instansi-adalah

Instansi adalah lembaga atau organisasi yang mengurus berbagai administrasi yang bertujuan dalam memberikan sebuah pelayanan. Upaya yang dilakukan diharapkan menghasilkan dampak yang berguna dan memajukan. Istilah ini biasa ditujukan kepada lembaga pemerintahan, negara ataupun antara wilayah benua di dunia.

Lembaga pemerintahan ataupun swasta juga dapat disebut sebagai instansi. Biasanya signifikan perbedaannya terletak pada tujuan dari berdirinya instansi. Dimana tujuan instansi swasta didirikan untuk memperoleh keuntungan maksimal. Sedangkan instansi pemerintah, biasanya ditujukan untuk menjalankan fungsi administrasi pemerintahan.

Nah, pengertian instansi adalah lembaga atau organisasi sebenarnya masih mengandung banyak arti. Untuk lebih lengkapnya mengenai instansi, Anda bisa membaca lebih lengkap pengertiannya dibawah ini!

Apa Itu Instansi?

Instansi adalah badan pemerintahan umum seperti kantor atau jawatan. Contoh instansi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu sebuah tingkatan yang bertahap seperti dalam rapat atau semacamnya. 

Secara umum menurut KBBI instansi adalah sebuah badan pemerintahan umum, namun banyak orang yang memahami instansi sebagai lembaga milik pemerintah saja padahal sebenarnya instansi juga bisa dimiliki oleh swasta. 

Ada juga instansi yang tidak dimiliki oleh pemerintah atau merujuk lembaga swasta yang dimiliki oleh perseorangan, maka instansi dapat disimpulkan sebagai lembaga yang bisa dimiliki oleh pemerintah dan juga swasta.

Instansi Pemerintah vs Instansi Swasta

Menurut undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara pada pasal 1 angka 15 yang menjelaskan pengertian instansi pemerintah, instansi pemerintah adalah kantor atau lembaga pusat dan daerah yang bertanggung jawab pada pemegang saham dan direktur utama. 

Instansi pemerintah memiliki fungsi administrasi pemerintah di eksekutif seperti pada pemerintahan pusat atau daerah yang termasuk pada komisi-komisi, dewan, badan yang mendapat dana dari APBN atau APBD.

Instansi swasta adalah sebuah badan, perusahaan atau perseorangan yang mengacu pada meraih profit sebanyak-banyaknya. Instansi swasta juga mampu sumber lapangan pekerjaan bagi banyak orang. 

Instansi swasta biasanya dibentuk oleh perseorangan atau kelompok tanpa ada modal dari pemerintah. Instansi pemerintah maupun instansi swasta keduanya tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari karena keduanya memiliki tujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat namun tetap berorientasi pada keuntungan.

Jenis-Jenis Instansi Beserta Fungsi & Tanggung Jawab

Sebagaimana mestinya instansi sendiri memiliki fokus yang berbeda bergantung pada industri, fungsi dan tanggung jawab yang diembannya. Setiap jenis dan fungsi tentu memberikan perspektif yang berbeda menurut keperluan perusahaan. Untuk itu pembagian secara umum tentang instansi dibagi menjadi 3 kategori yaitu:

1. Instansi Vertikal

Instansi vertikal adalah sebuah lembaga pemerintahan non departemen yang memiliki lingkungan kerja pada sejumlah wilayah atau area administrasi yang berbeda. Tujuan dari instansi vertikal adalah agar lembaga negara bisa dibagi berdasarkan wilayah kekuasaan atau kedudukannya.

Contoh instansi vertikal adalah Polri, Mapolda, Polres dan Polsek. Masing-masing dari contoh instansi vertikal tersebut memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda serta memiliki wilayah administrasi tersendiri dengan cakupan yang berbeda.

2. Instansi horizontal

Instansi horizontal adalah lembaga yang mempunyai tugas yang dipisahkan pada fungsi masing-masing lembaga. Instansi horizontal memiliki kedudukan yang setara atau sama tinggi dan bertujuan untuk memfokuskan lembaga terhadap tugasnya masing-masing.

Contoh instansi horizontal:

  • Lembaga Legislatif
  • Lembaga Yudikatif
  • Lembaga Eksekutif 
  • Lembaga pengawas seperti BPK atau badan pengawas keuangan.

3. Instansi Pengawas

Seperti namanya instansi pengawas berarti difungsikan untuk mengurus setiap kegiatan hingga transaksi keluar masuk perusahaan ataupun instansi. Pengawas tentu saja memiliki tugas yang banyak untuk mengawasi wilayah kerja tertentu, contohnya adalah pengawasan sektor perekonomian atau sektor pertanian.

Jenis Instansi pemerintahan

Instansi pemerintahan dibagi menjadi instansi pusat dan instansi daerah. Keduanya memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Contoh instansi pusat seperti kementerian, lembaga pemerintahan non kementerian, sekretariat lembaga non struktural, sekretariat lembaga negara. 

Sementara instansi daerah adalah perangkat daerah pada provinsi dan perangkat daerah pada kabupaten atau kota yang meliputi sekretariat daerah, sekretariat dewan perwakilan rakyat daerah, lembaga teknis daerah, dan dinas daerah. Pun nantinya di setiap instansi pemerintahan tersebut nantinya akan dibagi kembali menjadi beberapa jenis untuk instansi pemerintahan daerah dan pusat. 

Contoh Instansi Pemerintah 

  • Kejaksaan Agung
  • Komisi Yudisial
  • BPK atau Badan Pemeriksa Keuangan
  • Badan Meteorologi
  • Klimatologi, & Geofisika atau BMKG
  • BATAN atau Badan Tenaga Nuklir Nasional

Jenis Instansi Swasta

Instansi swasta adalah sebuah instansi yang memiliki tujuan untuk menghasilkan profit. Instansi swasta bertujuan untuk mendapat keuntungan dan modal yang dipakai pada lembaga swasta berbeda seperti lembaga pemerintahan. Lembaga swasta biasanya memiliki modal dari dan pribadi pemilik, peminjam, atau penjualan saham ke publik. 

Contoh instansi swasta antara lain:

  • Astra International
  • HM Sampoerna
  • Indofood Sukses Makmur
  • Bank Central Asia atau BCA

Kelebihan & Kekurangan Bekerja Di Instansi Pemerintahan

Mengenal budaya bekerja bagi setiap orang tentunya sangat diperlukan. Ini justru dapat membantu Anda untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan dan kebijakan yang ada di dalam perusahaan. Nah, ini dia beberapa kelebihan bekerja dalam bidang pemerintahan:

1. Gaji Tetap Dan Jelas

Jika anda bekerja di instansi pemerintah maka anda tidak perlu khawatir dengan gaji setiap bulannya. Penentuan gaji untuk pegawai yang bekerja di pemerintahan sudah ditentukan dalam undang-undang yang berlaku sehingga nilainya jelas di setiap bulannya.

2. Mendapat Tunjangan Hari Tua Atau Dana Pensiun

Kelebihan lainnya adalah Anda bisa mendapatkan tunjangan untuk hari tua atau dana pensiun. Dana tersebut bisa anda cairkan saat sudah pensiun atau tidak lagi bekerja di lembaga pemerintahan sehingga masa tua Anda pun sudah terjamin.

3. Memiliki Banyak Waktu Luang

Sebagai pegawai pemerintahan beberapa dari mereka bisa memiliki waktu luang karena bekerja cukup 5 hari bekerja selama 8 jam, berbeda dengan pegawai swasta yang mendapatkan kerja 8 jam atau lebih.

4. Jenjang Karir Yang Jelas

Pekerjaan ini sudah diatur oleh undang-undang, maka pegawainya pun mendapatkan jenjang karir yang jelas sehingga kenaikan pangkat setiap beberapa periode.

Kekurangan Bekerja di Instansi Pemerintahan

Disamping kelebihan tentu saja ada kekurangan, ada beberapa hal yang patut Anda perhitungkan ketika bekerja dalam pemerintahan khususnya kekurangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Berikut adalah beberapa hal yang tidak fleksibel untuk diubah:

1. Tidak Dapat Negosiasi Gaji

Dikarenakan gaji pegawai pemerintahan sudah diatur oleh undang-undang, maka anda tidak dapat mendiskusikan atau bernegosiasi gaji untuk mendapatkan nominal yang lebih tinggi.

2. Birokrasi

Menjadi pegawai pemerintahan artinya ada terikat dengan birokrasi yang mungkin saja kurang sesuai dengan pribadi anda. Hal ini terkadang membuat anda merasa kurang nyaman dalam menjalankan pekerjaan. 

3. Gaji Yang Pas-Pasan

Karena kesulitan untuk bernegosiasi dalam hal gaji, maka gaji pokok Anda pas-pasan. Biasanya, tunjangan dan insentif lah yang membantu gaji Anda lebih banyak. 

4. Sulit Berkembang

Karena terikat dengan birokrasi, maka pegawai harus taat terhadap aturan yang sudah ditetapkan. Jadi, Anda tidak bisa dengan mudah untuk naik jabatan. Ada beberapa hal yang patut Anda perjuangkan, misalnya dari segi pendidikan lanjut hingga beberapa kursus keahlian.

Kelebihan & Kekurangan Pegawai Instansi Swasta

Seringkali menjadi pegawai instansi swasta tidak begitu dipertimbangkan oleh banyak orang dikarenakan jaminan hari tua yang tidak diberikan. Namun, sebetulnya Anda tidak perlu takut dikarenakan saat ini sudah ada BPJS Kesehatan.

1. Gaji Lebih Besar

Gaji yang lebih besar dan bisa bernegosiasi untuk mendapatkan gaji yang diinginkan sesuai kemampuan atau skill. Anda bisa lebih banyak memiliki kesempatan berinvestasi.

2. Pengembangan Diri

Mudah mengembangkan diri karena perusahaan akan membebaskan karyawannya untuk berkarya dan mengembangkan soft skill juga Hard skill mereka.

3. Penghasilan Tambahan

Bisa lebih semangat dalam bekerja untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bekerja di instansi swasta dapat membuat Anda mendapatkan insentif yang lebih besar apalagi saat target yang Anda capai selalu tercapai.

4. Pangkat Lebih Tinggi

Di beberapa instansi swasta memiliki proses naik pangkat yang lebih cepat dikarenakan kebanyakan perusahaan saat ini mengutamakan performa dan kecepatan. Sehingg tendensi untuk peningkatan karir pun juga meningkat.

Kekurangan Pegawai Swasta

Menjadi pegawai swasta tentu memiliki beberapa kekurangan, ini dia beberapa kekurangan yang kemungkinan besar yang mulai dapat Anda atasi sejak awal.

  • Tidak mendapatkan dana pensiun. Sebenarnya dengan tidak mendapat dana pensiun, Anda bisa mengumpulkan uang dengan mencari beberapa tambahan dana lewat bisnis kecil yang belum banyak pesaingnya.
  • Memiliki jam kerja yang tidak pasti. Ada bebera
  • Memiliki peluang untuk di PHK

Demikianlah pengertian Instansi hingga jenis dan keuntungan menjadi pegawai di instansi pemerintahan dan swasta. Jika Anda merasa menjadi gaji di pegawai instansi pemerintahan kurang, maka Anda bisa menambah penghasilan dengan membangun bisnis UMKM. 

Baca juga: Cara Membuat NPWP Online & Cek Statusnya

Bangun Usaha Solusi Cerdas Finansial Hari Tua

Sudah paham bukan dengan pengertian instansi adalah lembaga atau organisasi dan bentuk-bentuk pertanggung jawabannya. Nah, jika Anda ingin jadi lebih mandiri secara finansial, ada baiknya jika Anda juga memiliki usaha sendiri. Jadi, baik Anda bekerja di instansi manapun Anda tetap dapat menghasilkan penghasilan lain. Jika sedang merintis dan mengembangkan usaha Anda lalu membutuhkan biaya atau modal. Maka, ada baiknya jika Anda mengajukan pinjaman cepat di Danamas Pinjaman Online Terpercaya. Tersedia pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan berbagai pinjaman yang dapat menyesuaikan keperluan pinjaman.

Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda