visioner-adalah

Visioner adalah kemampuan untuk melihat lebih jauh ke depan dan memiliki gambaran yang jelas tentang tujuan jangka panjang. Seorang visioner memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan masa depan, bahkan ketika banyak orang lain merasa tidak mungkin. Visioner juga cenderung berani mengambil risiko untuk mencapai tujuannya, karena mereka yakin bahwa apa yang mereka kerjakan akan membawa manfaat besar di masa depan.

Founder, CEO & Entrepreneur adalah profesi-profesi yang biasanya orang-orang yang sangat visioner, karena itu mereka membangun usaha dan melihat adanya peluang. Dalam dunia bisnis dan teknologi, visioner sangat diperlukan untuk mengarahkan perusahaan ke arah yang lebih baik dan inovatif. Mereka bisa melihat peluang baru, menciptakan produk atau layanan yang belum pernah ada sebelumnya, dan menciptakan solusi bagi masalah yang sulit dipecahkan. 

Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan visioner. Terkadang, kebiasaan berpikir dan kebiasaan hidup sehari-hari bisa menghalangi kemampuan seseorang untuk melihat lebih jauh ke depan. Tapi, apakah ada cara untuk menjadi visioner? Mari kita bahas lebih lanjut!

3 Pengertian Visioner Menurut Para Ahli

Visioner pada umunnya didefinisikan tentang seseorang yang memiliki kemampuan dalam suatu permasalahan atau membuat kesempatan dengan sudut pandang yang berbeda dan mengarah ke masa depan. Para ahli juga memliki pengertian visioner yang berbeda satu dengan yang lain nya. Berikut pengertian menurut ahli:

1. Muh. Hambali (2012)

Visioner Leadership adalah merumuskan, mentransformasikan, menjalankan, dan menggerakkan cita-cita pendapat dari diri mereka sendiri dan interaksi sosial antara warga sekolah dan pemangku kepentingan sebagai gagasan sekolah pada periode berikutnya Muh. Hambali menjelaskan, bahwa kepemimpinan visioner ciri memiliki jiwa integritas, jiwa adaptasi, penentuan arah, berpikir positif, disiplin, tradisi kompetisi.

2. Sinamo dan Santosa (2012)

Sinamo dan Santosa juga memberikan pandang tentang apa itu visioner. Menurut mereka, visi adalah perkakas di tangan seorang pemimpin. Hal itu berguna agar bisa menggalang aliansi serta dapat membentuk penjajaran tujuan melalui semua kontituennya, bagaikan seberkas vektor yang memiliki arah yang sama untuk menuju pada sasarannya. Pemimpin yang visioner jelas akan lebih bisa atau mampu untuk memberdayakan semua konstituennya.

Visi-visi yang diungkapkan para ahli tersebut diyakini dapat membantu seorang pemimpin untuk memfokuskan sebuah energi supaya organisasi dapat berhasil. Berdasarkan pengertian-pengertian visioner dari para ahli, maka dapat diambil kesimpulan. Visioner adalah sebuah gagasan serta sebuah inovasi yang dilakukan atau direncanakan untuk masa yang akan datang. Gagasan atau inovasi tersebut dirancang supaya dapat menjadikan organisasi atau perusahaan menjadi lebih baik lagi. Selain itu supaya dapat mencapai tujuannya dengan baik.

3. Danim dan Suparno (2012)

Danim dan Suparno menyatakan bahwa sebuah visi lebih dari sekadar gagasan atau gambaran mengenai masa depan yang cenderung lebih baik bagi suatu organisasi. Visi yang benar adalah gagasan yang penuh dengan sebuah kekuatan. Kekuatan tersebut bersifat mendesak yaitu dimulainya masa depan dengan mengandalkan sebuah kemampuan dan keterampilan.

Selain itu, bakat serta sumber daya alam juga diperlukan untuk mewujudkannya. Secara personal, manusia visioner akan mampu untuk melahirkan sebuah gagasan-gagasan yang memiliki pengaruh. Selain berpengaruh, gagasan tersebut juga dapat menginspirasi orang-orang yang kreatif untuk mewujudkan gagasan kependidikan menjadi sesuatu yang nyata.

Orang-orang yang berbakat serta membuat kebijakan akan selalu ingin berada di antara pimpinan yang memiliki tindakan yang menunjukan bagaimana arah tujuannya kepada mereka. Hal itu diwujudkan dengan memberikan visi tentang bagaimana hari esok yang akan lebih baik.

10 Karakter Untuk Menjadi Visioner 

Apakah Anda seorang visioner? Coba renungkan dalam diri Anda apakah karakter visioner ini dimiliki oleh Anda? Memiliki kemampuan visioner ini bisa dipelajari dan dipupuk, selama Anda memiliki mimpi dan keinginan yang jelas sesuai dengan kelebihan dan kemampuan Anda. Misalnya, Anda jago dalam bidang finansial, sehingga Anda memilih untuk mengembangkan bisnis yang melayani hal-hal seputar finansial. Untuk lebih detailnya, mari kita simak 7 karakter untuk menjadi seorang visioner!

1. Tegas

Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh seorang visioner adalah tegas. seorang visioner takkan ragu untuk mengungkapkan perasaan bila memang hasil yang didapatkan dirasa kurang memuaskan. Meskipun demikian, mereka tidak pernah menyerah. Bahkan ketika keadaan menjadi sulit dan penuh tekanan pun mereka akan mencoba sebisa mungkin untuk menemukan jalan keluar terbaik

2. Mampu Membangun Sebuah Nilai

Kemampuan membangun suatu nilai seperti kebersamaan dan kepercayaan terhadap seluruh anggota tim sangat penting untuk seorang visioner. Seseorang yang visioner harus dapat memberikan keyakinan kepada orang-orang yang akan bekerja sama dengannya atau dengan perusahaannya. 

Selain itu, mereka harus bisa meyakinkan bahwa bekerja sama dengan kita adalah hal yang tidak salah. Membanguan suatu nilai seperti kebersama dan kepercayaan terhadap seluruh anggota tim Selain itu, harus ada juga keyakinan serta bukti yang membuat orang lain merasa mendapatkan keuntungan dari bekerja sama dengan kita. Menanamkan nilai-nilai yang menguntungkan bagi kedua belah pihak adalah salah satu hal yang dibutuhkan antara perusahaan serta anggotanya.

3. Mampu Mengatasi Hambatan

Hambatan merupakan rintangan yang dihadapi dalam suatu proses dalam menuju suatu visi. Seseorang yang visioner tentu dapat mengatasi hambatan-hambatan yang mungkin akan dilalui. Hambatan dapat diibaratkan sebagai teman bagi mereka yang sedang menjalan suatu visi agar dapat bertumbuh dan berkembang menjadi lebih baik. 

Seorang pemimpin yang visioner akan bekerja sama dengan timnya dalam menyelesaikan hambatan. Mereka akan menyusun cara-cara supaya hambatan dapat terselesaikan dengan baik. Bahkan, mereka akan membuat gagasan atau cara lain supaya hambatan itu tidak terjadi lagi kedepannya.

4. Mampu Berpikir Kritis

Berpikir kritis adalah suatu kemampuan berpikir lebih jauh dan jernih serta rasional dalam mengatasi masalah. Berpikir mengenai apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Berpikir kritis merupakan proses seorang visioner yang dapat membuat penilaian yang logis atau masuk akal. 

Selain itu seseorang yang berpikir kritis harus berpikiran secara matang. Berpikir kritis akan membantu seseorang menjadi lebih visioner. Seseorang yang berpikir kritis akan menjadi lebih open-minded. Akan melihat segalanya dari berbagai arah dan berbagai kemungkinan yang ada. Hal itu akan menyebabkan sudut pandang menjadi lebih luas.

5. Mampu Berpikir Dinamis

Pemikiran dinamis adalah pemikiran yang penuh dengan percaya diri terhadap apa yang sedang dilakukan atau yang akan dilakukan. Seorang visioner yang berpikir secara dinamis akan mengejar berbagai tujuan yang sudah ditetapkan dengan penuh semangat. Berpikir dinamis membuat mereka selalu menerima argumen-argumen secara objektif. Selain itu, diskusi adalah hal yang sangat disukai. Berpikir dinamis adalah pemikiran yang sudah tertanam di dalam pikiran orang-orang visioner.

6. Dapat Melakukan Manajemen Risiko

Manajemen risiko adalah sebuah proses yang mengharuskan visioner mampu mengidentifikasi dan menganalisis suatu permasalahan. Melakukan evaluasi serta pengendalian terhadap dampak yang akan timbul bagi kelompok. Hal itu karena mereka sudah memikirkan segala sesuatu dengan pemikiran yang matang.. Memahami manajemen resiko bagi seorang visioner dapat meminimalkan  atau menghilangkan resiko atau dampak yang akan diterima.

7. Memiliki Rencana Yang Sistematis

Membuat rencana yang sistematis sangat penting bagi seorang visioner untuk mencapai visi yang telah dibuat. Rencana yang dibuat merupakan suatu tugas yang harus dilakukan dan harus selesai sehingga dapat melanjutkan tugas selanjutnya. 

Membuat sesuatu rencana yang sistematis dapat dilakukan dengan cara mengerti terlebih dahulu apa tujuan yang ingin dicapai sehingga dapat membuat langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut. Ketika melaksanakan planning, jangan menuntut harus berhasil dalam waktu-waktu tertentu. Melakukan sedikit demi sedikit akan lebih efektif. Selain itu, akan membuat tujuan jadi lebih mudah tercapai.

8. Memiliki visi yang jelas

Salah satu karakteristik utama dari seorang visioner adalah memiliki visi yang jelas. Visioner tahu persis apa yang ingin mereka capai, dan mereka memiliki rencana untuk mencapai tujuan itu. Mereka memvisualisasikan masa depan yang mereka inginkan dan mengembangkan rencana untuk mencapai tujuan itu. Ketika mereka menghadapi hambatan atau rintangan, visi yang jelas ini membantu mereka tetap fokus pada tujuan akhir.

9. Memiliki kemampuan untuk melihat peluang

Visioner mampu melihat peluang yang mungkin tidak terlihat oleh orang lain. Mereka selalu berpikir di luar kotak dan mencari cara baru untuk mencapai tujuan mereka. Visioner cenderung berpikir jauh ke depan dan mempertimbangkan tren dan perubahan yang mungkin terjadi di masa depan. Mereka selalu mencari cara baru untuk meningkatkan produk atau layanan mereka, dan berusaha untuk menjadi yang terbaik di bidangnya.

10. Mengutamakan inovasi

Seorang visioner selalu mencari cara baru untuk melakukan sesuatu. Mereka tidak puas dengan status quo dan selalu ingin memperbaiki hal-hal yang telah ada. Visioner selalu mencari cara baru untuk meningkatkan produk atau layanan mereka, dan berusaha untuk menjadi yang terbaik di bidangnya. Mereka terus berinovasi dan mencari cara untuk membuat proses lebih efisien atau produk lebih baik.

6 Tips atau Cara untuk Memiliki Sifat Visioner 

Menjadi seorang visioner tidak hanya dari genetika sejak kita lahir, tapi menjadi visioner dapat kita latih. Lalu bagaimana cara untuk menjadi seorang visioner? Simak 6 tipsnya di bawah ini!

1. Belajar Hal Baru

Belajar hal baru adalah hal yang dilakukan oleh visioner agar mereka terus berkembang dan memiliki ilmu baru setiap harinya. Bagi visioner belajar hal baru dapat membuat mereka mengetahui kekurang dan kelebihan dirinya sendiri dalam memimpin suatu kelompok. dengan belajar hal baru akan memperkuat gagasan atau ide yang akan dirumuskan. Melalui belajar hal baru dapat membuat kembali ide-ide atau gagasan baru. Ide atau gagasan baru tersebut dapat digunakan untuk masa yang akan datang.

2. Menjalin dan menjaga hubungan dengan baik dengan orang lain

Menjalin dan menjaga hubungan dengan baik kepada orang lain adalah yang sangat penting untuk seorang yang ingin visioner. Menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak seperti teman, rekan kerja dan saudara akan memberikan dampak positif. Dampak positif tersebut dapat dirasakan bagi diri sendiri, orang sekitar maupun untuk perusahaan. 

Membangun sebuah kepercayaan antara berbagai pihak akan membantu mempermudah mewujudkan visi yang sudah ditentukan. Ketika sudah mendapatkan kepercayaan, kita akan lebih mudah menggali apa yang sebenarnya paling dibutuhkan orang-orang. Kebutuhan-kebutuhan yang membuat hidup menjadi lebih mudah.

3. Membedakan  Kepentingan Individu dan Kelompok Untuk Mewujudkan Visi Organisasi

Soerang visioner harus dapat membedakan kepentingan individu dan kepentingan bersama dalam menjalankan suatu visi yang dibuat untuk mencapai visi tersebut. dalam pengambilan suatu keputusan seorang visioner dituntut untuk dapat berpikir luas terhadap dampak yang akan terjadi, dampak tersebut akan memberikan kepada sebagian kecil kelompok atau keseluruhan. 

Pemimpin yang memiliki ciri visioner akan akan memikirkan kepentingan bersama agar visi yang dibuat akan tercapai. visi yang luar biasa hanya bisa dicapai secara bersama-sama.

4. Memiliki Manajemen Keuangan

Memiliki kemampuan manajemen keuangan adalah salah satu hal yang penting bagi seorang visioner. memahami manajemen keuangan dapat membantu meminimalkan resiko kegagalan finansial dalam proses mencapai suatu visi.  Hal ini dikarenakan ia paham mengenai kemungkinan-kemungkinan krisis keuangan yang bisa saja terjadi kepada siapapun dan kapanpun.

5. Fokus Pada Hasil

Fokus pada hasil adalah ciri-ciri dari orang yang visioner. Bagaimana cara supaya apa yang dikerjakan berjalan dengan baik? Banyak jawaban-jawaban yang bisa diberikan untuk pertanyaan tersebut. Orang-orang yang ber visioner selalu fokus pada hasil yang ingin mereka dapatkan. Orang-orang yang visioner akan menunjukan bahwa fokus pada hasil adalah hal yang paling penting

6. Menginspirasi atau Memotivasi

Motivasi serta inspirasi adalah salah satu kunci dari keberhasilan seseorang. Mengarahkan seseorang menjadi lebih baik juga menjadi salah satu langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Beberapa orang biasanya menghabiskan waktu dengan terlibat langsung pada apa yang dikerjakan oleh timnya.

Mereka memberikan tips-tips serta visi mereka untuk menciptakan situasi yang antusiasme. Sehingga komitmen di dalam tim akan tetap terjaga. Langkah kecil yang dilajukan ini bisa menjadi sebuah inspirasi dan motivasi bagi tim. Selain itu, hal-hal positif seperti ini akan memberikan dorongan kepada tim supaya menjadi lebih baik lagi.

7. Membantu Orang Lain Berkembang

Seseorang yang visioner tentu akan membantu orang disekitarnya atau anggotanya untuk ikut berkembang. Hal itu juga dilakukan untuk membantu memperlancar gagasan atau idenya. Memastikan semua bekerja pada tugasnya masing-masing juga merupakan hal yang perlu dilakukan. berbagi tentang pengetahuan ataupun pengalaman yang diketahui agar orang lain dapat belajar dari pengalaman tersebut..

Jadilah Seorang Visioner dalam Membangun Bisnis Anda

Dalam membangun sebuah bisnis, menjadi seorang visioner sangat penting. Karena Anda dapat menentukan arah masa depan dari bisnis Anda. Namun, selain punya sikap visioner, Anda juga pun harus punya modal yang cukup untuk menjalankan usaha. 

Bersama Danamas ajukan pinjaman Anda untuk modal Bisnis. Danamas hadir untuk membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan modal usaha Anda dengan solusi terpercaya, yaitu Danamas Pinjaman Bisnis. Danamas Pinjaman Bisnis telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi Anda tidak perlu khawatir lagi tentang keamanan dan kepercayaannya.

Dengan Danamas Pinjaman Bisnis, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha yang besar mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar, dengan suku bunga rendah. Jadi, mari kita tingkatkan produktivitas bisnis Anda dengan Danamas Pinjaman Bisnis. Ajukan pengajuan cepat melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis sekarang juga, dan jangan biarkan modal menjadi penghalang bagi kesuksesan bisnis Anda! Jika Anda menemukan kesulitan, silahkan ajukan pertanyaan pertanyaan atau keluhan dengan menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda