cara-cek-bi-checking

Cara cek BI Checking saat ini sudah bisa dilakukan sendiri melalui beberapa platform. BI Checking adalah proses pengecekan secara efektif untuk mengetahui seberapa baik skor kredit Anda yang berpengaruh terhadap peluang Anda untuk mendapatkan persetujuan saat mengajukan pinjaman. Namun, saat ini teman-teman perlu memahami bahwa BI Checking sudah memiliki istilah yang berubah menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK. 

Sejak tahun 2013 lalu, Bank Indonesia sudah melakukan pengalihan fungsi pengaturan dan pengawasan bank kepada OJK. Terhitung sejak 31 Desember 2017 pengelolaan sistem informasi perkreditan pun sudah beralih fungsi kepada OJK. Nah, poin selanjutnya apa fungsi sebenarnya dari melakukan BI Checking atau SLIK OJK ini? 

Ketika mengajukan pinjaman kepada bank-bank ataupun pinjaman online terpercaya, instansi yang dituju akan mengecek profil Anda terlebih dahulu. Fungsi BI Checking atau SLIK ini untuk membantu memverifikasi keamanan profil keuangan Anda. Jika hasil dari skoring yang dilakukan buruk pada BI Checking, maka kemungkinan besar Anda tidak dipercaya oleh lembaga keuangan untuk medapatkan pinjaman. Jadi, penting sekali bukan mengontrol, paham penting BI Checking hingga cara cek BI Checking itu sndiri.

Cara Cek BI Checking atau SLIK OJK

Cara cek BI checking melalui OJK sangat mudah, ini perlu dilakukan secara berkala jika Anda pernah mengajukan pinjaman. Pengajuan kredit pinjaman apapun tidak akan terlepas dari pengecekan BI Checking. Untuk itu bagi Anda yang memiliki tunggakan banyak karena penggunaan kartu kredit baiknya melunasi segera. Informasi melalui beberapa media keuangan menyatakan bahwa jangka waktu mengeluarkan nama Anda dari blacklist setelah pelunasan adalah 24–60 bulan. Maka, dalam kurun waktu tersebut Anda tidak bisa mengajukan pinjaman. 

Sekarang siapapun bisa melakukan proses pengecekan rekening pribadinya. Cara cek BI checking atau SLIK OJK ini sangat mudah. Hanya menunggu sekitar 15 menit setelah memasukkan seluruh dokumen yang dibutuhkan. Yuk, simak berikut cara cek BI Checking atau SLIK OJK dengan mudah!  

  • Pilih salah satu dari beberapa akses layanan seperti iDebku.ojk.go.id; idscore.id, aplikasi skor life dan website cekaja.com. Anda bisa bebas memilih platform mana yang ingin digunakan. 
  • Baik debitur perorangan maupun perusahaan, Anda hanya perlu mempersiapkan foto identitas diri, nama ibu kandung, KTP, NPWP, salinan bukti atau akta pendirian usaha atau anggaran dasar berisikan kewenangan pengurus. Dokumen ini akan digunakan untuk proses pengisian formulir. 
  • Pilih menu pendaftaran lalu akan muncul ketersediaan layanan. Isi layanan dan jenis debitur dan identitas serta kewarganegaraan dan kode captcha.
  • Jika kuota masih tersedia, Anda akan menerima tampilan dashboard untuk mengunggah seluruh dokumen yang Anda miliki, termasuk alamat, email, dan nomor ponsel yang aktif. 
  • Masukkan tujuan pengecekan dan isi nama ibu kandung. 
  • Unggah foto kartu identitas yang diminta lalu klik ajukan permohonan. 
  • Dapatkan nomor pendaftaran dan cek status permohonan di menu status layanan. 
  • Proses kerja akan memakan waktu berkisar paling cepat 15 menit atau paling lama 1 hari kerja . Semua pengajuan diproses berdasarkan nomor antrean.

Fungsi & Tujuan Melakukan BI Checking?

Apakah Teman Danamas pernah mengalami penolakan saat pengajuan pinjaman? Bisa jadi hal tersebut terjadi karena buruknya skor kredit Teman Danamas sebagai calon debitur. Danamas yakin banyak dari kita yang sudah mendengar istilah BI Checking atau sekarang lebih dikenal dengan istilah SLIK OJK, namun masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mendapatkan informasi skor kredit tersebut.

Tujuan melakukan pengecekan melalui BI Checking tentu saja untuk menganalisa riwayat pinjaman atau utang seseorang. Ketika melakukan SLIK OJK, beberapa informasi yang dapat diterima berupa riwayat cicilan kredit dan kredit macet yang diterjemahkan dalam bentuk skor dalam skala 1–5. 

Credit scoring yang diberikan ini merupakan indikator dan nilai seorang calon debitur atau pengambil pinjaman uang. Calon kreditur atau pemberi pinjaman akan berpatokan kepada skor ini sebelum akhirnya memutuskan untuk meluluskan atau menolak pengajuan pinjaman dari seorang calon debitur. Berikut ini adalah definisi dari nilai skor tersebut: 

Nilai SkorDefinisi Skor 
Skor 1 Debitur atau perseorangan dianggap memiliki keuangan yang sehat karena dianggap rutin membayar tanpa ada tunggakan dan juga rutin membayar cicilan angsuran maupun bunga. Debitur dianggap sehat secara keuangan. 
Skor 2 Ini berarti seorang debitur memiliki tunggakan yang cicilan kredit selama 1–90 bulan, dimana membutuhkan perhatian khusus. 
Skor 3Debitur memiliki tunggakan kredit 91–120 hari.
Skor 4Debitur dinilai meragukan karena memiliki tunggakan kredit selama 121–180 hari. 
Skor 5Kredit macet yang berarti debitur tidak bisa membayar tunggakan selama lebih dari 180 hari. Jika tidak segera melunasi hutang, maka Anda akan dimasukkan ke dalam daftar hitam atau blacklist pinjaman online. Sehingga Anda tidak bisa mendapatkan pinjaman. 

BI checking atau SLIK OJK ini diterapkan untuk menghindari terjadinya kredit macet yang bisa merugikan kreditur maupun debitur. Untuk itu, dengan melalui metode ini, potensi konflik yang mungkin terjadi dari kegiatan pinjaman dapat terhindarkan.Ini adalah rangkuman tentang pentingnya melakukan BI Checking:

Menganalisa kemampuan & memperbaiki status kredit

Dengan mengenali skor yang ditetapkan terhadap pemilik rekening atau debitur akan memperlihatkan bagaimana kemampuan debitur dalam melakukan pelunasan pinjaman/utang selama ini, serta seberapa besarrisiko yang akan dihadapi kreditur saat menyetujui pengajuan pinjaman, serta menghindari kemungkinan terjadinya kredit macet. Jika debitur mengalami kredit macet, maka akan sangat sulit ke depannya untuk mendapatkan pinjaman lain, terutama dari institusi keuangan yang berbeda. Namun, ada solusi yang bisa dilakukan ketika mengalami kredit macet, yaitu pengajuan refinancing atau restrukturisasi kredit

Setiap orang bisa melakukan pengecekan BI checking atau SLIK OJK secara mandiri melalui beberapa platform. Fungsi ini menjadi titik evaluasi seseorang dalam mengecek kondisi keuangannya. Jadi, jika sewaktu debitur hendak mengajukan restrukturisasi utang, maka ia akan lebih mampu memaksimalkan ketepatan pembayaran utang untuk menghindari kredit macet yang lebih parah.  Strategi lain yang bisa dilakukan adalah mencari pinjaman dengan plafon serta bunga yang lebih kecil atau Anda bisa meminta keringanan dalam tenor atau waktu pinjaman. Sehingga, besaran cicilan setiap bulannya tidak begitu besar. 

Baca juga: Restrukturisasi Kredit: Cara Bayar Hutang, Prosedur & Syarat

Solusi Untuk Nama yang Sudah Terblacklist Oleh OJK! 

Tidak ada solusi terbaik selain melunasi hutang sesegera mungkin. Pemutihan BI Checking atau SLIK OJK Anda akan berkurang dalam kurun waktu 24–60 bulan. Jika dalam kurun waktu tersebut tidak ada perubahan, maka Anda bisa melakukan pengajuan dan klarifikasi terkait pemutihan nama di BI Checking.

Anda bisa menyertakan bukti bahwa telah menuntaskan kewajiban kredit. Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk melunasi hutang Anda? Yuk, teman-teman simak berikut adalah saran dari Danamas yang dapat Anda terapkan! 

  1. Tetapkan Prioritas Pembayaran 

Lakukan audit terhadap utang Anda, dalam hal ini kenali mana utang yang memiliki bunga paling tinggi dan tenor paling panjang. Lakukan kalkulasi hutang pokok ditambahkan dengan bunga. Pastikan ini adalah hutang yang paling besar. Kredit macet terjadi biasanya karena Anda tidak memperhitungkan biaya pengeluaran setiap bulannya dengan baik. Untuk itu sebelum mengambil kredit pastikan bunga sudah disesuaikan dan tenor pinjaman kredit.  

  1. Restruktur Kredit

Teman Danamas, jika Anda merasa kebingungan untuk menyelesaikan utang yang begitu banyak, Anda bisa mengajukan perpanjangan struktur kredit. Keringanan ini juga disampaikan oleh OJK mengenai restrukturisasi kredit yang bisa dilakukan dengan pihak bank. Semua bank bisa melakukan proses negosiasi diskon angsuran. Anda bisa mendapatkan keringan bunga hingga tenor pinjaman. Namun, perlu diperhatikan restrukturisasi kredit bisa disetujui jika debitur terdampak musibah atau tidak memiliki pekerjaan informal. 

  1. Penghasilan Tambahan Untuk Lunasi Sisa Utang

Dengan mendapatkan penghasilan tambahan ini justru akan membantu Anda untuk sedikit lebih legah ketikan membayar cicilan rumah yang diagunkan. Anda juga bisa menabung dan mengumpulkan uang untuk membayar cicilan agar bisa membuat cicilan jadi lebih singkat. Pastinya total beban yang harus dibayarkan semakin berkurang. 

  1. Gadaikan Rumah 

Menggadaikan atau menjadikan rumah sebagai pinjaman bisa menjadi solusi terakhir atau malah solusi paling cepat yang bisa Teman Danamas pilih, tergantung bagaimana skala prioritas yang Anda terapkan dan kondisi harta atau aset yang Anda miliki.

Umumnya, nilai yang dicairkan bukan 100% harga taksiran properti yang dijaminkan, melainkan hanya maksimal sekitar 80% saja. Pengajuan di Danamas bisa mencairkan antara Rp500 juta hingga Rp2 miliar dan cara lengkapnya bisa dibaca di sini [hyperlink].

Menggunakan properti (rumah, apartemen, pabrik, atau tanah) dapat berdampak positif terhadap kondisi keuangan Teman Danamas, tergantung dari cara pengelolaan dan penggunaannya. Anda bisa gunakan sebagian nilai pencairan untuk melunasi sisa utang ada dan sisanya untuk membangun usaha agar utang tersebut menjadi produktif. Dari kegiatan usaha yang dimodali melalui pinjaman ini, keuntungannya bisa Teman Danamas gunakan sebagai cicilan untuk pelunasan.

Pinjaman produktif di Danamas merupakan solusi baik, karena calon debitur bisa memutuskan nilai maksimal yang ingin dicairkan sesuai dengan kebutuhan, serta tenor yang disanggupi—lebih cepat lunas, maka lebih baik!

Danamas Solusi Pinjaman Limit Hingga Rp 2 Miliar 

Tidak perlu ragu bersama Danamas Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih untuk melunasi utang yang sangat besar. Danamas menyediakan pinjaman hingga Rp 2 miliar dengan tenor waktu hingga 10 tahun. Dapatkan bunga bersaing mulai dari 14% p.a. Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b