Analisis-Peluang-Bisnis

Di masa pandemi seperti sekarang ini, memang perlu ide-ide yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan tambahan. Salah satunya adalah menjalankan bisnis. Dalam bisnis, ada yang dinamakan analisis peluang bisnis. Terlebih bagi anda pengusaha baru, yuk simak ulasannya di artikel ini!

Melakukan analisis peluang bisnis sebelum melakukan sebuah bisnis dapat membantu Anda memutuskan apakah bisnismu akan terus menjalankan kegiatannya dengan meningkatkan kualitas atau harus keluar dari pasar. Untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan penjualan dan bersaing di pasar tentu harus dilakukan strategi yang tepat. 

Sebagai seorang pengusaha, tentu harus lebih sadar dan “melek” dalam melihat peluang. Analisis peluang bisnis juga harus dilakukan. Perlunya persiapan yang matang dalam berbisnis. Apalagi di tengah persaingan bisnis yang ketat. Berikut adalah informasinya:

Pengertian Analisis Peluang Usaha

Peluang usaha adalah suatu kesempatan yang layak untuk diambil dan dimanfaatkan seorang wirausaha untuk mendapatkan timbal balik yang optimal. Sebagai seorang wirausaha tentunya harus bisa melihat dan berani dalam mengambil sebuah peluang bisnis.  

Di dalam peluang bisnis diperlukan adanya salah satu metode berupa perencanaan, riset, prediksi dan juga evaluasi kegiatan inilah yang kemudian bertujuan untuk mengembangkan secara optimal bisnis tersebut dan meraih hasil sesuai target yang diinginkan. Inilah yang disebut sebagai analisis peluang bisnis

Cara Analisis Peluang Bisnis

Dalam melakukan analisis peluang bisnis, ada hal yang perlu diperhatikan dan kenali dari bisnis yang anda lakukan. Sebagai pengusaha, anda harus pintar dalam mencari dan melihat peluang agar bisnis bisa terus berkembang dan mendapatkan keuntungan yang besar. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Mengamati Kebutuhan yang Diperlukan Konsumen

Langkah pertama untuk menganalisis peluang bisnis adalah mengetahui terlebih dahulu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen atau calon pelanggan. Produk apa yang sesuai dan kembali menjadi pelanggan yang tetap dan puas. 

  1. Mengenal Lebih Dekat Konsumen

Mengetahui karakter konsumen berdasarkan analisis usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, pendapatan, juga status sosialnya. Hasil analisis ini bisa kamu gunakan untuk memperkirakan potensi beli konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan.

  1. Menentukan Target Pasar Secara Spesifik

Setelah melakukan proses analisa terhadap konsumen, maka target pasar bisa ditentukan. Pasar yang kamu tuju biasanya dikenal dengan nama pasar relevan. Di dalam pasar relevan ini, Anda bisa menemukan konsumen atau  calon pelanggan tetap bisnis Anda, mana yang sekiranya membeli hanya saat sedang butuh sekali, dan mana yang tidak akan membeli sama sekali. Semuanya tergantung dari hasil analisis.

  1. Menilai Persaingan 

Dalam sebuah bisnis tentunya ada persaingan. Anda harus memperhatikan apakah ada pesaing pasar bagi bisnismu atau tidak. Sebagai pemilik bisnis  sudah menjadi tanggung jawab Anda untuk mampu menilai kelebihan dari produk atau jasa yang Anda jual dibandingkan dengan pesaing. 

5 Manfaat Peluang Usaha

Selanjutnya adalah mempelajari tentang manfaat peluang usaha. Setiap pengusaha tentu ingin memaksimalkan penjualan, mengekspansi bisnis menjadi lebih besar dan memperoleh keuntungan tinggi. Oleh karena itu, harus memanfaatkan peluang usaha sebaik mungkin dan mengaplikasikannya dengan benar. Berikut adalah rinciannya:

  1. Analisis Kelayakan Peluang Usaha

Dalam analisis kelayakan peluang usaha, ada banyak indikator yang perlu ditelaah. Contohnya adalah perkiraan peluang berhasil dari usaha yang dijalankan, apakah dari usaha yang dijalankan memiliki calon konsumen, di lokasi terdekat apakah sudah ada bisnis serupa atau belum.

  1. Pelajari Segala Risiko

Walaupun tidak ada yang tau tentang masa depan, tapi anda bisa mempelajari risiko-risiko apa saja yang kemungkinan terjadi bila anda bergelut di bisnis tersebut. Dengan belajar tentang hal itu, anda bisa mencari solusi, menghindari atau memprediksi risiko yang bisa saja di kemudian hari akan anda hadapi ketika usaha sudah berjalan.

  1. Analisis Kompetitor

Setiap usaha pasti ada kompetitornya. Tapi anda bisa menganalisis siapa saja kompetitor anda dibidang ini. Buatlah daftar kompetitor dari bisnis anda, cari kelebihannya yang membuat produk mereka laku terjual. Anda juga bisa mencari tau kelemahannya, dari situlah anda bisa menganalisis dan memperbaiki agar bisnis anda tidak terjebak di kesalahan yang sama.

  1. Proyeksikan Keuntungan

Saat anda mengetahui keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis yang dijalankan, anda bisa lebih bijak untuk mengambil keputusan. Misalnya keuntungan yang didapatkan tidak sesuai dengan proyeksi, maka anda dan tim bisa mengubah strategi bisnis dan tidak terjebak dalam keadaan itu terlalu lama.

  1. Kenali Calon Konsumen

Untuk bisa mengenali calon konsumen, anda harus melakukan analisis pasar. Dari sana anda bisa melihat sikap konsumen saat belanja. Walaupun terlihat sepele, tapi hal ini sangat penting dilakukan. Karena anda bisa menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau calon konsumen. Data yang diperoleh juga bisa dipakai untuk menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan dan diminati.

6 Tujuan Analisis Peluang Usaha

Kenapa perlu melakukan analisis peluang ketika berbisnis? apa tujuannya?. Sebenarnya tujuan melakukan analisis peluang bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan dan meminimalkan segala risiko serta potensi mengalami kerugian. Nah berikut adalah rinciannya:

  • Menghindari kerugian atau kebangkrutan bisnis
  • Mengidentifikasi keuntungan dan kerugian ketika nanti melakukan usaha
  • Bisa menentukan teknik pemasaran yang sesuai dengan target pasar
  • Mengetahui apakah barang atau jasa yang anda tawarkan/jual memiliki ketertarikan dari calon konsumen atau tidak
  • Menganalisis persaingan dan kompetitor 
  • Menguji kelayakan bisnis yang akan dilakukan

3 Metode Analisis Peluang Bisnis

Untuk dapat menjalankan sebuah bisnis dengan baik Sebagai wirausaha Anda wajib memahami dan menerapkan peluang bisnis. Anda bisa menggunakan beberapa metode ini untuk membantu Anda dalam melakukan analisis peluang dalam berbisnis.

  1. Analisis SWOT

SWOT membantu Anda menemukan kekuatan, kekurangan, ancaman, dan peluang. Diharapkan dengan metode analisis SWOT Anda bisa melakukan riset yang mendalam mengenai strategi bisnis Anda yang berkaitan dengan faktor internal maupun eksternal. S (strength/kelebihan), W (weakness/kelemahan), O (opportunities/peluang), T (threats/ancaman).

  1. Business Plan

Analisis ini membantu Anda menjalankan bisnis yang terarah. Tidak hanya Anda, pihak eksternal pun perlu mengenal bisnis yang Anda jalankan. Business Plan sangat penting untuk Anda menemukan investor yang akan turut membantu dan bersedia untuk menyalurkan pendanaan pada bisnis Anda sehingga bisa lebih berkembang. 

  1. Studi Kelayakan Bisnis

Analisis ini digunakan untuk yang baru memulai bisnis  atau pemula. Disini Anda akan mencari ide bisnis yang akan Anda buat apakah benar -benar bisa cocok dan dapat diaplikasikan ke konsumen atau target konsumen yang dituju.  

4 Cara Menganalisis Peluang Usaha

Untuk mendapatkan kesuksesan, anda harus mampu melihat ide atau peluang dalam setiap kesempatan. Tiap ide memang bisa datang dari manapun, tapi belum tentu ide tersebut bisa berubah menjadi bisnis yang sukses. Berikut adalah cara untuk menganalisis peluang usaha:

  • Pertimbangkan Modal Usaha

Setiap bisnis pasti memerlukan modal. Modal usaha disiapkan sesuai dengan business plan yang dijalankan. Anda harus tahu apakah akan melakukan proses produksi atau hanya menjualkan produk orang lain (agen, reseller, distributor). Karena hal itu tentu saja akan berpengaruh ke modal usaha yang harus disediakan.

  • Menganalisis Persaingan Produk

Lakukanlah analisis pasar dengan cermat dan hati-hati. Termasuk riset tentang kelebihan dan kekurangan kompetitor, strategi pemasaran dan lainnya. Dari sana anda harus lebih kreatif dan inovatif agar produk yang anda tawarkan memiliki kualitas yang lebih bagus daripada milik pesaing.

  • Telusuri Keinginan Pasar

Dengan anda survey keadaan pasar, anda bisa menyediakan barang atau jasa yang banyak diperlukan pasar dan memiliki banyak peminat. Contohnya anda bisa menentukan target pasarnya anak-anak, remaja, dewasa atau lansia kemudian anda bisa menyesuaikan kebutuhan apa yang mereka cari.

  • Ukur Kemampuan Produksi

Setelah anda menentukan ingin memproduksi barang sendiri, anda bisa mengukur kemampuan produksi. Hal ini berkaitan dengan modal usaha. Selain itu sumber daya manusia, biaya produksi, alat yang dibutuhkan dan lainnya juga patut diperhitungkan.

5 Cara Menemukan Peluang Usaha

Cara menemukan peluang usaha bisa diperoleh dari mana saja. Anda bisa menemukannya dari sekitar dan lingkungan. Jika anda adalah seorang pengusaha baru yang belum memiliki pengalaman, anda bisa menjalankan usaha sambil belajar atau learning by doing. Di bawah ini ada beberapa caranya:

  1. Lihat Potensi Diri

Anda bisa melihat potensi dalam diri anda terlebih dahulu. Mulailah dari diri sendiri. Apakah potensi di diri ada yang bisa diubah menjadi sesuatu untuk menghasilkan uang. Tidak sedikit orang yang menjalankan bisnisnya bermula dari menjalankan hobi. 

Tapi sebaiknya anda mengembangkan dan meningkatkan potensi dulu sebelum membuka usaha. Contohnya anda suka membuat buket bunga, anda bisa kursus setelah itu membuka toko. Jadi usaha dan kemampuan anda sama-sama berkembang.

  1. Menambah Pengetahuan

Cara ini bisa diperoleh dari mana saja, seperti membaca buku, browsing internet, sosial media, media massa, mengikuti forum wirausaha, melakukan diskusi dengan pengusaha yang berpengalaman dan lainnya. Dengan demikian, pengetahuan anda akan lebih luas dan lebih mudah menemukan peluang usaha yang sesuai.

  1. Amati Kebutuhan Masyarakat Sekitar

Masyarakat yang beragam, tentu memiliki kebutuhan yang juga beragam. Anda bisa melihat dari kehidupan sehari-hari, kebiasaan dan mata pencaharian masyarakat. Contohnya di tempat tinggal anda diadakan pengajian ibu-ibu setiap kamis malam atau arisan di hari sabtu. Anda bisa membuka usaha membuat kue basah atau jajanan pasar seperti putu ayu, risol, pastel, kue lumpur dan lainnya.

  1. Dari Masalah Kehidupan Pribadi

Tiap masalah pasti memiliki pembelajaran yang bisa diambil. Bisa saja masalah anda tidak hanya dialami oleh anda sendiri tapi juga orang lain. Misalnya anda seorang pengendara motor yang merasa terganggu oleh embun dan air hujan yang mengenai kaca helm. Anda bisa berinovasi untuk membuat helm yang memiliki wiper, kemudian memasarkannya.

  1. Perluas Networking

Makin luas networking, maka peluang untuk sukses juga semakin besar. Dari networking, anda bisa mendapatkan orang yang mau bekerja sama untuk mengelola bisnis. Selain itu anda juga menggunakan networking untuk memasarkan produk dan melakukan promosi. Cara ini cukup efektif untuk mengembangkan usaha.

Karakteristik Peluang Bisnis yang Baik

Bila anda ingin memiliki usaha yang sukses, kuncinya adalah kerja keras dan kecerdasan dari si pebisnis. Kecerdasan tersebut dapat digunakan untuk memilih dan memanfaatkan peluang yang ada. Peluang bisnis tersebut harus memenuhi karakteristik, agar bisnis anda bisa mendapatkan keuntungan besar. Berikut adalah beberapa karakteristiknya:

  1. Punya Pasarnya

Jika suatu barang atau jasa tidak memiliki pasar, maka bisnis bisa terus merugi, bahkan bangrut karena tidak ada yang membelinya. Memang cara paling baik untuk mengetahui peluang usaha adalah anda tau kebutuhan dan keinginan pasar, lalu mencari poin penjualan unik (unique selling point) di produk tersebut

  1. Tidak Musiman

Saat ini mudah sekali membuat tren setelah adanya sosial media. Anda jangan tergiur dengan produk yang laris musiman, karena jika trennya sudah hilang, bisa saja produk ada akan gulur tikar. Lebih baik anda memilih usaha yang tahan lama dan memang dibutuhkan oleh masyarakat.

  1. Kerugian Kecil

Walaupun risiko merugi bisa saja terjadi, tapi anda sebagai pebisnis harus bisa meminimalisirnya. Kerugian yang sedikit tidak hanya berasal dari penjualan, tapi juga pemakaian modal dan sumber daya.

  1. Diterima Pasaran

Anda harus bisa mengembangkan barang atau jasa yang anda jual agar bisa diterima oleh pangsa pasar. Caranya adalah dengan meningkatkan kualitas produk dan pelayanan, agar memberikan manfaat untuk konsumen.

  1. Layak Dijalankan

Kelayakan usaha bisa dilihat dari potensi untuk mendapatkan keuntungan, kualitas barang atau jasa yang ditawarkan dan tujuan bisnis yang terukur. Dalam bisnis, selain bisa mengantongi laba besar dan memenuhi keperluan masyarakat, tapi juga harus mampu mencapai visi misi perusahaan.

Contoh Laporan Analisis Peluang Usaha

Analisis peluang usaha bisa dilakukan dengan membuat analisis SWOT. Strength yaitu kekuatan yang dimiliki perusahaan/ organisasi, bisa memberikan efek positif sekarang maupun masa mendatang. Weakness adalah kelemahan yang ada di bisnis, hal ini bisa berdampak negatif di masa kini atau masa depan.

Opportunities adalah keadaan yang menjadi kesempatan di luar perusahaan, yang bisa memberikan peluang positif untuk perkembangan bisnis ke depan. Threats yaitu ancaman yang bisa saja akan terjadi, yang bisa menghambat pergerakan perkembangan organisasi/perusahaan. Berikut adalah contoh analisis peluang bisnis ayam bakar yang bisa ditiru:

  1. Strength / Kekuatan

Bisnis ayam bakar ini dijual dengan harga yang terjangkau dan bisa dikonsumsi oleh berbagai kalangan

  1. Weakness / Kelemahan

Proses pemasakan ayam memerlukan waktu lama, mulai diungkap hingga dibakar

  1. Opportunity / Peluang

Bisnis ini memiliki banyak peminat, sehingga memiliki prospek yang baik kedepannya untuk dikembangkan. 

  1. Threat / Ancaman

Banyaknya kompetitor di bidang sama, tapi hal itu ada solusinya yaitu melakukan inovasi secara berkala.

  1. Strategi Pemasaran

Produk halal, pemasaran bisa menggunakan brosur, pamflet, spanduk, aplikasi ojek online ataupun media sosial, utamakan kualitas (dari bahan baku, rasa dan harga), ada fasilitas delivery dan pelayanan ramah.

  1. Segmentasi

Pemasaran ayam bakar dijual langsung ke konsumen. Bisa makan di tempat ataupun delivery.

Wujudkan Usaha Laris dengan Modal Terpercaya

Selain merencanakan analisis untuk peluang bisnis, Anda tentunya membutuhkan modal yang menjadi salah satu faktor penting dalam membangun sebuah bisnis. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk bisnis, Anda bisa mempercayakannya kepada Danamas

Pinjaman online terpercaya yang sudah mendapatkan izin dari OJK dengan limit pinjaman hingga Rp 2 Miliar dan tenor yang panjang mulai dari 1 hingga 10 tahun. Kunjungi website Danamas untuk cari informasi seputar pinjaman modal bisnis. Atau anda juga bisa download aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis untuk mempermudah proses peminjaman.

Kenapa masih ragu? sebelum mengajukan permohonan, anda bisa mensimulasikan pinjaman dan nilai properti di website Danamas menggunakan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman. Untuk info lengkapnya, bisa klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda