sales tracking tools

Jika Anda ingin sukses bekerja di bidang sales, maka tentunya harus memiliki kemampuan atau skill yang diperlukan dalam bidang sales, salah satunya adalah memanfaatkan sales tools. Sales tools merupakan salah satu hal yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan aspirasi pelanggan. Apa itu sales tracking tools dan apa saja fungsinya? Simak dalam artikel berikut ini! 

Apa itu Sales Tracking Tools? 

Sama seperti bidang lainnya, bidang sales juga tentunya membutuhkan alat untuk menunjang pekerjaannya.Sales tracking tools merupakan sebuah alat atau sistem yang mendata keseluruhan interaksi dengan calon pelanggan, mulai dari chat dan panggilan telepon, tahap calon pelanggan melewati sales funnel, hingga menjadi pelanggan.

Penggunaan sales tracking tools ini memudahkan Anda untuk memahami efektivitas bisnis funnel sehingga memperoleh gambaran mengenai proses calon pelanggan dengan bisnis Anda berdasarkan data sales yang terinput.

Cara Kerja Sales Tracking Tools 

sales tracking tools

Setelah Anda mengetahui pengertian dari sales tracking tools, maka selanjutnya adalah untuk memahami cara kerja sales tracking tools:

  • Mengidentifikasikan target audience yang dituju, baik dari segi usia, jenis kelamin, lingkungan sosial , dan lainnya.  
  • Mengidentifikasikan sumber audience dengan cara meninjau platform yang sering digunakan audience baik online maupun secara offline.
  • Mengidentifikasikan cara customer dapat tertarik dengan bisnis Anda melalui email marketing, konten media sosial. 
  • Menemukan metric yang diukur secara konsisten misalkan, jumlah traffic web, rata- rata yang diperlukan prospek untuk menjadi customer. 

Manfaat Sales Tracking Tools untuk UKM 

Berikut ini adalah manfaat yang didapat jika Anda sebagai pemilik UKM memanfaatkan sales tracking tools, yakni

  1. Dapat Melacak Waktu Penjualan 

Dengan menggunakan sales tracking tools maka, UKM dapat melihat kembali transaksi mereka di masa lalu, informasi tersebut dapat membantu bisnis melihat apa saja yang efisien dan apa yang perlu dilakukan untuk pertumbuhan bisnis. 

  1. Membantu Memonitor Sales Lapangan 

Setiap agen sales yang harus bekerja di luar lapangan dan harus mencatat secara manual tentunya akan memakan waktu. Dengan sales tracking tools maka dapat lebih efisien dan cepat. 

  1. Mengukur Kinerja Pegawai

Dengan adanya tools yang tepat maka dapat membantu mengukur kinerja sales, tidak hanya dari KPI dan target namun juga layanan yang diberikan kepada klien dan sebagai bentuk informasi dari performance review berdasarkan data- data yang diambil dari tools 

  1. Melacak Keberhasilan Bisnis

Dengan sales tracking tools, maka dapat menunjukkan performa sebuah bisnis, misalnya dengan tools Advotics, sebuah bisnis dapat diketahui tingkat keberhasilan upaya yang telah dilakukan sehingga pengusaha UKM memiliki gambar mengenai prospek yang harus dilakukan kedepannya. 

Aplikasi Sales Tracking Tools 

sales tracking tools

Berikut ini adalah beberapa sales tracking tools yang bisa Anda coba, misalnya seperti: 

  1. Software CRM 

Merupakan sales tools yang sering digunakan, software CRM ini merupakan sistem yang digunakan untuk mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan.

  1. Sales Intelligence

Mengacu pada berbagai teknologi yang dapat membantu staf penjualan untuk menemukan, memantau, dan memahami tentang prospek dari client perusahaan. 

  1. Sales Analytic

Di era big data ini, sales analytics menjadi bagian penting untuk membuat laporan. Software ini memungkinkan tim penjualan untuk mengakses data secara sistematis. 

  1. Video Conferencing Software

Membantu tim penjualan dalam mengurangi gangguan komunikasi. Cocok untuk remote worker, calon client, atau kepentingan lainnya.

  1. Account Based Marketing Software (ABM) 

Software ini menawarkan layanan untuk mengotomatiskan dan mengurangi proses dalam identifikasi prospek. Software ini membantu perusahaan untuk membuat buying journey yang telah dipersonalisasi, meningkatkan customer loyalty, dan membangun peluang baru dalam bentuk akun in- pipeline. 

  1. Customer Service Software

Mengelola komunikasi inbound dan outbound pada berbagai saluran. Dan memudahkan tim sales memecahkan masalah pelanggan melalui platform seperti helpdesk, live chat customer service. 

Lancar by Danamas merupakan platform pinjaman online yang dapat memudahkan Anda mendapatkan tambahan modal usaha mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Dengan agunan properti, buat usaha Anda menjadi lebih berkembang! Daftar sekarang juga dan ajukan pinjaman Anda! 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda