Finansial

Kini, sudah banyak sekali orang yang mulai melek finansial. Dari mulai perencanaan finansial hingga membuat tujuan finansial yang lebih terarah. Dibalik kesadaran akan pentingnya finansial untuk diri sendiri hingga keluarga, ternyata makin membuat orang memiliki tujuan untuk bisa bebas secara finansial. Untuk bisa bebas secara finansial ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengelola keuangan secara bijak sehingga tujuan finansial tercapai lebih cepat.

Di usia produktif adalah usia terbaik untuk Anda memulai pengelolaan keuangan untuk mencapai kebebasan finansial. Ada beberapa tanda bahwa anda sudah bebas secara finansial yang akan dibahas di artikel ini. Bisa dibayangkan jika anda sudah memiliki kebebasan finansial di usia muda maka Anda pun tidak perlu lagi pusing soal keuangan dan memenuhi kebutuhan.

Di artikel ini akan membahas tentang tips untuk mendapatkan kebebasan finansial serta beberapa hal positif yang bisa Anda rasakan dari financial Freedom atau kebebasan finansial. Sebenarnya, apa itu kebebasan finansial dan apa saja tandanya bahwa seseorang sudah berada pada titik bebas secara finansial? Di artikel ini, akan mengulas tips kebebasan finansial sebagai pilihan banyak orang saat ini. 

Pengertian Finansial

Sebelum membahas lebih dalam apa dan bagaimana bisa mendapatkan kebebasan finansial, cari tahu dulu apa itu finansial? 

Finansial berasal dari kata ‘finance’ yang berarti keuangan. Jika dilihat dari aspek lain, finansial adalah segala hal tentang bagaimana mengatur uang masuk dan keluar didalam suatu bisnis atau lembaga. Lalu, didalamnya terdapat manajemen finansial yang memiliki arti serangkaian aktivitas keuangan yang ada pada perusahaan yang diawali dari mendapatkan, menggunakan hingga mengelola uang secara menyeluruh. 

Apa itu Kebebasan Finansial?

Istilah kebebasan finansial kini semakin sering terdengar, namun sebenarnya apa pengertian kebebasan finansial?

Kebebasan finansial adalah keadaan disaat kita sudah bisa memenuhi seluruh kebutuhan tanpa harus memikirkan berapa jumlah uang yang dikeluarkan tanpa perlu kerja keras. Maka, orang yang sudah bebas finansial, sudah memiliki passive income yang bisa didapat dari bisnis, aset, hingga investasi. Maka, tidak heran jika investasi kini banyak mulai dicoba oleh mereka yang ingin menambah penghasilan. Kebebasan finansial juga membuat Anda tidak perlu lagi fokus pada banyaknya gaji yang dimiliki karena hampir semua keinginannya sudah dengan mudah terpenuhi. 

Tanda Status Bebas Finansial

Usia muda dan produktif adalah waktu yang tepat untuk Anda memulai mengelola keuangan yang baik agar bebas finansial lebih cepat. Anda yang sedang bekerja keras dan menuju pada tahap financial freedom, namun anda tidak tahu sampai mana batas anda bahwa sudah mencapai financial freedom. Maka, ada beberapa tanda yang mengisyaratkan bahwa seseorang sudah mencapai kebebasan finansial atau status bebas finansial, seperti berikut ini:

  • Sudah memiliki Passive Income

Passive income atau pendapatan pasif banyak diinginkan oleh mereka karena dengan passive income, uang akan bekerja untuk Anda, sehingga Anda tidak perlu terlalu keras mencari yang. Pemasukan pasif ini didapatkan dari berbagai hal, salah satunya investasi. Investasi yang banyak dilirik orang seperti reksadana, deposito dan saham. Imbal hasil atau return yang dihasilkan dari investasi sudah bisa menjadi penghasilan tambahan tanpa Anda perlu kerja keras. Hal ini menunjukkan bahwa Anda sudah selangkah menuju kebebasan finansial. 

  • Sudah Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat sangat diperlukan untuk kondisi finansial yang lebih stabil. Berada di kondisi darurat bisa memungkinkan Anda membutuhkan dana yang lumayan besar. Agar kondisi finansial tidak terganggu, maka dibutuhkan dana darurat untuk berbagai hal seperti sakit, kecelakaan, renovasi rumah, kemalingan, dll. Menyiapkan dana darurat tidak perlu menunggu memiliki pendapatan yang banyak, usahakan dana darurat terkumpul minimal 6 bulan gaji sehingga Anda pun bisa lebih tenang. 

  • Bebas Hutang Tak Sehat

Hutang bisa sangat mengganggu kondisi finansial, terlebih lagi untuk hutang konsumtif yang sebenarnya keberadaannya tidak diperlukan untuk Anda. Perilaku konsumtif adalah hal yang perlu Anda hindari agar tidak terjebak pada kondisi memiliki hutang yang tidak sehat. Kebebasan finansial juga menunjukkan bahwa Anda sudah tidak memiliki hutang kartu kredit atau cicilan apapun, sehingga Anda sudah merdeka dari ketergantungan pihak lain. 

Cara Bebas Finansial Di Usia Muda

Untuk bisa sampai pada tahap merdeka secara finansial, tentu ada proses yang perlu Anda lewati. Tips meraih kebebasan finansial ini bisa jadi cara jitu untuk lebih cepat bebas finansial. Dekat dengan melakukan beberapa hal yang disebutkan di bawah ini maka bukan tidak mungkin di usia 40-an anda sudah merasakan kebebasan finansial. Ikuti langkah-langkah berikut untuk meraih financial freedom lebih cepat.

  1. Catat Setiap Pengeluaran & Pemasukan

Kebebasan finansial bisa diawali dengan tahu cara mengatur keuangan pribadi. Hal sederhana yang berdampak besar dalam hal pengaturan keuangan adalah dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan uang. Anda bisa melakukan pencatatan secara manual di buku atau menggunakan aplikasi akuntansi. Pencatatan uang ini adalah hal dasar yang bisa mulai Anda biasakan dari sekarang. Dengan cara ini juga, Anda bisa lebih mudah untuk melihat flow pengeluaran dan pemasukan keuangan Anda. 

  1. Melunasi Hutang

Memiliki hutang bisa menghambat tujuan kebebasan finansial Anda. Maka, sebaiknya lunasi semua hutang yang Anda miliki, terutama hutang konsumtif seperti kredit gadget, kredit barang-barang yang anda kenakan, bukan kredit seperti KPR atau kredit mobil. Usahakan, hindari hutang konsumtif agar Anda tidak lagi terbebani dengan hutang dan bunganya yang semakin tinggi. 

  1. Hindari Rasa Gengsi

Terkadang, gengsi lah yang membuat orang untuk membelanjakan uangnya hanya untuk status. Rasa gengsi hanya membuat Anda terjerumus kedalam gaya hidup yang tidak dibutuhkan. Untuk itu, gunakan uang Anda secara bijak untuk keperluan yang memang benar-benar Anda butuhkan. Tahan diri untuk membeli barang yang hanya bersifat status dan gengsi. 

  1. Tambah Aset Investasi

Cara lain agar bebas secara finansial adalah dengan menambah aset investasi Anda. Pilih berbagai instrumen investasi yang bisa memberikan keuntungan dan kenyamanan untuk Anda, antara lain investasi reksa dan, saham, emas, obligasi, dll. Semua investasi memiliki keuntungan dan resikonya, sehingga penting untuk Anda mempelajari seluk beluk investasi sebelum mulai. Investasi bisa membantu masa depan Anda lebih tenang karena lewat investasi, Anda bisa memiliki passive income untuk masa depan. 

  1. Berhemat

Berhemat seharusnya menjadi kebiasaan kita dalam menggunakan uang. Hal ini ternyata bisa menjadi cara untuk Anda menuju kebebasan finansial. Tahan berbagai keinginan Anda yang tidak darurat dan susun rencana keuangan, sehingga ketika Anda ingin mengeluarkan uang tersebut memang sudah sesuai rencana yang dibuat tersebut. 

  1. Rutin Menabung

Hidup hemat dan rutin menabung juga bisa jadi kebiasaan yang harus mulai sekarang Anda lakukan. Sebaiknya, rekening tabungan pribadi berbeda dengan rekening bisnis, sehingga Anda bisa membuat laporan keuangan secara riil. Rutin menabung tidak harus langsung dengan nominal besar, mulai dari jumlah kecil lalu perlahan ke jumlah yang besar. 

  1. Cari Penghasilan Tambahan

Penghasilan tambahan bisa jadi pilihan untuk menambah tabungan atau uang untuk diinvestasikan. Penghasilan tambahan ini bisa dari usaha kecil dan menengah yang mungkin ingin Anda coba jalani. Jangan lupa untuk selalu bijak dalam menggunakan uang tambahan Anda. 

  1. Menentukan Tujuan Finansial

Hal yang paling mendasar yang anda butuhkan untuk mencapai financial Freedom atau kebebasan finansial adalah tujuan keuangan yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Hal yang perlu Anda ingat adalah konsep kebebasan finansial bukanlah menghambur-hamburkan uang sesuka hati Namun menemukan apa yang ingin anda capai saat sudah pada tahapan yang selfie di depan.

Hal Positif dari Kebebasan Finansial

Dengan meraih kebebasan finansial di usia muda sudah tentu anda akan mendapatkan berbagai macam manfaat yang akan didapatkan dalam soal keuangan.  Kebebasan finansial tidak hanya memberikan manfaat bagi anda dalam memenuhi kebutuhan tanpa perlu melihat jumlah atau nominal barang tersebut tetapi juga lebih dari itu. Dengan menjadi orang yang sudah memiliki kebebasan finansial, maka ada banyak hal yang bisa Anda rasakan, seperti berikut ini:

  • Anda bisa penuhi semua kebutuhan bahkan keinginan yang mungkin selama ini belum pernah Anda rasakan. Dengan kebebasan finansial, Anda bahkan tak perlu lagi bekerja keras seperti sebelumnya, Anda hanya perlu menikmati pendapatan saja. 
  • Hidup lebih bahagia tentunya dengan merdeka secara finansial. Tidak dipungkiri bahwa keuangan adalah hal yang paling sering dirasakan bagi kebanyakan orang. Maka dengan ber kebebasan finansial, Anda pun akan hidup lebih bahagia. 
  • Anda juga tidak perlu lagi merepotkan orang lain seperti meminjang uang. Hal ini karena merdeka secara finansial artinya Anda sudah mampu berdiri sendiri atau mandiri tanpa perlu bantuan orang lain untuk memenuhi segala kebutuhan dan keinginan. 
  • Anda bisa mencapai mimpi yang sempat tertunda jika sudah bebas finansial. Misalnya, Anda ingin keliling dunia, membeli barang yang selama ini Anda inginkan, dll, semua bisa terpenuhi tanpa lagi memikirkan berapa banyak uang di tabungan Anda. 

Cara Membangun Aset Di Usia Muda

Agar uang anda bertumbuh maka anda perlu membangun aset di usia muda. Bukan tidak mungkin anda bisa membangun dan memiliki aset hingga miliaran rupiah yang bisa diwujudkan melalui beberapa strategi yang tepat. Membangun aset yang dalam jumlah besar bisa diwujudkan dengan strategi dan kerja keras bahkan sebelum usia 40 tahun. Berikut beberapa cara membangun aset di usia muda.

  • Perbesar Margin Untung

Semakin lebar jarak antara apa yang Anda hasilkan dengan apa yang Anda habiskan maka itu menunjukkan profit margin semakin besar. Cara yang paling mudah adalah dengan menaikkan porsi Penghasilan anda untuk menabung atau berinvestasi atau membangun sebuah pencapaian tujuan keuangan lainnya. Jika selama ini anda mengalokasikan 5% atau 10% dari penghasilan untuk ditabung, maka  naikkan angkanya menjadi 40% atau 50% dari penghasilan anda. Dengan menyelesaikan 40% untuk menabung maka anda masih memiliki 30% anggaran untuk membayar hutang rutin atau bisa dipakai untuk biaya hidup sehari-hari. Jika anda memiliki pasangan yang sama-sama bekerja maka cobalah untuk terapkan hidup hanya dengan satu penghasilan saja. Penghasilan yang lain 100% untuk kebutuhan menabung dan masa depan.

  • Mulai dengan 10 juta

Anda bisa membangun aset sebesar Rp 1 miliar dengan modal Rp 10 juta saja. Anda hanya perlu mengalokasikan uang 10 juta untuk memulai mengakumulasikan kekayaan melalui investasi ataupun bisnis. Dengan uang Rp 10 juta maka anda bisa membeli saham dari sebuah perusahaan yang sudah cukup bagus dengan harga di bawah Rp1.000 sebanyak 20 lot atau 10.000 lembar. Kalau anda hanya perlu memilih saham dengan harga dibawah Rp 1.000 yang memiliki potensi naik lalu anda bisa diperdagangkan. Dengan uang Rp 10 juta, Anda bisa memulai sebuah bisnis kecil seperti UMKM yang memungkinkan untuk mencetak hutang bersih diatas 30%.

  • Ubah passion anda menjadi bisnis

Jika anda memiliki passion maka tidak ada salahnya untuk jadikan sebuah bisnis dan mendapatkan keuntungan. Seperti contoh jika anda hobi memasak maka tidak ada salahnya untuk mengembangkan bisnis kuliner dan rintis usaha makanan online. Selain itu, jika anda hobi menulis dan jalan-jalan maka tidak ada salahnya untuk membangun sebuah traveler blok selalu memonitor isinya sehingga Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang tak terbatas.

  •  Berinvestasi lebih awal

Jika anda pernah membawa tentang nilai sebuah uang maka anda akan paham konsep inflasi dan memahami mengapa berinvestasi lebih awal akan menguntungkan anda. Laju inflasi bisa dengan mudah menjatuhkan nilai kekayaan, maka dari itu berinvestasilah agar uang tidak tergerus laju penurunan nilai pada inflasi tersebut. Anda bisa memulai investasi begitu saja saat anda memiliki penghasilan dan pilih instrumen investasi yang cocok hingga mampu melawan inflasi.

  • Berinvestasi di properti

Laju kenaikan harga properti akan selalu naik. hal ini tak lain karena laju pertumbuhan penduduk yang selalu membutuhkan properti jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ketersediaan unit atau lahan. Hampir jarang sekali harga properti jatuh dalam jangka yang panjang. Dalam rata-rata harga properti pun naik minimal 20% dalam setahun.

  • Gaya hidup sederhana

Mulai mulailah gaya hidup yang sederhana mulai dari usia muda Anda. Ketika usia anda tengah berada di fase akumulasi kapital maka pahami bahwa gaji besar tidak selalu memiliki kekayaan besar jika ada pada pengelolaan keuangan yang salah. sebaiknya belanjakan uang anda dengan cermat dan juga efisien lalu biasakan menerapkan kesederhanaan dalam hidup sehingga mampu terhindar dari jebakan gaya hidup boros dan konsumtif. 

Cara Mengatur Keuangan Di Usia Muda

Untuk mengatur keuangan atau mengelola keuangan maka perlu dimulai saat usia muda di mana anda tidak memiliki penghasilan. Dengan kemampuan dalam pengelolaan keuangan maka bukan tidak mungkin anda bisa memiliki tabungan lebih banyak investasi yang lebih banyak serta menuju financial freedom  atau kebebasan finansial. Ada beberapa cara mengatur keuangan di usia muda yang tepat seperti berikut ini:

  • Membuat Anggaran Keuangan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat anggaran keuangan. Hal ini karena membuat anggaran keuangan membantu anda untuk mengetahui berapa banyak pengeluaran serta pendapatan dalam jangka waktu tertentu. Selain itu Anda juga bisa mengetahui rencana jangka panjang dan jangka pendek keuangan anda. Tujuan utama dari pembuatan anggaran keuangan ini adalah agar pengeluaran tidak lebih besar daripada pendapatan dan pengeluaran pun lebih jelas.

  • Investasi Dan Menabung

Salah satu langkah untuk mengelola keuangan lebih baik di masa kini dan masa depan adalah menabung, juga investasi di usia muda. Beberapa jenis investasi yang bisa jadi sarana menabung disesuaikan dengan kebutuhan anda. Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi, maka sebaiknya pelajari terlebih dahulu instrumen investasi yang akan anda pilih. Beberapa instrumen yang cocok bisa dipakai untuk tabungan jangka panjang dan lainnya untuk investasi jangka pendek.

  • Asuransi Dan Dana Darurat

Walaupun tabungan dipakai sebagai dana darurat maka sebaiknya tetap siapkan tabungan dana darurat tersendiri diluar tabungan anda ada yang bisa dipakai dalam kondisi yang mendesak atau mendadak. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan asuransi diri dan barang untuk mempersiapkan segala sesuatu hal yang tidak diinginkan di masa yang akan datang.

  • Mencari Sumber Pendapatan Lain

Mengelola keuangan juga termasuk dalam mencari sumber pendapatan lain. Anda perlu menambah penghasilan tambahan dari sumber lainnya. Di era digitalisasi seperti sekarang ini tentu memudahkan anda dalam mencari penghasilan tambahan serta menjangkau orang lebih banyak. Tidak sedikit orang yang mendapat penghasilan tambahan dari bisnis lebih besar dari gaji bulanan mereka. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba peluang ini.

  • Hindari Hutang Berbunga Tinggi

Saat ini banyak sekali pinjaman instan yang memudahkan orang untuk mendapatkan pinjaman namun bunga yang sangat tinggi. Memilih pinjaman utang yang terpercaya adalah salah satu cara yang bisa dilakukan karena hanya sedikit orang menawarkan pinjaman lalu memberikan bunga yang tinggi. Tidak jarang juga beberapa kaum milenial atau anak muda yang sudah terlilit hutang karena memiliki pinjaman dengan bunga besar yang kurang tepat. 

Jajal Bisnis untuk Menuju Kebebasan Finansial

Menuju kebebasan finansial memang sangatlah menyenangkan ya jika dibayangkan. Untuk itu, selagi usia produktif masih semangat untuk bisa menghasilkan uang, maka coba berbagai cara diatas untuk bisa lebih cepat merdeka dalam finansial. Cara lain yang banyak orang lakukan adalah membangun bisnis di usia muda. Anda bisa mulai mengembangkan dan membangun bisnis untuk nantinya dinikmati di masa tua. 

Jika Anda memiliki kendala dalam hal modal usaha, maka cobalah untuk mendapatkan pinjaman modal usaha yang tepat. Pilih fintech lending berizin dan diawasi oleh OJK seperti Danamas. Pinjaman umkm online terpercaya beragunan properti dari Danamas bisa dijadikan pilihan untuk mulai mengembangkan bisnis di usia muda. Pinjaman berlimit besar hingga Rp 2 miliar dengan tenor mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun kini bukan lagi angan-angan, karena Danamas siap menjadi fintech lending pilihan Anda untuk pengembangan bisnis umkm lebih maju lagi. Coba simulasikan pinjaman Anda dan nilai properti di website Danamas dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman, hitung pinjaman dan angsuran dari properti Anda . Untuk akses lebih mudah, Anda bisa download aplikasi Danamas pinjaman bisnis di smartphone Anda untuk pengajuan lebih praktis.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b