kta adalah

Apa itu KTA? KTA adalah kredit tanpa agunan, ini adalah pinjaman berbasis online yang digunakan sebagai alternatif bagi Anda yang sedang membutuhkan dana darurat. Pahami bahwa, dana darurat bukanlah dana yang Anda gunakan untuk melunasi hutang. KTA atau kredit tanpa agunan ini bisa digunakan untuk menunjang aktivitas Anda yang produktif

Terlilit hutang? KTA bukanlah solusi Anda, karena dengan demikian ini justru bisa membuat Anda menjadi semakin terjebak dalam siklus hutang yang tidak kunjung selesai. KTA itu sendiri adalah pinjaman jangka pendek dengan bunga yang terbilang tinggi. Nah, untuk itu yuk cek lebih lengkapnya terkait KTA hingga kelebihan dan kekurangannya! 

Apa itu KTA? Apa Perbedaan dengan Kredit Agunan? 

Kredit Tanpa Agunan adalah produk pinjaman yang ditawarkan oleh bank, dimana nasabah tidak memerlukan agunan ataupun jaminan. Ketentuan ini berbeda dengan proses kredit lainnya yang biasanya memerlukan jaminan seperti kendaraan, rumah, dan lain sebagainya. Meski terbilang cepat, namun pihak bank tentu saja akan melakukan beberapa survei terlebih dahulu dengan melihat riwayat kredit si pemohon. 

Sudah jelas perbedaan antara KTA dengan kredit agunan adalah kehadiran aset yang menjadi jaminan pinjaman. Salah satu keuntungan yang diberikan adalah waktu pinjaman yang jauh lebih panjang dengan bunga yang terbilang lebih rendah dibandingkan dengan KTA. Pengajuannya juga membutuhkan waktu hingga proses pencairan, sehingga pinjaman yang cair juga cukup membutuhkan waktu yang panjang. Biasanya pinjaman demikian diperuntukkan untuk nominal pinjaman yang besar seperti membayar deposit pembelian rumah untuk mengambil KPR rumah.Ā 

Fungsi KTA Sebagai Pinjaman Darurat

Fungsi KTA paling utama adalah untuk dijadikan sebagai pinjaman dana darurat yang membantu Anda ketika tidak memiliki sejumlah uang yang besar ditangan. Penggunaan KTA sangat tidak disarankan untuk menutupi biaya hutang Anda yang lainnya. Mengapa demikian? Praktik ini justru malah membuat hutang semakin bertumpuk. Ada lebih baik jika Anda menggunakan KTA untuk melunasi seluruh hutang. Namun, Anda akan terhalang jika ternyata hutang Anda memiliki nominal yang tidak dapat dijangkau KTA. Karena biasanya KTA hanya memberikan pendanaan paling besar hingga 10-200 juta. 

Jenis-jenis KTA 

Ada beberapa jenis KTA dengan masing-masing fungsi yang spesifik untuk kegunaannya. Secara umumnya KTA bisa memberikan pinjaman hingga 200 juta rupiah saja. Jadi, memang tidak bisa mengharapkan nominal pinjaman yang besar. Untuk jenis-jenis dari KTA itu tersendiri dapat dibagi menjadi 5 yaitu: 

  • Kredit Tanpa Agunan Dana CepatĀ 

Pencairan dana pinjaman bisa kurang dari seminggu dengan besaran dana yang cukup besar hingga ratusan juta. KTA kredit ini diperuntukkan bagi Anda yang sedang mengalami kondisi terdesak. Dimana Anda tidak memiliki dana alokasi untuk hal tersebut. Ini bisa jadi solusi yang tepat untuk Anda. Namun, jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan bunga yang dikenakan dengan tenor waktu yang diberikan.

  • KTA kredit Tenor yang PanjangĀ 

Ada juga beberapa bank yang menawarkan produk jasa pinjaman tanpa agunan dengan tenor waktu yang lebih panjang. Ini memudahkan Anda untuk mendapatkan pinjaman tanpa perlu mengkhawatirkan waktu pembayaran yang singkat. Sehingga, Anda dapat lebih leluasa membangun bisnis dan memaksimalkan keuntungan bisnis tanpa perlu terlilit hutang karena harus mencicil.

  • KTA Bayar Awal Tanpa Penalty

Nah, pentingnya untuk menanyakan adakah biaya penalti saat Anda diwajibkan jika Anda membayar seluruh pinjaman di awal. Ini membantu Anda untuk mengantisipasi jika ternyata Anda dikenakan biaya saat melunasi hutang lebih cepat di awal. 

  • KTA dengan Slip GajiĀ 

KTA slip gaji sangat diperuntukkan bagi seseorang yang sudah bekerja, mereka menggunakan slip gaji untuk melakukan pembayaran pinjaman setiap bulannya. Biasanya bunga yang dikenakan rendah dan pengajuan KTA cenderung lebih mudah. Jadi, bukan berarti Anda membayar dengan menggunakan slip gaji ya teman-teman. Namun, slip gaji hanya berfungsi menjadi metode agar pinjaman Anda diterima. 

  • KTA Tanpa Kartu KreditĀ 

Pengajuan pinjaman dana tanpa kartu kredit juga bisa dilakukan untuk beberapa bank atau perusahaan pinjaman. Pemberian bunga cenderung lebih tinggi ditambah dengan biaya keterlambatan yang tinggi dibandingkan dengan penawaran bunga bank lainnya untuk mengantisipasi adanya kredit macet. Pinjaman ini juga membebankan biaya keterlambatan yang cukup tinggi nominalnya per hari bisa diatas Rp 100.000. 

Baca juga: Daftar Pinjaman Online OJK Bunga Rendah

Syarat Pengajuan KTA & Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum mengambil KTA, ada baiknya Anda konsultasikan kepada petugas yang melayani. Biasanya persyaratan untuk pengajuan KTA adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berumur 21- 55 tahun
  3. Memiliki pendapatan bersih bulanan minimum UMR (setiap lembaga/ bank memiliki minimum yang berbeda)
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  5. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Perlu diketahui bahwa setiap bank tempat pengajuan KTA tentunya akan memiliki persyaratan yang berbeda. Anda sebagai peminjam sebaiknya menanyakan hal tersebut secara rinci melalui customer service tempat Anda mengajukan kredit. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pengajuan pinjaman KTA adalah 

  • Melakukan Persyaratan dan Bunga Pinjaman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa setiap lembaga atau bank tentunya memiliki persyaratan dan bunga pinjaman yang beragam. Maka dari itu akan lebih baik jika Anda mengetahui besaran bunga dan persyaratannya.

  • Simulasi Cicilan KTA

Besaran cicilan yang dibayarkan bergantung pada jangka waktu dan pinjaman Anda. dengan adanya simulasi cicilan KTA  tentunya memudahkan peminjam untuk mengetahui besaran angsuran yang dibayarkan. 

  • Menggunakan Pinjaman KTA dengan Bijak

Jika Anda lolos mengajukan pinjaman KTA, usahakan untuk tidak lupa membayar angsuran dan melunasinya dengan tepat. Risiko biaya keterlambatan justru tentunya akan membebankan cicilan Anda yang semakin banyak. Ingat menggunakan KTA berisiko terhadap bunga yang terus berjalan dimana Anda bisa berpotensi mengalami kredit macet jika tidak mampu mengatasi hutang.

Kelebihan Kekurangan KTA

Tentu saja kehadiran kredit tanpa agunan ini sangat membantu kita dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mendesak. Namun, ini bukan menjadi alasan ya untuk kita mengandalkan terus menerus pinjaman KTA. Terkadang ketika hutang dan finansial menganggu, kita harus lebih bijak lagi untuk melihat keuangan dan belajar mengelola keuangan dengan baik. Nah, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan KTA!

Kelebihan dari KTA:

  • Tanpa Jaminan atau Agunan
    Nah, karena tidak adanya jaminan atau agunan ini jelas membuat Anda jadi lebih nyaman untuk meminjam tanpa perlu khawatir harus memiliki aset.
  • Pengajuan Bisa Lebih Cepat
    Tentu jika kalian mengajukan pinjaman tanpa agunan, pengajuan pasti bisa lebih cepat karena Anda tidak perlu memikirkan berbagai pengurusan dokumen pengurusan aset.
  • Pencairan Dana Cepat
    KTA memang menitik beratkan kecepatan dalam proses pencairan uang yang Anda pinjamkan. Jadi, pinjaman tipe ini memang menjadi solusi untuk kebutuhan keuangan Anda.

Kekurangan dari KTA:

  • Plafon Pinjaman Terbatas
    Ini sudah menjadi informasi umum bahwa KTA itu tidak memberikan plafon yang besar untuk mengantisipasi adanya penipuan di kemudian hari. Jadi, jika meminjam untuk skala yang besar kemungkinan besar pengajuan Anda akan ditolak
  • Slip Gaji Jadi Validasi
    Nah, meski terbilang pengajuan dan pencairan cepat, tentu saja ada proses scoring berdasarkan validitas slip gaji Anda. Jadi, jika ternyata keuangan Anda tiap bulannya tidak begitu sehat dan cenderung lebih besar pengeluaran dari pemasukan, maka sudah bisa dipastikan kemungkinan besara akan sulit untuk menerima pencairan dana.
  • Bunga Cicilan Tinggi
    Untuk mencegah terjadinya penipuan di kemudian hari makan KTA hampir selalu memiliki bunga yang tinggi dengan tenor waktu yang sebentar. Jadi, seringkali Anda merasa tercekik jika terlalu banyak meminjam KTA karena tenor waktu dan bunga yang sering dianggap tidak relevan. Juga total pinjaman yang harus Anda bayarkan justru lebih besar.

Danamas Solusi Pinjaman Online Terbaik!

Butuh dukungan finansial untuk kebutuhan Anda sekarang yang lebih mumpuni? Ajukan pinjaman dengan berbagai layanan produk yang ada di Danamas. Limit hingga Rp 2 miliar dengan tenor waktu hingga 10 tahun. Kesulitan untuk membayar berbagai tumpukan hutang Anda bisa melakukan refinancing hutang dengan modal pembayaran hutang dari Danamas. Sehingga, Anda bisa lebih mudah untuk mencicil dengan besaran yang lebih murah dan jangka waktu yang panjang. 

Jika ada pertanyaan atau keluhan silahkan hubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002. Kunjungi website Danamas pinjaman online terpercaya dan dapatkan produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda! 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

Ā 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda