Meminjamkan uang

meminjam uang memang kadang menjadi opsi yang tidak bisa dihindari. Tak jarang banyak orang yang meminta pertolongan kepada teman atau keluarga untuk meminjam uang. Namun, ada kalanya orang yang dipinjamkan uangnya bisa saja lupa untuk membayar, dan Anda tidak enak untuk menagihnya. 

Hutang memang bisa menjadi salah satu akar rusaknya persahabatan, untuk itu ada pertimbangan penting sebelum meminjamkan uang. Yuk simak dalam artikel berikut ini. 

Meminjamkan uang

Hal Penting Sebelum Meminjamkan Uang

  1. Tanyakan Alasan untuk Apa

Jika Anda dihubungi untuk dipinjamkan uang, maka hal yang harus Anda lakukan adalah bertanya, untuk apakah uang itu digunakan? Hal ini bertujuan untuk memahami motif dibalik niatnya berhutang, apakah memang untuk kebutuhan yang sangat penting dan mendesak atau untuk keperluan lainnya. 

  1. Minta Waktu untuk Berpikir

Setelah Anda mengetahui motif atau tujuan berhutangnya, maka meminta waktu darinya untuk berpikir misal memberikan jawaban dalam 24 jam. Dengan melakukan ini Anda bisa berpikir lebih objektif dan jernih, dan bila memang Anda ingin menolak, Anda bisa memberikan alasan yang logis dan kuat.

  1. Menjelaskan Kondisi Keuangan  

Bila Anda tidak dapat meminjamkan uang, maka Anda dapat memberikan penjelasan dan alasan mengapa Anda menolak meminjamkan uang. Dengan adanya alasan yang logis, mungkin teman atau kerabatmu bisa memahami bahwa Anda belum bisa membantunya. 

  1. Beri Alternatif Solusi

Jika Anda ingin menolak, mungkin bisa memberikan alternatif solusi selain meminjamkan uang dari Anda. misalnya membantu teman Anda menjual barang bekasnya. 

  1. Jangan Memberikan Janji 

Apabila kondisi keuangan Anda sendiri tidak baik, maka jangan memberikan janji untuk memberikan pinjaman. Hal ini akan menjadi bumerang bagi Anda sendiri dan juga bagi teman Anda yang ingin berhutang. 

  1. Hindari Rasa Bersalah

Jika Anda merasa tidak menjadi teman yang baik, atau tidak enak hati dengan tidak bisa menolongnya dengan memberi pinjaman uang. Sebaiknya jangan berpikir demikian. Memaksakan diri untuk menolong meski tidak mampu akan memicu masalah baru bagi kondisi keuanganmu. 

Bila ingin mengembangkan usaha, dan membutuhkan tambahan modal, Lancar by Danamas bisa menjadi solusi yang tepat untuk permasalahan Anda. Pinjaman beragunan yang telah mendapatkan izin operasional dan diawasi oleh OJK ini tentunya aman dan terpercaya. Dengan pinjaman beragunan properti, Anda dapat mengajukan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar dengan tenor yang panjang. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b