bisnis mlm

Bisnis MLM ini menjadi salah satu bisnis yang banyak diincar oleh mereka ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Bisnis MLM tak hanya diikuti oleh mereka yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, tetapi juga banyak pekerja kantoran yang mencoba bekerja sampingan lewat MLM. Namun sayangnya beberapa orang masih melihat bisnis MLM sebagai salah satu usaha sampingan yang kurang menjanjikan, apakah iya? atau ada trik khusus saat anda ingin mencoba menjalankan bisnis MLM? Berikut ulasannya.

Apa Itu Bisnis MLM

Bisnis MLM adalah strategi pemasaran berjenjang ataupun berantai di mana penjual nyata hanya mendapatkan kompensasi atas penjualan yang dihasilkan tetapi juga mendapatkan komisi atas hasil penjualan sales lain yang mereka rekrut.

Bisnis MLM dikenal juga sebagai sistem bisnis piramida pada penjualannya. Dalam sistem ini ada anggota lain atau downline yaitu saat orang melakukan penjualan produk sesuai dengan urutan rekrut atau pendaftaran. Pada anggota lain maka anda diharuskan mencari anggota downline sebanyak-banyaknya agar mendapatkan bonus dan penghasilan yang berlimpah. Sedangkan pada anggota daun lain adalah tenaga penjual yang direkrut oleh anggota upline.

Cara Kerja Bisnis MLM 

bisnis mlm

Bagi Anda yang ikut bisnis MLM maka nantinya akan mendapatkan sponsor dari seorang distributor perusahaan MLM terlebih dahulu. Sponsor yang anda dapatkan berasal dari distributor distributor yang sudah bergabung ke dalam bisnis MLM tersebut. Tugas anda bisa membantu menjual semua produk perusahaan bisnis MLM dan mencari orang untuk ikut bergabung kedalam MLM tersebut. Saat Anda mendapatkan mitra bisnis baru dan mereka tertarik untuk menjadi distributor makan nantinya akan terbentuk jaringan yang sangat luas.

  • Terdapat Uang Pendaftaran

Jika anda ingin menjadi anggota atau distributor pada bisnis MLM biasanya anda perlu mengenali uang pendaftaran yang sudah ditetapkan oleh perusahaan tersebut. Nantinya uang tersebut akan diserahkan ke stokis paling dekat. Setelah melakukan pembayaran maka anda pun sudah resmi menjadi distributor baru yang memiliki fasilitas seperti kartu anggota bukupedoman dan lain-lain.

  • Tanda Tangan Kontrak Perjanjian Antara Distributor Dan Perusahaan

Selanjutnya anda perlu menandatangani perjanjian yang sudah ditetapkan bahwa seorang distributor harus mematuhi atas segala peraturan yang ada. Lalu perusahaan juga perlu menyediakan produk yang sesuai teratur dalam memberi komisi dan bonus sesuai yang sudah dijanjikan. Sangat berhak mendapatkan harga produk khusus ataupun harga grosir.

  • Melaksanakan  Adanya Aktivitas Penjualan Produk

Kini saatnya distributor untuk langsung terjun ke lokasi untuk menjual produk kepada konsumen dengan metode apapun. Saat menjual maka distributor pun juga harus sabar dalam memberikan informasi terkait produk perusahaan manfaat dan keunggulan dari produk bisnis MLM tersebut sehingga calon konsumen bisa tertarik untuk membeli dan ikut bergabung.

  •  Mengembangkan Jaringan Seluas Mungkin

Strategi dalam menjelajahi pasar MLM adalah dengan memiliki jaringan yang luas. Bila anda adalah seorang distributor maka jaringan yang luas tentu anda butuhkan Sehingga anda akan mendapatkan member baru yang tentu mendatangkan keuntungan bagi anda.

Tips Memilih MLM 

  • Sudah Terdaftar di APLI

Pastikan anda memilih perusahaan untuk bisnis MLM yang sudah terdaftar di asosiasi penjualan langsung Indonesia atau apli. asosiasi tersebut adalah lembaga yang terdiri dari perusahaan MLM di mana di dalamnya ada aturan dan kode etik khusus untuk bisnis MLM. Apa ini juga mewajibkan semua perusahaan MLM untuk ikut bergabung di dalamnya dan mendapatkan sertifikasi terlebih dahulu. 

  • Badan Hukum Yang Jelas

Tips dalam memilih bisnis MLM adalah memilih perusahaan yang memiliki badan hukum yang jelas artinya harus berbentuk PT dan memiliki NPWP serta SIUPL. Tanpa adanya badan hukum yang jelas maka sebaiknya jangan langsung bergabung dengan bisnis MLM tersebut.

  • Produk Yang Beragam

Ada berbagai jenis produk yang beragam dalam perusahaan MLM itu tentu akan menjadi keuntungan bagi anda. Anda bisa dengan mudah mendapatkan downline dan jika mendapatkan downline maka ini artinya anda bisa memiliki banyak kesempatan untuk upline lain dengan pendapatan tinggi dan lebih besar.

  • Upline Mau Membantu Downline Untuk Berkembang

Salah satu perwujudan atas suksesnya perusahaan MLM adalah di mana terdapat budaya lain mau membantu dan lainnya agar terus berkembang. Anda perlu melihat bagaimana para apelin memperlakukan domain untuk menggerakan bisnisnya. Jika para upline tersebut tidak aktif dan hanya mengandalkan downline maka sebaiknya jangan memilih perusahaan MLM tersebut. Hal ini hanya membuat anda sebagai downline Selamanya tanpa bisa berkembang dan aktif.

  • Apakah Perusahaan MLM Diterima Di Pasar Nasional?

Cara lainnya adalah dengan melihat apakah perusahaan MLM tersebut diterima di pasar nasional. Untuk bisa berhasil dalam bisnis MLM maka anda perlu memilih perusahaan yang memiliki skala nasional yang bisa diterima oleh masyarakat. Dengan begitu anda pun bisa dengan mudah masuk ke dalam pasar.

  • Harga Produk Yang Masuk Akal

Anda juga perlu mencermati harga produk pada bisnis MLM tersebut. Jika sebuah bisnis MLM menjual menjual harga jauh lebih mahal dari kualitas di pasaran maka anda perlu Waspada. Bisnis MLM yang baik biasanya penghasilan para membernya bukanlah dipatok dari harga produk namun dari jumlah pembeli barang yang banyak karena konsumen yang puas dengan produknya.

5 Perusahaan bisnis MLM Populer

bisnis mlm
  • Oriflame

Oriflame adalah perusahaan kosmetik dari Swedia yang sudah ada sejak tahun 1967 dan menetapkan sistem bisnis MLM. Sudah memiliki jaringan lebih dari 60 negara dengan omzet sebesar 1,5 miliar dolar Amerika. Oriflame memiliki 30 juta anggota yang berperan sebagai tenaga kerja untuk menjual atau mempromosikan produk kecantikan mereka.

  •  Tupperware

Tupperware adalah perusahaan yang menerapkan sistem bisnis MLM yang berpusat di Orlando, Amerika Serikat. Sejak tahun 1950 and Tupperware sudah menjadi perusahaan besar dan menerapkan sistem penjualan produk dengan potongan harga jika konsumen menjadi member Tupperware.

  •  Herbalife Nutrition

Herbalife juga salah satu perusahaan MLM yang yang cukup populer di Indonesia. Perusahaan Herbalife bergerak di bidang nutrisi serta white manajemen dengan berbagai macam suplemen nutrisi untuk perawatan tubuh dan kulit. Herbalife Nutrition didirikan pada tahun 1980 di Los Angeles Amerika dan sudah beroperasi di 90 negara.

  • Young living

Young living adalah brand essential oil atau aroma terapi yang menerapkan sistem MLM dalam proses pemasaran nya. Yang terkenal sebagai produk essential oil aromaterapi yang diklaim dapat meningkatkan kondisi kesehatan secara psychologist lewat minyak atsiri. Yang sudah ada sejak tahun 1993 dan menawarkan berbagai produk minyak esensial yang bermanfaat.

  • Jafra

Jafra memiliki skema kemitraan dengan mendaftar Lewat agen distributor atau bisa langsung mendatangi kantor resmi Jafra. Jafra memulai bisnis MLM dan kini berkembang pesat di Indonesia menjual berbagai produk kosmetik dan kecantikan. 

Apapun pilihan Anda dalam berbisnis, pastikan yang Anda lakukan aman termasuk saat memilih perusahaan bisnis MLM. Begitu juga saat memilih fintech lending yang aman penting untuk keberlangsungan bisnis Anda. Salah satunya adalah Danamas yang hadir dengan pendanaan bisnis mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar yang bisa Anda dapatkan lewat pinjaman agunan properti. Suku bunga yang ringan dan biaya administrasi yang rendah tentu ini yang Anda cari. Ajukan segera pendanaan bisnis dari Danamas sekarang!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda