usaha-toko-bangunan

Usaha toko bangunan tentunya tidak akan pernah berhenti dan selalu dibutuhkan dari waktu ke waktu. Pasalnya jika membangun rumah dengan tidak penuh perhitungan dan bahan bangunan yang baik, ini justru akan membahayakan bangunan yang menyebabkan kerugian besar. Nah, dengan aspek kualitas juga banyaknya inspirasi tentang rumah yang dipasarkan oleh influencer. Maka, ini justru menjadi kesempatan yang baik bagi Anda yang ingin membuka usaha toko bangunan. 

Modal usaha tentu sangat fundamental untuk membangun kelangsungan bisnis kedepannya. Ini harus menjadi komponen utama yang dipikirkan agar bisnis tetap stabil meski alami fase krisis. Untuk bisa menjalankan bisnis dengan lancar dan laris, maka tentu Anda perlu mengikuti beberapa langkah atau strategi memulai usaha toko bangunan. 

Usaha ini tidak bisa dijalankan secara sembarangan, pasalnya produk yang Anda jual memiliki target market yang cukup spesifik dan karakteristik barang yang berbeda dari barang kebutuhan pokok. Sehingga, membutuhkan skill yang membantu Anda menyusun kepentingan khususnya finansial secara skala prioritas

Tidak hanya memikirkan bagaimana cara untuk membangun usaha toko bangunan lebih laris, Anda juga perlu mengetahui rincian atau kisaran modal usaha yang dibutuhkan untuk bisa membangun usaha toko bangunan. Usaha toko bangunan ini bisa berjalan dengan lancar dengan adanya perhitungan modal awal yang tepat. Selain itu, Anda juga membuat strategi promosi yang tepat target marketnya. Memulai usaha toko bangunan bisa jadi merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan jika Anda tertarik untuk membuka usaha toko bangunan. 

Tips Membuka Usaha Toko Bangunan 

Usaha toko bangunan adalah peluang yang bagus untuk Anda yang menyukai bisnis material dan pembangunan rumah. Toko bangunan kini dicari banyak konsumen apalagi jika toko Anda sangat lengkap, maka bukan tidak mungkin konsumen akan selalu kembali ke toko material Anda. Dengan tips membuka usaha toko bangunan ini, maka Anda bisa mulai menerapkan strategi dari sekarang.

1. Mencari Lokasi yang Strategis

Pencarian lokasi untuk toko bangunan Anda, usahakan untuk mencari lokasi yang sesuai dengan target pasar yang ingin Anda tuju. Misalnya ingin fokus ke semen dan bahan pembangunan rumah, maka cock mencari lokasi yang masih dalam tahap pengembangan, atau misalkan Anda ingin fokus ke penjualan cat rumah, membuka toko di dekat perumahan, juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu pastikan agar akses menuju toko juga mudah untuk dilalui.

2. Mencari Supplier

Pilihlah pemasok yang dapat bekerjasama dan yang mampu bernegosiasi dengan baik. Supplier juga perlu untuk dicari dengan reputasi yang baik dan dapat dipercaya agar Anda tidak merugi. 

3. Sediakan Bahan yang Lengkap

Supaya menarik pelanggan, ada baiknya Anda menyediakan bahan bangunan yang lengkap, misalnya mulai dari, semen, batu,pasir,cat,keramik, dan lain sebagainya. Jika toko Anda lengkap, maka konsumen akan selalu mengingat toko Anda ketika mereka hendak membeli bahan bangunan.

4. Jujur Terhadap Kualitas Barang

Setiap bahan bangunan tentunya memiliki kualitas yang berbeda-beda. Untuk itulah Anda harus selalu jujur kepada pelanggan mengenai kualitas dari masing-masing barang yang Anda jual. Apabila kualitasnya memang tidak baik, maka katakanlah kepada pelanggan, selanjutnya biarkan pelanggan untuk memutuskan dan membeli kualitas barang yang ingin mereka beli. 

5. Berikan Harga yang Bersaing

Setiap toko bangunan tentunya memiliki perbedaan dari segi harga, Anda harus memberikan harga yang bersaing kepada pelanggan. Usahakan untuk melakukan riset terhadap pasar dan toko kompetitor. 

6. Buat Website untuk Toko Anda

Teknologi terus berkembang, untuk itu Anda juga harus memanfaatkan teknologi untuk menunjang usaha toko Anda. mulailah dengan membuat website yang menampilkan katalog bahan bangunan yang Anda jual. Buatlah website yang user friendly dengan pilihan kategori yang lengkap.

7. Lakukan Promosi di Media Sosial

Lakukanlah promosi di media sosial agar semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan toko bangunan Anda. Buatlah konten yang menarik misalnya, konten promo potongan harga, kuis giveaway, dan lain sebagainya.

8. Perhatikan Customer Experience

Saat melakukan penjualan entah itu online maupun offline, memperhatikan customer experience merupakan hal yang penting agar toko bangunan Anda tetap berkembang dan mendapatkan keuntungan. Misalnya dengan memperhatikan kebutuhan serta jujur kepada konsumen terkait pelayanan dan kekurangan dari toko yang Anda miliki.

Rincian Modal Usaha

Selain strategi, Anda juga membutuhkan rincian atau kisaran modal usaha untuk bisa membuka usaha toko bangunan. Rincian modal usaha ini digambarkan secara umum, tentu harga tepatnya dipengaruhi oleh lokasi dimana Anda membuka toko bangunan. Berikut ini adalah perkiraan modal yang perlu Anda persiapkan untuk membuka toko usaha bahan bangunan. 

Perlengkapan yang dibutuhkanKisaran Harga
Mobil pickup barangRp 100 juta
Bahan Bangunan yang dijualRp 200 juta
EtalaseRp 2 juta
LemariRp 2 juta
TotalRp 304 juta
Biaya OperasionalKisaran Harga
Gaji KaryawanRp 7,5 juta
ListrikRp 500 ribu
Sewa TempatRp 1.670.000
TotalRp 9.670.000

Jumlah keuntungan yang diperoleh apabila omset Anda berkisar 20% dengan perputaran uang Rp 200.000.000 maka estimasi keuntungannya adalah

  • Keuntungan kotor perbulan Rp 200 juta x 20% = Rp 40.000.000
  • Keuntungan bersih perbulan Rp 40.000.000 – Rp 9.670.000 = Rp 30.330.00

Kembangkan Usaha Toko Bangunan Anda!

Bila Anda ingin membuka modal usaha, tentunya membutuhkan modal untuk pengembangan bisnis. Modal antara toko Anda dengan toko yang lain bisa saja bervariatif. Jadi, sebaiknya Anda menentukan alokasi modal untuk pengembangan usaha Anda. Jika membutuhkan modal untuk pengembangan usaha yang aman dan percaya baiknya Anda dapat mengajukan pinjaman lewat platform pinjaman online terpercaya. Danamas adalah platform pinjaman online yang telah disetujui OJK dengan bunga rendah dibawah 15% beragunan properti. Dapatkan modal pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 milyar. Download aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis untuk solusi bisnis Anda. Simulasikan besaran pinjaman yang dapat cair dengan menggunakan Kalkulator Simulasi Kredit Pinjaman Online.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b