persiapan-pernikahan

Persiapan pernikahan tampaknya menegangkan ya teman-teman Danamas? Benar atau benar? Ya, tentu untuk sebagian teman-teman Danamas yang masih muda atau mungkin belum mempersiapkan dana untuk melangsungkan pernikahan. Tentu saja ini menjadi hal yang lumayan menakutkan.

Metode menabung sangat dibutuhkan disaat seperti ini ya teman-teman. Jadi, perencanaan persiapan pernikahan tentu saja bisa dilangsungkan dengan persiapan budget yang matang dan diperkirakan. Kesalahan utama para pengantin biasanya tidak membuat budget sedari awal, sehingga alokasi dan persentase pengeluaran tidak terukur. Sehingga, membuat Anda dan pasangan tidak memiliki skala prioritas.

Nah, sebelum Anda justru merugi karena pengeluaran membengkak. Yuk, bersama-sama kita simak ini dia 20 ceklis persiapan pernikahan yang setidaknya H-2 bulan sudah siap ya teman-teman Danamas. Selamat membaca, semoga dapat berguna untuk persiapan teman-teman ya!

Apa Saja Persiapan Pernikahan yang Harus Dipersiapkan?

Persiapan pernikahan idealnya sudah dilakukan sejak 1 tahun sebelumnya, untuk memastikan segala hal teratur dan terencana dengan baik. Paling tidak 1 tahun sebelumnya, Anda sudah memiliki jadwal pelaksanaan lamaran hingga pernikahan, Anda bisa mulai melakukan booking tempat pelaksanaan terlebih dahulu. Nah, teman-teman jangan lupa untuk mempersiapkan anggaran dananya, ya!

Enam bulan sebelum pelaksanaan tentu saja persiapan pernikahan sudah harus siap dari sisi tema pernikahan, anggaran yang sudah terkumpul, vendor dan wedding organizer yang wajib dieksekusi. Jangan lupa biasanya Anda sudah harus melunasi beberapa kewajiban, ya! Berikut ini adalah persiapan pernikahan yang wajib teman-teman Danamas persiapkan H-2 bulan sebelum pernikahan!

  1. Lamaran Nikah 

Pada saat lamaran pernikahan, teman-teman Danamas perlu mempersiapkan anggaran yang biasanya akan dialokasikan untuk kebutuhan catering. Lamaran juga bisa dilakukan H-2 sebelum pernikahan, sehingga jarak dari lamaran hingga pernikahan ini tidak terlalu jauh. Dengan begini, sebenarnya Anda menghindari adanya perubahan rencana yang bisa membuat anggaran membengkak. 

  1. Finalisasi Daftar Tamu

Ini salah satu keuntungan jika waktu lamaran tidak terlalu jauh dengan waktu pernikahan untuk dilangsungkan. Anda bisa memperkirakan total tamu yang akan hadir dan juga membuat persiapan menjadi lebih efisien. Bila perlu untuk tamu yang hadir pada lamaran tidak perlu mendapatkan undangan lagi.

  1. Foto Prewedding 

Menangkap memori indah yang dijadikan sebuah kenangan untuk dikenang bersama sebelum memasuki bahtera pernikahan. Ini adalah momen kebahagiaan yang dirasakan dan dapat dibagikan kepada seluruh tamu yang diundang. Bicara foto prewedding tentu saja ini wajib diselaraskan dengan tema pernikahan yang disetujui. Selain menjadi foto momen kebersamaan untuk dibagikan, foto tersebut juga menjadi kenangan tersendiri bagi Anda dan pasangan kelak. 

  1. Gedung Resepsi Pernikahan 

Bicara tentang gedung pernikahan, seharusnya gedung ini bisa menjadi gedung ideal yang bisa memuat jumlah total tamu. Tentu juga jangan mengabaikan estetika ya, gedung pernikahan ini tentu harus diselaraskan juga dengan tema. Gedung seharusnya sudah bisa ada sejak 1 tahun sebelumnya, sehingga h-2 bulan Anda bisa ada dalam tahap pelunasan. Keuntungan mempersiapkan sejak awal, Anda lebih leluasa untuk berdiskusi dengan keluarga dan Wedding Organizer terkait acara. 

  1. Gedung Pemberkatan Nikah 

Mengingat adanya permintaan yang bisa saja sewaktu-waktu tinggi dan ketersediaan yang terbatas. Maka, memesan sedari awal gedung pemberkatan pernikahan adalah tindakan yang tepat. Biasanya jika memesan jauh sebelum waktu pernikahan dilaksanakan, Anda masih bisa mendapatkan diskon harga sewa gedung. 

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Rice Bowl Rumahan Idenya

  1. Tes Kesehatan Pernikahan 

Melakukan tes kesehatan pernikahan pada calon pengantin secara genetika sudah biasa dilakukan sebelum menikah. Dengan melakukan tes kesehatan pernikahan, Anda bersama pasangan bisa mengambil langkah pencegahan atau perawatan yang lebih komprehensif. Ini perlu dilakukan untuk mengetahui jika adanya penyakit menular, kelainan genetik hingga gangguan kesehatan lainnya. 

  1. Wedding Organizer 

Memiliki wedding organizer sebenarnya sangat membantu Anda dalam merencanakan pernikahan lebih matang dan efisien. Mereka tentu tim yang pakar dalam bidangnya untuk memperhatikan detail perencanaan khususnya dalam aspek acara hingga dekorasi dan catering. Mereka biasanya bekerja untuk mengkoordinasikan setiap elemen dalam acara agar Anda tentunya bisa menikmati perayaan acara pernikahan. Namun tetap jangan lupa sebagai calon pengantin, Anda tetap harus bisa menikmati hari-hari spesial tanpa rasa stres. Suasana elegan dan terorganisir inilah yang seharusnya wajib diperhitungkan karena pernikahan sifatnya sangatlah sakral. 

  1. Pakaian & Seragam Keluarga 

Nah, pernikahan sendiri merupakan simbolis pemersatu serta keharmonisan, namun juga ditandai menjadi simbol penghormatan terhadap keluarga. Untuk itu, mengetahui budget pakaian & seragam keluarga wajib diprioritaskan dan diperkirakan harganya sejak awal. Usahakan untuk tetap senada dan mengkonsultasikan semuanya kepada wedding organizer dan pasangan. 

  1.  Riasan Wajah

Budget untuk riasan wajah pengantin terlebih dahulu wajib diprioritaskan, riasan wajah pengantin perempuan nyatanya menjadi aspek vital menambah kesana bahagia. Namun, jangan terkejut ya teman-teman Danamas, faktanya riasan wajah ini bisa memakan biaya hingga Rp 5-30 juta, lho! Betul memang tergolong mahal, biasanya ini sangat tergantung dengan hasil makeup look yang diinginkan. Jika kita menginginkan hasil makeup yang sangat natural, maka tentu semakin sulit jasa yang ditawarkan karena keahlian yang dimilii tentu sangat profesional. 

  1. Dokumentasi

Membingkai kenangan yang tak terlupakan dengan hasil potret yang indah tentu sangat perlu diabadikan. Memori ini tidak terjadi berulang dalam kehidupan Anda, maka pertimbangkan jasa fotografi yang sebaiknya wajib datang dari latar belakang fotografer pernikahan. Mengapa demikian? Tidak semua fotografer tentu memahami seni, estetika, gaya, sentuhan profesional dan momen-momen penting yang wajib diabadikan. Tentu hasil foto-foto ini akan menjadi memori di kemudian hari yang akan dirasakan dan dinikmati selamanya bersama keluarga. 

  1. Souvenir 

Memberikan penghormatan kepada tamu melalui bingkisan atau souvenir adalah persiapan pernikahan yang juga wajib dipertimbangkan. Ini merupakan salah satu cara menyampaikan rasa hormat dan memori indah kepada para tamu. Pemilihan souvenir bisa dipertimbangkan dengan baik agar meninggalkan kesan yang tulus kepada setiap hadirin, ya!

  1. Cincin & Mahar

Cincin dan mahar adalah suatu nilai dan simbol dari sebuah komitmen dalam pernikahan yang menandakan kesetiaan. Maka sudah menjadi tanggung jawab masing-masing pengantin mempertimbakan pemberian cincin karena kedua hal tersebut adalah sebuah dedikasi. Bicara cincin pernikahan biasanya dimulai dari Rp500 ribu berdasarkan karat dan timbangan jam. Untuk emas 24 karat dan 0.5 gram, harga yang ada di pasaran berkisar Rp439.500. 

Baca juga: Sudah Hitung Berapa Kebutuhan Dana Pensiunmu?

  1. Catering 

Melakukan konsultasi dengan vendor catering untuk persiapan pernikahan tentu wajib didiskusikan sejak awal setelah menyebar undangan pernikahan. Harga catering pada umumnya bisa mulai dari Rp 50-100 juta bergantung pada total undangan yang hadir. Cara terbaik menghitungnya adalah selalu mengalikan 2 dari jumlah undangan yang hadir. Selanjutnya melakukan perhitungan harga paket, persentase stall dan buffet, berikut contoh perhitungannya: 

  • Tentukan jumlah tamu yang akan datang, selalu kalikan 2 ya, dalam hal ini rumus menjadi N X 2 = 2N.
  • Biaya per porsi makanan yang akan dipilih berdasarkan paket yang ada. 
  • Asumsi penambahan tamu sebesar 10%. 
  • Perbandingan stall : buffet biasanya 5:1 karena stall biasanya makanan ringan yang bisa diisi dengan berbagai hal. Dengan persentase porsi makanan buffet: stall yaitu  60% dan 40%

Total Biaya = (2N x P) + 0.10 (2N x P)  

Jumlah tamu yang diundang = 500 

Porsi makanan per orang = Rp50.000

Total Biaya:
= (1000 x Rp 50.000) + 0.10 (1000 x Rp 50.000)
= Rp 55.000.000

Porsi buffet = 60% x 1000 = 600 porsi
Porsi stall = 40% x 1000 = 400 porsi x 5 = 2000 porsi
Jadi total porsi yang harus Anda siapkan sebesar 2600 porsi. Maka sebenarnya untuk menekan biaya persentase porsi makanan buffet tentu bisa saja teman-teman lakukan. Dengan budget demikian sebenarnya Anda sudah bisa memiliki 2600 porsi makanan, sehingga ada bisa melakukan pengurangan pax kemungkinan sebesar 80%  yaitu sebesar 400 pax saja dengan asumsi Anda bisa mendapatkan 2080 porsi gabungan stall dan buffet. 

  1. Transportasi & Akomodasi

Memperhitungkan kebutuhan dana untuk transportasi hingga akomodasi keluarga atau kerabat dekat yang perlu hadir lebih awal juga patut ada dalam budget Anda. Biasanya paket pernikahan sudah memiliki paket menginap dan transportasi yang ditanggung untuk beberapa orang. Namun, biasanya terbatas untuk beberapa orang saja. Untuk itu, Anda perlu memperhitungkan lebih akurat agar dapat menyesuaikan anggaran. 

  1. Medical Check-Up Pranikah

Kesehatan fisik secara emosional dan mental juga perlu melakukan pengecekan sebelum menjalani kehidupan bersama. Sehingga ada aspek-aspek dari pasangan yang kita mulai kenali dan pahami. Termasuk masalah potensial yang bisa terjadi dan menghalangi pernikahan. Sehingga, Anda perlu tetap berjaga-jaga selama masa persiapan menuju perayaan pernikahan. Juga bermanfaat untuk kehidupan rumah tangga ke depannya. 

Siapkan Masa Depan Pernikahan dengan Perencanaan Finansial yang Mapan! 

Mapan dimulai sejak pacaran itu perlu untuk memahami dan mengatur keuangan bersama di kemudian hari. Tidak hanya memberikan Anda siklus keuangan yang baik, namun juga memberikan antara sesama pasangan hubungan yang harmonis dan sejahtera. Mempersiapkan biaya pernikahan tentu dibutuhkan strategi yang tepat. Untuk itu, tetap sejak awal budget pernikahan yang tepat, mulai menabung dan hindari mengutang secara konsumtif. 

Kembangkan bisnis dan dapatkan modal tambahan untuk memperbesar layanan bisnis Anda dengan pendanaan bisnis dari Danamas. Pinjaman bisnis hingga Rp 2 miliar dengan tenor waktu panjang hingga 10 tahun. Bunga bersaing mulai dari 14% p.a, tenang saja karena Anda dapat terlebih dahulu melakukan konsultasi pinjaman online

Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b