Bisnis-Food-and-Beverage

Bisnis food and beverage atau usaha kuliner memang sudah sejak lama populer di tengah masyarakat. Bisnis ini dikenal sebagai bisnis yang tidak akan lekang oleh waktu karena pasti akan tetap memiliki penggemarnya masing-masing. Sebab itulah bisnis F&B dianggap sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan oleh para pebisnis atau pengusaha.

Banyak orang yang mulai usaha dari bisnis food and beverage ini namun, ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat Anda ingin memulai bisnis kuliner, seperti trend, pangsa pasar, dll. Hampir setiap tahun ada saja trend di ranah kuliner ini seperti mie viral, kopi kekinian, es boba kekinian, dll. Namun, sebagai pebisnis sebaiknya jangan latah! Anda harus tetap memiliki strategi bisnis yang tepat agar usaha Anda terus berkembang dan meraup banyak keuntungan. 

Di artikel ini, akan ada banyak pembahasan tentang bisnis food & beverage seperti pengertiannya, ide bisnisnya, cara sukses memulai bisnis f&b, hingga perkembangan bisnis f&b di Indonesia. Sebagai pengusaha, Anda perlu juga memahami hal ini sehingga bisa mendapatkan gambaran real di dunia kuliner Indonesia, tantangan berbisnis dan cara menghadapinya.

Apa itu Bisnis Food & Beverage

F&B merupakan singkatan dari Food and Beverage yang memiliki arti makanan dan minuman. Oleh karena itu, bisa diartikan bahwa bisnis food and beverage adalah sebuah bisnis yang bergerak di bidang kuliner, yang bisa dirintis oleh siapa saja bahkan dengan modal yang terbatas atau kecil sekalipun. Bisnis seperti ini tentunya sudah sering anda temui dalam kehidupan sehari-hari, contohnya adalah rumah makan sederhana, warteg, cafe, food truck hingga restoran mewah.

Bisnis F&B ini tidak pernah kehilangan pembelinya karena produk yang dijual yaitu makanan dan minuman yang merupakan kebutuhan pokok untuk kelangsungan hidup. Bisnis ini dinilai bisa memberikan keuntungan yang besar dengan catatan pelaku bisnis harus mampu untuk selalu menjaga kualitas, layanan, rasa dan kebersihan produknya. Selain itu, bisnis F&B ini juga bisa membantu untuk menyerap banyak tenaga kerja.

14 Ide Bisnis Food And Beverage

Jika Anda suka dunia kuliner, maka tidak ada salahnya untuk mulai memilih ide bisnis food and beverage apa yang cocok. Ada banyak sekali ide atau peluang bisnis kuliner yang mendatangkan keuntungan. Anda bisa pilih salah satu yang paling Anda kuasai dan cocok dengan kesukaan Anda. 

1. Ide Bisnis F&B All You Can Eat (AYCE)

Ide bisnis kuliner All You Can Eat kini semakin mudah Anda temui. Restoran AYCE tidak hanya ada di mall, sekarang ada banyak restoran all you can eat di ruko-ruko. Konsep makan sepuasnya ini memang menjadi pilihan favorit banyak orang yang ingin kenyang, namun bayar 1 harga. Bagi Anda yang ingin membangun bisnis AYCE ini, maka bisa pilih all you can eat grill, shabu-shabu, dimsum, sushi, es krim, atau makanan lainnya. Bahkan kini ada restoran all you can eat makanan spanyol yang mungkin masih cukup asing di kalangan orang Indonesia. Dengan keunggulan makan sepuasnya ini, bukan tidak mungkin Anda bisa meraup banyak keuntungan dari restoran AYCE.

2. Ide Bisnis F&B Kopi Kekinian

Ide bisnis food & beverage selanjutnya adalah kopi kekinian. Kopi kekinian sekarang banyak dipilih oleh anak muda karena biasanya menawarkan cafe untuk nongkrong. Kandungan kafein pada kopi juga bisa memberikan mood dan energi tersendiri sebelum memulai hari. Bagi Anda yang ingin membangun usaha kopi kekinian, maka sebaiknya riset terlebih dahulu berbagai jenis kopi dan cara membuatnya. Jika perlu, Anda bisa ikut workshop membuat kopi atau barista yang banyak pada kelas online. Setelah itu, coba variasikan menu kopi untuk cafe Anda.

3. Ide Bisnis F&B Ayam

Ide bisnis f&b selanjutnya adalah makanan dengan menu utama ayam. Kini, banyak sekali bisnis ayam geprek yang ternyata walaupun banyak, punya rasa yang berbeda. Setiap restoran ayam geprek memiliki rasa pedas yang berbeda, jika Anda pecinta pedas, maka bisa menikmati sensasi ayam geprek. Bisnis ayam geprek adalah bisnis kuliner yang cukup menjanjikan. Hal ini karena menjadi opsi makanan sehari-hari dan bisa dimakan siang maupun malam. Menu kuliner ayam geprek asalnya dari Yogyakarta. Menu ini mirip seperti ayam goreng crispy namun di geprek (hancurkan) bersama sambal bawang yang pedas. Bahkan kini, ada banyak pilihan level pedas yang bisa disesuaikan oleh selera pelanggan.

4. Ide Bisnis F&B Minuman kekinian (Boba, Teh, Susu)

Ide bisnis minuman kekinian juga bisa menjadi peluang usaha yang inovatif. Pasalnya, kini ide usaha minuman kekinian seperti boba, teh dan susu banyak disukai anak muda terlebih lagi Indonesia adalah negara tropis, maka menjual minuman dingin segar sangatlah cocok. Minuman kekinian cukup populer karena memiliki varian yang berbeda dan sangat cocok bagi pecinta minuman segar.

5. Ide Bisnis F&B Bakso & Mie

Salah satu kuliner yang cocok untuk dijadikan peluang usaha tahun ini adalah bakso dan mie. Hampir semua orang menyukai bakso, namun tetap Anda perlu mencari resep bakso yang enak agar memiliki cita rasa khas yang warung bakso lain tidak punya. Potensi bisnis bakso dan mie ini cukup menjanjikan karena banyaknya peminat bakso di Indonesia, serta kemudahan bahan baku hingga peralatan pendukung. Dengan bahan sederhana, Anda bisa menciptakan menu bakso yang enak.

6. Ide Bisnis F&B Es Krim Kekinian

Bisnis f&b es krim juga mulai naik daun belakangan ini. Dengan hadirnya es krim kekinian ini, semakin banyak pengusaha yang mau membuka kedai es krim yang dicampur dengan berbagai topping hingga minuman segar. Penggemar es krim pun cukup banyak dari anak-anak hingga dewasa. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan varian menu yang Anda ciptakan. Topping untuk es krim pun cukup beragam seperti potongan buah, sereal, saus coklat, saus strawberry, dll. 

7. Ide Bisnis F&B Sushi & Ramen

Sushi dan ramen bisa jadi pilihan ide bisnis food and beverage yang menjanjikan di Indonesia. Banyak restoran sushi dan ramen yang menarik dengan desain interior restoran khas jepang. Ini menjadi daya tarik untuk konsumen mencoba sushi dan ramen di restoran Anda. Menu sushi dan ramen yang bisa jadi varian menu seperti mie udon, sushi, sashimi, soba mie, dll. Buatlah varian menu yang menarik agar pelanggan juga penasaran mencoba sushi ramen Anda.

8. Ide Bisnis F&B Mie Viral

Bisnis kuliner lain yang bisa jadi pilihan untuk ide usaha adalah mie viral. Kini, banyak sekali bisnis food and beverage yang bertema mie karena banyak orang Indonesia menyukai makanan mie. Tren kuliner mie cukup berkembang terlebih lagi mie-mie pedas seperti mie gacoan yang viral belakangan ini. Anda bisa menciptakan menu berbahan mie ini dengan menu pendamping lainnya seperti dimsum.

9. Ide Bisnis F&B Minuman Organik Vegan

Ada ide bisnis yang belakangan menjadi favorit beberapa segmen pasar, yaitu minuman vegan organik. Beberapa orang mulai memperhitungkan minuman sehat seperti minuman organik dan minuman rempah seperti jamu. Terlebih lagi, belakangan ini covid sedang tinggi di Indonesia sehingga banyak orang mulai mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Dengan menerapkan pola hidup sehat ini, maka masyarakat bisa memproteksi diri dari penyakit. Hal ini bisa jadi peluang bisnis food and beverage yang bagus bagi Anda yang ingin memulai bisnis.

10. Ide Bisnis F&B Dessert Box

Bisnis dessert box juga bisa jadi ide jualan bisnis food & beverage nih! Anda bisa membuat aneka dessert box kekinian yang berbahan coklat, bolu, keju, krim, dll. Keunggulan dari bisnis kuliner ini adalah dessert yang disimpan dalam box sehingga orang akan lebih mudah saat mengkonsumsinya. Anda bisa menciptakan berbagai varian rasa yang unik dan enak terutama bagi penggemar makanan manis.

11. Ide Bisnis F&B Katering Sehat

Catering sehat kini juga digandrungi banyak orang terutama mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak makanan sehat. Dengan katering sehat ini, maka orang bisa menerapkan pola makan sehat tanpa perlu repot masak setiap hari dirumah. Jika Anda berencana membuat katering sehat, maka pastikan Anda sudah riset terlebih dahulu tentang bahan yang dipakai, cara mengolah, dll sehingga menu makanan yang dibuat memang benar-benar baik untuk tubuh. 

12. Ide Bisnis F&B Makanan Bayi

Ide bisnis selanjutnya adalah makanan bayi. Ini adalah peluang usaha yang bagus bagi Anda yang ingin sukses di tahun ini. Pasalnya, banyak orang tua terutama ibu-ibu yang kerepotan untuk selalu menyiapkan makanan untuk bayi mereka, selain itu anak GTM juga menjadi masalah dibalik keseharian ibu-ibu. Ini adalah peluang untuk Anda mulai berbisnis makanan bayi sehat. Anda bisa membuka toko online makanan bayi yang disesuaikan dengan usia, riset makanan yang bagus untuk bayi dan olah dengan tepat sehingga bisa menjadikan makanan tersebut enak dan sehat.

13. Ide Bisnis F&B Food Truck

Ide bisnis food and beverage selanjutnya adalah food truck. Mungkin ide bisnis ini membutuhkan modal usaha yang cukup banyak ya, karena Anda harus memiliki kendaraan yang mampu disulap menjadi dapur. Namun, di Indonesia ide bisnis food truck mendapatkan banyak perhatian dari kalangan anak muda. Berawal dari banyaknya food truck di Amerika, maka pengusaha muda juga ikut mencoba mengembangkan bisnis kuliner ini di Indonesia. Anda juga bisa mencoba dengan menjual berbagai menu yang menarik namun enak dan mudah dibuat di atas truk. Pilihlah tempat berjualan yang bisa mengakomodir truk Anda sehingga konsumen juga leluasa makan di dekat food truck Anda.

14. Ide Bisnis F&B Meal Kits

Meal Kits adalah ide bisnis kuliner baru dimana penjual menjual bahan masakan lengkap seperti seblak instan, cemilan instan, dll. Meal kits juga sering disebut dengan food prep kit dimana ada 1 paket dengan 1 menu makanan yang nantinya bisa dibuat oleh pembeli di rumah. Konsumen banyak tertarik dengan konsep ini karena mereka bisa membuat makanan enak sendiri dirumah tanpa perlu menyiapkan bahan-bahan. 

Alasan Kenapa Bisnis F&B Menguntungkan

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bisnis F&B ini merupakan salah satu jenis bisnis yang menguntungkan. Bukan tanpa alasan, bisnis food & beverage menjadi salah satu peluang usaha populer banyak orang. Ada berbagai alasan dibalik bisnis f&b yang mampu meraup keuntungan besar dalam dunia usaha, berikut ini adalah alasannya.

1.     Kebutuhan Dasar Manusia

Bisnis F&B akan menguntungkan karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Perkembangan zaman merubah pola konsumsi manusia terhadap makanan, saat ini orang mencari makanan dan minuman di luar rumah sudah seperti kebutuhan primer.

Kemudian, di era sekarang ini banyak orang yang memilih restoran atau cafe untuk melakukan berbagai kegiatan seperti meeting, family time atau sekadar berkumpul dan berjumpa dengan teman atau kolega bisnis.

2.     Mudah Beradaptasi

Setiap tahun, pasti ada saja jenis hidangan kuliner baru dari berbagai negara di dunia ini. Bisnis F&B selalu bisa beradaptasi dengan tren terbaru tersebut, dan ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan jika anda dapat mengkreasikannya menjadi menu yang unik dan khas untuk menarik lebih banyak minat pelanggan.

3.     Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi yang akhirnya menghadirkan layanan food order delivery menjadi peluang emas bagi pengusaha untuk menjalankan bisnis F&B karena semakin memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk dan menghemat biaya operasional karena pengantaran makan dilakukan oleh pihak ketiga.

Selain itu, kemajuan teknologi menghadirkan banyak platform media sosial sehingga pebisnis bisa menawarkan dan memasarkan produknya lebih cepat serta bisa menjangkau banyak orang sehingga bisa meningkatkan penjualan.

4.     Modal yang Fleksibel

Untuk memulai dan menjalankan bisnis F&B cenderung tidak membutuhkan banyak modal. Bahkan saat ini, calon pebisnis semakin dimudahkan untuk membuka bisnis F&B karena adanya sistem franchise yang dapat dijalankan dengan membayar biaya lisensi yang jumlahnya bisa disesuaikan.

5.     Terkait dengan Industri Lain

Bisnis F&B merupakan bisnis yang tidak bisa terlepas dari industri lain. Contohnya, dimana ada sektor pariwisata, maka disana pasti akan ada tempat makan. Selain itu, contoh lainnya adalah di bidang infrastruktur pembangunan jalan tol yang dibarengi juga dengan pembuatan rest area yang mayoritas digunakan oleh usaha di bidang kuliner atau F&B.

Cara Sukses Memulai Bisnis F&B

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda perlu modal yang cukup juga strategi yang tepat. Seberapa besar modal yang dimiliki namun tidak diiringi dengan langkah jitu dalam berbisnis, maka percuma. Bagi Anda yang baru ingin memulai usaha food and beverage atau kuliner, maka penting untuk mengetahui cara sukses memulai bisnis food and beverage ini.

1.     Bentuk Tim yang Solid & Kompeten

Tips yang pertama supaya sukses menjalankan sebuah bisnis adalah dengan membentuk dan memiliki anggota tim yang solid, yang memiliki komitmen serta dedikasi tinggi untuk mewujudkan suasana yang kompak dan harmonis. Selain itu, tim yang berisikan anggota yang memiliki kemampuan bekerja juga bisa meningkatkan dan mengembangkan bisnis secara cepat.

2.     Pilih Lokasi yang Strategis

Pilihlah lokasi bisnis yang strategis, tempat yang ramai dan mudah dijangkau oleh konsumen. Selain itu pastikan lokasi bisnis anda sudah sesuai dengan target pasar atau konsumen. Jangan lupa untuk selalu memberikan kenyamanan dan fasilitas lengkap siapa konsumen lebih nyaman untuk mengunjungi bisnis anda.

3.     Tentukan Target Pasar

Tentukan target pasar yang tepat karena ini penting bagi anda untuk menerapkan strategi marketing yang sudah anda buat. Tidak hanya soal selera konsumen, pastikan bisnis F&B yang anda jalankan juga menyesuaikan dengan kemampuan daya beli konsumen.

4.     Strategi Marketing yang Tepat

Strategi marketing merupakan hal yang penting ketika anda menjalankan suatu usaha. Lakukan riset mendalam dan juga gunakan analisis SWOT untuk melihat potensi persaingan di lapangan. Sehingga anda bisa menentukan metode pemasaran yang sesuai dengan tujuan, potensi, dan budget Anda.

5.     Evaluasi dan Inovasi

Evaluasi dan inovasi penting dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Anda bisa menjalin hubungan melalui interaksi dengan konsumen via media sosial dengan menerima masukan dan ulasan yang diberikan oleh konsumen. Jadikan feedback dari konsumen tersebut untuk memperbaiki kualitas bisnis dan juga menghadirkan inovasi produk.

6.     Buat beberapa Rencana

Buatlah rencana cadangan serta dengan metode eksekusinya, hal ini menjadi penting karena tren masyarakat yang terus berubah dan tingkat persaingan bisnis yang cukup tinggi. Sehingga ketika ada perubahan, anda sudah siap dengan perubahan tersebut.

Perkembangan Bisnis Food And Beverage Di Indonesia

DI Indonesia, ada banyak pebisnis sukses di bidang kuliner. Hampir disetiap sudut kota dan mall besar selalu ada brand yang datang dari pengusaha lokal. Ini adalah hal baik karena orang Indonesia pun sudah bisa dengan bangga menikmati produk dari pengusaha lokal kuliner. Lalu, bagaimana perkembangan bisnis food and beverage di Indonesia? Berikut ini adalah beberapa tren bisnis F&B di Indonesia yang bisa anda jadikan inspirasi.

1.     Minuman Kekinian

Beberapa tahun belakangan banyak berbagai macam minuman muncul dan menjadi tren di tengah masyarakat. Misalnya minuman boba, cheese tea, thai tea, green tea, kopi gula aren, dan aneka minuman nusantara yang dikombinasikan dengan rasa yang lebih kekinian.

2.     Dessert

Selain minuman, beberapa tahun ini makanan dessert juga menjadi cukup populer. Salah satu jenis dessert yang populer adalah dessert box yang disajikan dalam packaging berbentuk kotak. Dessert box ini terdiri dari berbagai macam rasa, seperti chocolate, vanilla, tiramisu, red velvet, banoffee dan lainnya. Selain dessert box, croffle juga menjadi tren di Indonesia, banyak restoran yang tiba-tiba menyajikan croffle sebagai salah satu menunya.

3.     Frozen Food

Sektor bisnis F&B juga mengalami kemajuan belakangan ini dengan hadirnya frozen food atau makanan beku. Akan tetapi, tidak semua jenis makanan bisa dibekukan. Hanya beberapa makanan yang bisa bertahan beberapa hari di dalam kulkas. Contoh frozen food yang dijual adalah bakso, batagor, mie ayam, pempek, cuanki, basreng, nugget, sosis, dan dimsum. Bahkan di tengah pandemi, beberapa restoran juga menyediakan menu nya dalam bentuk frozen food sehingga konsumen tetap bisa menikmati makanannya dari rumah dengan mengolah makanan tersebut sendiri.

4.     Junk Food

Makanan cepat saji atau junk food juga menjadi tren di Indonesia, ada banyak sekali olahan ayam goreng, mie instan, pizza, burger, kentang goreng dan lain-lain. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya bisnis franchise ayam geprek, ngikan yuk, traffic bun, dan brand lainnya.

Itulah beberapa tren bisnis F&B di Indonesia, yang mungkin bisa anda jadikan inspirasi sebelum memulai usaha F&B anda sendiri.

Contoh Bisnis Food And Beverage Sukses

Di Indonesia, ada beberapa contoh bisnis food and beverage sukses yang mampu berekspresi dan masih bertahan hingga saat ini. Bahkan, ada dari mereka yang hanya memakai modal kecil untuk berani memulai usaha. Pengusaha kuliner ini mungkin bisa jadi inspirasi Anda. Jika Anda ingin mengetahui apa saja usaha kuliner yang sukses di Indonesia, simak dibawah ini.

  1. Pecel Lele Lela

Pecel Lele Lela didirikan oleh Rangga Umara yang memulai usahanya dikarenakan ia di PHK dari perusahaan tempat ia bekerja. Sebelum akhirnya ia membuka usaha makan pecel lele lela, ia membuka usaha rumah makan seafood namun sepi pembeli. Lalu, ia membuka restoran pecel lele karena ia sangat suka dengan olahan ikan lele ini. Siapa sangka, ide jualan pecel lele nya ini meraih omzet hingga Rp 1,8 miliar per bulan dengan menu lele goreng tepung, lele fillet kremes dan lele saus padang. 

  1. Restoran Bumbu Desa

Restoran Bumbu Desa bisa Anda temui di mall-mall atau kota-kota besar di Indonesia. Restoran ini didirikan oleh Santoni pada tahun 2004 dengan modal hanya Rp 8 juta. Kini, restoran bumbu desa sudah membuka cabang hingga 50 restoran di seluruh Indonesia. Bahkan, saat ini restoran bumbu desa ada di negara Amerika seperti Seattle dan Vancouver.

  1. Es Teler 77

Es Teler 77 pertama kali merupakan warung makan biasa yang didirikan oleh Sukyanti Nugroho dengan berkonsep menu makanan tradisional. Es Teler 77 berkembang pesat dan bisa dengan mudah di temui di berbagai mall besar di Indonesia. Sudah lebih dari 30 tahun, Es Teler 77 berdiri dan masih mampu bertahan hingga saat ini. Bahkan kini, Es Teler 77 melebarkan sayapnya hingga ke Malaysia, Singapura, Australia dan negara lainnya.

  1. Lapis Bogor Sangkuriang

Lapis Bogor Sangkuriang menjadi salah satu oleh-oleh populer dari Bogor. Sosok dibalik lapis bogor sangkuriang ini adalah Rizka Wahyu Romadhona yang akhirnya memutuskan berbisnis food and beverage yang sebelumnya, ia adalah karyawan dari perusahaan telekomunikasi. Modal yang dimiliki pun cenderung sedikit namun, berkat usaha kerja kerasnya, ia dan suami mampu mendirikan usaha kue bolu ini dan selalu ramai pengunjung. 

Siapkan Modal Usaha & Mulai Bisnis Food & Beverage Sekarang!

Nah, itu dia penjelasan seputar bisnis F&B, dapat disimpulkan bahwa bisnis F&B merupakan bisnis yang tak akan pernah redup karena selalu memiliki peminatnya atau pasarnya masing-masing. Namun, anda perlu memperhatikan dan menerapkan tips-tips penting diatas supaya bisnis yang anda jalankan bisa berjalan dengan lancar. Saat ini, anda sudah bisa memulai bisnis F&B anda sendiri.

Apabila anda membutuhkan modal tambahan untuk memulainya. Saat ini banyak sekali platform yang bisa memberikan anda pinjaman modal. Salah satunya adalah Danamas, platform pinjaman beragunan properti untuk pinjaman online terpercaya umkm yang sudah diawasi dan mendapatkan izin dari OJK. Melalui Danamas, anda bisa mendapatkan tambahan modal hingga 2 miliar rupiah dengan tenor yang fleksibel. Pengajuan pinjaman online Danamas juga difasilitasi dengan proses konsultasi secara pribadi untuk memastikan Anda sanggup dalam menyelesaikan pencicilan dari pinjaman yang ada.


Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Temukan produk terbaik yang cocok dan relevan untuk kebutuhan bisnis Anda. Jika ada pertanyaan atau keluhan silahkan hubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda