kedai kopi

Kedai kopi ini banyak sekali diincar oleh beberapa pengusaha yang sudah melintang di dunia bisnis maupun pemula. Bisnis kedai kopi kekinian memang menjadi hits belakangan ini terlebih lagi ada salah satu brand yang cukup menarik minat anak muda hingga kini menjadi salah satu itu perusahaan Unicorn di Indonesia. Jika anda berencana untuk memiliki kedai kopi maka ada beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai berikut ini:

Tips Bisnis Kedai Kopi

  • Siapkan Konsep Bisnis Usaha Warung Kopi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat bisnis plan khusus untuk kedai kopi. Buatlah beberapa rincian pertanyaan yang perlu Anda jawab sendiri seperti apa tujuan anda untuk membuka kedai kopi, apakah ada keunikan dari kedai kopi anda, siapa kompetitor kedai kopi, Anda hingga target market yang anda tuju. Setelah itu Anda bisa masuk ke dalam perhitungan yaitu dengan perkiraan modal kedai kopi juga keuntungannya. Jangan lupa untuk menyiapkan langkah-langkah sederhana tentang operasional usaha anda dan bagaimana mempromosikan.

  • Tentukan Target Market Kedai Kopi

Seperti bisnis lainnya Anda juga perlu menentukan siapa target market anda. Ketika anda sudah mengetahui target market maka kini Anda bisa menentukan bagaimana konsep ruang dari usaha anda serta menghitung anggaran yang perlu dipersiapkan. Sebagai contoh jika kedai kopi anda memiliki target anak muda khususnya kaum milenial maka anda juga bisa melengkapi menu kopi kekinian dengan beberapa pilihan pastry and bread dengan suasana yang hangat namun dinamis.

Contoh lainnya adalah saat target market anda adalah orang-orang orang yang bekerja di kantoran maka anda juga perlu memberikan suasana Kedai Kopi yang nyaman hangat dan juga  fasilitas yang cukup seperti wi-fi.

  • Pilih Lokasi Yang Strategis

Lokasi yang strategis juga perlu Anda pikirkan karena ini menyangkut target market anda. Sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis yang bisa menarik banyak perhatian karena berada di lokasi lalala kendaraan atau orang yang sesuai dengan target market anda. Sebagai contoh jika target market anda adalah  anak muda milenial maka coba cari lokasi di dekat kampus atau sekolah.

Hal penting lainnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah unsur keamanan dan juga kebersihan di daerah area yang yang direncanakan menjadi lokasi kedai kopi anda. Selain itu pilihlah lokasi yang cukup tinggi sehingga saat hujan besar datang, kedai kopi anda pun tidak akan kebanjiran.

  •  Perhatikan Dekorasi atau Desain Eksterior Dan Interior Kedai Kopi

Kedai kopi kekinian hanya menawarkan cita rasa kopi yang berbeda saja tapi juga suasana pada kode kedai kopi tersebut. Tidak dipungkiri bahwa beberapa orang mendatangi kedai kopi karena merasa tempatnya sangat nyaman dan mereka pun betah untuk berlama-lama. Berbagai kegiatan pun dilakukan di kedai kopi seperti meeting bekerja mengerjakan tugas kampus dan lain-lain. Maka dari itu penting sekali untuk mulai mempertimbangkan bagaimana desain eksterior dan interior kedai kopi Anda nantinya.

Kedai kopi kekinian sebaiknya didukung oleh barista yang berpengalaman dan memiliki kecakapan dalam meracik biji kopi. Maka pertimbangkan untuk memilih barista yang tepat yang tidak hanya sekedar mampu mencampur biji kopi dan bahan lainnya tetapi juga memiliki fashion yang cukup tinggi di bidang meracik kopi.

kedai kopi
  • Promosi Di Media Sosial

Agar kedai kopi Anda semakin dikenal oleh banyak orang maka manfaatkan media sosial. Anda bisa menggunakan influencer atau menggunakan iklan berbayar di media sosial agar jangkauan lebih luas dan dikenal banyak orang. Selain itu Buatlah konten-konten menarik di media sosial secara konsisten sehingga brand anda pun akan lebih dikenal oleh masyarakat dan tingkat kepercayaannya pun akan lebih tinggi. 

  • Cari Supplier Terbaik

Hanya barista yang memiliki kemampuan yang apik Anda juga harus memiliki supplier yang baik dan terpercaya. Sebaiknya anda melakukan uji coba ke beberapa supplier untuk menemukan supplier yang yang cocok. Selain itu carilah supplier yang berada pada lokasi yang anda bisa jangkau dengan lokasi usaha warung kopi sehingga bisa memangkas ongkos kirim.

  • Pelajari Tentang Pembukuan Dan Finansial

Untuk membuka bisnis kedai kopi maka anda juga perlu belajar tentang financial masuk beberapa aktivitasnya. Pencatatan finansial itu seperti arus kas usaha yang bisa memantau perkembangan bisnis anda. Maka anda pun bisa lebih maksimal dalam mempromosikan dan berekspansi bisnis jika literasi keuangan anda pun mendukung. 

Alasan Anda Harus Buka Kedai Kopi

  • Kopi Di Kopi Proses Mudah

Untuk melalui proses produksi secangkir kopi di usaha kedai kopi kekinian relatif cepat dan mudah. Tak seperti pada bisnis kuliner yang melalui berbagai proses sehingga makanan tersebut dihidangkan. Untuk bisa menyajikan secangkir kopi maka anda hanya butuh bubuk kopi yang diletakkan pada mesin secara manual dan meraciknya.

  •  Menu Sederhana

Sesuai dengan namanya kedai kopi maka menu utamanya adalah berbagai sajian olahan kopi mulai dari kopi susu, kopi hitam, Cappuccino, latte dan lain-lain. Sementara itu menumpu lengkapnya bisa dibuat lebih sederhana seperti pastry bread dan lain-lain.

  •  Pangsa Pasar Yang Luas

Berbeda dengan racikan minuman lainnya kopi adalah minuman yang bisa dinikmati oleh siapapun dari berbagai kalangan Han bahkan anak muda hingga dewasa. Hal ini memperlihatkan bahwa kopi memiliki pangsa pasar yang cukup luas sehingga peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar pun ada di depan mata anda.

  • Pendapatan yang Menjanjikan

Usaha kedai kopi bisa cukup menjanjikan Jika anda serius untuk menggeluti bisnis ini. Sudah banyak kisah sukses pemilik usaha kedai kopi mulai dari jutaan hingga ratusan juta Rupiah per bulan. 

Cara Mempromosikan Bisnis Kedai Kopi

  •  Promosi Online

Di era digitalisasi seperti sekarang ini maka anda perlu memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Anda bisa mempromosikan kedai kopi anda di Instagram Facebook bahkan Tik Tok melalui video foto dan reels. Ada banyak sekali cara untuk berpromosi melalui media sosial sehingga konsumen pun tertarik untuk memfollow hingga penasaran dengan kedai kopi milik anda.

  • Promosi Offline

Promosi langsung bisa anda lakukan saat awal pembukaan atau event-event tertentu. Diskon event tersebut seperti by one get one, diskon hari kemerdekaan diskon dengan menunjukkan  kartu tanda mahasiswa dan lain-lain. Buatlah promo semenarik mungkin sehingga konsumen pun akan berdatangan ke kedai kopi anda.

Kisaran Modal Usaha Kedai Kopi

Modal usaha awalHarga
Moka PotRp 100.000
SyphonRp 850.000
V60Rp 100.000
Vietnam DripRp 130.000
French pressRp 80.000
Milk JugRp 100.000
Grinder listriRp 400.000
KetelRp 280.000
Mini burnerRp 85.000
Milk frotherRp 100.000
TotalRp 2.225.000

Perlengkapan Kedai Kopi

Modal awal usahaHarga
Meja baristaRp 2.000.000
Meja kursi sederhanaRp 750.000
Rak kayuRp 200.000
KulkasRp 1.000.000
Biji kopi, susu, dan bahan makananRp 1.500.000

Biaya tambahan

Modal awal usahaHarga
Gaji barista (part time)Rp 3.000.000
Sewa tempat & renovasiRp 5.000.000
Bayar retribusiRp 150.000
ListrikRp 300.000
TotalRp 8.450.000

Jadi, ingin buka kedai kopi? Dengan kisaran modal yang tertera diatas, maka Anda sudah bisa terbayang seberapa banyak modal yang Anda butuhkan. Jika Anda kesulitan dalam mendapatkan modal usaha, maka Anda bisa dapatkan pinjaman modal usaha di Danamas. Fintech lending berizin OJK ini bisa jadi pilihan yang tepat dalam memulai bisnis.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda