cara-memulai-katering-makanan

Bisnis katering makanan adalah salah satu jenis bisnis yang berkembang pesat. Bisnis ini memungkinkan pengusaha untuk menawarkan makanan berkualitas tinggi dan layanan pelanggan yang terbaik, yang dapat menjadi solusi sempurna untuk acara apa pun, dari pesta pernikahan hingga pertemuan bisnis. Dalam industri katering makanan, kualitas makanan, presentasi, dan layanan pelanggan yang baik adalah kunci untuk kesuksesan.

Bisnis makanan menawarkan banyak peluang untuk menghasilkan uang dengan mengatur acara pribadi dan perusahaan. Ada permintaan yang konstan untuk katering makanan dalam bentuk berbagai acara, termasuk pernikahan, ulang tahun, pertemuan bisnis, dan acara sosial lainnya. Menawarkan layanan katering makanan berkualitas dan terpercaya dapat membantu bisnis Anda menarik klien baru dan memperluas pangsa pasar Anda.

Pada era digital seperti sekarang, bisnis katering makanan dapat memanfaatkan media sosial dan website untuk memperluas jangkauan pelanggan dan meningkatkan kehadiran online. Hal ini dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak orang dan membuat bisnis Anda lebih dikenal. Dengan menawarkan layanan katering makanan yang berkualitas dan unik serta pelayanan pelanggan yang baik, bisnis katering makanan dapat menjadi bisnis yang menguntungkan dan sukses.

Mengapa Bisnis Katering Makanan Jadi Bisnis yang Oke?

Di saat Anda mengadakan acara tentu Anda sepatutnya melayani tamu yang hadir dan memastikan acara berjalan lancar. Itulah alasan mengapa orang-orang selalu membutuhkan jasa satu ini. Katering makanan dapat menghemat waktu serta tenaga pemilik acara. Sehingga pemilik acara dapat fokus pada inti dan tujuan acara itu diselenggarakan. Dengan sewa katering makanan tentu juga dapat membuat acara atau pesta menjadi lebih istimewa. 

Namun sebagai pemilik acara tentunya perlu memilih catering yang tepat dan hal itu terbilang menjadi tantangan tersendiri. Bila Anda tertarik memulai bisnis makanan seperti catering, Anda wajib tahu jenis katering apa yang umum dipasaran. Begitupun jika Anda yang membaca adalah si pemilik acara. 
Baca Juga : 14 Ide Bisnis Food and Beverage & Cara Memulainya

Jenis Usaha Catering

Catering adalah bisnis yang menawarkan jasa pengadaan makanan dan minuman untuk berbagai acara atau kebutuhan. Jenis usaha catering dapat dibedakan berdasarkan jenis acara atau kebutuhan yang dilayani, seperti catering untuk acara pernikahan, catering untuk acara korporat, catering untuk penerbangan, atau catering untuk sekolah dan kampus. Selain itu, jenis usaha catering juga dapat dibedakan berdasarkan jenis makanan yang disajikan, seperti catering makanan Indonesia, catering makanan internasional, catering makanan kesehatan, dan lain sebagainya. Dengan menawarkan berbagai jenis usaha catering, bisnis dapat menyesuaikan diri dengan berbagai kebutuhan dan preferensi konsumen, sehingga dapat meningkatkan peluang untuk berhasil dalam bisnis catering. Jenis usaha catering juga terdiri dari Inside catering dan outside catering.

1. Inside Catering

Inside catering adalah jasa pemesanan makanan atau minuman yang dilakukan di tempat makanan itu dimasak. Contoh dari Inside catering adalah Restoran, hotel dan kereta api.

2. Outside Catering

Outside catering adalah jasa pemesanan makanan minuman yang bisa dibawa dari tempat pembuatannya Di mana tempat pemesanan. Contoh dari outside catering adalah catering rantangan pernikahan arisan dan lain-lain. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki pengalaman memasak atau pandai meracik makanan dan minuman. beberapa jenis jenis katering makanan yang bisa Anda coba, antara lain:

  • Catering makanan sehat
    Ada beberapa catering yang sedang naik seiring kenaikan kesadaran masyarakat urban terhadap pentingnya makanan yang diproduksi dengan bahan organik. Dimana makanan tersebut bebas bahan kimia ataupun pengawet. Catering ini diperuntukkan pada niche pelanggan yang sadar akan makanan sehat ataupun acara-acara yang menekankan nilai kesehatan.
  • Catering bekal anak
    Salah satu inovasi di zaman yang serba sibuk dan banyak ibu muda yang harus bekerja kini hadir jenis catering makanan bayi. Demi buah hati yang sehat dan bergizi. Catering ini menjadi pilihan orang tua yang tidak memiliki waktu dalam memasak atau bahkan mencari resep makanan anak yang tepat gizi. Sehingga katering makanan bekal anak bisa menjadi opsi terbaik dan ternyaman. Karena bahan-bahan bisnis makanan untuk anak sudah terjamin mutunya, pasti segar, alami dan diolah dengan cara yang sehat. 
  • Nasi kotak atau nasi box
    Catering makanan ringan adalah jenis katering yang lebih santai dan cocok untuk acara informal seperti misalnya pesta ulang tahun, acara keluarga, atau pertemuan teman hingga seminar atau workshop yang dibuka untuk umum. Menu catering snack tentu lebih simpel seperti kue, roti isi, makanan ringan, minuman ringan ataupun kue kue tradisional khas Indonesia. 
  • Catering kue
    Selanjutnya katering korporat menjadi pilihan tepat untuk berbagai perusahaan yang kerap kali menyelenggarakan acara bisnis. Ragam acara bisnis seperti seminar, konferensi dan acara pelatihan membutuhkan catering makanan karena durasinya yang lama. Menu katering korporat pun bisa disesuaikan dengan tema acara, tetapi biasanya makanan yang dipesan adalah makanan finger foods (yang dapat dimakan dengan tangan), seperti sandwich ataupun hidangan pembuka.
  • Catering kantoran
    Selanjutnya katering korporat menjadi pilihan tepat untuk berbagai perusahaan yang kerap kali menyelenggarakan acara bisnis. Ragam acara bisnis seperti seminar, konferensi dan acara pelatihan membutuhkan catering makanan karena durasinya yang lama. Menu katering korporat pun bisa disesuaikan dengan tema acara, tetapi biasanya makanan yang dipesan adalah makanan finger foods (yang dapat dimakan dengan tangan), seperti sandwich ataupun hidangan pembuka.

Usaha catering makanan ini bisa jadi ide peluang usaha yang cukup menguntungkan apabila dijalankan dengan baik. memasak dan juga keterampilan usaha catering makanan ini juga bisa jadi tambahan penghasilan.

Potensi Pasar Bisnis Katering Makanan & Cara Memulai Usaha

Sebelum masuk pada tips untuk memulai bisnis katering makanan yang sukses, Anda perlu mengetahui terkait potensi pasar bisnis katering makanan sangat besar, terutama di kota besar di mana kegiatan sosial dan bisnis menjamur dimana-mana. Semakin sibuk masyarakat membuat mereka kurang memiliki waktu untuk memasak.

Selain karena perilaku pasar, bisnis katering makanan juga menjadi potensi pasar yang luas karena masyarakat senang mencoba ragam jenis makanan mulai dari masakan tradisional khas Indonesia hingga internasional, jadi Anda dapat menjangkau berbagai kalangan pelanggan pada bisnis ini. 

Kini Anda sudah siap untuk belajar lebih lanjut tentang tips memulai bisnis catering makanan dari nol dan mudah untuk dilakukan pemula. Terlebih lagi bisnis katering makanan termasuk salah satu jenis bisnis yang sangat menjanjikan. Terutama di masa sekarang dimana masyarakat semakin disibukkan dengan aktivitas harian mereka.

Berikut inilah tips untuk sukses memulai bisnis katering makanan yang dapat Anda strategikan:

1. Identifikasi/Tentukan Target Pasar

Penting buat Anda untuk mempelajari pasar sebelum memulai bisnis catering makanan Anda. Identifikasi siapa kemungkinan pelanggan potensial Anda. Apa kiranya yang mereka butuhkan dan inginkan dari sebuah layanan catering. Anda juga bisa melakukan competitor analysis pada tahap ini, termasuk menu dan paket yang mereka tawarkan atau strategi pemasaran mereka. 

2. Lakukan Riset Pasar dan Buat Menu Menarik 

Langkah selanjutnya dalam tips bisnis katering makanan adalah menetapkan jenis makanan yang akan dihidangkan saat bisnis Anda berjalan. Apakah fokus masakan lebih kepada cita rasa lokal yang khas suatu daerah, atau Anda ingin menawarkan menu yang lebih universal dan cocok di lidah semua orang dan ada pilihan internasional yang lebih beragam dan lebih elegan. 

Pastikan penentuan menu ini sudah berdasar riset pasar, yang juga telah melalui berbagai pertimbangan preferensi (selera) hingga gaya hidup calon pelanggan untuk penetapan jenis makanan yang kemudian akan dihidangkan dalam bisnis katering Anda. Anda juga bisa mengamati jenis-jenis catering makanan yang paling banyak diminati harga catering dan cara berpromosi hingga target pembeli mereka. tidak hanya itu Anda juga bisa mengamati masalah-masalah yang timbul saat menjalankan usaha catering sehingga jika anda mengalami minyak Anda bisa tahu bagaimana cara mengatasi.

3. Buat Rencana Bisnis

Membuat business plan menjadi salah satu tips sukses memulai bisnis. Terlebih lagi business plan yang rinci, dimana termasuk analisa pasar, biaya startup (biaya memulai), proyeksi pendapatan, strategi pemasaran dan rencana operasional bisnis katering makanan. Sehingga Anda lebih punya pedoman dalam menjalankan hingga mengembangkan bisnis Anda kedepannya. 

4. Tentukan Jenis Catering

Cara lainnya sebelum anda memulai catering makanan adalah tentukan jenis catering yang akan dijual. Ada beberapa jenis catering seperti catering untuk pesta atau hajatan catering untuk kantoran catering untuk sekolah atau catering untuk rumahan. Dari sinilah Anda bisa menentukan jenis usaha catering makanan apa yang ingin dibuat lalu tentukan target pasar yang dituju.

5. Tentukan Supplier Pilihan Anda

Cara selanjutnya sebelum anda membuka bisnis catering adalah menentukan supplier yang terpercaya. Anda bisa mulai untuk mencari supplier sebagai pemasok bahan makanan yang akan dijadikan catering. Nantinya anda akan diharuskan memilih bahan makanan secara Jelly yang dilihat dari kualitas bahan tersebut. Pastikan juga untuk memiliki lebih dari satu supplier agar jika ada kehabisan stok bahan maka anda memiliki supplier cadangan.

6. Siapkan peralatan dan perlengkapan

Nah, setelah memulai 3 langkah awal dari tips saatnya Anda mulai melakukan proses eksekusi. Tentunya pastikan Anda mempunyai modal yang cukup bahkan jika bisa siapkan biaya tidak terduga. Lancar by Danamas siap memberi dukungan modal yang pro UMKM ataupun pebisnis yang baru memulai. 

Nah, jika modal bukan masalah, ada beberapa peralatan yang diperlukan di antaranya seperti kompor, oven, dan kulkas, serta perlengkapan catering seperti piring, gelas, dan peralatan makan. Cara selanjutnya sebelum anda memulai bisnis catering makanan adalah menyiapkan modal peralatan dan tenaga kerja yang dibutuhkan. Anda bisa menyiapkan model yang dibutuhkan saat membuka bisnis catering.

Selain itu siapkan juga peralatan yang dibutuhkan seperti kompor gas kemasan dan lain-lain. Anda perlu memastikan untuk membeli peralatan yang paling mendasar dan paling dibutuhkan terlebih dahulu. Maka anda bisa menambah peralatan baru. Selanjutnya adalah menyiapkan tenaga kerja, karena merasa kesusahan untuk memuliakan seorang diri maka tidak ada salahnya untuk menyewa tenaga kerja untuk membantu. Selain itu mereka juga mampu meringankan beban pekerjaan dan selesai lebih cepat.

7. Asah Kemampuan Memasak

Cara lain yang harus anda perhatikan juga kemampuan memasak. Kualitas rasa masakan adalah poin penting dalam bisnis catering agar selalu berkembang. Tentunya rasa catering yang lezat bisa mendatangkan pelanggan yang loyal. Namun banyak juga catering yang tidak memperhatikan kualitas rasa dan tentu akan kalah bersaing oleh kompetitor. maka dari itu Anda harus memastikan cita rasa masakan catering tersebut lezat dan menggugah selera. untuk itu selalu asah kemampuan memasak anda.

8. Kualitas dan Kebersihan Makanan

Setelah berbagai proses untuk memulai bisnis katering, Anda perlu memastikan dengan peralatan dan semua persiapan di langkah sebelumnya dapat menghasilkan makanan dengan rasa yang enak dan kualitas yang baik. 

9. Tetapkan Harga yang Wajar

Anda sudah menyelesaikan market research, perencanaan bisnis yang rinci hingga menetapkan spesialisasi, standar dan kualitas. Selanjutnya adalah pricing strategy, atau penentuan harga yang menarik, kompetitif namun sekaligus masih dapat memberikan margin yang positif untuk bisnis. 

Jangan sampai menetapkan harga terlalu rendah, karena itu dapat mengurangi nilai bisnis Anda. Di sisi lain pun, tidak boleh mematok terlalu tinggi sehingga jadi sulit bersaing di pasaran. Anda juga harus memperhatikan serta memperhitungkan promo atau diskon atau paket yang ingin Anda jual, sehingga bisnis Anda dapat bertahan lama. Pastikan ketika menentukan harga makanan anda membandrol dengan harga yang bisa diterima oleh pembeli atau sesuai dengan target market anda. Namun pastikan juga agar harga yang Anda tawarkan tersebut membuat untung bisnis.

10. Pilih Tim yang Kompeten

Setelah selesai pada standar operasional prosedur (SOP) dalam memulai bisnis, saatnya masuk ke bagian yang lebih seru lagi. Proses rekrut karyawan, tim atau mitra kerja yang baik atau kompeten. Pastikan tim Anda dalam satu kesatuan dan bisa membantu Anda mengelola bisnis catering makanan ini dengan baik. 

Pastikan setiap anggota tim memiliki kemampuan yang sesuai dalam membantu memberikan layanan terbaik pada pelanggan.

11. Buatlah Nama Merek Catering

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan dalam bisnis catering adalah membuat nama merek atau brand. Misalnya seperti McD, Pizza Hut dan beberapa brand fAnda bisa menambahkan nama dan logo pada bisnis yang bertujuan agar usaha catering menjadi lebih dikenal oleh pembeli. sebaiknya usahakan nama brand tersebut mudah diingat dan menarik.

12. Perkenalkan Bisnis Anda Lewat Promosi

Nah tiba saatnya untuk bisnis Anda mulai akan melakukan pembukaan. Dalam pembukaan biasanya dikenal istilah soft opening dan grand opening. Tentu perlu promosi bisnis untuk membuat pelanggan tertarik mencoba atau berkunjung. 

Maksimalkan penggunaan media sosial untuk memperkenalkan bisnis Anda dan berikan informasi tentang promosi menu, harga, dan layanan yang Anda tawarkan. Tak lupa juga Anda harus eksis di pencarian Google selain sosial media. Dengan desain flyer yang menarik, apalagi jika Anda punya modal lebih untuk beriklan. Niscaya akan menarik calon pelanggan potensial.  

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan dalam membuka bisnis usaha catering adalah melakukan promosi yang menarik. Promosi yang menarik bisa mendatangkan banyak pembeli sebagai contoh saat anda memberikan harga diskon khusus. Pembeli pasti akan menyukai saat anda memberikan harga promo atau diskon khusus di awal membuka usaha catering. Sebagai catatan untuk tidak setiap saat memberikan diskon karena akan membuat bisnis Anda rugi.

13. Miliki Standar Pelayanan Catering

Pelayanan menjadi faktor penting juga dalam bisnis katering makanan. Pelayanan yang baik dapat memberikan pengalaman positif kepada pelanggan, sehingga meningkatkan kepercayaan dan loyalitas mereka terhadap bisnis. Dengan mengedepankan pelayanan baik, bisnis katering makanan Anda dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan meningkatkan keuntungan bisnis secara jangka panjang. Standar pelayanan yang baik akan membuat usaha catering mendapatkan Citra yang baik juga di mata konsumen. Anda bisa melatih karyawan-karyawan tersebut untuk bersikap ramah kepada konsumen. lebih baik lagi Jika anda memberikan kredit sebelum para karyawan bekerja untuk bisnis anda.

14. Jadilah Fleksibel 

Tips terakhir, yang tidak kalah penting dari semua tips yang sudah diberikan adalah jadilah bisnis katering makanan yang fleksibel. Kebutuhan pelanggan Anda mungkin berubah-ubah, terutama saat Anda mulai akan ekspansi bisnis. Maka dari itu, jadi fleksibel menjadi tips yang berharga untuk Anda karena dengan mempersiapkan atau menyesuaikan diri dengan kebutuhan pelanggan Anda. Fleksibilitas menjadi nilai yang bisa membuat bisnis Anda bertahan dan pelanggan Anda senang dengan bagaimana Anda beradaptasi. 

15. Lakukan Pembukuan

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan saat melaksanakan bisnis catering adalah melakukan pembukuan. Dengan melakukan pembukuan Anda bisa menentukan seberapa besar keuntungan yang sudah didapatkan. Selain itu Anda juga bisa melihat dan mengontrol pengeluaran-pengeluaran yang dirasa tidak penting.

Rincian Modal Usaha Katering Makanan

Untuk memulai bisnis katering makanan, diperlukan perencanaan modal yang matang agar usaha dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Rincian modal usaha katering makanan meliputi berbagai hal, seperti pembelian peralatan masak, pembelian bahan baku makanan dan minuman, biaya sewa atau pembelian tempat usaha, biaya listrik dan air, biaya transportasi, dan biaya promosi. Berikut contoh rincian modal usaha katering makanan.

1.Biaya Operasional Bulanan

Setelah memulai bisnis, hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah mengelola biaya operasional bulanan dengan baik agar bisnis tetap berjalan dengan lancar. Biaya operasional bulanan mencakup berbagai hal seperti biaya sewa atau cicilan tempat usaha, biaya listrik, biaya air, biaya telepon, biaya transportasi, biaya bahan baku, biaya gaji karyawan, biaya iklan, dan lain-lain. Dalam mengelola biaya operasional bulanan, sangat penting untuk memantau dan menghitung dengan teliti agar bisnis tidak mengalami kerugian. Dengan melakukan penghematan pada biaya operasional bulanan, bisnis dapat mengoptimalkan keuntungan dan mengalokasikan dana dengan lebih efektif pada hal-hal yang memang dibutuhkan oleh bisnis.

Bahan MakananRp 100.000 x 30 hariRp 3.000.000
Gas 3kg@Rp 18.000 x 10 tabungRp 180.000
Gaji KaryawanRp 1.500.000
TransportasiRp 300.000
Listrik & AirRp 500.000
PromosiRp 500.000
Lain-lainRp 500.000
JumlahRp 6.480.000

2. Hasil Penjualan Per Bulan

Jika asumsi hasil penjualan setiap hari adalah 30 porsi x Rp 15.000 (harga makanan per porsi), maka totalnya Rp 450.000. Maka, dalam 1 bulan hasil penjualan rata-rata adalah Rp 450.000 x 30 hari = Rp 13.500.000.

3. Keuntungan Per Bulan

Hasil penjualan – Biaya Operasional = Keuntungan, maka

Rp 13.500.000 – Rp 6.480.000 = Rp 7.020.000

Skema perhitungan rincian bisnis katering rumahan ini adalah contoh sederhana menghitung biaya modal catering. Sementara itu, tentang nilai harganya tergantung dari daerah masing-masing dan biaya promosi yang sudah dianggarkan, namun besaran nilainya di awal bisnis ini berjalan, bisa saja semakin mengecil di bulan selanjutnya. Sebaliknya, hasil penjualan diharapkan bisa meningkat dari bulan ke bulan sejalan dengan semakin dikenalkan rasa dan kualitas makanan didalam sebuah bisnis katering. Maka, dari itu, penting sekali untuk membuat analisis bisnis sebelum berjualan. Analisis ini agar Anda memiliki perencanaan, riset dan survei hingga mampu mengevaluasi kegiatan bisnis Anda.

BONUS! Cara Hitung Pajak Katering Makanan

Bagi Anda yang sedang berencana, sudah mulai mempersiapkan hingga menjalankan bisnis katering makanan memang membutuhkan perhatian khusus terhadap kewajiban pajak. Sebagai pengusaha katering, Anda perlu memahami cara menghitung pajak bisnis katering makanan agar tidak sampai terkena sanksi ataupun denda pihak pajak.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghitung pajak bisnis katering makanan: 

  • Pajak katering makanan adalah pajak yang dikenakan pada jasa penyediaan makanan untuk keperluan acara atau event tertentu. Pajak ini diatur oleh Undang-Undang Pajak yang berlaku di berbagai negara. Di Indonesia sendiri, pajak katering makanan diatur dalam Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM)
  • Menurut ketentuan yang berlaku, bisnis jasa katering makanan ini wajib mengenakan PPN sebesar 10% dari nilai jasa yang diberikan kepada konsumen yang memesan. Pajak ini harus dibayarkan secara bulanan oleh business owner ke kantor pajak setempat. Nilai jasa yang dimaksud dalam artian ini adalah total harga yang dibayar oleh konsumen atas jasa penyediaan makanan beserta biaya tambahan lain. Seperti biaya transportasi, biaya penyewaan peralatan dan lain sebagainya. 
  • Selain PPN, bisnis katering perlu membayar PPnBM saat mereka menyajikan makanan dan minum yang termasuk barang mewah. Salah satu contoh barang mewah adalah anggur wine, sampanye, dan sejenisnya. PPnBM cukup variasi hingga mencapai angka 75% dari nilai barang. 

Pastikan Anda memenuhi kewajiban membayar pajak dengan tepat dan memiliki catatan keuangan yang akurat terperinci terhadap tiap transaksi yang terjadi. Sudahkah Anda melapor dan membayar SPT Tahunan Online Anda? 

Atur Prioritas Finansial Agar Jadi Lebih Fleksibel Berkarya!

Untuk Anda yang ingin membangun bisnis lebih berkembang, maka tidak ada salahnya untuk mencoba pinjaman online terpercaya untuk bisnis dari Danamas. Dengan limit pinjaman besar dan suku bunga rendah yang kompetitif, maka Anda bisa dapatkan kemudahan dalam pengembangan bisnis. Untuk lebih mudah, langsung ajukan pinjaman bunga rendah di Aplikasi Danamas Pinjaman Online Terpercaya. Bisa dipenuhi, diakses, serta dilayani melalui aplikasi Danamas maupun asistensi langsung dari relationship manager yang atentif serta mampu memberikan solusi strategi pengaturan keuangan Anda.

Bagi Anda yang ingin selalu mendukung semua aktivitas finansial, maka bisa temukan berbagai Informasi up to date mengenai investasi dan ragam informasi seputar keuangan di Website Danamas atau Instagram Danamas. Jika ada pertanyaan atau keluhan silahkan hubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda