cara-membuat-kartu-kredit-mudah-cepat

Cara buat kartu kredit sudah sangat mudah di era digital saat ini. Tanpa harus keluar rumah dan bisa dilakukan secara online dalam pengajuan kartu kredit. Anda bisa langsung melalui situs bank penyedia kartu kredit atau melalui situs pihak ketiga yang biasanya memberikan penawaran ekstra.

Kartu kredit dapat membantu Anda dalam menyusun perencanaan keuangan. Dengan mempunyai kartu kredit Anda dapat  menggunakan kartu kredit Anda ketika  Anda membutuhkan dana darurat yang tidak terduga. Kartu kredit pada dasarnya memungkinkan pengguna atau nasabah bertransaksi dengan memanfaatkan kredit dari pihak bank dengan jangka waktu dan limit tertentu. Namun, tentu saja Anda tidak bisa menggunakan kartu kredit jika Anda membutuhkan pinjaman uang banyak mendesak

Dalam artikel ini akan kita bahas cara buat kartu kredit yang paling cepat dan mudah, juga membahas fungsi, kelebihan serta kekurangan kartu kredit hingga beberapa pilihan tepat jika Anda membutuhkan uang lebih cepat!

Fungsi Kartu Kredit Untuk Kebutuhan Sehari-hari

Kartu kredit untuk fungsi kehidupan sehari-hari tentu sangat efisien dan membantu sebagai satuan alat pembayaran yang praktis. Apalagi jika Anda sedang tidak memiliki budget, namun tetap ingin membeli atau menikmati beberapa rangkaian hiburan atau sedang dalam keadaan yang urgent. Disanalah fungsi penggunaan kartu kredit. Nah, agar lebih teredukasi, yuk kita lihat lebih lengkap apa itu fungsi kartu kredit untuk kehidupan Anda sehari-hari:

1. Kemudahan Pembayaran & Diskon 

Tentu seperti yang disampaikan diatas bahwa dengan adanya kartu kredit, Anda jadi lebih mudah untuk bepergian karena tidak harus membawa uang cash atau rumit membawa kartu-kartu debit Anda. Dimana untuk sebagian orang memiliki beragam kartu debit itu penting untuk mengatur pengeluaran keuangan dan pos-pos uang. 

Tapi, dengan kartu kredit Anda tidak demikian  karena fungsi penggunaannya fleksibel. Namun, perlu diingat ada terikat oleh limit ya teman-teman. Jadi, pastikan ketika mengajukan limit untuk mengajukan limit sesuai dengan kebutuhan Anda. 

2. Transaksi Online Lebih Mudah 

Belanja online dan transaksi online adalah kebiasaan bagi teman-teman yang tentunya sudah lebih terbiasa dengan hal praktis. Untuk melakukan transaksi online biasanya akan lebih mudah karena Anda bisa menyimpan data kartu kredit Anda sebagai alat pembayaran. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan lagi kartu kredit lalu mengeceknya. Apalagi harus mengingat kata sandi. Jadi, secara transaksi tidak hanya konvensional saja namun secara online juga memang terbukti sangat mudah. 

3. Lebih Banyak Keuntungan & Diskon 

Biasanya kartu kredit lebih sering menawarkan diskon untuk mengumpulkan poin, dimana ini terasa menguntungkan bagi penggunanya. Selain mendapatkan diskon untuk harga total produk, Anda juga mendapatkan poin pengumpulan yang suatu saat bisa ditukarkan dengan ragam penawaran lainnya. Jadi, pembayaran menggunakan kartu kredit itu memang benar lebih menguntungkan, namun perhatikan dengan baik apa bunga cicilan 0%, jika ya ini tentu aman. 

4. Pencatatan Pengeluaran & Pengawasan 

Sebenarnya menggunakan kartu kredit bisa membantu Anda untuk mengetahui pengeluaran Anda setiap bulannya seperti apa. Pencatatan pengeluaran ini membantu Anda untuk melihat dan memantau hal apa yang paling banyak menyita keuangan Anda. Sehingga, seiring waktu Anda bisa mengontrol lebih baik pengeluaran. Namun, berhati-hati juga jangan sampai menjadi impulsif karena memiliki limit kartu kredit yang besar. Ini harus tetap dikontrol sehingga tidak berlebihan. 

Kartu Kredit vs Pinjaman Online

Menggunakan kartu kredit ataupun pinjaman online sebenarnya memiliki kepentingan masing-masing yang pastinya berhubungan dengan kepentingan darurat. Nah, sebelum menggunakannya ada baiknya untuk memperhatikan penggunaannya dengan baik. Mengapa?

Penggunaan yang salah akan menumpuk hutang pada tagihan selanjutnya, jadi cicilan yang nampaknya harus makin mengecil jumlahnya akan semakin banyak dengan jangka waktu yang mungkin saja makin panjang. Jadi, yuk simak ini dia beberapa perbedaan dari mengajukan pinjaman dengan kartu kredit maupun pinjaman online! 

1. Sifat & Bentuk Pinjaman 

Biasanya untuk sifat & bentuk uang yang diberikan oleh Pinjaman Online itu diberikan di awal dalam besaran yang besar di depan. Berbeda dengan kartu kredit sifatnya lebih kepada pinjaman berlimit. Jadi, terbatas dimana jika Anda menggunakannya sudah lebih dari limit, maka sudah tidak bisa digunakan. Biasanya limit diberlakukan setiap bulan, lalu tagihan akan ditagihkan per akhir bulan. 

Jadi, jika tidak cepat melunasi tagihan setiap bulannya, Anda bisa memiliki tunggakan yang besar dari waktu ke waktu. Berbeda dengan pinjaman online, Anda tahu berapa kewajiban yang dibayarkan setiap bulannya dan tidak akan berubah. Pinjaman online selalu memberikan informasi diawal mengenai besaran pinjaman, bunga hingga tenor waktu. Namun, pastikan Anda menggunakan pinjaman online terpercaya untuk bertransaksi. 

2. Fleksibilitas Pembayaran & Sanksi 

Pada tagihan kartu kredit setiap bulannya, Anda akan menerima limit pembayaran setiap bulannya. Jika Anda hanya membayar tagihan minimumnya saja, maka sisa tagihan akan diberikan kepada bulan selanjutnya dan tentu akan dikenakan bunga. Namun, ini bergantung pada barang yang Anda tagihkan. Jika ternyata memiliki bunga cicilan 0%, maka Anda tidak akan dikenakan biaya. 

Berbeda dengan pinjaman online, Anda harus melakukan pembayaran setiap bulannya dengan nominal yang telah ditetapkan dengan perhitungan bunga yang sudah termasuk di dalamnya. Jadi, keduanya memiliki fleksibilitas yang disesuaikan dengan masing-masing tujuannya. Jika kartu kredit sudah pasti dana yang keluar tidak besar karena mengikuti limit kredit yang diberikan. Besaran pinjaman sangat terbatas, bergantung pada kesehatan finansial Anda. Sedangkan pinjaman online biasanya berdasarkan agunan atau jaminan yang diberikan. Agar lebih aman dalam memilih kartu kredit atau pinjaman online pilihlah instansi yang sudah dipercayai oleh OJK. Dimana setiap prosesnya pasti wajib melalui BI Checking untuk melakukan credit scoring.

3. Bunga & Biaya

Biasanya bunga dan biaya ini sangat dipengaruhi oleh adanya inflasi juga diatur berdasarkan BI Rate oleh Bank Indonesia. Namun, pengaplikasian bunga akan tetap dikembalikan pada masing-masing instansi, hanya saja tidak melebihi dari apa yang ditetapkan. Jika ternyata melebihi, Anda bisa melakukan pengajuan refinancing

Selain itu bunga yang diterapkan pada kartu kredit cenderung lebih tinggi dan juga dikenakan bunga untuk keterlambatan pembayaran setiap bulannya, biasanya berkisar mulai dari 1% per harinya. Sedangkan pada pinjaman online mulai dari 0.8% per hari. Jadi, perhatikan dengan baik pelunasan kartu kredit dan pinjaman setiap bulannya, supaya tidak menumpuk menjadi hutang dan berbunga. 

Baca juga:  10 Penyebab Hutang & Cara Melunasi Hutang

Syarat Memiliki Kartu Kredit Berdasarkan Ketentuan Bank Indonesia

Syarat umum yang harus dipenuhi ketika ingin mengajukan pembuatan kartu kredit. Sangat penting untuk Anda simak terlebih dahulu agar prose pengajuan kartu dapat berjalan lancar. Berikut syarat secara umum:

  1. Pemegang kartu kredit utama harus sudah berumur 21 tahun atau telah menikah. Pemegang kartu kredit tambahan berumur minimal 17 tahun.
  2. Penghasilan per bulan minimum dari pemegang kartu kredit adalah Rp3 juta.
  3. Pengaturan jumlah kartu kredit dan plafon kredit bagi pemegang kartu dengan penghasilan antara Rp3 juta – Rp10 juta antara lain:
  • Jumlah maksimal penerbit kartu kartu kredit yang boleh memberikan fasilitas kartu kredit kepada satu pemegang kartu adalah 2 (dua) penerbit kartu.
  • Jumlah total plafon kredit yang diberikan oleh semua penerbit kartu kredit kepada 1 pemegang kartu kredit adalah 3 (tiga) kali penghasilan bulanan (dibuktikan dengan slip gaji, faktur pajak, dan pembuktian lainnya).
  • Tidak ada pengaturan khusus untuk pemegang kartu dengan penghasilan diatas Rp 10 juta per bulan. Pengaturan tersebut dikembalikan kepada penerbit kartu untuk disesuaikan dengan risk appetite masing-masing.

Hal Yang Wajib Diperhatikan Untuk Mengajukan Kartu Kredit

Sebagai calon pengguna kartu kredit, Anda harus pintar dalam memilih jenis kartu kredit yang akan diajukan agar penggunaan kartu kredit tersebut dapat maksimal bagi Anda. Berikut hal penting yang wajib diperhatikan bagi calon pengguna kartu kredit: 

1. Persyaratan pengajuan kredit

Perhatikan persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuan kartu kredit seperti batas usia minimal 21 tahun, minimum penghasilan bulanan, dokumen pribadi seperti KTP dan NPWP.

2. Riwayat keuangan yang baik

Memiliki Riwayat Keuangan yang Baik seperti tidak memiliki pinjaman dalam bentuk lain, tidak tunggakan cicilan dalam bentuk lain, tidak memiliki tagihan kartu kredit lain yang memiliki riwayat pembayaran yang buruk (telat bayar). Pastikan Anda telah memperhatikan kondisi keuangan Anda sebelum mengajukan kartu kredit.

3. Isi formulir dengan jujur

Cara membuat kartu kredit selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mengisi formulir dengan jujur. Setelah pengajuan kartu kredit, pihak bank akan menghubungi Anda untuk memvalidasi data yang telah Anda berikan.

4. Pastikan Anda menyetujui poin kesepakatan

Baca dengan poin-poin informasi kesepakatan dengan teliti sebelum mem tanda tangan kesepakatan. Sebab hal ini akan menjadi dasar dari hak dan kewajiban Anda sebagai calon pengguna kartu kredit dan pihak Bank sebagai penyedia jasa kartu kredit. Membaca setiap informasi akan membantu Anda untuk melihat apakah ada poin yang akan membebani Anda sebagai pengguna jasa tersebut. 

5. Aktifkan Kartu Kredit Anda

Saat kartu kredit sampai ke tangan Anda biasanya belum dapat langsung digunakan. Cara membuat kartu kredit selanjutnya adalah biasanya Anda terlebih dahulu perlu mengaktifkan kartu kredit Anda. Setiap bank bisa memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengaktifkan kartu kredit mereka. 

Namun secara umum, biasanya mengaktifkan kartu kredit dilakukan melalui sms ataupun dengan mengakses link tertentu yang sudah diberikan oleh bank. Pastikan Anda mengakses alamat yang tepat saat Anda mengaktifkan kartu kredit Anda.

6. Manfaatkan dengan baik dan hati-hati

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat kartu kredit, pastikan Anda memanfaatkannya dengan baik dan sesuai tujuan. Berhati-hatilah saat bertransaksi menggunakan kartu kredit secara online. Jangan mudah menyimpan data kartu kredit Anda di sembarang toko online untuk menghindari kemungkinan pencurian data.

Syarat & Cara Buat Kartu Kredit Bank dari Beberapa Bank di Indonesia 

Setiap bank di Indonesia juga punya cara buat kartu kredit yang berbeda beda sesuai dengan ketentuan dari masing-masing bank. Berikut adalah beberapa cara buat kartu kredit bank di Indonesia yang perlu Anda ketahui.

1. Cara Membuat Kartu Kredit di Bank Sinarmas 

Kemudahan bertransaksi menggunakan kartu kredit Sinarmas ini Anda bisa menggunakan promo yang hadir setiap bulannya di tanggal 25-31 untuk belanja dir e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Blibli dan JD.ID dengan minimal Rp 300 ribu. Lakukan instalasi kartu kredit sekarang lebih mudah secara online melalui SimobiPlus. Kartu kredit bank Sinarmas bisa langsung diproses pengajuannya melalui aplikasi: 

  • Download dan aktivasi SimobiPlus 
  • Pilih Product & Service pada homescreen atau summary portfolio.
  • Klik Credit card.
  • Lakukan pengisian data yang diminta.
  • Notifikasi persetujuan pengajuan kartu kredit melalui SMS.
  • Tanda tangan digital.
  • Jika pengajuan sudah diterima, buka aplikasi SimobiPlus, pilih menu credit card dan hubungan dengan mengklik Link Credit Cards. Kemudian, kartu kredit sudah bisa digunakan untuk bertransaksi.

2. Cara Membuat Kartu Kredit BCA secara Online

Syarat yang diperlukan untuk mengajukan kartu kredit di Bank BCA :

  • KTP/SIM/Paspor
  • Memiliki slip gaji, SIUP atau TDP atau surat pengangkatan (bagi para profesional, seperti misalnya dokter)
  • NPWP
  • Memiliki rekening BCA agar memudahkan proses pengajuan dari pembuatan kartu kredit secara online

Cara dan langkah mudah untuk Anda dalam mengajukan kartu kredit secara online di Bank BCA :

  • Buka laman eform.klikbca.com/applycc
  • Pilih Layanan Aplikasi Online
  • Pilih Lihat Semua Kartu atau menjawab pertanyaan untuk menemukan kartu yang tepat. Bila memilih Lihat Semua Kartu, pilih salah satu kartu kredit yang ingin di-apply,
  • Kemudian pilih Lanjutkan dan jawab pertanyaan yang muncul
  • Isi Aplikasi BCA credit card bagi yang belum memiliki rekening BCA,
  • Isi Nomor Rekening/Kartu bagi yang sudah memiliki rekening BCA, Ikuti petunjuk selanjutnya hingga selesai,
  • Selanjutnya, akan ada permintaan cetak Surat Konfirmasi yang dikirim ke email. Isi dan tandatangan Surat Konfirmasi ketika sudah diterima,
  • Setelahnya, kirim Surat Konfirmasi tersebut lewat pos atau antar ke Kantor Cabang BCA terdekat,
  • Tunggu kabar dari petugas bank BCA. Petugas nantinya akan menghubungi via telepon untuk melakukan verifikasi data.

3. Cara Membuat Kartu Kredit BRI secara Online

Syarat yang diperlukan untuk mengajukan kartu kredit di Bank BRI :

  • Nasabah minimum berusia 21 tahun.
  • Membawa fotokopi KTP Fotokopi buku tabungan (3 bulan terakhir) 
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). 
  • Slip gaji terbaru yang dilegalisir dengan pendapatan minimal Rp 3 juta/bulan.
  • Opsi lain dari slip gaji adalah Surat Keterangan Penghasilan (SKP) resmi dari kantor

Cara dan langkah mudah untuk Anda dalam mengajukan kartu kredit secara online di Bank BRI :

  • Pertama, buka website kartukredit.bri.co.id di browser
  • Pilih jenis kartu kredit pada menu Home 
  • Selanjutnya, baca informasi terkait jenis kartu kredit yang akan dipilih Kemudian, 
  • klik tombol APPLY KARTU Siapkan dokumen yang diperlukan 
  • Setelah itu klik lanjutkan Bacalah persyaratan dan ketentuan untuk membuat kartu kredit BRI.
  • Lalu pilih mulai mengisi Isi formulir pendaftaran isi tanda tangan secara online.

4. Cara Membuat Kartu Kredit BNI secara Online

Syarat yang diperlukan untuk mengajukan kartu kredit di Bank BNI:

  • Penghasilan minimum setahun Rp 36 juta
  • Usia minimum pemegang kartu utama 21 tahun dan maksimal 65 tahun, – Usia minimum pemegang kartu tambahan 17 tahun
  • KTP/SIM/Paspor
  • Slip gaji, SPT, atau bukti penghasilan lain
  • Fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP bagi pengusaha
  • Nasabah emerald khusus untuk permohonan pengajuan kartu kredit BNI Visa Infinite
  • NPWP

Cara dan langkah mudah untuk Anda dalam mengajukan kartu kredit secara online di Bank BNI :

  • Buka laman applykartukredit.bni.co.id/bni,
  • Pilih Apply Kartu Kredit,
  • Siapkah persyaratan dokumen untuk diunggah,
  • Pilih OK di halaman Disclaimer, Klik Lanjutkan,
  • Pilih jenis kartu kredit BNI yang diajukan (BNI Visa Infinite/BNI MasterCard World/BNI Visa Platinum/BNI Visa Signature/BNI JDB Precious/BNI Style Titanium/BNI Silver & Gold Card/BNI American Express Business Card),
  • Setelah itu, ambil swafoto/selfie, e-KTP asli, nama lengkap sesuai KTP, nama yang diinginkan pada kartu, NIK KTP, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor handphone, alamat email dan kode referral (jika ada),
  • Pilih Lanjutkan dan ikuti langkah berikutnya,
  • Setelah proses pengajuan kartu kredit selesai, petugas nantinya akan menghubungi Anda via telepon untuk memverifikasi data

5. Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri secara Online

Syarat yang diperlukan untuk mengajukan kartu kredit di Bank Mandiri :

  • Minimal usia 21 tahun
  • Siapkan KTP/SIM/Paspor
  • NPWP
  • Siapkan slip gaji dengan minimal penghasilan Rp3 juta per bulannya
  • Mengisi lembar aplikasi pengajuan kartu kredit yang sudah disiapkan oleh pihak bank Mandiri

Cara dan langkah mudah untuk Anda dalam mengajukan kartu kredit secara online di Bank Mandiri :

  • Buka laman www.mandirikartukredit.com, kemudian klik Apply,
  • Pilih produk Mandiri Kartu Kredit,
  • Isi data diri dan unggah foto dokumen yang dibutuhkan, meliputi KTP, swafoto dengan memegang KTP, bukti penghasilan, dan NPWP,
  • Anda akan menerima sms OTP (your OTP code xxxxx) di nomor yang telah didaftarkan. Tuliskan kode OTP tersebut di kolom yang tersedia,
  • Selanjutnya, isi data pekerjaan,
  • Lalu, isi data keluarga dekat tidak serumah,
  • Kemudian, lengkapi data alamat pengiriman (kartu dan billing),
  • Pilih menu setuju atau tidak setuju untuk penggunaan data,
  • Baca seluruh syarat dan ketentuan, lalu klik Lanjut,
  • Nasabah akan mendapatkan SMS persetujuan proses pembuatan kartu kredit dari Mandiri Card

6. Cara Membuat Kartu Kredit CIMB Niaga secara Online

Syarat yang diperlukan untuk mengajukan kartu kredit di Bank CIMB Niaga :

  • Pemegang kartu utama harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun.
  • Pemegang kartu tambahan harus minimal usia 17 tahun.
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP (wajib apabila mengajukan limit lebih dari Rp 50 juta)
  • Untuk karyawan harus menyiapkan fotokopi slip gaji atau surat keterangan penghasilan asli atau fotokopi SPT PPh 21
  • Untuk pengusaha harus menyiapkan fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir, fotokopi akta perusahaan atau SIUP atau surat izin praktik, dan fotokopi jaminan pribadi atau perusahaan.

Cara dan langkah mudah untuk Anda dalam mengajukan kartu kredit secara online di Bank CIMB Niaga :

  • Kunjungi link https://cards-loan.cimbniaga.co.id/CreditCard/ApplyNow/
  • Klik apply pada kartu kredit CIMB Niaga yang Anda inginkan.
  • Isi formulir pendaftaran dengan selengkap-lengkapnya, sebagai berikut:
  • Centang ketentuan dan syarat, kemudian pilih kriteria pemegang kartu kredit CIMB Niaga lalu tulis nomor kartu kredit yang sudah Anda miliki (jika ada). Kemudian klik next.
  • Isi data diri Anda pemegang kartu utama dengan lengkap dan informasi referensi bank (jika ada) kemudian klik next.
  • Isi data pekerjaan dan perusahaan tempat Anda bekerja dengan lengkap kemudian klik next.
  • Isi data kontak keluarga Anda yang dapat dihubungi pada saat kondisi darurat. Apabila Anda ingin menunjuk seseorang sebagai pihak yang diberi kuasa untuk mengkonfirmasi layanan kartu kredit, seperti aktivasi kartu atau pengecekan saldo & transaksi, isi data pada bagian “Pihak yang Diberi Kuasa”. Apabila tidak ada, maka biarkan kosong kemudian klik next.
  • Isi data diri pemegang kartu tambahan (jika ingin membuat kartu tambahan) kemudian klik next.
  • Isi data rekening untuk pembayaran tagihan kartu kredit secara otomatis (jika ingin mendapatkan fasilitas tersebut).
  • Pilih alamat pengiriman kartu dan tagihan (jika disetujui oleh pihak bank) berdasarkan data alamat yang sudah Anda masukkan, kemudian klik next.
  • Bank CIMB Niaga akan menghubungi Anda untuk melanjutkan proses selanjutnya dalam kurang lebih 5 hari kerja. Selama periode 5 hari kerja ini, angkatlah semua telepon dari nomor yang tidak dikenal karena penelpon mungkin dari pihak bank CIMB Niaga. Jika pihak bank CIMB Niaga gagal menghubungi Anda 2-3 kali, maka pengajuan kartu kredit Anda otomatis akan ditolak.
  • Apabila pengajuan kartu kredit Anda di-approve, kartu kredit Anda akan dikirimkan ke alamat yang sudah Anda tulis di formulir.

Untuk Kelancaran Modal Ajukan Pendanaan Bisnis di Danamas! 

Bersama Danamas ajukan pinjaman Anda untuk modal Bisnis. Danamas hadir untuk membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan modal usaha Anda dengan solusi terpercaya, yaitu Danamas Pinjaman Bisnis. Danamas Pinjaman Bisnis telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi Anda tidak perlu khawatir lagi tentang keamanan dan kepercayaannya.

Dengan Danamas Pinjaman Bisnis, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha yang besar mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar, dengan suku bunga rendah. Jadi, mari kita tingkatkan produktivitas bisnis Anda dengan Danamas Pinjaman Bisnis. 

Cara buat kartu kredit sudah sangat mudah di era digital saat ini. Tanpa harus keluar rumah dan bisa dilakukan secara online dalam pengajuan kartu kredit. Anda bisa langsung melalui situs bank penyedia kartu kredit atau melalui situs pihak ketiga yang biasanya memberikan penawaran ekstra.

Kartu kredit dapat membantu Anda dalam menyusun perencanaan keuangan. Dengan mempunyai kartu kredit Anda dapat  menggunakan kartu kredit Anda ketika  Anda membutuhkan dana darurat yang tidak terduga. Kartu kredit pada dasarnya memungkinkan pengguna atau nasabah bertransaksi dengan memanfaatkan kredit dari pihak bank dengan jangka waktu dan limit tertentu. Namun, tentu saja Anda tidak bisa menggunakan kartu kredit jika Anda membutuhkan pinjaman uang banyak mendesak. 

Dalam artikel ini akan kita bahas cara buat kartu kredit yang paling cepat dan mudah, juga membahas fungsi, kelebihan serta kekurangan kartu kredit hingga beberapa pilihan tepat jika Anda membutuhkan uang lebih cepat!

Fungsi Kartu Kredit Untuk Kebutuhan Sehari-hari

Kartu kredit untuk fungsi kehidupan sehari-hari tentu sangat efisien dan membantu sebagai satuan alat pembayaran yang praktis. Apalagi jika Anda sedang tidak memiliki budget, namun tetap ingin membeli atau menikmati beberapa rangkaian hiburan atau sedang dalam keadaan yang urgent. Disanalah fungsi penggunaan kartu kredit. Nah, agar lebih teredukasi, yuk kita lihat lebih lengkap apa itu fungsi kartu kredit untuk kehidupan Anda sehari-hari:

1. Kemudahan Pembayaran & Diskon 

Tentu seperti yang disampaikan diatas bahwa dengan adanya kartu kredit, Anda jadi lebih mudah untuk bepergian karena tidak harus membawa uang cash atau rumit membawa kartu-kartu debit Anda. Dimana untuk sebagian orang memiliki beragam kartu debit itu penting untuk mengatur pengeluaran keuangan dan pos-pos uang. 

Tapi, dengan kartu kredit Anda tidak demikian  karena fungsi penggunaannya fleksibel. Namun, perlu diingat ada terikat oleh limit ya teman-teman. Jadi, pastikan ketika mengajukan limit untuk mengajukan limit sesuai dengan kebutuhan Anda. 

2. Transaksi Online Lebih Mudah 

Belanja online dan transaksi online adalah kebiasaan bagi teman-teman yang tentunya sudah lebih terbiasa dengan hal praktis. Untuk melakukan transaksi online biasanya akan lebih mudah karena Anda bisa menyimpan data kartu kredit Anda sebagai alat pembayaran. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan lagi kartu kredit lalu mengeceknya. Apalagi harus mengingat kata sandi. Jadi, secara transaksi tidak hanya konvensional saja namun secara online juga memang terbukti sangat mudah. 

3. Lebih Banyak Keuntungan & Diskon 

Biasanya kartu kredit lebih sering menawarkan diskon untuk mengumpulkan poin, dimana ini terasa menguntungkan bagi penggunanya. Selain mendapatkan diskon untuk harga total produk, Anda juga mendapatkan poin pengumpulan yang suatu saat bisa ditukarkan dengan ragam penawaran lainnya. Jadi, pembayaran menggunakan kartu kredit itu memang benar lebih menguntungkan, namun perhatikan dengan baik apa bunga cicilan 0%, jika ya ini tentu aman. 

4. Pencatatan Pengeluaran & Pengawasan 

Sebenarnya menggunakan kartu kredit bisa membantu Anda untuk mengetahui pengeluaran Anda setiap bulannya seperti apa. Pencatatan pengeluaran ini membantu Anda untuk melihat dan memantau hal apa yang paling banyak menyita keuangan Anda. Sehingga, seiring waktu Anda bisa mengontrol lebih baik pengeluaran. Namun, berhati-hati juga jangan sampai menjadi impulsif karena memiliki limit kartu kredit yang besar. Ini harus tetap dikontrol sehingga tidak berlebihan. 

Kartu Kredit vs Pinjaman Online

Menggunakan kartu kredit ataupun pinjaman online sebenarnya memiliki kepentingan masing-masing yang pastinya berhubungan dengan kepentingan darurat. Nah, sebelum menggunakannya ada baiknya untuk memperhatikan penggunaannya dengan baik. Mengapa?

Penggunaan yang salah akan menumpuk hutang pada tagihan selanjutnya, jadi cicilan yang nampaknya harus makin mengecil jumlahnya akan semakin banyak dengan jangka waktu yang mungkin saja makin panjang. Jadi, yuk simak ini dia beberapa perbedaan dari mengajukan pinjaman dengan kartu kredit maupun pinjaman online! 

1. Sifat & Bentuk Pinjaman 

Biasanya untuk sifat & bentuk uang yang diberikan oleh Pinjaman Online itu diberikan di awal dalam besaran yang besar di depan. Berbeda dengan kartu kredit sifatnya lebih kepada pinjaman berlimit. Jadi, terbatas dimana jika Anda menggunakannya sudah lebih dari limit, maka sudah tidak bisa digunakan. Biasanya limit diberlakukan setiap bulan, lalu tagihan akan ditagihkan per akhir bulan. 

Jadi, jika tidak cepat melunasi tagihan setiap bulannya, Anda bisa memiliki tunggakan yang besar dari waktu ke waktu. Berbeda dengan pinjaman online, Anda tahu berapa kewajiban yang dibayarkan setiap bulannya dan tidak akan berubah. Pinjaman online selalu memberikan informasi diawal mengenai besaran pinjaman, bunga hingga tenor waktu. Namun, pastikan Anda menggunakan pinjaman online terpercaya untuk bertransaksi. 

2. Fleksibilitas Pembayaran & Sanksi 

Pada tagihan kartu kredit setiap bulannya, Anda akan menerima limit pembayaran setiap bulannya. Jika Anda hanya membayar tagihan minimumnya saja, maka sisa tagihan akan diberikan kepada bulan selanjutnya dan tentu akan dikenakan bunga. Namun, ini bergantung pada barang yang Anda tagihkan. Jika ternyata memiliki bunga cicilan 0%, maka Anda tidak akan dikenakan biaya. 

Berbeda dengan pinjaman online, Anda harus melakukan pembayaran setiap bulannya dengan nominal yang telah ditetapkan dengan perhitungan bunga yang sudah termasuk di dalamnya. Jadi, keduanya memiliki fleksibilitas yang disesuaikan dengan masing-masing tujuannya. Jika kartu kredit sudah pasti dana yang keluar tidak besar karena mengikuti limit kredit yang diberikan. Besaran pinjaman sangat terbatas, bergantung pada kesehatan finansial Anda. Sedangkan pinjaman online biasanya berdasarkan agunan atau jaminan yang diberikan. Agar lebih aman dalam memilih kartu kredit atau pinjaman online pilihlah instansi yang sudah dipercayai oleh OJK. Dimana setiap prosesnya pasti wajib melalui BI Checking untuk melakukan credit scoring.

3. Bunga & Biaya

Biasanya bunga dan biaya ini sangat dipengaruhi oleh adanya inflasi juga diatur berdasarkan BI Rate oleh Bank Indonesia. Namun, pengaplikasian bunga akan tetap dikembalikan pada masing-masing instansi, hanya saja tidak melebihi dari apa yang ditetapkan. Jika ternyata melebihi, Anda bisa melakukan pengajuan refinancing

Selain itu bunga yang diterapkan pada kartu kredit cenderung lebih tinggi dan juga dikenakan bunga untuk keterlambatan pembayaran setiap bulannya, biasanya berkisar mulai dari 1% per harinya. Sedangkan pada pinjaman online mulai dari 0.8% per hari. Jadi, perhatikan dengan baik pelunasan kartu kredit dan pinjaman setiap bulannya, supaya tidak menumpuk menjadi hutang dan berbunga. 

Baca juga:  10 Penyebab Hutang & Cara Melunasi Hutang

Syarat Memiliki Kartu Kredit Berdasarkan Ketentuan Bank Indonesia

Syarat umum yang harus dipenuhi ketika ingin mengajukan pembuatan kartu kredit. Sangat penting untuk Anda simak terlebih dahulu agar prose pengajuan kartu dapat berjalan lancar. Berikut syarat secara umum:

  1. Pemegang kartu kredit utama harus sudah berumur 21 tahun atau telah menikah. Pemegang kartu kredit tambahan berumur minimal 17 tahun.
  2. Penghasilan per bulan minimum dari pemegang kartu kredit adalah Rp3 juta.
  3. Pengaturan jumlah kartu kredit dan plafon kredit bagi pemegang kartu dengan penghasilan antara Rp3 juta – Rp10 juta antara lain:
  • Jumlah maksimal penerbit kartu kartu kredit yang boleh memberikan fasilitas kartu kredit kepada satu pemegang kartu adalah 2 (dua) penerbit kartu.
  • Jumlah total plafon kredit yang diberikan oleh semua penerbit kartu kredit kepada 1 pemegang kartu kredit adalah 3 (tiga) kali penghasilan bulanan (dibuktikan dengan slip gaji, faktur pajak, dan pembuktian lainnya).
  • Tidak ada pengaturan khusus untuk pemegang kartu dengan penghasilan diatas Rp 10 juta per bulan. Pengaturan tersebut dikembalikan kepada penerbit kartu untuk disesuaikan dengan risk appetite masing-masing.

Hal Yang Wajib Diperhatikan Untuk Mengajukan Kartu Kredit

Sebagai calon pengguna kartu kredit, Anda harus pintar dalam memilih jenis kartu kredit yang akan diajukan agar penggunaan kartu kredit tersebut dapat maksimal bagi Anda. Berikut hal penting yang wajib diperhatikan bagi calon pengguna kartu kredit: 

1. Persyaratan pengajuan kredit

Perhatikan persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuan kartu kredit seperti batas usia minimal 21 tahun, minimum penghasilan bulanan, dokumen pribadi seperti KTP dan NPWP.

2. Riwayat keuangan yang baik

Memiliki Riwayat Keuangan yang Baik seperti tidak memiliki pinjaman dalam bentuk lain, tidak tunggakan cicilan dalam bentuk lain, tidak memiliki tagihan kartu kredit lain yang memiliki riwayat pembayaran yang buruk (telat bayar). Pastikan Anda telah memperhatikan kondisi keuangan Anda sebelum mengajukan kartu kredit.

3. Isi formulir dengan jujur

Cara membuat kartu kredit selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mengisi formulir dengan jujur. Setelah pengajuan kartu kredit, pihak bank akan menghubungi Anda untuk memvalidasi data yang telah Anda berikan.

4. Pastikan Anda menyetujui poin kesepakatan

Baca dengan poin-poin informasi kesepakatan dengan teliti sebelum mem tanda tangan kesepakatan. Sebab hal ini akan menjadi dasar dari hak dan kewajiban Anda sebagai calon pengguna kartu kredit dan pihak Bank sebagai penyedia jasa kartu kredit. Membaca setiap informasi akan membantu Anda untuk melihat apakah ada poin yang akan membebani Anda sebagai pengguna jasa tersebut. 

5. Aktifkan Kartu Kredit Anda

Saat kartu kredit sampai ke tangan Anda biasanya belum dapat langsung digunakan. Cara membuat kartu kredit selanjutnya adalah biasanya Anda terlebih dahulu perlu mengaktifkan kartu kredit Anda. Setiap bank bisa memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengaktifkan kartu kredit mereka. 

Namun secara umum, biasanya mengaktifkan kartu kredit dilakukan melalui sms ataupun dengan mengakses link tertentu yang sudah diberikan oleh bank. Pastikan Anda mengakses alamat yang tepat saat Anda mengaktifkan kartu kredit Anda.

6. Manfaatkan dengan baik dan hati-hati

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat kartu kredit, pastikan Anda memanfaatkannya dengan baik dan sesuai tujuan. Berhati-hatilah saat bertransaksi menggunakan kartu kredit secara online. Jangan mudah menyimpan data kartu kredit Anda di sembarang toko online untuk menghindari kemungkinan pencurian data.

Untuk Kelancaran Modal Ajukan Pendanaan Bisnis di Danamas! 

Bersama Danamas ajukan pinjaman Anda untuk modal Bisnis. Danamas hadir untuk membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan modal usaha Anda dengan solusi terpercaya, yaitu Danamas Pinjaman Bisnis. Danamas Pinjaman Bisnis telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi Anda tidak perlu khawatir lagi tentang keamanan dan kepercayaannya.

Dengan Danamas Pinjaman Bisnis, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha yang besar mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar, dengan suku bunga rendah. Jadi, mari kita tingkatkan produktivitas bisnis Anda dengan Danamas Pinjaman Bisnis. 

Temukan berbagai Informasi up to date mengenai investasi dan ragam informasi seputar keuangan di Website Danamas atau Instagram Danamas. Jika ada pertanyaan atau keluhan silahkan hubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b