Investasi-Emas

Emas adalah pilihan banyak orang yang ingin mencoba investasi. Investasi emas menggunakan logam mulia dirasa lebih praktis oleh banyak orang ketimbang instrumen investasi lainnya. Bagi Anda yang memiliki tujuan keuangan jangka panjang, maka logam mulia bisa menjadi pilihan untuk mulai berinvestasi. 

Berbagai keunggulan instrumen investasi ini juga bisa Anda rasakan dalam jangka waktu yang lebih pendek sehingga banyak orang memilih instrumen investasi emas sebagai investasi untuk berbagai tujuan keuangan, seperti dana tabungan pendidikan, dana pensiun dan lain-lain.Salah satu investasi emas yang cukup populer belakangan ini adalah logam mulia. logam mulia yang beredar di pasaran berasal dari PT Aneka Tambang (ANTAM) Dan PT Untung Bersama Sejahtera (UBS).

Perbedaan harga keduanya tidak jauh berbeda, emas UBS masih sedikit lebih rendah dan kadarnya berbeda dengan emas Antam. Untuk emas Antam memiliki sertifikat internasional dan diakui oleh London Bullion Market Association sedangkan UBS memiliki sertifikat nasional dari PT UBS. Namun keduanya memiliki harga buyback hampir sama. Jika anda adalah seorang pemula dalam dunia investasi, maka membeli logam mulia bisa jadi pilihan untuk memulai belajar investasi emas.

Cara Investasi Emas Agar Untung Bagi Pemula

Emas seringkali menjadi pilihan untuk orang yang baru saja ingin berinvestasi. Bahkan sejak orang tua zaman dahulu sudah berinvestasi emas. Bagi para pemula yang ingin berinvestasi, bisa menjadikan emas sebagai opsi yang menarik. Berikut ada beberapa cara agar investasi emas menghasilkan untung.

a. Ketahui Tujuan Investasi Anda

Sebelum memulai investasi emas, penting sekali untuk mengetahui tujuan berinvestasi titik cara investasi emas yang aman adalah dengan mengetahui tujuan investasi seperti untuk dana pendidikan untuk dana pensiun untuk kebutuhan rumah tangga. Berbagai tujuan investasi Bisa Anda mulai targetkan sehingga saat membeli logam mulia atau emas untuk investasi Anda bisa mengukur seberapa banyak logam mulia yang bisa anda kumpulkan dalam kurun waktu tertentu.

b. Pantau Harga Emas Secara Berkala

Cara investasi emas selanjutnya adalah dengan rutin memantau perkembangan harga emas. Kini banyak sekali situs di internet atau aplikasi yang memungkinkan anda untuk mengecek perkembangan harga emas secara berkala. Pada aplikasi atau situs tersebut akan ada perkembangan harga emas setiap harinya. 

Tujuan dari memantau perkembangan harga emas ini adalah untuk melihat apakah instrumen investasi yang anda pilih mengalami penurunan atau kenaikan harga. Selain itu Anda juga bisa memantau Kapan anda harus membeli kembali dan kapan Anda harus menjualnya kembali. idealnya investasi emas dilakukan sebagai pilihan investasi jangka panjang yaitu 5 – 10 tahun. 

c. Belilah Emas Di Tempat Yang Terpercaya

Cara berinvestasi emas selanjutnya adalah dengan membeli logam mulia di tempat yang resmi dan terpercaya. Emas di tempat yang terpercaya biasanya Menyertakan surat-surat dan sertifikat yang sah karena penjual emas menyediakan logam mulia. Salah satu tempat yang banyak direkomendasikan dan menjadi pilihan orang untuk membeli logam mulia adalah PT Antam. 

Anda bisa membelinya langsung di kantor PT Antam atau situs-situs e-commerce yang menjual emas Antam secara resmi. Selain Antam Anda juga bisa membuat tabungan emas di PT Pegadaian. Salah satu badan usaha milik negara atau BUMN ini merupakan pilihan banyak orang untuk mulai menabung emas dari nominal yang paling rendah. Selain itu membeli di PT Pegadaian juga lebih terpercaya karena milik pemerintah.

d. Waktu Untuk Mencairkan Emas

Waktu yang tepat untuk mencairkan emas tentu tergantung dari tujuan keuangan investasi anda. Jika tujuan sudah tercapai maka anda bisa segera mencairkan emas tersebut. namun jika anda menginginkan imbal hasil yang lebih dari yang anda targetkan, maka sebaiknya simpan emas minimal selama 5 tahun. Jika anda ingin lebih mudah mencairkan emas maka sebaiknya membeli emas dalam pecahan 1 gram. Hal ini karena pecahan kecil lebih mudah dicairkan dibandingkan pecahan 50 gram.

5 Keuntungan Investasi Emas 

Investasi emas diklaim jarang mengalami perubahan yang signifikan. Selain itu pembelian dan penjualan nya juga lebih mudah dilakukan dimana saja. Jika anda memiliki modal yang sedikit maka emas bisa menjadi pilihan untuk anda. Nah, berikut ada beberapa manfaat investasi emas antara lain:

1. Nilai Aset Cenderung Lebih Stabil

Keuntungan dari investasi emas yang pertama adalah nilai aset emas memiliki kecenderungan lebih stabil dari waktu ke waktu dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Stabilnya tabungan emas yang Anda gunakan sebagai investasi dikarenakan adanya permintaan dan penawaran di pasar yang lebih jelas. Tidak hanya digunakan sebagai instrumen investasi, emas juga bisa melengkapi gaya hidup seseorang. maka dari itu ketika anda bertransaksi menggunakan emas maka investasi akan tetap berjalan secara stabil dengan harga aset yang bisa naik dan turun lebih aman. 

2. Emas Mudah Dicairkan Dalam Bentuk Uang

Keuntungan lainnya dari berinvestasi emas adalah kemudahan dalam mencairkan  ke dalam bentuk uang tunai. Hal ini karena investasi emas memiliki sifat yang menyerupai tabungan konvensional, sehingga Anda akan lebih mudah mencairkan aset tanpa perlu proses yang panjang.

Kini di era digitalisasi pencairan emas tak hanya berupa uang tunai fisik tetapi juga bisa uang di dompet digital. Keberadaan emas sebagai salah satu jenis logam mulia yang sangat populer belakangan ini mampu menjadi pilihan bagi pemula yang ingin berinvestasi aman dan mudah.

3. Investasi Emas Bebas Bunga 

Investasi emas termasuk aman untuk pemula karena memiliki sifat yang bebas bunga. Maka saat melakukan transaksi penjualan emas, nilai emas yang dicairkan bisa setara dengan nilai yang anda miliki di dalam tabungan emas 

4. Investasi Emas Bersifat Seperti Dana Darurat

Selain uang tunai, investasi emas juga bisa dijadikan sebagai dana darurat titik dengan rutin menabung emas maka semakin besar juga Anda bisa memperkuat finansial Anda. hal ini dikarenakan emas memiliki nilai aset yang lebih stabil karena mudah dikonversi ke dalam bentuk uang tunai fisik. maka tabungan emas dipilih banyak orang sebagai dana darurat hingga dana pensiun. 

5. Investasi Emas Mampu Melindungi Nilai Kekayaan

Emas adalah salah satu instrumen investasi yang memiliki nilai selalu meningkat dari tahun ke tahun maka dari itu emas mampu melindungi nilai kekayaan kita. Hal ini bisa dicerminkan dari harga emas yang selalu stabil dan cenderung mengalami kenaikan sehingga ketika dijual kembali maka pemegang emas bisa mendapatkan hasil balik yang lebih tinggi. 

Cara Investasi Logam Mulia Emas Yang Aman

Bagi seorang pemula yang baru ingin berinvestasi emas, mungkin masih meraba-raba dan bingung bagaimana caranya agar investasi yang dilakukan aman. Di bawah ini akan diulas mengenai penjelasannya, yang bisa anda ikuti:

  1. Emas Digital

Hidup di era serba praktis dan mudah. Bahkan sekarang ini anda juga bisa membeli emas secara digital. Dengan emas digital, anda tidak perlu memusingkan penyimpanannya. Emas yang ditawarkan juga 24 karat. Namun dalam pemilihannya memang harus berhati-hati. Perusahaan yang bisa dijadikan pilihan:

  • Pegadaian Digital
  • BukaEmas (Bukalapak)
  • Dana eMas
  • Go Investasi
  • Pluang
  1. Logam Mulia

Cara konvensional ini masih menjadi opsi untuk banyak orang. Banyak perusahaan yang aman untuk investasi emas, seperti Antam, Pegadaian, Indogold, Pluang, Bank Syariah, dan Marketplace.

Cara Investasi Emas Antam

Walaupun banyak perusahaan yang menawarkan investasi, tapi Antam masih menjadi juara sebagai salah satu produsen emas di Indonesia. Emasnya terjamin 99,99% atau 24 karat. Bahkan Antam telah mengantongi London Bullion Market Association (LBMA), sehingga legalitasnya diakui internasional.

  1.  Kadar Karat Emas

Kadar karat merupakan tingkat kemurnian emas. Kadar tertingginya adalah 24 karat. Jadi jika logam mulia batangan 24 karat, artinya memiliki kemurnian 99,9%. Karena tidak ada campuran logam lainnya, seperti platinum, perak dan lainnya. Di produk Antam, ada cap khas yang menunjukkan logo perusahaan dan tingkat kemurnian.

  1. Beli Di Tempat Terpercaya

Pastikan anda membeli emas Antam di tempat yang terpercaya, agar tidak tertipu. Setelah pembelian akan ada sertifikat yang isinya jenis, berat, kadar karat dan kode emas berupa nomor seri khusus. Sertifikat tersebut menunjukkan keaslian logam mulia yang dibeli. 

Untuk membeli produk Antam, anda bisa datang langsung ke gedung pusat atau di unit bisnis dan cabang Antam/ Butik Emas. Pembelian secara online juga bisa melalui website resmi logam mulia Antam yaitu logammulia.com

Cara Menyimpan Emas Yang Tepat

Hal lainnya yang perlu Anda pertimbangkan saat investasi emas adalah mencari tempat penyimpanan emas yang aman. Salah satu tipsnya adalah dengan menyimpan emas di rumah sendiri menggunakan brankas atau safety box. Jika merasa kurang aman maka anda bisa menyimpan emas di safe deposit box atau SDB, umumnya safe deposit box ditawarkan oleh pihak bank untuk menyimpan dokumen atau barang berharga, namun akan ada biaya tambahan sesuai dari ketentuan tiap bank.

Selain itu, Pegadaian juga menawarkan layanan baru “Titipan Emas”. Anda bisa menitipkan perhiasan emas dan atau emas batangan. Biayanya mulai dari Rp 100.000. Jika anda menggunakan layanan ini, anda bisa memperoleh plafon pinjaman dan bisa digadaikan dengan sewa modal 0,05% per hari sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan & Kerugian Investasi Emas

Ketika melakukan investasi, tentu ada kelebihan dan kerugiannya. Begitu juga dengan emas. Dengan melihat rincian di bawah, anda jadi bisa memutuskan dan yakin apakah ingin berinvestasi emas atau memilih jenis investasi yang lain. Berikut adalah kelebihannya:

  • Risiko Rendah

Kita sering mendengar orang bangkrut karena investasi di saham, forex dan lainnya. Tapi tidak dengan berinvestasi emas. Risiko yang rendah membuatnya digandrungi oleh banyak orang dari berbagai usia. Selain itu emas juga tidak terpengaruh oleh naiknya suku bunga terlalu tinggi dan inflasi.

  • Bisa Dibeli Sesuai Keinginan

Anda bisa membeli emas dalam bentuk logam mulia ataupun perhiasan. Untuk membelinya bisa disesuaikan dengan kemampuan dan uang yang anda miliki. Ketika uang alokasi investasi terbatas, masih ada pilihan investasi dengan jumlah sedikit. Seperti di Pegadaian, ada layanan tabungan emas dengan minimal pembelian 0,1 gram.

  • Mudah Dibeli

Untuk membeli emas sangat mudah, bisa offline maupun online. Bagi anda yang tidak mau ribet untuk menyimpannya, bisa membeli emas dalam bentuk digital. Jika membeli langsung pun juga mudah. Anda bisa datang ke toko, gedung Antam atau cabangnya. Pilihan emasnya juga beragam, ada batangan, kepingan atau perhiasan.

  • Diversifikasi Investasi Yang Seimbang

Dalam portofolio investasi investor, emas bisa dijadikan instrumen diversifikasi yang seimbang. Ketika seorang investor sudah mengantongi reksadana, saham dan forex, dapat pula memasukkan emas untuk diversifikasi. Karena emas memiliki risiko rendah, sehingga dapat menjadi penyeimbang risiko saham yang tinggi.

Kerugian Investasi Emas

Nah, setelah membaca mengenai kelebihannya, anda juga harus tau kerugiannya. Jika anda tertarik untuk investasi emas maka ketahui dulu kerugian berinvestasi emas.

  • Bersifat Konvensional Untuk Investasi Jangka Panjang

Investasi emas mirip seperti tabungan konvensional, kenaikan nilai aset ini ini akan berpengaruh  dengan cara anda bertransaksi. jika anda sering menambah jumlah nilai untuk emas yang anda miliki maka besar kemungkinan nilai aset juga ikut bertambah. 

Namun sebaliknya jika anda pasif dalam menabung emas maka keuntungan investasi ini juga akan sulit dilaksanakan. maka dari itu, memiliki tabungan emas sebagai instrumen investasi cukup menguntungkan jika dilakukan untuk jangka panjang bukan untuk jangka pendek.

  • Ada Biaya Administrasi Dan Penitipan

Berbeda seperti instrumen investasi lainnya investasi emas memungkinkan anda untuk menyimpan di safe deposit box yang ada di bank. Hal ini tentu akan membebankan anda sebagai nasabah untuk membayar biaya penitipan emas dalam jangka waktu tertentu. Jika masa berlaku penitipan ini sudah habis, maka akan otomatis diperpanjang dengan cara memotong saldo pada tabungan emas anda. tidak hanya itu setiap pembelian emas Anda juga akan dikenakan biaya administrasi dari layanan penyedia jual beli emas resmi .

Cara Jual Emas Biar Untung

Banyak orang yang melakukan investasi, tujuannya adalah keuntungan. Begitu juga ketika berinvestasi emas. Ketika ada keperluan mendesak, emas mudah untuk dijual lagi. Ada beberapa cara yang bisa anda ikuti agar jual emas tidak merugi:

  1. Pahami Kadar Dan Harga Jual Emas

Sebelum menjual emas, anda harus memantau harga jual emas terkini dan pastikan anda menerima uang sesuai dengan harga jual terbaru. Karena terkadang adanya fluktuasi dan perubahan harga. Selain itu, pahami juga kadar emas yang anda miliki. Harga emas 18 karat tentunya berbeda dengan emas 24 karat.

  1. Pilih Tempat Jual Terpercaya

Sebenarnya banyak sekali toko emas yang tersedia di pasar atau pusat perbelanjaan. Tapi biasanya toko tersebut memiliki kriteria sendiri ketika jual beli emas. Dan tidak semua toko mau menawar dengan harga tinggi. 

Solusinya, anda bisa pergi ke Pegadaian dan Antam. Pegadaian bisa membeli emas dengan harga cukup tinggi sekitar 97% di pasaran, sedangkan Antam memberikan harga 95%.

  1. Sertakan Surat Pembelian

Surat pembelian emas jangan sampai hilang. Jika surat tersebut hilang, maka harga emasnya bisa turun. Surat pembelian emas adalah nota resmi yang diberikan toko ketika membeli emas. Surat itu menandakan kalau emas yang dibeli adalah asli.

  1. Jual Di Toko Yang Sama Ketika Membeli

Umumnya toko yang sama ketika kita membeli emas, mau menerima kembali emas yang kita jual. Walaupun kemungkinan harganya akan turun daripada saat membeli, sekitar 70-80%.

Cara Kerja Investasi Emas

Investasi emas sering kali menjadi pilihan untuk para investor yang ingin berinvestasi untuk jangka panjang. Hal ini berbeda dengan proses jual beli yang dilakukan untuk jangka pendek. Biasanya keuntungan yang dirasakan ketika investasi logam mulia seperti emas adalah 5-10 tahun. 

Anda bisa menggunakan emas untuk biaya pendidikan anak, simpanan di hari tua atau sebagai jaminan setelah pensiun. Cara ini menjanjikan, karena harga emas yang cukup stabil dari tahun ke tahun. Fokuslah pada tujuan anda berinvestasi emas. Jika memang untuk masa depan, jangan dipakai untuk hal lain.

Jenis Investasi Emas

Ada beberapa jenis emas yang bisa dijadikan investasi. Contohnya adalah emas batangan, koin, perhiasan, dan juga emas non fisik. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Berikut yang bisa menjadi opsi:

  • Emas Batangan

Emas batangan ini mengacu pada semua bentuk emas murni, seperti emas batangan yang dijual di di penyedia emas logam mulia. umumnya batangan emas harus disertifikasi untuk berat dan kemurniannya dan memiliki nomor seri yang terlampir. Batangan memiliki ukuran dan variasi yang berbeda-beda titik saat Anda membeli emas batangan sebaiknya pertimbangkan juga tempat untuk menyimpan emas batangan ini. 

  • Koin Emas

Koin emas juga cukup populer Sebagai instrumen investasi selain emas batangan karena ukurannya yang lebih kecil. Koin emas bisa dibeli di di tempat penyedia emas logam mulia resmi.

  • Perhiasan Emas

Perhiasan emas adalah salah satu jenis investasi emas yang paling sering dibeli Karena untuk mendapatkannya cenderung lebih mudah. namun perhiasan emas memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan emas logam mulia.

  • ETF Emas (Emas Non Fisik)

Dana ETF atau bursa emas  adalah akun yang membeli emas atas nama investor. Saham yang membentuk dana ini mewakili jumlah emas yang tetap dan dapat diperjualbelikan seperti saham. Jenis investasi emas ini maka anda tidak perlu berurusan dengan biaya kepemilikan. Walaupun ada biaya pembelian dan penjualan emas melalui bursa emas atau reksadana namun nilainya lebih rendah dibandingkan dengan pengelolaan aset lainnya. 

Baca juga: Investasi adalah: Pengertian, Jenis & Cara agar Untung Terus

Dapatkan Pendapatan Tambahan Dari Bisnis Dengan Modal Yang Tepat 

Apapun jenis instrumen investasi yang Anda pilih, sebaiknya menetapkan tujuan finansial dan ketahui profil risiko Anda. Investasi memang adalah pilihan yang menguntungkan daripada menabung sekaligus menambah penghasilan. Penghasilan tambahan juga bisa didapatkan dari mengembangkan bisnis UMKM. 

Memulai dan mengembangkan bisnis UMKM bisa dengan mudah Anda lakukan jika mendapatkan pinjaman online terpercaya yang cukup. Salah satu sumber pinjaman modal usaha untuk bisnis umkm adalah Danamas. Di Danamas, tidak hanya mendapatkan limit besar hingga Rp 2 miliar, tetapi juga aman karena berizin dan diawasi oleh OJK. Mendapatkan modal usaha yang terpercaya adalah gerbang pertama untuk bisa mengembangkan bisnis UMKM lebih lancar tanpa hambatan. 

Danamas juga menawarkan tenor mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun sesuai kemampuan Anda. Simulasikan pinjaman beragunan properti di website Danamas dengan kalkulator simulasi kredit dan kalkulator pinjaman. Untuk mempermudah proses pengajuan, anda juga bisa download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis. Yuk ajukan pinjaman Anda segera! Info lebih lengkap, klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun