tabungan traveling

Untuk bisa travelling mungkin membutuhkan biaya yang cukup hingga terpenuhi. Biaya bisa terkumpul dengan banyak dan cepat tentu dipengaruhi oleh berbagai faktor. Beberapa orang perlu membuat tabungan travelling karena merasa bahwa traveling adalah salah satu tujuan finansial mereka seperti halnya tabungan untuk dana pendidikan dana pensiun dan lain-lain. Jika anda berencana untuk melakukan travelling ke destinasi yang sekiranya membutuhkan budget yang cukup banyak maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti berikut ini:

tabungan traveling

Tips Kumpulkan Tabungan Traveling

  • Tentukan Destinasi Liburan

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menentukan destinasi liburan. Hal ini karena setiap destinasi liburan memiliki budget yang berbeda. anda perlu mencari informasi tentang tempat tujuan tersebut lalu buatlah perkiraan anggaran liburan yang dibutuhkan. Dengan membuat rincian alokasi biaya liburan maka anda pun bisa mulai untuk menabung sesuai dengan budget yang sudah diperhitungkan.

  • Buat Rekening Khusus Liburan

Setelah menentukan destinasi liburan kini saatnya anda untuk menentukan anggaran liburan. Agar lebih fokus dalam membuat tabungan travelling, maka Anda perlu membuat rekening khusus liburan dan pasang estimasi waktu pengumpulan dana. Dengan memiliki rekening tabungan yang berbeda dengan tabungan pribadi maka anda bisa lebih fokus dalam mengumpulkan uang untuk travelling.

  • Sisihkan 10% Gaji

Setelah anda menentukan dana atau biaya yang dibutuhkan untuk travelling kini saatnya untuk memperkirakan rencana alokasi gaji untuk tabungan traveling. Idealnya Anda bisa menyisihkan 10% gaji khusus tabungan, dengan membuat target menabung yang pasti. Namun anda juga masih bisa menyesuaikan kemampuan financial jika seandainya 10% dari gaji terlalu besar untuk tabungan Travelling

Baca juga: Trik Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan

  • Biasakan Belanja Cerdas Dan Hemat

Jika anda serius untuk mengumpulkan dana atau tabungan travelling maka anda perlu berhemat dan menyisihkan uang. Mulailah untuk memangkas biaya-biaya yang tidak penting dan cukup keluarkan uang untuk kebutuhan pokok sehari-hari yang memang menjadi kebutuhan anda.

  •  Optimalkan Sumber Pemasukan Tambahan

Anda perlu menyisihkan gaji untuk tabungan khusus traveling serta mengoptimalkan pemasukan tambahan. Dengan mendapat lewat aktif aktivitas Freelance yang bisa menghasilkan uang. Salah satu cara untuk optimalkan sumber pendapatan tambahan adalah dengan membangun dan mengembangkan bisnis. Bisnis umkm bisa semakin besar dengan dukungan modal usaha yang cukup. Salah satu fintech lending yang bisa Anda percaya karena sudah berizin OJK adalah lancar by Danamas. Anda bisa dapatkan modal usaha hingga Rp 2 miliar dan nikmati kemudahan aksesnya lewat aplikasinya di smartphone Anda dengan pengajuan yang cepat.

  • Investasi Untuk Liburan

Agar target dana liburan cepat tercapai maka anda bisa memanfaatkan instrumen investasi seperti deposito, Reksadana, peer to peer lending, dan lain-lain. Dengan berinvestasi maka bukan tidak mungkin tabungan travelling anda pun akan lebih cepat terkumpul.

tabungan traveling
  • Manfaatkan Tabungan Berjangka

Anda bisa memanfaatkan program tabungan berjangka untuk tabungan travelling. Dengan program tabungan berjangka maka secara otomatis pendapatan anda akan di debit dan dipindahkan ke tabungan berjangka milik anda. Selain itu tabungan berjangka juga sudah ditentukan waktunya sehingga anda tidak lagi punya alasan untuk tidak menabung.

  • Hindari Biaya Subscription Atau Membership

Kini di era digital ada banyak sekali platform yang menawarkan subscription atau membership seperti platform musik dan film. Walaupun tidak terbilang besar namun biaya subscription per bulan cukup menguras pendapatan anda. Untuk itu mulai sekarang sebaiknya hindari biaya membership atau subscription agar dana tabungan travelling Anda tersebut terkumpul secara cepat.

  • Beli Perlengkapan Sedang Promo Atau Diskon

Saat melakukan travelling maka anda akan membutuhkan beberapa peralatan untuk memfasilitasi liburan Anda seperti saat traveling ke daerah yang dingin tentu anda akan membutuhkan jaket yang tebal, mantel topi, dan lain sebagainya. Perlengkapan ini bisa disesuaikan lagi dengan pendapatan anda namun tetap memenuhi tabungan untuk travelling.

  • Menabung Secara Konsisten

Untuk tidak akan terkumpul jika anda tidak melakukannya secara disiplin dan konsisten. Tidak masalah seberapa banyak dana yang anda tabung tiap harinya atau tiap bulannya asal anda bisa konsisten dalam menabung.

  • Tingkatkan Motivasi Menabung

Anda perlu meningkatkan motivasi menabung dan menghindari godaan yang mungkin saja datang untuk Anda mengeluarkan uang sehingga tabungan anda tidak berkumpul di waktu yang tepat. Berbagai cara bisa anda lakukan untuk meningkatkan motivasi menabung seperti mencetak foto tempat liburan yang ingin anda tuju atau melihat foto-foto tersebut di handphone dan cara-cara lain yang mungkin berhasil untuk diri Anda.

  • Kumpulkan Uang Receh

Saat anda memiliki uang receh maka kumpulkan juga uang receh tersebut karena ini juga bisa menambah tabungan travelling anda. Bisa dibayangkan jika uang receh yang anda terima setiap harinya dari uang kembalian bisa terkumpul banyak di tabungan dana liburan anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b