Syarat-Pinjaman-Online

Syarat pinjaman online secara umum ternyata tidak serumit yang Anda kira. Ada berbagai persyaratan yang perlu Anda ketahui dan tentunya dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman online. Kini, memang banyak sekali lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman online, namun Anda harus sangat hati-hati dalam memilih pinjaman online yang aman. 

Salah satu ciri pinjaman online yang aman adalah berizin OJK. Jadi, selalu cek kembali lembaga keuangan yang sudah berizin OJK sebelum Anda mengajukan pinjaman. Setiap lembaga keuangan memiliki persyaratan yang berbeda, walaupun begitu, Anda masih bisa mengetahui syarat pinjaman online secara umum yang pasti disetujui. Syarat pinjaman online sangatlah mudah dan tentu tidak akan memberatkan calon peminjam sehingga mereka bisa lebih cepat mendapatkan dana pinjaman sesuai kebutuhan & disetujui.

Di artikel ini, akan membahas tentang syarat pinjaman online secara umum yang tentu akan berguna bagi calon peminjam. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui lembaga keuangan yang sangat terpercaya dan aman untuk dijadikan sumber pinjaman modal Anda. Dana pinjaman tidak selalu buruk selama Anda memilih peminjam yang tepat. Semua akan diulas di artikel di bawah ini:

13 Syarat Umum Ajukan Pinjaman Online

Ada beberapa syarat pinjaman online secara umum yang perlu Anda ketahui sebelum meminjam. Syarat ini tentu akan membantu Anda dalam mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan agar pinjaman Anda disetujui. Tidak melulu merepotkan, justru kini syarat pinjaman online lebih memudahkan penggunanya. Apa saja syaratnya? Berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Data dan Dokumen harus Lengkap dan Asli

Syarat pinjaman online tentunya membutuhkan data dan dokumen calon nasabah. Dokumen tersebut seperti data diri (Nama, alamat tinggal), KTP, NPWP, slip gaji dan lain sebagainya. Syarat pinjaman online NPWP dibutuhkan sebagai tanda bukti wajib pajak, agar pinjaman Anda bisa terekam pada database pemerintah. Sedangkan, bukti slip gaji untuk melihat apakah Anda bekerja dan berpenghasilan, sehingga bisa dilihat seberapa besar batas kemampuan Anda dalam membayar cicilan nantinya.

  1. Data yang Dikirimkan di Unggah Lewat Aplikasi

Agar pinjaman cepat cair, nasabah yang melakukan pinjaman harus mengunggah data-data yang diminta melalui aplikasi pinjaman yang dituju. Jika lembaga keuangan tersebut memiliki aplikasi dan bisa mengajukan lewat aplikasi tersebut, maka lebih praktis mengunggah dokumen syarat pinjaman online melalui aplikasi. Cara ini tentu memudahkan calon peminjam juga.

  1. Memiliki Riwayat Pinjaman yang Baik 

Pihak pinjaman online tentunya menginginkan agar nasabahnya membayar pinjaman tepat waktu. Oleh karena itu merupakan hal yang wajar apabila pinjaman online ingin meminjamkan uang kepada orang yang membayar tepat waktu dan kepada orang yang mampu membayar pinjaman yang diberikan. Apabila Anda memiliki cicilan yang menunggak ada baiknya untuk menyelesaikan pembayaran terlebih dahulu. 

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) 

Pinjaman online yang berkedudukan di Indonesia biasanya akan memberikan pinjaman kepada Warga Negara Indonesia yang tunduk sesuai aturan dan hukum di Indonesia.

  1. Sudah Cukup Umur

Saat ingin mengajukan pinjaman, penting untuk mengetahui batasan atau umur minimal. Umumnya, pinjaman diberikan kepada nasabah yang sudah mencapai umur misalnya batas umur 21 tahun hingga 60 tahun. Bagi calon peminjam yang masih berstatus siswa namun sudah memiliki KTP dan belum berusia 21 tahun, maka belum boleh mengajukan pinjaman online. 

  1. Memiliki Penghasilan atau Pekerjaan

Selain usia minimal, syarat pinjaman online lainnya adalah memiliki penghasilan atau pekerjaan yang dapat berguna untuk membayar cicilan pinjaman. Hal ini karena saat meminjam, Anda harus mampu membayar cicilannya. Terbayang kan jika Anda tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan, lantas bagaimana bisa membayar angsuran pinjaman. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, umumnya lembaga keuangan akan meminta bukti slip gaji sebagai bukti bahwa Anda memiliki pekerjaan dan penghasilan.

  1. Domisili Masuk dalam Jangkauan Pelayanan

Hal yang terkadang terlupakan adalah jangkauan pelayanan. Umumnya, lembaga keuangan yang memberikan pinjaman memiliki syarat area yang terjangkau. Ini juga perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman Permohonan pinjaman Anda kemungkinan ditolak apabila tempat tinggal atau domisili tidak masuk pada cakupan wilayah pinjaman tersebut. 

  1. Memiliki Email atau Nomor yang Mudah Dihubungi 

Sebaiknya, Anda memiliki email dan nomor handphone yang bisa dihubungi, akan lebih baik lagi jika nomor handphone bisa whatsapp sehingga memudahkan proses pengajuan (jika lembaga keuangan membutuhkan nomor whatsapp). Hal ini untuk mempermudah platform pinjaman menghubungi Anda. Jika susah dihubungi maka pinjaman tersebut akan sulit dicairkan atau disetujui. Anda juga harus aktif dan responsif saat menjawab pesan atau telepon. 

  1. Memberikan Nomor Kontak Darurat

Bila Anda ingin mengajukan pinjaman, biasanya pihak pinjaman akan menanyakan nomor kontak lain, hal ini berguna apabila suatu saat Anda sulit dihubungi atau lalai dalam melakukan pembayaran pinjaman. Maka pihak pinjaman akan menghubungi nomor tersebut untuk disampaikan kepada Anda. 

  1. Mengajukan Pinjaman sesuai dengan Kemampuan Membayar

Ajukanlah pinjaman sesuai dengan kemampuan Anda. Biasanya akan dilakukan perhitungan dengan menentukan berapa jumlah cicilan dan bunga yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Anda akan diminta menyerahkan slip gaji sebagai syarat pinjaman dana dan penentuan apakah Anda sanggup membayar atau tidaknya. Idealnya cicilan hutang tidak boleh lebih dari 30 persen penghasilan setiap bulannya. 

  1. Memiliki Rekening Bank atas Nama Pribadi

Nomor rekening bank atas nama pribadi menjadi syarat mutlak yang harus Anda punya. Hal ini dibuktikan dengan hasil scan atau fotokopi buku tabungan. Jika Anda tidak memiliki nomor rekening pribadi maka akan sulit untuk mendapatkan pinjaman online disetujui. Maka dari itu, sebaiknya buatlah rekening bank terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman.

  1. Setuju untuk Memberikan Informasi Pribadi kepada Pihak Pinjaman Online 

Pastikan Anda mendaftar dan mengajukan pinjaman dana di tempat yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK agar data Anda tetap aman. Maka, saat data diri Anda diminta oleh pihak tersebut, Anda pun tetap merasa aman, karena lembaga tersebut terpercaya dan berizin OJK.

  1. Setuju untuk Membayar Denda bila Terjadi Keterlambatan Pembayaran

Pembayaran denda merupakan hal yang wajar apabila Anda terlambat membayar. Calon nasabah harus setuju di proses awal peminjaman hal. Maka dari itu perhatikan dan baca dengan seksama persyaratan serta hak dan kewajiban Anda.

Apakah Pinjaman Online Bisa Menggunakan KTP Orang Lain? Ini Resikonya

Apakah pinjaman online bisa menggunakan KTP orang lain? Jawabannya adalah tidak bisa. Jika Anda meminjam di fintech berizin OJK yang aman dan terpercaya, maka KTP yang dibutuhkan sudah tentu KTP pihak yang mengajukan pinjaman. Jika Anda tetap ingin menggunakan KTP orang lain untuk ajukan pinjaman online, maka akan ada resiko yang mengintai. Berikut resiko mengajukan pinjaman online dengan KTP orang lain:

  • Masuk ke Daftar Hitam SLIK OJK

Saat Anda mengajukan pinjaman online, maka diwajibkan untuk mengirimkan dokumen data diri pribadi. Walaupun mudah, hal ini dimaksudkan agar pihak fintech mengetahui data diri calon peminjam hingga nomor hp orang terdekatnya. Ini dilakukan jika calon peminjam tidak mampu membayar cicilan pinjaman, maka ia pun harus siap dilaporkan ke OJK dan masuk kedalam daftar hitam peminjam. Jika ini terjadi pada Anda, maka Anda pun akan kesulitan mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan lain.

  • Teror Debt Collector

Sebuah perusahaan fintech memiliki prosedur yang ketat untuk mengatasi debitur kredit macet. Ketentuan terkait tata cara penagihan inipun dilakukan fintech yang sudah ditetapkan FPI (Asosiasi Fintech Pendanaan bersama Indonesia). Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk menagih kredit yang macet sehingga tidak langsung melakukan tindakan yang melawan hukum. Namun, teror debt collector bisa mengganggu pihak yang ada pada KTP saat pengajuan.

  • Kewajiban Bunga & Denda yang Semakin Besar

Nasabah harus melunasi denda jika tidak mampu membayar angsuran pinjaman online sesuai waktu yang ditentukan. Jika sengaja untuk tidak membayar pinjaman, maka bisa dikenakan denda yang semakin besar. Hal ini termasuk juga bunga yang tidak terhitung besar, maka tidak perlu waktu lama pasti total pinjaman langsung membengkak hingga sulit dibayarkan. Maka, solusinya adalah Anda harus meminta potongan bunga dan menambah jangka waktu kredit.

Bagaimana Cara Mengetahui KTP Disalahgunakan Untuk Pinjaman Online?

Anda bisa mengetahui sekaligus mencegah KTP disalahgunakan untuk pinjaman online. Sebaiknya Anda melakukan pengecekan rutin dan pastikan bahwa NIK Anda sedang tidak dipakai oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Ada cara untuk mengetahui KTP disalahgunakan atau tidak untuk pinjol. Anda bisa ikuti caranya dibawah ini:

  • Buka laman permohonan SLIK OJK
  • Isi formulir dan nomor antrian
  • Upload foto scan dokumen KTP sedangkan bagi badan usaha wajib melampirkan identitas pengurus NPWP dan akta pendirian perusahaan.
  • Klik tombol ā€œkirimā€ dan isi kolom captcha.
  • Tunggu email konfirmasi dari OJK yang berisi bukti registrasi antrian SLIK online. OJK akan melakukan verifikasi data dan Anda sebagai pemohon akan menerima pemberitahuan dari OJK berupa hasil verifikasi antrian SLIK online h-2 dari tanggal antrian.
  • Jika data valid, maka Anda bisa mencetak formulir pada email dan beri tanda tangan sebanyak 3 kali.
  • Lalu, foto dan scan formulir yang sudah ditandatangani dan kirim ke nomor whatsapp yang tertera pada email beserta foto selfie dengan menunjukkan KTP.
  • Lalu, OJK akan melakukan verifikasi via Whatsapp dan video call jika dibutuhkan.
  • Jika lolos verifikasi, OJK akan mengirimkan hasil iDeb SLIK melalui email.

Syarat Pinjaman Online Mudah untuk Bisnis 

Jika Anda ingin mengembangkan usaha, maka cek dulu fintech lending yang tepat untuk dijadikan sumber modal pendanaan usaha. Salah satu yang terpercaya adalah Danamas. Danamas merupakan platform peer to peer lending dimana Anda bisa mendaftar sebagai peminjam. Sebagai salah satu perusahaan yang berada dibawah naungan Sinarmas FinancialĀ  dan telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan maka sudah terjamin aman dan berkredibilitas. Persyaratannya pun mudah dan tentu bisa langsung Anda ajukan melalui Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis.Danamas menyediakan pinjaman online umkm terpercaya dengan limit besar mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar. Syarat pinjamannya ialah dengan beragunan properti dengan tenor yang fleksibel. Anda juga bisa mensimulasikan pinjaman di kalkulator simulasi kredit dan kalkulator pinjaman untuk hitung nilai properti yang Anda jadikan agunan. Info lebih lengkap bisa kunjungi website kami disini.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

cara-mendapatkan-uang-1-juta-dalam-sehari-tanpa-modal

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal

Cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal memang bisa dengan syarat fokuslah pada magin dan kualitas. Jika memulainya dengan kuantitas, ini akan terasa sulit sehingga An

pinjaman-online-bunga-rendah-terdaftar-di-ojk

100+ Daftar Pinjaman Online Bunga Rendah Terdaftar Di OJK

Pinjaman online bunga rendah bisa Anda gunakan saat berencana untuk bertahap melunasi beberapa keperluan mendesak. Pinjaman online bunga rendah bisa menjadi alternatif solusi

cara-bayar-spt-online-batas-31-maret-2023

Cara Lapor SPT Tahunan Online 2023 : Pribadi, PNS & Perusahaan

Cara lapor SPT Tahunan memang tidak bisa dianggap mudah, namun juga tidak yang begitu sulit. Secara semua pemasukan yang Anda miliki wajib dilapor, jadi pastikan untuk tidak k