apa-itu-tes-dna

Biaya tes DNA biasanya dimulai dari harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta di beberapa lokasi rumah sakit di Indonesia. Melakukan tes ini memang terbilang mahal dengan hasil yang belum tentu akurat. Kecuali untuk memprediksi penyakit turunan tes DNA dan kekerabatan tentu bisa mencapai hampir 99.9% data akurat melalui hasil tes DNA ini. 

Pengujian DNA ini memang memiliki biaya tes yang cukup mahal, namun melalui testing ini Anda bisa mengetahui diagnosis dan penyebab penyakit. Tes DNA ini merupakan salah satu revolusi bagi kita untuk memahami potensi dan resiko kesehatan diri setiap orang. Hingga kegunaannya dalam dunia forensik. 

Wah, menarik ya teman-teman pengujian DNA ini ternyata memiliki banyak benefit untuk kita mengetahui banyak hal seputar genetik dan kesehatan kita. Nah untuk lebih detailnya, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar Tes DNA. Baca sampai akhir ya! 

Berapa Biaya Tes DNA Berdasarkan Jenisnya? 

Jadi, berapa biaya tes DNA? Untuk kisaran biayanya memang terbilang cukup mahal mulai dari Rp7 juta – Rp10 juta. Ini tentu saja bervariasi mengikuti fasilitas dari rumah sakit yang menawarkannya. Tes DNA ini harganya bervariasi bergantung pada jenis tes yang diambil. Berikut adalah beberapa jenis tes DNA yang perlu teman-teman Danamas kenali dan ketahui! 

Rumah Sakit Biaya Tes DNA
RSUPN DR. Cipto Mangunkusumo (Jakarta Pusat)Rp10.000.000
Mitra Keluarga Kemayoran (Jakarta Pusat) Rp9.900.000
RS. Bhayangkara Tk. IR. Said Sukanto (RS. Polri, Jakarta Timur) Rp7.500.000
Global Doctor Indonesia (Jakarta Timur)Rp 6.550.000
Halmahera Laboratorium Kelapa GadingRp3.999.000
Easy DNA Rp4.380.000
PT Cordlife PersadaRp8.000.000
Rumah Sakit Hasan Sadikin (Bandung) Rp9.000.000 
Division of Human Genetics Center for Biomedical Research dari Fakultas Kedokteran (UNDIP)Rp8.000.000 – Rp 12.000.000
RSUP Sanglah (Denpasar) Rp7.000.000 – Rp 8.000.000

1. Tes DNA Kesehatan 

Tes ini biasanya lebih mahal karena kompleksitas dan tingkat detail yang diperlukan. Harga bisa berkisar antara 5 juta hingga 10 juta rupiah atau lebih, tergantung pada jumlah dan jenis penyakit genetik yang dites.

Kebutuhan tes DNA kesehatan ini membantu mengoptimalkan kesehatan dan memberi informasi terhadap tipe makanan yang perlu dihindari. Ternyata ragam makanan ikut berpengaruh terhadap sensitivitas karbohidrat dan intoleransi laktosa yang bisa menyebabkan alergi. 

2. Tes DNA Keturunan

Tes ini biasanya lebih terjangkau, dengan harga sekitar 8 juta hingga 2 juta Rupiah. Tes ini biasanya melibatkan analisis haplogroup Y-DNA atau mtDNA untuk menentukan asal-usul leluhur garis ayah atau ibu. 

Sebenarnya tes DNA keturunan in penting dilakukan untuk memahami jika adanya kelainan genetik yang mungkin bisa timbul dan bagaimana cara mencegahnya. Seperti Down Sindrom, Sindrom Edward hingga Sindrom Barber Say.

3. Tes DNA Hubungan

Harga untuk tes ini dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada kompleksitas kasus dan jumlah sampel yang perlu dianalisis. Biasanya, harga bisa berkisar antara 7 juta hingga 10 juta. 

Tes DNA ini dilakukan untuk menguji DNA paternitas untuk mengidentifikasi hubungan darah seseorang. Di luar negeri ini adalah praktik yang biasa dilakukan untuk mendapatkan hukum atas tunjangan anak, jaminan sosial dan warisan. Hasil keakuratan dari tes ini yaitu 99.9%. Jadi, tentu secara biologis ini valid dapat membuktikan hubungan kekeluargaan. 

4. Tes DNA Pra-Kehamilan

Tes ini biasanya lebih mahal, bisa mencapai 15 juta Rupiah atau lebih, tergantung pada jenis dan jumlah kelainan genetik yang dites. DNA Pra-kehamilan ini bertujuan untuk mendeteksi berbagai perubahan genetik atau ketidaknormalan genetika yang kemungkinan terjadi melalui hasil fertilisasi yang terbentuk. Embrio yang paling kuat akan menjadi janin yang sehat dan tidak terpengaruh oleh penyakit apapun. Sehingga, faktor kesuksesan dari pra-implantasi ini tentu tinggi. 

5. Tes DNA Forensik

Harga untuk tes ini juga bisa bervariasi secara signifikan, tergantung pada kompleksitas kasus dan jumlah sampel yang perlu dianalisis. Harga bisa berkisar antara 5 juta hingga 20 juta rupiah atau lebih. 

Pengaplikasian forensik ini sangat diperlukan untuk mengungkap identitas korban musibah kejadian bencana alam. Pengujian ini dinilai paling akurat karena inti sel pada darah putih tidak bisa berubah. Sehingga dapat berguna mengidentifikasi karakteristik genomik pada lokasi yang sudah ditentukan. 

Berikut adalah beberapa rumah sakit yang dapat menjadi tempat untuk melakukan Tes DNA dengan biaya yang tertera. Biaya dapat berubah sewaktu-waktu. Sebelum melakukan Tes DNA ada baiknya untuk terlebih dahulu melakukan penelitian dan konsultasi profesional medis di laboratorium terkait. 

Baca juga: Cara Daftar Antrian Online BPJS Kesehatan Online

Apakah Biaya Tes DNA Ditanggung oleh BPJS Kesehatan? 

Tes DNA adalah tindakan yang bukan berasal dari indikasi pemeriksaan penyakit. Sehingga BPJS tidak dapat menanggung biaya tes DNA tersebut. Biaya tes DNA dan transaksinya pun tidak ditanggung oleh asuransi manapun. Kecuali salah satu layanan asuransi kesehatan Generali I-Signature memberikan fasilitas DNA Journal untuk nasabah prioritasnya melakukan pengecekan DNA. Spesifiknya lebih terkait pada kebutuhan nutrisi tubuh, sensitivitas vitamin hingga stamina dan kesehatan saja.  

Apakah Tes DNA Bisa Dilakukan di Puskesmas, Berapa Biayanya? 

Tes DNA tentu saja bisa dilakukan di Puskesmas dengan harga Rp 7.000.000 hingga Rp 8.000.000 untuk setiap pemeriksaannya. Namun, hanya Puskesmas tertentu yang dapat memfasilitasi tes DNA ini. Sejauh ini belum ada publikasi yang menetapkan puskesmas mana saja yang menyediakan fasilitas pemeriksaan DNA ini. Sehingga, saran dari Danamas untuk teman-teman sebaiknya langsung mengunjungi rumah sakit swasta terdekat yang melayani Tes DNA. 

Persyaratan & Cara Tes DNA

Untuk melakukan Tes DNA tentunya memerlukan persyaratan khusus yaitu bagian tubuh dari kedua belah pihak. Bagian yang paling sering digunakan itu seperti darah, liur, kuku dan rambut. Hal yang diperlukan adalah bagian inti sel atau mitokondrianya, karena ini adalah bagian yang akurat dan tidak mungkin berubah. 

Persyaratan melakukan Tes DNA ini melibatkan dua orang jika ingin mengetahui seputar fertilitas dan hubungan darah. Namun, jika ingin melakukan pengetesan hal seperti kesehatan dan pra-kehamilan, tentu ini bisa dilakukan tanpa harus mengundang orang tua dan anak. Melainkan Anda dan pasangan. 

Selain itu Tes DNA juga tidak bisa sembarang dilakukan tanpa adanya rekomendasi dan rujukan terlebih dahulu agar bisa mengikuti prosedur tes DNA. Untuk hasil tes DNA biasanya akan keluar setelah 2-4 minggu analisis.

Manfaat Melakukan Tes DNA?

Pengujian DNA adalah prosedur yang kini menjadi bagian penting dalam berbagai bidang. Dengan melakukan tes DNA, ini  memungkinkan kita untuk memahami berbagai aspek kesehatan, keturunan, hubungan keluarga, dan bahkan potensi risiko penyakit genetik. 

Teknologi pengujian DNA saat ini semakin canggih dan mudah diakses, sehingga menjadi alat yang kuat dalam berbagai bidang. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pengujian DNA sangat penting yang juga menjadi manfaat dari melakukan tes DNA: 

1. Diagnosis dan Pengobatan Penyakit

Pengujian DNA dapat membantu dalam mendeteksi kelainan genetik yang mungkin menyebabkan penyakit. Hal ini memungkinkan dokter untuk memberikan pengobatan yang lebih tepat dan spesifik sesuai dengan kebutuhan pasien. Anda jadi lebih cepat untuk mendeteksi lebih dini resiko penyakit genetik tertentu sebelum gejala parah terjadi. Sehingga, Anda dapat mengambil langkah untuk mencegah. 

2. Identifikasi Hubungan Kekerabatan 

Pengujian DNA sering digunakan dalam genealogi untuk melacak asal-usul keluarga. Ini juga digunakan dalam kasus hukum, seperti menentukan orangtua kandung dalam sengketa hak asuh. Ini jelas dapat berpengaruh terhadap perkembangan genealogi dalam keluarga yang memberikan wawasan tentang asal-usul etnis dan migrasi leluhur.

3. Hukum & Forensik

Dalam sistem peradilan, pengujian DNA adalah alat penting dalam mengidentifikasi tersangka atau korban. Ini membantu dalam memberikan bukti yang kuat dalam proses peradilan. DNA menjadi tanda pengenal unik untuk setiap individu. Dengan adanya tes DNA, Anda juga dapat mengungkap kejahatan lama dengan catatan sampel DNA masih tersedia. 

4. Screening Pra-Kehamilan

Bagi pasangan yang berencana memiliki anak, pengujian DNA dapat mengidentifikasi potensi risiko kesehatan yang mungkin diturunkan kepada anak. Hal ini memungkinkan pasangan untuk membuat keputusan yang tepat tentang kehamilan dan kesehatan anak.

5. Pemahaman Terhadap Kesehatan Pribadi

Pengujian DNA dapat memberikan gambaran tentang risiko penyakit tertentu, gaya hidup yang mungkin perlu diubah, atau kebutuhan nutrisi yang spesifik. Hal ini membantu individu untuk mengambil tindakan pencegahan terhadap potensi masalah kesehatan.

6. Konservasi dan Penelitian Biologi 

Dalam bidang biologi dan konservasi, pengujian DNA membantu dalam studi populasi hewan dan tumbuhan, membantu dalam upaya konservasi dan pemahaman tentang evolusi dan ekologi.

7. Transplantasi Organ

Pengujian DNA juga digunakan untuk menemukan kecocokan antara donor dan penerima dalam transplantasi organ, seperti sumsum tulang atau transplantasi ginjal.

Sudah Punya Persiapan Pengeluaran Tak Terduga? 

Karena kehidupan penuh dengan ketidakpastian maka biaya tak terduga pun juga harus disiapkan sedini mungkin. Sehingga, Anda tidak perlu kesulitan sewaktu hal-hal tidak terduga terjadi. Namun, apa yang terjadi jika Anda menghadapi pengeluaran mendadak dengan tidak ada persiapan?

Danamas adalah solusi pinjaman online beragunan properti dapat mencairkan hingga Rp2 miliar dengan ragam kemudahan proses pencicilan. Anda dapat memiliki tenor hingga 10 tahun, sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan finansial Anda. Hindari pinjaman online dengan tenor yang singkat sehingga memberatkan proses pencicilan keuangan Anda setiap bulannya. 

Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Danamas sudah hadir sejak tahun 2000 menjadi platform pinjaman dan pendanaan online yang berlisensi OJK dan terdaftar serta terdaftar di AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) & Kominfo  yang membuktikan Danamas sebagai penyedia layanan keuangan terpercaya. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

review-buku-the-life-changing-of-tidying-up

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Review buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up adalah buku terlaris yang ditulis oleh penulis Jepang, Marie Kondo, yang awalnya diterbitkan pada tahun 201

kalender-2023-dan-tanggalnya

Kalender 2023 Lengkap Dengan Tanggal Merah

Saat menyambut tahun baru, maka salah satu yang paling dicari adalah kalender 2023 lengkap dengan tanggal merah. Tanggal merah atau hari libur pasti ditunggu oleh banyak orang

20-negara-terkaya-di-dunia

20 Negara Terkaya Di Dunia Tahun 2023

Negara terkaya di dunia selalu menjadi topik yang menarik untuk diperbincangkan. Banyak negara yang memiliki kekayaan alam, ekonomi, dan teknologi yang membuatnya menjadi sala