rumah-mewah

Biaya bangun rumah mewah harus Anda prediksi terlebih dahulu, agar mengetahui biaya yang perlu Anda siapkan sebelum membangun rumah. Anda juga dapat memikirkan mulai dari desain rumah, jumlah lantai  rumah mewah Anda dan lokasi pembangunan rumah mewah. 

Dalam pembelian rumah khususnya pertama kali kita harus menentukan beberapa hal supaya dapat menunjang kebutuhan kita untuk masa yang akan datang dengan lebih baik, ada beberapa hal yang harus ditentukan seperti dari memilih agen atau developer rumah atau membangun rumah sendiri, memperhatikan lingkungan rumah, lokasi dan akses yang terdapat di daerah itu sendiri, Potensi yang terjadi pada daerah itu kedepannya, hingga spesifikasi material bangunan. Semua hal tersebut harus di perhatikan dengan seksama supaya dapat menunjang keberlangsungan kehidupan yang terjadi di dalamnya dengan aman dan nyaman

Dalam artikel ini, akan dijelaskan secara lebih detail mengenai biaya pembangunan rumah mewah, mulai dari dana yang harus disiapkan, biaya bangun rumah 100 meter, hingga jenis-jenis desain tangga yang Anda dapat wujudkan ke dalam rumah impian Anda.Yuk simak informasinya!

Buat Rumah perlu Dana Berapa?

Biaya bangun rumah dapat bervariasi tergantung pada lokasi, jenis bahan yang Anda ingin gunakan dan luas dari rumah yang Anda bangun. Lokasi yang strategis dari pusat kota, di pinggir jalan atau aman dari banjir akan meningkatkan biaya harga tanah. Selain itu, jika Anda menggunakan bahan yang mahal dan berkelas juga akan berbeda dengan bahan yang sederhana.

Contohnya jika Anda ingin membangun rumah mewah minimalis berukuran 450 meter persegi yang lengkap dengan kolam renang dengan garasi yang dapat menampung hingga dua mobil Anda perlu biaya di atas Rp 5 miliar. Atau contoh lainnya rumah dengan minimalis yang lebih sederhana berukuran 80 meter persegi, Anda dapat membeli dengan biaya pada kisaran Rp 400.000.000.

Biaya Bangun Rumah 100 meter?

Biaya bangun rumah 100 meter persegi menjadi salah satu pertanyaan yang banyak ditanyakan. Anda dapat memperkirakan harga rumah yang Anda bangun dengan perhitungan kasar ini. 

Luas Bangunan Rumah x Biaya per m2 = Biaya Bangun Rumah

Jika Anda membangun rumah mewah biaya per meter perseginya dapat berkisar antara Rp 6.000.000- Rp 7.000.000. Jika Anda membangun rumah dengan luas 100 meter persegi, maka dapat diestimasikan biaya yang perlu Anda keluarkan sebesar Rp 600 juta sampai Rp 700 juta. Namun, angka tersebut hanya patokan saja tergantung material yang Anda gunakan, bisa lebih murah maupun lebih mahal.

5 Tips Bangun Rumah Mewah agar Hemat

Biaya bangun rumah mewah tentunya memerlukan biaya yang besar. Namun, Anda juga dapat meminimalkan pengeluaran dalam proses pembangunan rumah mewah Anda. Berikut tips bangun rumah mewah agar hemat: 

1. Jasa Tukang Bangunan

Jasa tukang bangunan untuk desain rumah mewah Anda juga harus dipertimbangkan dengan tepat. Pasalnya, tidak semua tukang bangunan akan bekerja sesuai dengan ekspektasi Anda. Maka, pilihlah tukang bangunan yang sudah berpengalaman pada pengerjaan rumah mewah 2 lantai. Anda bisa memilih jenis tukang bangunan berdasarkan jenisnya yaitu tukang borongan atau tukang harian. 

Saran yang bisa Anda coba adalah untuk mengerjakan struktur rumah mewah, maka pilih tukang borongan. Jika ingin mengerjakan interior rumah, seperti pemasakan lantai, pengecatan dinding, dll sebaiknya pilih tukang harian sehingga pengerjaannya tidak terburu-buru dan lebih rapi. Jika Anda memilih sistem harian, maka perhatikan juga jadwal pembangunan agar tepat waktu, sehingga budget Anda tidak akan lebih. 

2. Buat Rencana Pembangunan Rumah

Sebelum Anda membangun rumah mewah 2 lantai, maka perlu menyiapkan rencana pembangunan. Perencanaan rumah bisa terdiri dari ukuran bangunan, biaya-biaya, hingga target waktu pembangunan. Rencana pembangunan ini bisa dijadikan panduan Anda saat proses pembangunan jika terjadi keterlambatan atau ada hal yang tidak sesuai. Jadi, pengerjaan rumah mewah Anda bisa sesuai jadwal dan juga biaya yang sudah direncanakan. Namun, jika ternyata ada yang ā€˜melencengā€™ maka Anda bisa mengevaluasi rencana pembangunan kembali. 

3. Pilih Desain Rumah Minimalis

Seperti nama desainnya ā€œminimalisā€ maka model rumah Anda pun tidak perlu menggunakan desain yang rumit. Desain yang simple atau sederhana tentu akan membuat kebutuhan material juga lebih sedikit. Anda tidak butuh tambahan aksesoris yang rumit pada desain rumah Anda. Lebih hemat lagi, Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi desain rumah mewah minimalis 2 lantai di internet. 

4. Riset Harga Material

Sebelum Anda membeli bahan bangunan, sebaiknya cek harga material terlebih dahulu. Cek harga bahan bangunan bisa lewat internet, seperti website toko bangunan hingga ecommerce. Walaupun harga ini tidak bisa pasti, namun setidaknya Anda memiliki gambaran kisaran harga dari bahan bangunan tersebut. Namun, jika Anda ingin mendapatkan nilai yang pasti sesuai toko yang menjadi pilihan Anda, maka bisa langsung ke toko bangunan terdekat rumah Anda. 

5. Mulai Bangun Rumah secara Bertahap

Bangun rumah mewah mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama dengan budget yang lumayan besar. Jika Anda ingin lebih menghemat biaya bangun rumah, maka bisa dibangun rumah secara bertahap. Buatlah skala prioritas untuk pembangunan rumah mulai dari yang paling penting (primer) hingga kebutuhan pembangunan sekunder. Hal yang Anda butuhkan adalah tetap sabar hingga dana terkumpul dan pembangunan rumah Anda beres total. 

Desain Tangga Rumah Mewah 2 Lantai

Desain tangga rumah mewah perlu Anda perhatikan ketika membangun rumah mewah. Hal ini karena desain tangga akan mempengaruhi estetika dari rumah mewah Anda. Pembuatan tangga bisa memakan biaya yang lumayan besar, terlebih lagi jika memiliki bentuk yang rumit. Berikut pilihan tangga untuk rumah 2 lantai:

1. Tangga Tegak

Tipe tangga ini sering digunakan oleh orang karena pembuatannya lebih sederhana. Umumnya pembuatan tangga tegak pada tipe rumah desain minimalis namun tetap disesuaikan dengan luas area di sekitar tangga. Selain itu, tipe tangga ini memungkinkan Anda untuk membuat area penyimpanan dibawah tangga atau meletakkan televisi di bawahnya.

2. Tangga ZigZag

Jenis tangga zig zag ini cukup mirip dengan tangga tegak. Tangga jenis ini bisa mengoptimalkan penggunaan ruang dengan rute berbelok. Cara lain juga bisa dibuat dengan putar balik sehingga space yang dibutuhkan lebih sedikit. Tipe tangga ini memiliki kelebihan dalam hal estetika daripada tangga lurus. 

3. Tangga Putar

Jenis tangga ini memungkinkan Anda untuk lebih rumit saat naik keatas. Jenis tangga ini membutuhkan ruang yang lebih sedikit daripada dua jenis tangga yang sebelumnya. Dari segi estetika, tangga putar tampak lebih unik namun kurang sesuai jika rumah mewah Anda berdesain minimalis. 

8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terpopuler

Jika Anda ingin berperan langsung untuk mendesain rumah Anda, ada beberapa aplikasi desain rumah yang dapat Anda gunakan. Berikut kami rangkum, 8 aplikasi desain rumah terpopuler.

1. SketchUp

Salah satu aplikasi desain rumah populer adalah SketchUp.  aplikasi ini memungkinkan anda untuk merancang rumah layaknya perancang rumah profesional.  Jika anda ingin menggunakan aplikasi ini,  maka anda bisa menginstalnya di komputer. SketchUp salah satu software yang memiliki fitur lengkap dan menjadikan anda mudah untuk menggunakannya. selain bisa digunakan di laptop Anda juga bisa menggunakannya di iPad atau smartphone anda.

2. SmartDraw

Aplikasi selanjutnya yang bisa membantu Anda dalam mendesain rumah adalah SmartDraw. Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula yang ingin mendesain rumah dalam bentuk 3D. SmartDraw memiliki tampilan yang cukup modern dan juga user friendly alias mudah digunakan.

3. Houzz

Untuk mereka yang sering mencari inspirasi dalam mendesain rumah, pasti sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. aplikasi Houzz Tidak hanya memberikan Anda inspirasi desain rumah minimalis tetapi juga memudahkan anda untuk membuat  desain seperti layaknya designer interior. Aplikasi Houzz bisa digunakan dimana saja lewat laptop ataupun smartphone anda.

4. Floorplanner

Floorplanner Adalah sebuah aplikasi yang bisa membuat anda merancang rumah dalam bentuk 2 dan 3 dimensi. untuk bisa mengakses aplikasi ini Anda tidak perlu mengunduhnya karena bisa digunakan secara online. aplikasi ini memudahkan anda untuk merancang floor plan dari rumah secara cepat.

5. Planner 5D

Planner 5D memiliki tampilan yang mirip seperti SketchUp. Di aplikasi ini ada salah satu fitur yang bisa memudahkan anda untuk melihat dan menjelajahi hasil dari rancangan rumah cara perspektif nyata. aplikasi ini tidak hanya tersedia di Smartphone tetapi juga tersedia di platform PC. 

6. RoomStyler 3D Planner

Jika anda ingin aplikasi yang memudahkan anda untuk merancang rumah 3D, maka roomstyler 3D home planner adalah pilihan yang tepat. aplikasi ini juga menyediakan sebuah video tutorial yang bisa membantu Anda juga mempermudah dalam merancang rumah. 

7. Lumion

Lumion merupakan aplikasi perancang desain rumah Yang memiliki spesifikasi yang cukup tinggi dibandingkan dengan aplikasi lainnya. memiliki tampilan yang sangat detail dan juga lengkap dengan user interface yang sangat mudah untuk dipelajari. selain itu lumion juga memudahkan anda untuk membuat desain dalam bentuk video sehingga bisa dilihat dalam desain 3D dengan hasil yang sangat nyata.

8. Home Design 3D Anuman

Aplikasi ini tidak hanya bisa membantu anda untuk mendesain rumah Oma tetapi juga bisa membantu untuk merenovasi hingga mendekor dan mengisi perabot ruangan secara virtual. Setelah anda selesai mendesain, Anda bisa membuat tampilan 3D seakan lebih nyata. Kelebihan dari aplikasi ini adalah home design 3D Anuman bisa digunakan dengan cara offline sehingga ketika anda tidak memiliki jaringan internet Anda masih bisa menggunakan aplikasi desain rumah ini. 

Aset Rumah Mewah dapat Dijadikan Modal Usaha Anda di Lancar by Danamas

Punya rumah mewah juga dapat menjadi investasi tersendiri bagi Anda. Dengan memiliki rumah mewah bukan hanya untuk tempat tinggal pribadi, tapi juga bisa dijadikan aset bagi pengembangan usaha. Jadi investasi rumah yang Anda punya dapat bermanfaat bagi perkembangan bisnis Anda

Salah satu fintech lending berizin OJK adalah Lancar by Danamas yang bisa memberikan pinjaman beragunan properti. Properti seperti rumah, tanah atau apartemen bisa Anda jadikan modal usaha yang menjanjikan untuk pengembangan bisnis lebih maju lagi. Mengembangkan usaha harus dibarengi dengan modal yang cukup agar operasional berjalan dengan lancar dan visi misi terlaksana dengan baik. Lancar by Danamas bisa jadi solusi untuk Anda yang masih bingung mencari modal usaha dengan limit besar hingga Rp 2 miliar. Suku bunga dan administrasi yang rendah adalah pilihan tepat bagi pelaku bisnis UMKM tanpa harus membebani pengeluaran usaha yang terlampau tinggi. Simulasikan dan ajukan segera pinjaman dana usaha Anda di Lancar by Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

contoh-surat-keterangan-kerja-untuk-kpr

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR, Ini Persyaratan & Panduannya

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR sangat penting untuk diketahui pada saat Anda berencana untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), salah satu persyaratan yang haru

pelunasan-kpr-dipercepat

Pelunasan KPR Dipercepat, Ini Cara Menghitung, dan Biaya Penaltinya!

Pelunasan KPR dipercepat adalah impian banyak orang yang memiliki dana lebih setelah membeli rumah dengan fasilitas pinjaman. Pertimbangan ini melibatkan sejumlah faktor kunci

biaya-notaris-kpr

Biaya Notaris KPR, Pahami Rincian dan Estimasi Proses

Biaya Notaris KPR biasanya masuk dalam rincian biaya KPR yang biasanya disiapkan oleh rekanan developer atau Bank. Jika memiliki rekan, Anda dapat menyarankannya. Namun, kebij