Mie Gacoan menjadi salah satu kuliner viral belakangan ini. Strategi pemasaran Mie Gacoan membuat mie gacoan menjadi restoran yang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda. Antrian Mie Gacoan inilah yang menjadi namanya dikenal banyak orang. Tak hanya mereka yang ingin makan di restoran Mie Gacoan, tetapi juga para drivers pesan antar makanan yang juga membludak.
Bisnis F&B perlu strategi yang tepat agar bisa dikenal banyak masyarakat seperti Mie Gacoan. Seperti yang kita lihat, bahkan kehadiran Mie Gacoan membuat banyak sekali orang yang penasaran untuk mencoba mie pedas ini. Keviralan mie pedas Gacoan ini membuat banyak orang juga penasaran, bagaimana strategi pemasaran mie gacoan, siapa pemiliknya, apakah seorang influencer atau ahli marketing? Apakah memang seseorang yang sudah familiar di dunia food and beverage?
Di artikel ini akan membahas tentang sejarah Mie Gacoan yang viral ini, cabang yang sudah dibuka dimana saja, berbagai menu populernya hingga strategi pemasaran Mie Gacoan yang membuatnya hingga kini diserbu pelanggannya. Semua informasi lengkap tentang Mie Gacoan ini bisa Anda simak dibawah ini.
Siapa Pemilik Mie Gacoan & Sekilas Tentang Mie Gacoan?
Gacoan sebenarnya berasal dari kata baku “gaco” yang memiliki arti berbeda tergantung dari maksud penyampaiannya. Kata gacoan menjurus pada suatu kata kepada sebuah objek yang bisa diandalkan atau menang dalam sebuah pertandingan. Mie Gacoan berdiri sejak awal tahun 2016 tepatnya di Malang, Jawa Timur. Mie Gacoan merupakan bagian dari PT Pesta Pora Abadi yang pada tahun 2021 sudah memiliki 54 restoran di Indonesia. Mie Gacoan mendominasi pasar restoran di area Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Pemilik mie gacoan adalah Harris Kristanto. Harris merupakan lulusan Sarjana Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Laki-laki keturunan Tionghoa ini memiliki istri yang bernama Fiony Lie dan kini Harris menjabat sebagai Human Resources Director. Ia mendirikan usaha Ini pertama kali di Malang, Jawa Timur dan tumbuh menjadi merek dagang hingga 20 cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Semakin laris, bisnis mie gacoan bekerjasama dengan jasa pesan antar makanan sehingga konsumen pun hanya bisa memesannya langsung ke restoran tapi juga melalui jasa pesan antar.
Strategi Pemasaran & Bisnis Mie Gacoan
Strategi bisnis yang dilakukan ini ia memiliki keuntungan hingga 50%. Ia pun sudah memiliki kurang lebih 3000 karyawan dan memperluas target bisnis hingga 100 toko dengan 5000 pekerja di Tahun 2022. Hingga saat ini, restoran mie gacoan sudah berekspansi bisnis di Pulau Jawa dan Bali. Mie Gacoan Jakarta, Bandung, Depok dan Bekasi pun tidak pernah sepi pembeli dan selalu dipenuhi pelanggan yang ingin mencicipi mie pedasnya yang khas. Ada beberapa faktor yang membuat mie gacoan menjadi viral dan populer antara lain:
1. Harga & Omset Bisnis
Adanya menu yang bervariasi juga didukung dengan harga yang terjangkau. Dalam bisnisnya mie gacoan tak hanya mengambil keuntungan yang besar sehingga bisa menarik banyak konsumen dari berbagai kalangan. Untuk harganya pun bisa dikatakan lebih terjangkau sehingga anak muda pun bisa menikmatinya, seperti contoh pada menu yang ditawarkan mulai dari Rp10.000 anda sudah bisa menikmati makan mie di restoran tersebut. Omset yang diterima setiap hari berkisar Rp 99 juta dengan estimasi perhitungan 150 kursi, 30 putaran menu dan harga mie gacoan Rp 22 ribu.
Menu mie gacoan yang paling laris, enak dan andalan mereka adalah mie setan. Mie setan adalah mi pedas yang ditambah dengan toping ayam cincang dan pangsit goreng diatasnya. Uniknya, menu-menu di mie gacoan mengusung tema horor yang justru menjadi daya tarik orang dan penasaran untuk mencobanya. Apa saja menu mie gacoan dengan harga terbarunya, simak informasinya dibawah ini:
Menu Mie di Mie Gacoan
- Mie angel seharga Rp 10.000
- Mie setan mulai dari Rp 9.500 – Rp 10.500 (level kepedasan dari level 1 – 4)
- Mie Setan mulai dari Rp 9.500 – Rp10.500 level kepedasan dari level 6 – 8)
- Mie Iblis mulai dari Rp 9.500 – 11.000 (level kepedasan dari 0-8)
Menu Dimsum di Mie Gacoan
- Udang Rambutan: Rp 9.100
- Siomay: Rp 9.100
- Pangsit Goreng: Rp 10.000
- Udang Keju: Rp 9.100
- Ceker: Rp 9.100
- Lumpia Udang: Rp 9.100
Menu Minuman di Mie Gacoan
- Es Sundel Bolong: Rp5.900
- Es Tea: Rp4.100
- Es Tuyul: Rp5.900
- Es Genderuwo: Rp9.100
- Es Pocong: Rp9.100
- Milo: Rp8.200
- Orange: Rp5.000
- Lemon Tea: Rp5.900
- Vanilla Latte: Rp8.200
- Mineral: Rp4.100
- Teh Tarik: Rp6.400
2. Branding Halal
Mie gacoan melakukan branding sesuai dengan target market yang mereka inginkan. Target market mereka adalah pelajar dan mahasiswa sehingga harganya pun harus disesuaikan oleh kantong mereka. Dengan branding mie pedas nomor 1 di Indonesia maka mie gacoan pun semakin diingat oleh para konsumennya terutama bagi mereka yang suka makanan pedas.
Banyak orang yang menanyakan apakah Mie Gacoan halal? Pada tanggal 1 Desember 2022 Mie Gacoan secara resmi mengumumkan kalau sudah mendapatkan sertifikat halal MUI untuk bahan baku yang digunakan. Sertifikat halal MUI untuk bahan Mie Gacoan sudah dikeluarkan tanggal 17 November 2022 dan berlaku hingga 17 November 2026 dengan nomor sertifikat ID00110000605771022. Jadi sertifikat halal MUI mengesahkan seluruh bahan Mie Gacoan, dari daging sampai produk olahan daging, lemak, minyak, emulsi mie, garam, salad, rempah dan produk protein.
Meskipun sudah mengantongi Sertifikat halal MUI untuk bahan bakunya, Mie Gacoan belum memperoleh label halal resmi yang dikeluarkan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Di Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, Sertifikat Halal MUI yang dikeluarkan untuk bahan baku adalah pemenuhan aspek hukum agama (syariah Islam). Sedangkan sertifikat halal yang diterbitkan BPJPH merupakan bentuk administrasi hukum agama ke hukum negara.
Label Halal Indonesia dapat dicantumkan di kemasan produk setelah memperoleh sertifikat halal dari BPJPH. Tapi BPJPH tidak dapat menerbitkan sertifikat halal jika belum memiliki Ketetapan Halal MUI. Karena sertifikat halal diterbitkan BPJPH berdasarkan ketetapan halal MUI.
Pada dasarnya Mie Gacoan sudah halal dan memperoleh label halal. Mengacu ke Kriteria Sistem Jaminan Halal HAS23000 sebagai panduan produk diberikan sertifikat halal atau tidak. Mie Gacoan hanya perlu mengganti nama menu yang memakai nama setan dan hantu.
3. Lokasi Dan Tempat Yang Nyaman
Lokasi yang strategis juga menjadi salah satu strategi bisnis dari mie gacoan. Anda bisa menemukan restoran tersebut di dekat area kampus, kos mahasiswa, perkantoran, dan cabang-cabang lain yang aksesnya mudah dilihat atau di pinggir bahu jalan besar. Tak hanya itu restorannya pun juga menyediakan tempat yang nyaman. Selain lokasinya yang strategis mereka juga menyediakan fasilitas yang bisa dipakai oleh pengunjungnya seperti wifi colokan listrik hingga alunan musik. Strategi bisnis ini terbukti menjadikan mie gacoan salah satu mie viral yang ada di Indonesia.
Mie Gacoan bisa dikatakan sebagai mie pedas no 1. Karena harganya murah, menunya enak, mengenyangkan dan konsep resto merakyat. Hal itu membuat banyak orang rela mengantre. Outletnya selalu ramai walaupun kompetitornya banyak. Hal itu membuat orang-orang penasaran bagaimana strategi pemasaran mie gacoan yang membuatnya digemari banyak orang. Berikut ulasannya:
Dimana Saja Lokasi Cabang Mie Gacoan Terdekat?
Anda mencari lokasi cabang mie gacoan terdekat di kota Anda? Jangan khawatir, kini Mie Gacoan sudah membuka banyak sekali cabang di Pulau Jawa dan Bali. Untuk Anda yang tinggal di Jabodetabek pun sudah bisa menikmati mie pedas yang viral ini. Berikut daftar cabang dan alamat mie gacoan terdekat tempat tinggal Anda, cek dibawah ini:
Cabang Mie Gacoan Jawa Timur
Malang | Surabaya |
1. Jl. Kendalsari Barat No. 18 Tulusrejo, Lowokwaru2. Jl. Jakarta No. 16 Sumbersari, Lowokwaru3. Jl. Ciliwung No. 55 Purwantoro, Blimbing4. Jl. Ronggowarsito, KlojenJl. S. Supriyadi No. 74A, Sukun | 1. Jl. Ambengan No. 51 Ketabang, GentengJl. Raya Menganti No.51, Babatan, Kec. Wiyung2. Jl. Manyar Kertoarjo III, MulyorejoJl. Dr. Ir Soekarno, Penjaringan Sari, RungkutJl. Margorejo Indah A/96 Wonocolo |
Cabang Mie Gacoan Jawa Tengah
Semarang | Yogyakarta | Solo |
1. Jl. Kompol Maksum 284, PeteronganTinjomoyo, Banyumanik, Semarang City2. Jl. Prof. Hamka, Ngaliyan3. Jl. Brigjen Sudiarto No. 3264. Jl. Pamularsih Raya, Gisikdrono5. Jl. Sukun Raya No. 30 Srondol Wetan6. Jl. Veteran, Lempongsari, Gajahmungkur | 1. Jl. Colombo Baru No. 1A Caturtunggal, Sleman2. Jl. Krasak Timur No.13, Kotabaru, Kec. Gondokusuman3. Jl. Ngapak Kenteng Gamping, Sleman4. Jl. Taman Siswa No. 27 Wirogunan, Mergangsan5. Jl. Ruko Raflesia B5-B6 Babarsari, Sleman | 1. Jl. Cipto Mangunkusumo 19 Sriwedari2. Jl. IR. Soekarno Blok AC 1-2 Grogol, Solo Baru3. Jl. Menteri Supeno No.19 Manahan |
Cabang Mie Gacoan Jawa Barat
Bandung | Cirebon |
Jl. Dr. Setiabudi No.191B, Bandung Satu, Kec. SukasariJl. Dipati Ukur 191Jl. Pasir Kaliki 181 | Jl. Tentara Pelajar No.87, Pekiringan, Kec. Kesambi |
Cabang Mie Gacoan Jabodetabek
Jakarta | Jl. Tebet Raya No.35, RW.2, Tebet Timur, Kec. Tebet |
Depok | Jl. Margonda Raya No.23, Depok, Kec. Pancoran Mas |
Bogor | Jl. Raya Pajajaran No.63, RT.04/RW.13, Bantarjati |
Bekasi | Jl. Ir. H. Juanda No.99, RT.001/RW.004, Bekasi Jaya, Kec. Bekasi Tim., Kota Bekasi, Jawa Barat 17113 |
Cabang Mie Gacoan Bali
Bali |
1. Jl. Gatot Subroto Barat No.338, Dauh Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara2. Jl. Tantular Bar. No.83, Dangin Puri Klod3. Jl. Tukad Pakerisan No.76, Panjer,Kec. Denpasar Sel4. Jl. Teuku Umar Barat No.99, Pemecutan Kelod, Kec. Denpasar BaruBatubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali5. Jl. Raya Padang Luwih No.145, Dalung, Kec. Kuta Utara |
4. Smart Branding
Target pasarnya adalah kalangan pelajar, mahasiswa dan juga masyarakat umum. Jika melihat ke sana, maka Mie Gacoan sudah melakukan branding dengan baik dan sesuai target pasarnya. Hal tersebut mulai dari logo, nama sampai setting place yang seragam di tiap outlet. Branding tersebut membuat Mie Gacoan berhasil ada di top of mind pembeli dan sukses menanamkan brand image yang bagus dibanding kompetitor. Berikut adalah beberapa promosi yang bisa Anda terapkan melalui story telling yang menarik bersifat urgensi yaitu mengeluarkan strategi pesan tanpa mengantri.
Cara Pesan Mie Gacoan agar Tidak Antri
Seperti yang kita ketahui, mie gacoan menjadi salah satu bisnis kuliner yang viral belakangan ini. Namanya kian populer hingga mengundang banyak pelanggan untuk rela mengantri berjam-jam agar bisa menikmati kenikmatan mie pedasnya. Namun, hal ini juga membuat banyak orang untuk berpikir dua kali saat ingin ke restorannya. Nah, agar Anda tidak perlu antre berjam-jam, coba cara pesan mie gacoan berikut ini.
- Cek Waktu Kepadatan
Sebelum Anda ke outlet Mie Gacoan, maka sebaiknya cek waktu sibuknya restoran ini beroperasi. Anda bisa cek waktu operasional Mie Gacoan di google dan waktu sibuknya. Umumnya, waktu sibuk restoran di jam 11 siang – 1 siang atau malam hari saat jam pulang kerja.
- Menu yang Dipesan
Jika Anda ingin makan di tempat, maka tentukan dulu menu yang ingin dipesan agar Anda tidak perlu mengantri lama sehingga mempersingkat waktu saat memesan. Menu mie gacoan yang banyak dipesan seperti mie iblis dan mie setan, ada juga dimsum sebagai side dish.
- Ajak teman Makan
Agar makan di mie gacoan makin seru, maka Anda bisa makan bersama teman-teman. Suasana di Mie Gacoan memang paling seru jika makan bersama-sama sambil menyantap makanan mie pedasnya.
- Pesan melalui Aplikasi
Anda juga pesan melalui aplikasi di pengiriman makanan daripada mengantri panjang untuk pesan Mie Gacoan. Namun, Anda juga perlu bersabar, karena driver juga perlu mengantri pesanan Anda. Namun, dengan aplikasi pesan antar, memungkinkan Anda mendapatkan promo sehingga akan bayar lebih hemat.
5. Product-Cost-Cross-Subsidization
Product cost cross subsidization adalah adanya kekurangan biaya di salah satu produk kemudian ada kelebihan biaya di produk lain. Strategi ini disebut subsidi silang, biayanya dialokasikan merata. Jadi rata-rata secara umum ke beragam produk tanpa mempertimbangkan jumlah sumber daya yang dipakai di tiap produk. Tiap outlet Mie Gacoan mempunyai cost product berbeda-beda karena menyesuaikan nilai pasar di daerah tersebut. Tapi harga yang ditawarkan sama di semua outlet.
6. Substitute Brand Yang Sedikit
Para kompetitor yang bergelut di brand mie pedas jadi lebih sedikit karena kalah bersaing dengan Mie Gacoan. Dan hal itu membuat Mie Gacoan tetap diminati, ramai, dan menjadi top of mind di pikiran masyarakat.
7. Pakai Strategi Psikologi Marketing FOMO
Strategi pemasaran Mie Gacoan yang terakhir adalah menggunakan strategi psikologi marketing FOMO. Arti Fear of Missing Out (FOMO) adalah takut atau gelisah jika ketinggalan aktivitas tertentu. Contoh kasus, setiap anda melewati outlet Mie Gacoan selalu ramai dengan antrian yang panjang. Mie Gacoan ini terus membuka cabang di berbagai daerah dan hal itu membuat anda penasaran apakah rasa outlet A sama dengan B. Akhirnya anda datang dan mencoba di outlet tersebut. Rasa penasaran dalam strategi psikologi marketing disebut FOMO. Dengan adanya FOMO ini juga ternyata mengundang banyaknya pebisnis yang ingin membuka dan mendaftar menjadi mitra bisnis atau franchise dari Mie Gacoan.
Cara Daftar Franchise Mie Gacoan
Semenjak viral, Mie Gacoan ini memiliki animo yang banyak di beberapa daerah, sehingga tidak jarang teman-teman melihat antrian yang begitu panjang. Mie Gacoan bisa menjadi salah satu peluang untuk Anda yang ingin mencoba membuka bisnis franchise.Walaupun pihak manajemen mie gacoan belum membuka komunikasi dengan pelanggan perihal tentang franchise atau kemitraan, Anda bisa mengkomunikasikan hal ini melalui media sosial atau Whatsapp ke dari halaman resmi menjadi mie gacoan. berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan:
- Kunjungi halaman www.migacoan.com
- Setelah itu klik di bagian pojok kanan atas yang bergambar garis 3 lalu dilanjutkan dengan memilih kontak.
- Setelah itu isi data yang diminta seperti nama alamat Email nomor telepon dan pesan yang disampaikan kepada pihak manajemen meja Joan. Jika anda ingin membuka franchise mie gacoan maka anda bisa mengkomunikasikannya lewat halaman ini.
- Setelah itu klik kirim.
Melalui strategi bisnis yang dilakukan oleh Mie Gacoan, ini bisa jadi contoh bagi Anda yang ingin menjalankan usaha kuliner juga. Selain membutuhkan modal usaha yang bisa Anda dapatkan dari Danamas (Fintech lending berizin OJK), Anda juga bisa terapkan strategi bisnis yang sesuai dengan target market Anda.
Perbedaan Mie Gacoan Iblis Dan Setan
Saat Anda ingin memesan menu mie gacoan, maka Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan terpopuler yaitu, mie iblis dan mie setan. Kedua pilihan menu mie gacoan ini memang cukup banyak diminati orang karena punya sensasi rasa pedas dengan level yang bisa Anda pilih. Jika Anda masih bingung perbedaan mie gacoan iblis dan setan, ini informasinya.
Mie Gacoan Iblis | Mie Gacoan Setan |
Mie iblis di Mie Gacoan memiliki rasa pedas manis. Jika Anda penyuka pedas namun tidak ingin rasa pedas yang berlebihan, maka mie gacoan iblis bisa jadi selera kalian. Level yang ditawarkan pada mie iblis gacoan adalah 0-8. Diatas mie iblis ini berisi topping ayam cincang gurih dengan pangsit goreng yang renyah. | Mie Setan dari Mie Gacoan ini memiliki rasa pedas dengan tambahan rasa gurih. Ada 8 level atau tingkat kepedasan yang bisa Anda pilih sesuai selera. Jika Anda pecinta pedas sejati, maka mie setan ini pasti cocok untuk Anda. |
Berapa Kalori Mie Gacoan?
Seperti yang dikutip dari halaman fatsecret, kalori mie gacoan sebesar 621 kal untuk 1 porsi. Dalam 1 porsi mie gacoan memiliki rincian kalori yang didapat dari karbohidrat, lemak dan protein. Karbohidrat mei gacoan pun terbilang cukup tinggi yaitu 69,3 gram, berikut rinciannya.
Komposisi | Berat | Presentase |
Karbohidrat | 69,3gr | 44% |
Lemak | 31,1gr | 45% |
Protein | 16,7gr | 11% |
Bangun Bisnis Kuliner Lebih Stabil dengan Danamas!
Jika Anda ingin membangun bisnis kuliner, maka perlu strategi bisnis yang tepat juga modal usaha yang aman dan terpercaya. Anda perlu membangun usaha dengan jumlah pendanaan yang besar untuk memantapkan sisi branding usaha kuliner dan proses marketing bisnis Anda. Lakukan perencanaan panjang lebih leluasa dengan dana yang besar Anda bisa mengoptimalkan bisnis kuliner agar dapat menjangkau pasar luas. Dapatkan pendanaan dengan proses aman dan terpercaya melalui pinjaman online terpercaya.
Danamas adalah platform pinjaman online terpercaya yang menyediakan pinjaman dengan tenor hingga 10 tahun, bunga kompetitif mulai dari 14% hingga limit pinjaman hingga Rp 2 miliar. Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.