiknya berhati-hati. Ciri- cirinya yakni dengan ejaan dan tata bahasa yang digunakan tidak beraturan.

  1. Template Website Mirip Situs Resmi 

Salah satu ciri- ciri phishing adalah website mengatasnamakan situs resmi, dan didesain mirip namun informasi didalamnya mencurigakan. Jika Anda diminta untuk mengklik website dengan imbalan, maka jangan langsung mempercayai permintaan tersebut. 

  1. Website Mengeluarkan Peringatan Saat Diklik 

Mayoritas browser telah dilindungi oleh proteksi untuk mencegah phising dan malware. Oleh karena itu, saat mengunjungi website yang dicurigai phishing site, maka browser akan mengeluarkan peringatan keamanan. Bila browser tersebut mengeluarkan peringatan, maka segera tinggalkan situs tersebut. 

Jenis – Jenis Phishing 

phishing

Ada beberapa jenis phishing yang perlu Anda ketahui, yakni: 

  1. Deceptive Phishing

Merupakan penipuan dengan mengirimkan email atas nama lembaga untuk meminta korban melakukan beberapa aktivitas, misalnya verifikasi akun informasi, meminta username, mengubah kata sandi, dan lain sebagainya. Ada dua cara deceptive phising yang paling sering digunakan oleh oknum, yakni menyamar sebagai perwakilan dari lembaga resmi, dan yang kedua adalah berpura – pura menjadi lembaga dan memberikan situs berbahaya kepada korban.

  1. Smishing Phishing

Phishing jenis ini melalui SMS atau telepon untuk memperoleh informasi pribadi. Dalam smishing, oknum akan berusaha membuat korban untuk memberikan instrukis ke korban untuk melakukan hal yang merugikan, Anda hendaknya waspada dan jangan lengah apabila ada telepon atau SMS yang meminta menyebutkan nomor rekening, data diri dan sebagainya. 

  1. Spear Phishing

Dilakukan dengan mengirim email ke target tertentu. Email tersebut berisi tautan yang mengarahkan calon korban ke situs palsu (malware) atau disebut juga phishing site, tujuannya agar korban mengklik tautan dan oknum tersebut akan mencuri informasi pribadi korban. 

  1. Whale Phishing

Kejahatan yang ditujukan kepada seorang figur publik, memiliki kekuasaan, ataupun orang yang dikenal banyak orang. Cara yang dilakukan sama seperti spear phishing, namun lebih rapi yakni terorganisir dan dilakukan oleh sekelompok orang. 

Tips Menghindari Phishing 

phishing

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk terhindar dari Phishing, misalkan dengan:

  • Memeriksa Keamanan Gadget

Lakukan pemeriksaan keamanan menyeluruh di gadget Anda secara menyeluruh. Cek riwayat penggunaan aplikasi, penyimpanan informasi (file), dan juga suhu gadget.

Menggunakan kata sandi yang unik, dan lain sebagainya.

  • Mengakses Website dengan SSL

SSL merupakan Secure Socket Layer, yang dapat melindungi Anda dari bahaya Phishing. Cara membedakannya yakni, website dengan SSL protokol aksesnya.

Baca juga: Banking Adalah: Ini Perbedaan Internet & Mobile Banking

  • Tidak Mengikuti Perintah Email, Telepon, atau Pesan yang Mencurigakan 

Jangan mudah tergiur dengan email yang menawarkan hadiah. Mengabaikan seluruh email atau pesan teks yang mencurigakan dan jangan mengklik tautan yang mencurigakan. Jika dalam telepon oknum tersebut meminta data pribadi, maka sebaiknya diabaikan saja telponnya atau memblokir nomor tersebut. 

Lancar by Danamas merupakan platform pinjaman yang telah mendapatkan izin dari otoritas Jasa Keuangan dan berada dibawah naungan Sinarmas Group yang tentunya telah berkredibilitas dan juga aman. Pinjaman beragunan properti ini bisa Anda ajukan mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Segera ajukan pinjaman Anda melalui website Lancar by Danamas atau download aplikasinya melalui smartphone  

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b